bahan makanan yang tahan lama

Tidak sebuah bahan makanan harus disimpan di kulkas, terdapat beberapa bahan makanan yang tahan lama bahkan tanpa harus disimpan di kulkas. Mengetahui apa saja bahan makanan yang tahan lama penting bagi Sedulur, tentu saja agar dapat menghemat pengeluaran.

Dengan membeli bahan makanan yang tepat dan tahan lama, Sedulur bisa lebih hemat dan memanfaatkan bahan dengan baik. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar makanan yang bisa awet tanpa harus disimpan di kulkas. Yuk, mari langsung kita cek!

BACA JUGA: Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

1. Sayur kol

bahan makanan yang tahan lama
iStock

Bahan makanan yang tahan lama pertama adalah sayur kol. Sangat mudah mendapatkan sayur kol, Sedulur bisa mendapatkannya di supermarket atau pasar tradisional sekalipun. Harganya juga sangat murah dan banyak olahan makanan yang bisa dibuat dari sayur kol.

-->

Sayur kol memiliki ketahanan yang cukup lama sebelum membusuk, sekitar 7-8 hari bahkan tidak perlu disimpan di kulkas. Sedulur hanya perlu menyimpan kol di tempat sejuk dan jauhkan dari sinar matahari atau suhu udara yang panas.

2. Sayur sawi

iStock

Setelah sayur kol, bahan makanan yang tahan lama selanjutnya yaitu sawi. Sama seperti sayur kol, sawi wajib Sedulur simpa di tempat sejuk dan jauhkan dari sinar matahari. Dengan begitu, sawi bisa tahan hingga 7-8 hari.

Di pasar tradisional atau supermarket, sawi biasanya dibanderol dengan harga Rp10rb-15rb untuk setiap satu kilogramnya. Stok sawi sangat penting, terutama bagi Sedulur yang suka dengan makanan olahan sayur.

3. Telur

bahan makanan yang tahan lama
iStock

Bahkan cangkang telur sudah sangat kuat dan tahan dari bakteri atau kuman, jadi pada dasarnya Sedulur tidak perlu menyimpannya di dalam kulkas. Hanya dengan suhu ruangan saja, telur bisa tahan hingga 2 minggu.

Namun jika Sedulur ingin lebih awet lagi, menyimpan telur di dalam kulkas merupakan pilihan yang tepat. Namun sebelum sampai dalam waktu 1 minggu pun, telur akan habis. Karena telur merupakan salah satu bahan makanan bergizi tinggi dan wajib dikonsumsi setiap harinya.

4. Kentang

iStock

Kentang merupakan bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi setelah beras dan gandum. Kentang merupakan makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Kentang dapat bertahan sampai 2 minggu di suhu ruangan.

Jika disimpan di tempat yang kering dan tidak terkena paparan sinar matahari, kentang bisa tahan sampai 2 bulan. Maka dari itu, jika Sedulur biasa menyimpan kentang di dalam kulkas, hal tersebut tidak tepat bahkan bisa membuat kentang cepat membusuk.

BACA JUGA: Manfaat Terasi, Punya Bau Menyengat Tapi Bikin Makanan Jadi Lezat!

5. Tahu

bahan makanan yang tahan lama
iStock

Tahu merupakan salah satu makanan dari kacang kedelai, serta salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya olahan makanan yang berasal dari tahu. Sangat beragam dan bervariasi.

Tanpa disimpan di dalam kulkas, sebenarnya tahu bisa tahan hingga 1 minggu di suhu ruangan. Namun dengan catatan menyimpannya dengan cara yang benar.

Cukup keluarkan tahu dan buang airnya, lalu pindahkan ke tempat kedap udara. Isi dengan air bersih sampai tahu terendam sepenuhnya, kemudian tutup wadah tersebut hingga tidak ada udara yang masuk. Ganti air sesering mungkin agar tahu tidak cepat masam.

Nah itulah daftar bahan makanan yang tahan lama tanpa disimpan di kulkas. Tentu akan lebih baik lagi jika bahan makanan di atas memiliki kualitas yang baik. Jika Sedulur ingin mengolah bahan makanan di atas dengan kualitas baik, Sedulur bisa mendapatkan bahan pendukung seperti bumbu dan aneka saus di Aplikasi Super lho!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.