santan kental instan

Pasti Sedulur sudah nggak asing dengan yang namanya santan. Ya, olahan kelapa ini berbentuk kental berwarna putih yang dihasilkan dari pemerasan parutan kelapa. Menjadi bahan penting dalam masakan Nusantara, keberadaan santan kental instan menjadi solusi bagi banyak ibu rumah tangga.

Hal ini tak lepas dari kebutuhan santan yang cepat dan praktis untuk membuat hidangan khas seperti rendang, gulai, laksa, sayur lodeh, hingga gudeg secara cepat. Apalagi santan menjadi kunci munculnya rasa yang lebih kaya, lezat, dan creamy pada hidangan.

BACA JUGA: 14 Merek Kaldu Bubuk Terbaik, Bikin Masakanmu Makin Lezat!

Apa itu Santan?

santan kental instan
Pexels/Carlos Lopez

Santan atau yang biasa dikenal dengan nama susu kelapa merupakan hasil dari olahan buah kelapa. Proses pembuatan santan dimulai dengan memeras parutan kelapa dengan air hangat atau air biasa.

Kemudian, campuran ini disaring untuk mendapatkan ekstrak kelapa yang kental, yang disebut santan kental atau santan pertama. Setelah itu, parutan kelapa tersebut direndam lagi dengan air hangat dan diperas kembali untuk mendapatkan santan encer atau santan kedua.

Santan mengandung lemak yang tinggi, sekitar 17-24% lemak, terutama dalam bentuk asam lemak jenuh. Kandungan lemak inilah yang memberikan kekayaan dan rasa pada santan.

Santan juga mengandung serat, vitamin, dan mineral tertentu seperti vitamin C, E, dan K, serta mangan dan magnesium. Santan juga memiliki peran penting dalam memperkaya rasa dan tekstur makanan.

Selain itu, santan juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman seperti es kelapa muda atau campuran untuk membuat kue dan makanan penutup.

Tips Memilih Santan Instan

Unsplash/Irene Kredenets

Santan instan yang diproduksi secara komersial umumnya aman untuk dikonsumsi jika digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Namun, seperti dengan semua makanan atau produk makanan lainnya, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Berikut ini di antaranya:

1. Sumber bahan baku

Pastikan memilih santan instan yang berasal dari produsen terpercaya dan memiliki reputasi baik. Periksa label untuk memastikan bahwa bahan baku yang digunakan berkualitas dan aman.

2. Kandungan bahan tambahan

Periksa label kemasan untuk melihat apakah santan instan mengandung bahan tambahan seperti pengawet, perasa buatan, atau pewarna. Beberapa orang mungkin memiliki sensitivitas atau alergi terhadap bahan-bahan tertentu, jadi penting untuk memperhatikan ini.

3. Penyimpanan dan Umur Simpan

Ikuti instruksi penyimpanan yang tertera pada kemasan santan instan. Jaga agar santan instan tetap segar dan hindari penggunaan setelah tanggal kadaluarsa.

4. Pemrosesan

Jika kamu mencurigai adanya ketidaknormalan pada kemasan santan instan, seperti kerusakan atau penampilan yang aneh, sebaiknya hindari mengkonsumsinya. 

5. Reaksi alergi

Setiap orang bisa memiliki respons yang berbeda terhadap makanan tertentu. Jika kamu memiliki riwayat alergi atau intoleransi terhadap kelapa atau bahan dalam santan instan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengkonsumsinya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Susu Full Cream Terbaik Sesuai Kebutuhan

Rekomendasi Santan Kental Instan

santan kental instan
Unsplash/Tijana Drndarski

Di pasaran juga banyak sekali berbagai merek yang di jual. Tentu setiap produk memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Untuk memudahkan proses memasak, banyak juga yang memilih santan instan daripada tradisional. Untuk itu berikut ini, rekomendasi santan kental instan yang bisa bikin masakan kamu tambah lezat!

1. Sasa Santan Kelapa

Kalau kamu mau mendapatkan santan instan dengan cita rasa dan aroma yang seperti santan murni, Sasa Santan Kelapa adalah solusinya. Untuk mendapatkan santan dari parutan daging kelapa tua asli, kamu tidak perlu lagi berhimpitan di pasar. Kini, kamu bisa mendapatkannya dari Sasa Santan Cair.

Produk ini diproses secara alami sehingga mampu mempertahankan keaslian cita rasa dan aromanya. Santan instan Sasa ini mengajak kamu untuk berkreasi mengolah makanan apa pun, mulai dari minuman, jajanan tradisional, hingga masakan. Selain itu, produk ini tersedia dengan kemasan kecil hingga besar. Mengolah makanan pun menjadi lebih praktis dan hemat!

Sasa Santan Kelapa Instan diproduksi dalam dua varian, yaitu santan cair dan santan bubuk. Sasa Santan Kelapa adalah santan cair instan yang diproses dari santan asli secara higienis sehingga terjaga kualitasnya. Dengan menambah Sasa Santan Kelapa pada bahan masakan, maka akan membuat masakan kamu menjadi lebih gurih dan nikmat.

Sasa Santan Bubuk diproduksi dari daging buah kelapa tua segar pilihan. Dalam menjamin keaslian cita rasa dan aroma, maka santan bubuk Sasa ini diproses secara higienis dengan teknologi modern. Kamu bisa membeli Sasa Santan Kelapa cair 65 ml dan Sasa Santan Bubuk 80 gr secara satuan atau langsung satu dus.

2. Sun Kara Santan Kelapa

Selanjutnya ada salah satu merk santan kelapa instan terbaik yaitu Sun Kara Santan Kelapa Siap Pakai. Dibuat dalam berbagai variasi ukuran mulai dari ukuran kecil sampai yang cukup besar yaitu 1L, santan kelapa instan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha kuliner yang menggunakan santan.

Dapat digunakan sedikit demi sedikit, kamu bisa menyisakan dan menyimpannya di kulkas agar tidak basi. Sama seperti produk lainnya, santan ini juga aman untuk dikonsumsi karena sudah mengantongi sertifikat halal dan juga BPOM. Sun Kara memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis. Karena itu, santan ini sangat cocok kamu kreasikan menjadi minuman manis, seperti es cendol dawet dan es pisang ijo.

Meskipun begitu, santan ini tetap bisa memberi kelezatan pada olahan makanan tradisional dan aneka masakan. Produk ini dikemas higienis dan telah sesuai dengan standar kualitas makanan. Jadi, sekalipun kemasan telah dibuka, kualitas santan tetap terjaga asalkan cara penyimpanannya tepat.

3. Rose Brand Santan Kelapa

Walau diolah menggunakan mesin, kamu tak perlu khawatir akan kandungan vitamin dari santan kelapa yang satu ini. Setiap kemasan Rose Brand Santan Kelapa mengandung vitamin C, E, dan B yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu didapat dari komposisi santan ini yang berupa 82,7% santan kelapa asli, air dan penstabil nabati. 

Perlu diketahui, santan kelapa instan yang satu ini juga sudah mengantongi sertifikat halal, BPOM dan juga ISO. Sehingga, sangat aman untuk dikonsumsi. Santan Kelapa Rose Brand terbuat dari kelapa pilihan berkualitas. Bahan dari santan ini adalah kelapa dan diklaim tanpa menggunakan pewarna. Diproses secara modern dengan teknologi tinggi secara higienis. Hal ini dilakukan untuk membuat makanan Anda menjadi gurih dan lezat.

4. Tropicana Slim Santan Less Fat

Sukseskan diet dengan santan rendah lemak dan tinggi serat dengan Tropicana Slim Santan Less Fat. Pada dasarnya, kandungan lemak jenuh dalam santan tergolong tinggi. Namun, santan instan Tropicana Slim memiliki kandungan lemak yang rendah dan serat yang tinggi. Dengan demikian, kamu bisa menyiapkan berbagai jenis makanan dan minuman yang lebih sehat.

Bagi kamu yang sedang dalam program diet dan ingin merasakan nikmatnya santan, bisa mencoba produk ini. Kalau, memiliki riwayat penyakit diabetes, menjaga asupan makan sudah menjadi kewajiban. Salah satunya adalah santan yang bisa memicu kenaikan gula darah dengan saturated fat sebanyak 21 gram yang cukup tinggi untuk penderita diabetes.

Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk memenuhi nutrisi dan asupan rendah gula dan kalori bisa kamu siasati dengan menggunakan Tropicana Slim santan pada olahan makanan favoritmu.  Tidak hanya membuat masakan menjadi lebih sedap, santan kemasan Tropicana Slim dikomposisikan dari bahan-bahan terpilih, yakni serbun kelapa, pengental nabati, susu bubuk skim, garam NaCI, dan lainnya.

Selain itu, kandungannya juga terdapat vitamin dan suplemen yang bagus bagi kesehatan. Bebas bahan pengawet dan cocok banget dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Santan kemasan tanpa pengawet ini juga kaya akan serat. Bisa jadi solusi untuk kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan karena rendah kalori.

Dalam pembelian satu kotaknya, kamu akan mendapatkan 5 sachet dengan masing-masing berat 500 gram. Agar tetap terjaga awetnya, produk ini harus kamu simpan di tempat kering bersuhu di bawah 30 derajat celcius. 

5. All Co Santan Instan

All-Co Santan dibuat dari perasan kelapa pilihan yang diproses secara modern dengan teknologi UHT-VTIS. Dalam menjaga kandungan nutrisi dan agar tetap segar sampai dipergunakan, maka santan ini dikemas dalam kemasan aseptic.

Selain sebagai bahan masakan dan kue, santan ini juga dapat dikonsumsi langsung. Memiliki kandungan santan kelapa 99,9% dan penstabil nabati (E415). Santan ini dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, restoran kantin, hotel katering, dan industri makanan lainnya.

6. Klatu Santan Kelapa Tua

Unsplash/Nisha Ramesh

Klatu Santan Kelapa Tua menggunakan santan kelapa tua pilihan. Dihasilkan dari perasan pertama yang menghasilkan minyak kelapa paling berkualitas. Diproses secara steril dengan kandungan komposisi sehingga Santan Kelapa Klatu ini dapat melengkapi kelezatan cita rasa santan kelapa yang murni.

Untuk menyajikan masakan yang gurih dan mantap, dibutuhkan santan kental yang berkualitas. Namun, kekentalan santan instan biasanya didapatkan dari bahan pengental tambahan lainnya. Tentu akan makin baik apabila kekentalan santan tersebut didapatkan dari kelapa tua murni.

Nah, santan instan dari Klatu ini memiliki tekstur kental karena diperoleh dari perasan pertama kelapa tua pilihan. Bagi kamu yang ingin meningkatkan cita rasa semua sajian masakan, jangan lewatkan untuk mencoba santan ini.

7. Ayam Brand Coconut Milk

Santan cair memang relatif kurang awet dibandingkan santan bubuk. Sementara itu, penambahan bahan pengawet tentu tidak baik bagi kesehatan, terutama bila santan sering menjadi bahan masakan kamu. Salah satu cara untuk membuatnya lebih awet segar adalah proses pengemasannya.

Santan instan dari brand asal Malaysia ini dikemas dengan teknologi UHT yang menjamin kualitas santan selalu higienis dan terjaga kesegarannya. Dengan menggunakan produk ini, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan kebersihan santan. Merencanakan acara makan-makan di rumah? Untuk membuat masakan berkuah santan, kamu membutuhkan santan kemasan dalam jumlah banyak. 

Nah, santan kelapa dari Ayam Brand bisa kamu jadikan solusi. Hadir dalam ukuran jumbo, yakni satu liter, santan kelapa kemasan Ayam Brand bisa digunakan untuk sajian hidangan dalam jumlah besar. Diproses menggunakan teknologi UHT menjadikan santan ini kesegarannya dapat bertahan lama.

Biar pun demikian, santan ini tidak menggunakan bahan pengawet maupun pewarna yang dapat membahayakan tubuh, lho. Justru santan ini hanya menggunakan ekstrak kelapa pilihan yang murni dan terasa gurih alami.

Harga santan kemasan tanpa pengawet ini tergolong murah dengan size-nya yang besar. Sebaiknya, kamu menyimpan santan kemasan Ayam Brand ini di tempat yang sejuk supaya bisa awet lebih lama. Jangan sampai kena sinar matahari langsung, ya! 

8. Pelangi Megah Intipangan Kepik Merah Santan Bubuk

Selanjutnya ada merk santan kelapa instan dari Pelangi Megah Intipangan Kepik Merah Santan Bubuk. Memiliki kemasan yang sangat unik yang menyenangkan mata, santan kelapa instan ini juga memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Ingin membuat minuman bersantan yang praktis dan segar, merk pelangi megah ini menjadi solusinya.

Terbuat dari santan kelapa, pati terhidrolis, protein susu, pemantap, pengemulsi nabati dan anti kempal, santan kelapa instan ini dikemas dalam kemasan sachet.

Tak hanya cocok digunakan untuk membuat minuman dan juga makanan bersantan dalam jumlah kecil-kecilan. Santan kelapa instan ini sudah mengantongi sertifikat halal dan juga P-IRT, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

9. Leko Santan Kelapa

Selanjutnya ada merk santan kelapa instan terbaik dari Leko Santan Kelapa. Menjadi salah satu santan kelapa instan yang siap untuk dipakai, santan ini dibuat dari buah kelapa tua pilihan yang diproses dengan cara yang sangat higienis.

Jadi tak heran, santan kelapa ini memiliki cita rasa dan juga aroma yang sangat menarik. Tak ketinggalan, santan kelapa ini juga sudah mengantongi sertifikat halal dan BPOM yang menunjukkan bahwa aman untuk dikonsumsi.

10. Bumbu Bunda Elia Coconut Milk Powder

Pilihan tepat untuk tambahan MPASI, cocoknya pakai produk Bumbu Bunda Elia Coconut Milk Powder. Jika memiliki buah hati berusia 6 bulan, kamu tentu perlu menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Tentunya makanan tersebut harus memiliki nutrisi dan kandungan gizi yang tinggi. Perlu kamu ketahui, santan memiliki banyak manfaat untuk bayi, seperti mendukung pertumbuhan otak bayi dan menjaga daya tahan tubuh.  

Bila kamu akan membuat MPASI menggunakan santan, gunakanlah santan dari Bumbu Bunda Elia ini. Santan instan untuk MPASI ini dibuat dari kelapa organik dan diproses secara sempurna sehingga butirannya pun lembut. Selain itu, santan ini juga lebih aman karena tidak ada penambahan dairy creamer.

11. Nucifera Coconut Milk Powder

Kalau kamu punya riwayat alergi gluten, kamu tidak bisa sembarangan memilih makanan atau minuman. Bagi penderita celiac atau alergi gluten, mengkonsumsi panganan yang mengandung bahan ini bisa menyebabkan diare, kembung, konstipasi, bahkan hingga terjadi masalah pada saraf dan jantung, lho.

Maka dari itu, produk makanan yang berlabel bebas gluten sangat direkomendasikan buat kamu. Untuk itu, kamu bisa menggunakan produk santan kemasan dari Nucifera ini. Santan buatan Nucifera merupakan santan bubuk bebas gluten yang terbuat dari 100% bahan organik. Diproses hanya menggunakan kelapa alami, tanpa adanya proses pemutihan (bleaching) dan zat aditif yang berbahaya bagi tubuh. 

Santan ini menjadi pilihan tepat untuk dicampurkan pada makanan maupun minuman untuk para vegetarian atau yang memiliki alergi pada dairy cream. Cara penggunaannya pun mudah saja. Cukup kamu larutkan 1-3 sdm coconut milk powder dengan 1 gelas air. Setelah diaduk rata, kamu bisa konsumsi secara langsung maupun dicampurkan kedalam minuman favorit. 

12. Santan Mama Koko

Apabila kamu peduli dengan kesehatan keluarga, tidak ada salahnya menggunakan santan instan dari Mama Koko ini. Santan ini bebas dari zat aditif, seperti pemutih, pewarna buatan, kandungan pengawet, dan MSG, sehingga lebih sehat dikonsumsi. 

Istimewanya lagi, produk ini dibuat dari kelapa pilihan yang berkualitas tinggi. Jadi, santan ini nikmat dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai bahan campuran makanan lainnya. Jangan lupa sediakan santan ini di dapur kamu untuk kesehatan keluarga tercinta!

BACA JUGA: 42+ Rekomendasi Stok Makanan Anak Kos tanpa Kulkas, Catat!

Perbedaan Santan Instan dengan Santan Peras Tradisional

santan kental instan
Pexels/Roberto Munoz

Santan instan adalah produk santan yang sudah diproses dan dikemas dalam bentuk bubuk atau cairan dalam kemasan, sedangkan santan tradisional dibuat dengan cara manual dari parutan kelapa segar. Berikut adalah beberapa perbedaan antara santan instan dan santan tradisional:

  • Cara pembuatan

Santan instan diproduksi melalui proses industri yang melibatkan pengeringan atau pemekatan santan, sehingga menghasilkan produk dalam bentuk bubuk atau cairan. Sedangkan santan tradisional dibuat dengan memeras parutan kelapa segar secara manual untuk mendapatkan ekstrak kelapa.

  • Konsistensi

Santan instan umumnya memiliki konsistensi yang lebih padat atau pekat daripada santan tradisional. Ini karena santan instan seringkali mengandung bahan tambahan seperti pengental atau bahan penstabil untuk mempertahankan kekentalannya.

Sementara santan tradisional dapat bervariasi dalam konsistensi, tergantung pada jumlah air yang digunakan saat pemerasan kelapa.

  • Kemurnian dan rasa

Santan tradisional biasanya dianggap memiliki rasa yang lebih segar dan alami karena diproses langsung dari parutan kelapa segar. Santan instan, meskipun bisa memberikan rasa yang mirip, sering kali mengandung bahan tambahan seperti pengawet atau perasa tambahan untuk memperpanjang umur simpan dan meningkatkan rasa.

  • Kepraktisan

Santan instan tentu lebih praktis digunakan karena sudah siap pakai dan memiliki umur simpan yang lebih lama. Kamu hanya perlu mencampurkan santan instan dengan air sesuai petunjuk pada kemasan, sedangkan santan tradisional membutuhkan waktu dan usaha untuk memeras parutan kelapa dan mendapatkan santan segar.

Pilihan antara santan instan dan santan tradisional tergantung pada preferensi pribadi, ketersediaan bahan, dan jenis masakan yang ingin kamu buat. Santan tradisional sering kali dianggap memiliki rasa yang lebih otentik.

Tetapi santan instan dapat menjadi alternatif yang praktis dalam situasi di mana waktu dan ketersediaan bahan terbatas.

Itulah tadi beberapa rekomendasi santan kental instan untuk masakan Sedulur di rumah. Tidak perlu khawatir karena bahan masakan seperti santan instan ini tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan  SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.