Pemberian vitamin anak yang bagus selalu menjadi perhatian orang tua. Saat anak sudah berusia di atas 1 tahun, pemberian vitamin memang sudah bisa dilakukan. Seiring pertumbuhan anak, pemberian suplemen pada anak bertujuan untuk memastikan mereka mendapat vitamin dan mineral yang cukup.

Meski anak bisa mendapat asupan vitamin dan mineral dari makanan, tapi terkadang jumlah asupannya tidak konsisten. Jika anak kekurangan vitamin dan mineral bisa berpengaruh pada daya tahan tubuhnya. Di sinilah peran suplemen tambahan, yakni melengkapi vitamin dan mineral yang tidak didapat dari makanan.

Lalu bagaimana caranya untuk memilih vitamin anak yang bagus? Kali ini Aplikasi Super akan memberikan rekomendasi kepada Sedulur yang sedang memilih vitamin untuk sang buah hati. Kira-kira apa saja ya?

BACA JUGA: 7 Cara Memutihkan Gigi Kuning Membandel Di Rumah, Ampuh!

1. Imboost Kids

vitamin anak yang bagus
K24Klik

Imboost selama ini dikenal sebagai salah satu vitamin terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin keluaran Soho Group ini mengeluarkan varian untuk dewasa dan anak-anak. Imboost kids diklaim sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak-anak.

Imboost kids mengandung bahan herbal aktif echinacea dan zinc picolenat. Dua bahan herbal ini terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara estrak tumbuhan echinacea sendiri memiliki kemampuan anti inflamasi. Dimana, bisa membantu meredakan peradangan serta mengendalikan gejala flu. Imboost kids bisa dibilang masuk dalam jajaran vitamin anak 2 tahun terbaik. Harga Imboost kids adalah kisaran Rp30 ribu hingga Rp79 ribu.

2. H-Booster

vitamin anak yang bagus
Lazada

H-Booster adalah salah satu vitamin anak yang bagus karena mengandung vitamin dan mineral yang sangat lengkap. Di dalamnya terdapat vitamin C, E, B3, B5, B6, dan mineral seperti zinc dan selenium. Sejumlah kandungan dalam H-Booster ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan saat anak sakit.

Aturan pakai H-Booster pada anak antara lain setengah sendok teh per hari untuk usia 1-2 tahun, 1 sendok teh per hari untuk usia 2-5 tahun, dan 2 sendok teh per hari untuk usia di atas 5 tahun.

BACA JUGA: 50+ Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Recomended

3. Blackmores Superkids Growing Bones Chewables

vitamin anak yang bagus
Lazada

Blackmores tentu sudah diragukan lagi sebagai brand yang banyak mengeluarkan produk vitamin. Varian vitaminnya pun lengkap dari untuk dewasa hingga untuk anak-anak. Salah satu vitamin anak yang bagus dari brand ini adalah Blackmores Superkids Growing Bones Chewables.

Vitamin ini sangat cocok diberikan kepada anak usia 2-12 tahun. Ia berbentuk seperti permen, bearoma buah, dan sangat mudah dikunyah. Suplemen ini mengandung kalsium bebas laktosa dan vitamin D3 alami yang membantu pertumbuhan serta perkembangan anak untuk tumbuh sehat. Selain itu, suplemen ini juga merupakan suplemen yang bebas gula. Sehingga pasti aman dikonsumsi anak-anak secara rutin. Sedulur bisa membeli Suplemen ini dengan harga Rp170 ribuan untuk satu kemasan berisi 60 tablet.

4. Holisticare Ester C Kids

vitamin anak yang bagus
Vimece

Sesuai namanya, Holisticare Ester C Kids adalah suplemen tambahan vitamin C untuk anak. Vitamin ini berbentuk vitamin hisap dan memiliki rasa jeruk yang sulit ditolak anak. Vitamin C pada Holisticare Ester C Kids ini diklaim dapat bertahan lebih lama dan menyerap lebih cepat ke tubuh anak dibanding vitamin C lainnya. Sebagai informasi, vitamin C sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Tak hanya vitamin C, Holisticare Ester C Kids ternyata juga mengandung xylitol yang bisa membantu memelihara kesehatan gigi dan kalsium. Tak hanya itu, ia juga magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang.

5. Stimuno Syrup

vitamin anak yang bagus
Gogobli

Stimuno Syrup dibuat dari ekstrak tanaman meniran yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sakit, dan juga bisa mempercepat penyembuhan saat anak sakit. Stimuno syrup tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu rasa original tutty fruity, anggur, dan orange berry. Setiap 5 ml obat sirup mengandung 25 mg ekstrak meniran hijau yang dikemas dalam botol berukuran 60 ml dan 100 ml.

BACA JUGA: Ibu Super, Ini 7 Hal Yang Perlu Dipahami Pada Psikologi Anak

6. Apialys Drop / Sirup

BigGo

Selanjutnya ada multivitamin Apialys yang tersedia dalam betuk drop atau sirup yang biasanya direkomendasikan oleh dokter anak. Suplemen ini mengandung vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, nicotinamide, lysine HCI, D-pantothenol, dan I-glutamic acid.

Multivitamin ini membantu menambah kekurangan asupan vitamin harian, penambah nafsu makan, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan anak.

7. Curcuma Plus Imuns

CURCUMA PLUS IMUNS VITAMIN | Lazada Indonesia
Lazada

Curcuma dikenal sebagai multivitamin yang berguna untuk menambah nafsu makan anak yang susah makan. Curcuma sendiri berarti temulawak yang terkenal memiliki khasiat menambah nafsu makan. Suplemen ini juga mengandung berbagai vitamin lainnya seperti vitamin A serta B kompleks, berperan penting memelihara fungsi organ tubuh. Namun multivitamin ini baru bisa dikonsumsi anak yang berusia 6 tahun ke atas.

8. Cerebrofort Gold

Desyyusnita.com

Cerebrofort Gold mengandung Ekstrak AA, DHA, EPA, L-GLutamic Acid juga folic acid. Kandungan ini diformulasikan khusus dalam meningkatkan perkembangan otak si kecil. Multivitamin ini juga bisa dibilang paket lengkap. Sebab berguna untuk menambah nafsu makan, pertumbuhan, kecerdasan, serta menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi juga bisa berguna untuk meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

9. Vidoran Plus Vitamins

Shopee

Satu lagi vitamin anak yang bagus untuk menambah nafsu makan, yakni Vidoran Plus Vitamins. Multivitamin anak ini mengandung curcuma dan lysine yang membantu menambah nafsu makan anak. Selain itu, Vidoran Plus juga memiliki kandungan Vitamin B kompleks, omega-3, vitamin C, dan mineral yang berguna membantu pertumbuhan dan kemampuan berpikir anak. Tak hanya itu, suplemen ini juga bisa membantu daya tahan tubuh anak.

BACA JUGA: Cara Belajar Membaca Anak TK [Cepat, Mudah & Efektif]

10. Scott’s Emulsion

SCOTTS EMULSION VITA cod liver oil 1+ years VIT A & D / orange flavour -  YouTube
Youtube

Scott’s Emulsion telah sejak dulu terkenal sebagai suplemen anak yang bisa diandalkan. Suplemen ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan otak, seperti asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin D, dan kalsium, serta menjaga imunitas tubuh anak agar tidak mudah terpapar virus dan bakteri.

Scott’s Emulsion tersedia dalam varian rasa jeruk untuk sirup, sedangkan vitamin permennya tersedia rasa jeruk dan mangga.

11. Youvit Multivitamin Anak

Guardian Indonesia

Suplemen satu ini sepertinya akan susah ditolak anak karena bentuknya seperti permen jelly yang memiliki berbagai varian rasa seperti strawberry, jeruk, dan nanas. Youvit Multivitamin mengandung 10 vitamin penting, yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan tiga mineral: selenium, iodium, zinc. Kombinasi tersebut bisa meningkatkan imunitas tubuh serta berperan penting untuk pertumbuhan anak. Suplemen ini direkomendasikan untuk anak usia 3-12 tahun.

12. Nordic Naturals Baby

NatureWe

Jika sedulur masih memiliki anak yang masuk dalam usia new born hingga 2 tahun, maka Nordic Naturals Baby bisa diberikan. Suplemen yang berbentuk obat tetes ini mengandung DHA yang mampu membantu meningkatkan perkembangan jaringan sel-sel saraf selama masa tumbuh kembangnya.

Nordic Naturals Baby terbuat dari 100% arctic cod liver oil, yaitu minyak ikan dari perairan laut dalam Norwegia dengan kadar paling murni, yang diambil dari hatinya. Tak heran, harganya pun sedikit mahal yakni Rp310 ribu per 200 gram.

Nah kira-kira Sedulur sudah memutuskan belum vitamin anak yang bagus untuk diberikan kepada sang buah hati. Jangan sampai salah pilih ya, dan ada baiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter anak. Selain itu, meski konsumsi multivitamin sangat penting, namun pola makan yang sehat harus tetap dijaga. Untuk bahan-bahan makanan yang berkualitas dan selalu fresh, jangan lupa untuk selalu beli di Aplikasi Super ya!