Susu evaporasi

Sedulur mungkin lebih mengenal susu kental manis dibandingkan susu evaporasi. Selama ini susu kental manis lebih banyak dikenal dan dijadikan tambahan untuk hidangan penutup seperti kue atau minuman es. Namun, baru-baru ini beredar himbauan agar tidak mengonsumsi susu kental manis dengan cara langsung diseduh. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan kelebihan konsumsi gula.

Di sisi lain, ada jenis susunyang mirip dengan susu kental manis dan diklaim lebih sehat. Jenis ini disebut susu evaporasi. Namun, karena bentuk keduanya yang mirip, Sedulur pasti dibingungkan bagaimana cara membedakannya. Sebelum memutuskan memilih, yuk simak dulu apa saja perbedaannya.

BACA JUGA: 12 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh!

Pengertian susu evaporasi

susu evaporasi
Grid

Susu evaporasi merupakan susu pekat yang umumnya dijual dalam kemasan kaleng. Susu ini dikembangkan pada tahun 1890-an, tak lama setelah penemuan susu kental manis. Ia dibuat dengan memanaskan susu sapi pada tekanan rendah hingga kadar air berkurang sekitar setengahnya.

-->

Susu ini disterilkan setelah direduksi dan dihomogenkan. Sebagai alternatif susu segar yang bisa disimpan lama di suhu ruang, susu ini dirancang untuk diencerkan dengan jumlah air yang sama. Tak hanya itu, susu ini juga digunakan dalam makanan penutup seperti es krim, kue keju, dan puding.

Pengertian susu kental manis

Pixabay

Hampir sama dengan susu evaporasi, susu kental manis merupakan produk susu pekat yang dibuat dengan memanaskan susu sapi pada tekanan suhu rendah. Susu dipanaskan hingga kadar airnya berkurang setengahnya, lalu ditambahkan gula hingga kadar gulanya mencapai 45 persen.

Produk yang dihasilkan akan menjadi lebih tahan lama dan dapat digunakan dalam berbagai resep kue dan minuman. Susu kental manis dalam kalengan dikembangkan pada tahun 1861 di Amerika Serikat. Akan tetapi, sebenarnya produk susu yang dimasak dengan pemanis telah jauh lebih lama dipraktikkan di India. Produk tersebut dikenal dengan nama mithai.

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Perbedaan susu evaporasi dan susu kental manis

susu evaporasi
iStock

Berikut perbedaan antara susu evapolarasi dan susu kental manis yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Kandungan gula

Evaporated milk hanya mengandung sekitar 10 persen gula menurut beratnya karena susu segar secara alami mengandung sekitar 5 persen gula, terutama yang berbentuk laktosa. Sementara itu, susu kental manis biasanya mengandung 45 persen gula, karena dalam prosesnya ditambahkan cukup banyak gula.

2. Rasa

Memiliki kandungan gula yang tinggi, susu kental manis tentunya memiliki rasa yang manis. Sementara untuk evaporated milk umumnya mempunyai rasa seperti susu biasa, tapi lebih pekat dan gurih. Beberapa produsen juga mencampurkan sedikit garam atau santan dalam produk susu evaporasi.

3. Warna

Evaporated milk memiliki warna yag cenderung putih seperti susu biasa, namun sedikit sedikit gelap. Ini karena konsentrasi laktosa dan protein yang terjadi selama pemasakan. Sementara itu, susu kental manis berwarna lebih kuning atau putih gading, karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi.

4. Tekstur

Evaporated milk menambahkan tekstur yang lebih ringan dan cair, hampir sama seperti susu biasa, akan tetapi memiliki tekstur sedikit lebih pekat. Sementara untuk susu kental manis memiliki tekstur yang sangat kental dan padat, mirip seperti sirup yang kental.

5. Proses pembuatan

Perbedaan antara keduanya adalah terletak pada proses pembuatan. Proses pembuatan susu kental manis adalah dengan cara susu yang diuapkan untuk menghilangkan kandungan airnya. Setelah sekitar 60 persen kandungan airnya hilang, jumlah gula yang ditambahkan ke dalamnya pun cukup banyak. Yakni bisa sampai sekitar 40-45 persen. Tak heran pada akhirnya disebut susu kental manis karena memang rasanya yang sangat manis.

Proses yang hampir sama sebenarnya dilakukan pada pembuatan susu evaporasi. Susu ini juga melewati proses penguapan sampai kadar airnya hilang hingga 60 persen dan memiliki tekstur yang mirip dengan krim. Panas tinggi yang digunakan dalam pengolahan juga menambah sedikit rasa karamelisasi dan warna yang lebih gelap daripada susu biasanya. Dan yang membedakan dengan susu kental manis, susu ini tidak diberikan tambahan gula atau pemanis sama sekali. Sehingga rasa yang dihasilkan adalah cenderung gurih seperti susu segar biasa.

6. Penggunaan pada makanan

Penggunaan susu kental manis pada makanan mungkin sudah sangat populer bagi Sedulur. Karena rasanya yang sangat manis, susu kental manis biasanya digunakan untuk topping makanan manis seperti aneka es; kue manis seperti pancake, waffle, atau martabak manis; dan sebagai selai roti.

Sementara susu evaporasi yang tidak memiliki kandungan gula di dalamnya, biasanya digunakan untuk masakan-masakan gurih. Seperti misalnya untuk cream soup, creamy sauce, dan sebagainya.

7. Masa simpan

Kedua jenis susu ini diproses dengan suhu tinggi, sehingga menjadikan keduanya memiliki daya tahan yang lama. Keduanya memiliki masa simpan hingga 1 tahun. Namun, dengan catatan kemasannya belum dibuka. Jika sudah dibuka, sebaiknya langsung disimpan di kulkas. Dan sebaiknya tidak digunakan lebih dari 5 hari setelah kemasan kedua jenis susu ini dibuka.

BACA JUGA: 12 Jenis Vitamin Anak Yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

 Manfaat susu evaporasi bagi kesehatan

Tara Eco Aruba

Jika susu kental manis disarankan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi, hal ini dikarenakan jumlah kandungan gulanya yang terbilang sangat tinggi. Namun berbeda dengan susu evaporasi yang diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Alodokter, susu ini masih memiliki kandungan yang sama dengan susu segar. Susu yang telah melalui penguapan ini tidak mengalami penyusutan kandungan nutrisi. Kandungan protein dan lemak dalam susu evaporated tetap dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan senyawa lainnya dalam susu jenis ini juga masih terjaga.

Sementara dilansir dari Klikdokter, kandungan dalam susu ini memiliki manfaat antara lain menjaga kesehatan tulang, sumber energi karena kandungan protein dan kalori yang cukup tinggi, serta bisa berfungsi baik bagi Sedulur yang ingin menaikkan berat badan.

Lalu apakah susu ini bisa menggantikan penggunaan susu kental manis? Sebenarnya hal ini bisa saja dilakukan, apalagi jika Sedulur memang sedang mengurangi konsumsi gula. Namun, karena rasa yang dihasilkan oleh kedua jenis susu ini berbeda, maka bisa saja memengaruhi rasa makanan.

Manfaat susu kental manis

iStock

Berikut manfaat dari susu kental manis yang perlu Sedulur ketahui.

1. Sumber energi

Kandungan gula yang tinggi membuat susu kental manis menjadi salah satu sumber energi untuk beraktivitas. Sedulur dapat mengonsumsinya ketika akan melakukan aktivitas berat selama satu hari. Tak hanya itu, Sedulur juga akan dapatkan energi lebih hanya dengan penyajian terkecil dari makanan dan minuman yang memakai susu kental manis.

Sedulur bisa menambahkan susu kental manis ini di berbagai makanan seperti kopi, roti dan yang lainnya. Rasa manisnya pun akan membangkitkan mood sehingga dapat. melakukan aktivitas dengan lebih santai.

2. Membantu meningkatkan berat badan

Manfaat susu kental manis yang selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan berat badan. Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan bisa dibilang cukup sulit. Tidak heran jika program diet untuk menambah berat badan juga sangat laris untuk banyak kalangan. Meningkatkan berat badan pun tidak hanya sekadar makan dalam jumlah banyak saja lho Sedulur. 

Cara terbaik untuk menjaga berat badan supaya tidak terlalu kurus dan langsing adalah mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Susu kental manis merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, khususnya pada bagian kalori, karbohidrat, kalsium, dan juga vitamin. Tak hanya itu. rasa yang enak pun Sedulur membuat bisa meningkatkan berat badan dengan lebih nyaman. Akan tetapi harus Sedulur perhatikan untuk tetap batasi konsumsinya karena kelebihan berat badan juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Menghilangkan rasa pedas

Bagi sebagian orang, makanan pedas memang menjadi kenikmatan saat dikonsumsi. Rasa pedas pun bisa membantu menambah nafsu makan. Tentu saja ini sangat cocok bagi Sedulur yang sedang kurang enak badan dan butuh asupan makanan yang besar. Akan tetapi, sayangnya rasa pedas juga bisa meninggalkan rasa tidak nyaman di mulut bahkan perut. Panas dari makanan pedas pun akan membuat tubuh menjadi berkeringat yang kadang bisa membasahi pakaian. Tak hanya itu, makanan pedas juga berisiko menimbulkan masalah pada pencernaan yang lho Sedulur.  Perut bisa jadi akan menjadi sakit dan buang air besar yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah mengonsumsi makanan berbahan susu kental manis. Sedulur dapat memilih sirup buah, kopi susu, hingga teh yang kemudian dicampur dengan susu kental manis. Minuman-minuman tersebut akan langsung meredakan rasa panas yang muncul setelah makan masakan pedas. Mengonsumsi minuman dingin berbahan susu kental manis dingin juga akan membantu juga meredakan pencernaan yang bermasalah. Beberapa masakan pedas biasanya berminyak dan berlemak. Nah, kandungan susu tersebut dapat membantu mencuci minyak yang terdapat di organ pencernaan.

Nah itu dia perbedaan antara susu kental manis dan susu evaporasi yang perlu Sedulur ketajui agar tidak salah lagi dalam memilih susu.. Sedulur pasti sudah tidak bingung bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sedulur ya!

Nah, bagi Sedulur yang ingin membeli berbagai jenis susu tapi malas pergi ke pasar. Tenang saja. Sedulur dapat membelinya di Aplikasi SuperCukup hanya satu aplikasi saja, Sedulur sudah bisa belanja kebutuhan rumah tangga sepuasnya. Ada banyak produk, promo dan tentunya gratis ongkir setiap hari. Belanja di Aplikasi Super mudah dan hemat bukan? Yuk langsung download sekarang juga!