Sedulur mungkin lebih mengenal susu kental manis dibandingkan susu evaporasi. Selama ini susu kental manis lebih banyak dikenal dan dijadikan tambahan untuk hidangan penutup seperti kue atau minuman es. Namun, baru-baru ini beredar himbauan agar tidak mengonsumsi susu kental manis dengan cara langsung diseduh. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan kelebihan konsumsi gula.

Di sisi lain, ada jenis susunyang mirip dengan susu kental manis dan diklaim lebih sehat. Jenis ini disebut susu evaporasi. Namun, karena bentuk keduanya yang mirip, Sedulur pasti dibingungkan bagaimana cara membedakannya. Sebelum memutuskan memilih, yuk simak dulu apa saja perbedaannya.

BACA JUGA: 12 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh!

1. Proses pembuatan

susu evaporasi
Clean Green Simple

Perbedaan pertama antara keduanya adalah terletak pada proses pembuatan. Proses pembuatan susu kental manis adalah dengan cara susu yang diuapkan untuk menghilangkan kandungan airnya. Setelah sekitar 60 persen kandungan airnya hilang, jumlah gula yang ditambahkan ke dalamnya pun cukup banyak. Yakni bisa sampai sekitar 40-45 persen. Tak heran pada akhirnya disebut susu kental manis karena memang rasanya yang sangat manis.

Proses yang hampir sama sebenarnya dilakukan pada pembuatan susu evaporasi. Susu ini juga melewati proses penguapan sampai kadar airnya hilang hingga 60 persen dan memiliki tekstur yang mirip dengan krim. Panas tinggi yang digunakan dalam pengolahan juga menambah sedikit rasa karamelisasi dan warna yang lebih gelap daripada susu biasanya. Dan yang membedakan dengan susu kental manis, susu ini tidak diberikan tambahan gula atau pemanis sama sekali. Sehingga rasa yang dihasilkan adalah cenderung gurih seperti susu segar biasa.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sabun Bayi Yang Aman Untuk Kulit Sensitif

2. Penggunaan pada makanan

Susu evaporasi
BBC

Penggunaan susu kental manis pada makanan mungkin sudah sangat populer bagi Sedulur. Karena rasanya yang sangat manis, susu kental manis biasanya digunakan untuk topping makanan manis seperti aneka es; kue manis seperti pancake, waffle, atau martabak manis; dan sebagai selai roti.

Sementara susu evaporasi yang tidak memiliki kandungan gula di dalamnya, biasanya digunakan untuk masakan-masakan gurih. Seperti misalnya untuk cream soup, creamy sauce, dan sebagainya.

3. Masa simpan

Bigger Bolder Baking

Kedua jenis susu ini diproses dengan suhu tinggi, sehingga menjadikan keduanya memiliki daya tahan yang lama. Keduanya memiliki masa simpan hingga 1 tahun. Namun, dengan catatan kemasannya belum dibuka. Jika sudah dibuka, sebaiknya langsung disimpan di kulkas. Dan sebaiknya tidak digunakan lebih dari 5 hari setelah kemasan kedua jenis susu ini dibuka.

BACA JUGA: 12 Jenis Vitamin Anak Yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

4. Manfaat susu evaporasi bagi kesehatan

Tara Eco Aruba

Jika susu kental manis disarankan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi, hal ini dikarenakan jumlah kandungan gulanya yang terbilang sangat tinggi. Namun berbeda dengan susu evaporasi yang diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Alodokter, susu ini masih memiliki kandungan yang sama dengan susu segar. Susu yang telah melalui penguapan ini tidak mengalami penyusutan kandungan nutrisi. Kandungan protein dan lemak dalam susu evaporated tetap dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan senyawa lainnya dalam susu jenis ini juga masih terjaga.

Sementara dilansir dari Klikdokter, kandungan dalam susu ini memiliki manfaat antara lain menjaga kesehatan tulang, sumber energi karena kandungan protein dan kalori yang cukup tinggi, serta bisa berfungsi baik bagi Sedulur yang ingin menaikkan berat badan.

Lalu apakah susu ini bisa menggantikan penggunaan susu kental manis? Sebenarnya hal ini bisa saja dilakukan, apalagi jika Sedulur memang sedang mengurangi konsumsi gula. Namun, karena rasa yang dihasilkan oleh kedua jenis susu ini berbeda, maka bisa saja memengaruhi rasa makanan.

Nah itu dia perbedaan antara susu kental manis dan susu evaporasi. Sedulur pasti sudah tidak bingung bukan? Dan tentunya bisa menentukan akan memilih varian apa sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa, jika ingin berbelanja susu dengan mudah, pakai saja Aplikasi Super ya!