Banyak yang menyangka bahwa gula aren dan gula merah adalah sama. Jangan keliru, simak perbedaan gula aren dan gula merah dalam penjelasan di bawah ini!

Walaupun sama-sama digunakan sebagai pemanis, gula aren dan gula merah merupakan dua hal yang berbeda. Mulai dari bahan pembuatannya hingga kandungannya. Gula aren terbuat dari nira pohon enau sedangkan gula merah terbuat dari nira pohon kelapa.

Selain itu juga terdapat perbedaan dalam proses pembuatan gula merah dan pembuatan gula aren yang membuat semakin jelas perbedaannya. Baik cara membuat gula merah atau cara membuat gula aren menghasilkan perbedaan yang mencolok dari keduanya.

Untuk meluruskan kekeliruan tentang perbedaan gula aren dan gula merah, Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang perbedaan kedua jenis gula tersebut. Selain itu, sebagai tambahan informasi, akan dijelaskan juga beberapa jenis gula yang umum kita gunakan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Perbedaan Garam Dapur dan Garam Laut, Anda Wajib Tau

Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah, Jangan Sampai Keliru Lagi, Ya!

1. Bahan Pembuatannya

1. Bahan Pembuatannya
tribunnews.com

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa perbedaan gula aren dan gula merah yang pertama adalah bahan pembuatannya. Gula aren terbuat dari nira pohon enau, sedangkan gula merah terbuat dari nira pohon kelapa. Selain itu, perbedaan lainnya juga terletak pada proses pembuatannya.

Jika gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa yang berbentuk pipih, sedangkan gula merah memiliki tambahan pada proses pembuatannya. Yaitu diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel dan dibentuk menyerupai silinder seperti batok kelapa.

2. Warna Gula yang Berbeda

2. Warna Gula yang Berbeda
ikoma.co.id

Akibat dari perbedaan bahan pembuatannya, hal tersebut juga otomatis membuat perbedaan gula aren dan gula merah pada hal lainnya, yaitu warna. Hal ini merupakan perbedaan yang paling mencolok dan yang paling pertama terlihat jelas, walaupun masih ada sebagian dari kita yang kesulitan membedakannya.

Gula aren biasanya memiliki warna merah yang cenderung lebih gelap pekat dibandingkan dengan gula merah yang memiliki warna lebih kemerahan. Hal paling sederhana dan paling pertama bisa diketahui berkaitan dengan perbedaan gula aren dan gula merah adalah dari warnanya. Jika warna pekat adalah gula aren dan warna merah adalah gula merah.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Terigu, Tapioka dan Maizena yang Wajib Sedulur Ketahui

3. Rasa dan Tekstur yang Juga Berbeda

3. Rasa dan Tekstur yang Juga Berbeda
brilio.net

Perbedaan gula aren dan gula merah selanjutnya yaitu tekstur gula. Gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk sehingga lebih mudah untuk dihaluskan atau dicairkan. Berbeda dengan gula merah yang memiliki tekstur lebih keras yang juga akan lebih sulit untuk dihaluskan atau dicairkan.

Selain tekstur, rasanya pun juga berbeda. Gula merah memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan aroma jauh lebih wangi jika dibandingkan dengan gula aren. Sementara itu, gula aren memiliki rasa dan aroma yang lebih spesial dan unik dibandingkan dengan gula merah. Hal tersebut yang menjadi ciri khas dari gula aren.

4. Kegunaan dan Manfaat yang Berbeda

4. Kegunaan dan Manfaat yang Berbeda
alodokter.com

Walaupun sama-sama manis, gula aren dan gula merah juga memiliki perbedaan. Gula aren yang memiliki aroma yang cenderung pekat dan lebih kuat sering kali digunakan sebagai pemanis pada minuman dan makanan. Sedangkan gula merah umumnya sering digunakan sebagai campuran makan tradisional. Sebagaimana yang bisa Sedulur temui dalam makanan-makanan tradisional Jawa yang memiliki rasa manis khas dari gula merah.

5. Jenis Gula yang Wajib Sedulur Ketahui

5. Jenis Gula yang Wajib Sedulur Ketahui
menara62.com

Setelah mengetahui perbedaan gula aren dan gula merah, diharapkan kedepannya, Sedulur tidak lagi keliru dalam membedakan dua jenis gula tersebut. Selain kedua jenis gula tersebut, terdapat beberapa jenis gula lain yang wajib Sedulur ketahui. Ada gula palem yang berasal dari nira pohon palem, gula pasir yang berasal dari tebu yang biasa Sedulur temui dan umum dijadikan karamel.

Beli Gula Aren dan Gula Merah di Aplikasi Super

Beli Gula Aren dan Gula Merah di Aplikasi Super
superapp.id

Pembahasan berkaitan perbedaan gula aren dan gula merah di atas semoga bisa menambah wawasan Sedulur. Agar Sedulur lebih untung lagi, Sedulur bisa membeli gula aren atau gula merah sebagai stok dengan beli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Jangan lupa untuk memantau terus Aplikasi Super karena banyak bonus yang menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan setiap bahan yang berkualitas dengan harga murah. Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan menguntungkan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa terus pantengin Aplikasi Super untuk mendapatkan kesempatan yang menguntungkan tersebut.

Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk panting Aplikasi Super karena akan banyak bonus dan kejutan menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super yang akan membuat Sedulur semakin untung.