Rekomendasi ramen instan terenak

Tentu Sedulur tahu cukup familiar dengan kuliner bernama mie ramen. Yup, ramen merupakan salah satu hidangan mie yang berasal dari Jepang dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dengan sejarah yang panjang dan rasa begitu lezat, para produsen makanan pun mulai mencoba untuk menjadikan ramen sebagai makanan instan. Hasilnya ada banyak sekali ramen instan terenak yang berhasil diciptakan sekarang ini.

Bagi Sedulur yang ngidam dan ingin menyantap ramen instan terenak, tentu Sedulur butuh rekomendasi ramen agar bisa nikmat menyantapnya. Jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas rekomendasi ramen instan yang tak hanya enak tapi juga halal. Apa saja rekomendasinya? Yuk, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Jenis Kuah Ramen yang Enak yang Harus Kamu Coba!

Mengenal Mie Ramen

ramen instan terenak
Japanese Cooking

Sebagaimana yang disampaikan sebelumnya, bahwa banyak yang salah kira bahwa ramen berasal dari Jepang. Padahal ramen sendiri berasal dari China. Hal ini tentu saja tercatat dalam sejarah dan berakar kuat pada kuliner khas China. Mie tersebut lalu masuk ke Negeri Sakura karena pembukaan pelabuhan di Jepang pada tahun 1859. Pembukaan tersebut memberi akses masuknya pengaruh dari China dan negara-negara Barat lainnya termasuk makanan.

Dibangunnya pelabuhan tersebut dibarengi dengan dihapusnya larangan memakan daging yang hampir berlangsung selama 1.200 tahun lamanya. Dikutip dari informasi di museum Ramen Shin-Yokohama, Jepang, pedagang China sudah punya pengalaman berbisnis dengan orang barat. Kemahiran pedagang China dalam berbisnis membuat China Town muncul di Jepang. Area tersebut diisi restoran-restoran China yang menyuguhkan hidangan mi, cikal bakal dari ramen Jepang. Awalnya, makanan China dirasa terlalu mahal untuk masyarakat biasa.

Meski demikian, makanan China menjadi sangat populer di Jepang. Mie Ramen menjadi salah satu makanan dari China yang menyebar ke Jepang dan membaur dengan budaya makanan setempat. Kata ramen sendiri berasal dari bahasa China yaitu la (menarik) dan mian (mi). Jadi cara pembuatan mie Ramen itu adalah dengan cara ditarik-tarik hingga memanjang menggunakan tangan. Nama la mian ini bisa berubah menjadi ramen karena saat orang Jepang mengucapkan la mian cenderung pengucapannya menjadi ramen.

Orang Jepang sendiri mengartikan Ramen sebagai masakan mie kuah Jepang yang berasal dari Tiongkok dan menyebutkan ramen sebagai chuka shoba atau shina shoba. Mie dalam bahasa Jepang sendiri namanya adalah soba, bukan ramen. Penyebutan atau nama ramen pun akhirnya mendunia dan terus berkembang menjadi variasi yang tak terbatas. Dari tahun ke tahun, penikmat ramen pun semakin meningkat dan hampir setiap orang pun bisa menyantapnya.

Makanan Asli Jepang

Unsplash

Setelah kita mengetahui sejarah dari mie ramen di atas, kita jadi tahu bahwa olahan mie ramen sendiri berkembang di Jepang. Banyaknya masyarakat Jepang yang menyukai makanan mie khas Tiongkok tersebut membuat mie ramen instan pertama kali ditemukan di Jepang dan hingga kini sudah banyak dikembangkan. Mie instan ramen pertama kali ditemukan oleh Momofuku Ando dari perusahaan Nissin Foods di Jepang pada tahun 1958. Pada saat itu, perusahaan tersebut meluncurkan produk dengan nama Chikin Ramen.

Mie instan pertama diciptakan untuk memberi makan orang selama masa ketidakpastian ekonomi setelah Perang Dunia II. Disebutkan bahwa ia mengonsumsi mie ramen instan rasa ayam hampir setiap hari sampai kematiannya. Pada awalnya, mie ramen instan dianggap sebagai bahan makanan mewah yang melalui supermarket-supermarket yang ada di Jepang. Harga awal dari ramen hampir memiliki enam kali lebih mahal daripada mie yang segar. Namun, saat ini ramen dianggap sebagai makanan murah dan sudah banyak ditemukan di berbagai dunia.

BACA JUGA: Resep Ramen Shoyu Jepang Praktis ala Rumahan

Rekomendasi Ramen Instan Terbaik

Time Out

Nah kali ini kita masuk ke pembahasan utama yaitu terkait daftar rekomendasi ramen instan terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Nissin Gekikara Ramen Extra Hot

Rekomendasi ramen instan terenak pertama adalah Nissin Gekikara Ramen Extra Hot. Kehadiran produk mie ramen di Indonesia memberikan warna tersendiri dalam dunia kuliner. Mie ramen instan lainnya yang tidak kalah digemari adalah dari Gekikara.

Mie ramen goreng asal Jepang ini memiliki tekstur yang kenyal dengan racikan bumbu pilihan dan cita rasa pedas di lidah. Mie ramen murah ini juga dibungkus dalam kemasan porsi jumbo. Bicara soal harga, Sedulur tidak perlu khawatir, karena mie instan Nissin ini dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat.

2. Ottogi Cheese Ramen In Soup Cup

Ramen instan terenak selanjutnya yaitu Ottogi Cheese. Salah satu varian rasa ramen menarik yang unik. Salah satu rasa yang berbeda dan bisa jadi favorit Sedulur adalah ramen kuah dengan keju yang ditawarkan dari Ottogi Cheese Ramen. Mie ramen ini tersedia dalam kemasan cup yang praktis yang bisa Sedulur gunakan sebagai wadah saat menikmatinya. Tektur mie-nya yang kenyal dan lembut berpadu dengan kuah sup campuran keju yang super creamy di lidah.

Untuk cara penggunaan, Sedulur cukup masukkan bumbu dan sayur ke dalam air panas. Setelah itu masukkan mie dan powder soup. Kemudian masak selama 4 menit, tambahkan bubuk keju dan aduk hingga rata. Mie pun siap disajikan!

3. Samyang Green Hot Chicken Ramen

Masih dengan ramen instan terbaik dari Korea Selatan, yaitu Samyang Green Hot Chicken Ramen. Ramen dari Samyang ini memiliki cita rasa pedas yang menggelegar yang pasti disukai oleh Sedulur yang termasuk para pecinta pedas. Mie ramen Korea ini juga dilengkapi dengan topping berupa sayuran dan rumput laut kering untuk menambah cita rasanya. 

Memiliki porsi yang besar dalam satu bungkus yang akan membuat Sedulur langsung kenyang setelah menyantapnya. Sedulur pun tak perlu khawatir karena mie ramen instan Korea terenak ini sudah mengantongi label Halal dari MUI.

4. Marutai Kumamoto

Rekomendasi mie instan terbaik selanjutnya yaitu Muratai Kumamoto. Marutai merupakan perusahaan makanan Jepang dengan spesialisasi berbagai jenis mie instan, yang salah satunya menghadirkan variasi mie ramen berkualitas.

Mie ramen ini terkenal dengan kuah kaldu babi atau pork yang gurih dan nikmat. Untuk Sedulur yang muslim, dianjurkan untuk tidak memilih mie ramen instan ini, karena tidak halal. Dalam satu kemasan terdiri dari dua porsi yang dapat kami nikmati bersama seorang teman atau anggota keluarga lain.

5. Arirang Samyang Korean Fried Noodle Extra Hot

Rekomendasi ramen instan terenak selanjutnya adalah Arirang Samyang. Jika dilihat dari namanya sudah jelas makanan ini berasal dari Korea. Penggemar kuliner pedas wajib mencoba mie ramen yang satu ini. Arirang Samyang mengeluarkan varian ramen dengan rasa super pedas dan tambahan aroma daun jeruk yang segar.

Sedulur pun akan dibuat ketagihan oleh ramen goreng instan ini. Oleh karena itu, tidak perlu jauh-jauh sampai ke Korea untuk menikmati kelezatannya, karena mie ramen instan Halal kemasan 130 gram-nya sudah bisa Sedulur dapatkan dengan mudah.

BACA JUGA: Rawon Jadi Sup Terenak di Dunia, Kalahkan Ramen Jepang!

6. Nongshim Shin Ramyun Noodle Soup

rekomendasi ramen instant terenak
America’s Test Kitchen

Rekomendasi mie ramen yang satu ini merupakan salah satu merk mie ramen yang terlaris di Korea, Nongshim Shin Ramyun Noodle Soup menawarkan cita rasa yang berbeda dari mie ramen biasanya. Mie ramen Korea ini memiliki kombinasi rasa kaldu pedas yang pas di lidah dengan tambahan daging, jamur, wortel dan kubis yang akan menggugah selera Sedulur. 

Mie ramen instan ini memiliki bentuk mie yang keriting dengan tekstur lembut dan kenyal. Mie ini sering direkomendasikan oleh banyak food blogger karena rasanya yang gurih, pedas dan lezat. Tidak perlu khawatir, mie instan shin ramyun ini sudah bersertifikat halal MUI, sehingga untuk orang-orang muslim bisa menikmati mie ramen ini. 

7. Paldo Bulnak Bokkumyun Noodle

Pilihan mie ramen instan terbaik memang tidak ada habisnya. Jika Sedulur merasa bosan dengan rasa mie ramen yang itu-itu saja, dan mencari ramen dengan cita rasa seafood yang gurih, Sedulur bisa mencoba Paldo Bulnak Ramen dari Korea ini.

Yup, sesuai dengan namanya, mie ramen instan ini mengandung kaldu octopus dengan perpaduan rasa pedas yang ideal dan rempah-rempah, seperti bawang putih serta dan jahe. Produk ini bahkan sempat jadi hits di media sosial, seperti Youtube dan Instagram.

8. Ichiran Ramen

Jika Sedulur penggemar mie ramen dan sering memburunya hingga ke luar negeri, pasti tak asing dengan merk ramen yang satu ini. Ya, Ichiran ramen merupakan ramen yang paling terkenal di Jepang. Bahkan, Sedulur harus mengantre lama jika ingin menyantap di restorannya.

Namun, tak perlu khawatir dan repot harus antre, karena kini tersedia Ichiran ramen instan yang dapat Sedulur nikmati kapan saja. Dalam satu kemasan terdiri dari 5 buah kantong, yang masing-masing bungkusnya dapat Sedulur nikmati untuk berdua, karena merupakan porsinya yang lumayan besar.

9. Nissin Japanese Ramen Kyushu Black

Nissin kembali menghadirkan ramen instan terenak dengan rasa yang begitu otentik. Didominasi rasa pedas yang ringan, kuah ramen ini begitu umami dan siap membuat lidah Sedulur bergoyang. Seri Kyushu Black dengan varian Roasted Garlic Flavour adalah pilihan terbaik ketika kamu ingin mencoba ramen dari Nissin.

Mie ramen ini terbuat dari tepung gandum, sehingga lembut, halus dan kenyal. Selain rasa bawang putih yang kuat, komposisi lain yang terdapat dalam kuah mie ramen ini adalah Ma-Yu hitam serta campuran minyak wijen yang khas. Nissin mie instan ini sangat pas untuk Sedulur yang tidak menyukai rasa pedas.

10. Myojo Ramen Char Mee 100

Myojo ramen adalah salah satu merk mie ramen yang cukup legendaris dari Singapura. Myojo juga menjadi produsen mie instan pertama sejak tahun 1971. Hingga kini Myojo selalu mempertahankan kualitas semua mie instannya termasuk varian ramen ini.

Varian Ramen Char Mee memiliki rasa yang pedas, sehingga memberikan sensasi tersendiri ketika Sedulur memakannya. Selain itu, kaldu mie ramen ini terbuat dari perpaduan ikan, udang, kacang, wijen serta susu.

11. Nongshim Ansungtangmyun

Rekomendasi ramen instan terenak selanjutnya adalah dari Nonghsim. Yup, ramen Ansungtangmyun produksi Korea ini merupakan salah satu sajian mie yang cukup populer di Negara Ginseng tersebut. Ramen ini juga memiliki kuah yang begitu gurih dan kaya rasa.

Selain itu, mie ramen Nongshim ini memiliki perpaduan yang khas, antara lain ekstrak dari tulang dan daging sapi, serta dilengkapi dengan rasa asli dari daun kubis, pasta kedelai dan bubuk cabai.

12. Daisho Hakata

Rekomendasi terakhir ramen instan terbaik yaitu Daisho Hakata. Produk ini menggunakan tonkotsu atau kaldu babi murni yang kaya rasa. Daisho Hakata Rich Tonkotsu Ramen memiliki ramen bertekstur kenyal yang tipis yang dengan kuah tonkotsu berwarna putih tanpa campuran bahan lain.

Hal tersebut sehingga memiliki cita rasa ramen khas Jepang yang kaya akan rasa dan aroma. Produk tonkotsu ramen, pada dasarnya merupakan ciri khas dari ramen di wilayah Hakata, Jepang. Produk ini tentunya juga non-halal.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Minyak Wijen yang Enak dan Halal

Perbedaan Ramen di Jepang dan Negara Lain

ramen instan terenak
The Cheeky Chicpea

Ramen Jepang berawal dari mie China, sehingga ada banyak kemiripan di antara keduanya. Namun seiring berjalannya waktu, tentu antara ramen Jepang dan mie China muncul perbedaan. Bahkan perbedaan tersebut sudah diketahui oleh banyak orang. Perbedaan keduanya terletak pada kuah kaldunya atau dahi. Kuah dalam hidangan mie China biasanya dipakai untuk hidangan lain, sedangkan kuah kaldu versi Jepang hanya dibuat untuk ramen saja.

Lantaran kaldu dibuat hanya untuk semangkuk mie ramen, maka jenis mie dan kuahnya pun disesuaikan agar menghasilkan rasa terbaik. Apabila menggunakan bentuk mie keriting, ramen akan dipadukan dengan kuah yang rasanya lebih ringan. Sebaliknya, apabila ramen dibuat dengan mie dengan bentuk lurus akan cocok dipadukan dengan kuah lebih kental dan memiliki rasa yang pekat. Pembuatannya yang perlu diperhatikan tersebut membuat kuah kaldu pada ramen menjadi hal yang penting dari hidangan tersebut.

Umumnya kuah kaldu ramen dibuat dari garam, soy sauce dan miso, ditambah dengan kaldu dari tulang babi atau ayam. Sementara mie dalam ramen dibuat dari gandum, air, garam, dan telur. Pembuatan mie ramen di Jepang sendiri melihat lima kriteria seperti ketebalan mie, presentase air, bentuk, serta warna. Semuanya tersebut turut mempengaruhi rasa dari mie ramen instan ala Jepang yang sangat khas.

BACA JUGA: 20 Resep Olahan Tahu Putih Praktis dan Menggugah Selara!

Tips Memilih Ramen Instan

ramen instan terenak
Wagamas

Agar Sedulur tidak salah memilih dan membeli ramen, sebaiknya kamu mengetahui tips dan cara memilih ramen yang nikmat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan saat membeli ramen.

1. Pilih sesuai selera

Dengan adanya berbagai pilihan rasa atau varian dari mie ramen yang hadir di pasaran baik dari produk lokal ataupun luar negeri, pastinya akan sedikit membingungkan Sedulur dalam memilih. Sebaiknya pilihlah mie ramen instan yang sesuai dengan selera dan kesukaanmu. Rasa utama dari mie ramen umumnya adalah pedas dan tidak pedas. Sedangkan untuk pengolahan, umumnya terbagi menjadi goreng ataupun dengan kuah.

Ramen dari Jepang ataupun Korea pun berbeda, sehingga saat Sedulur menyantapnya cita rasa yang Sedulur akan nikmati akan mendekati rempah yang biasanya khas digunakan pada negara tersebut. Seperti wijen, bawang putih ataupun dengan taburan nori (rumput laut) umumnya lebih banyak Sedulur temui untuk rasa di ramen Jepang. Sedangkan ramen Korea lebih banyak menggunakan rasa pedas cabai dengan kombinasi kaldu ayam atau daging.

2. Perhatikan komposisinya

Komposisi dalam produk mie ramen instan juga menjadi hal yang penting untuk Sedulur perhatikan. Mengapa demikian? Karena jika mie ramen tersebut adalah produk import, maka bahasa yang digunakannya pun umumnya Jepang atau Korea.

Maka Sedulur harus selektif, apalagi bagi Sedulur yang muslim. Karena tidak semua mie ramen instan tersebut sudah mengantongi label Halal dari MUI. Selain itu, dengan mengetahui keseluruhan komposisi, membuat Sedulur yang memiliki alergi lebih aman jika dalam mie ramen tersebut mengandung seafood ataupun susu.

3. Ukuran mie ramen

Ukuran mie ramen mungkin menjadi penting, terutama bagi Sedulur yang suka mukbang. Umumnya, mie ramen memiliki ukuran lebih besar daripada mie biasa. Dan untuk mie ramen Jepang, tekstur juga lebih kenyal dan lembut. Jadi dengan ukuran mie ramen ini, sebenarnya Sedulur akan cukup kenyang untuk hanya memakan satu bungkus. Bahkan beberapa pilihan mie ramen instan ada yang bisa Sedulur nikmati dengan 2 orang untuk satu porsinya.

Tips memilih ramen yang paling nikmat adalah dengan mengetahui ukuran yang tepat bagi Sedulur. Berbeda dengan mie instan yang ada di Indonesia dengan ukuran kecil, ramen instan biasanya memiliki ukuran besar. Hal tersebut memang karena ramen diproduksi dan diperuntukan bagi beberapa porsi yang disantap bersama-sama. Jadi, jangan sampai salah pilih ukuran ramen, ya!

4. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Hal yang tak kalah penting namun seringkali terabaikan adalah tanggal kedaluwarsa yang umumnya ada di kemasan. Produk mie ramen instan yang kebanyakkan ada di pasaran umumnya impor, sehingga ada baiknya Sedulur memperhatikan hal ini. Karena pasti Sedulur tidak ingin kan, mie ramen yang Sedulur nikmati justru akan membahayakan kesehatan Sedulur. Maka dari itu wajib sekali Sedulur saat membeli ramen memperhatikan tanggal kadaluwarsa dan membaca kemasan.

Namun, biasanya jika Sedulur membeli di supermarket atau minimarket, produk-produk yang kadaluwarsa akan ditarik dari pasar. Namun bukan berarti Sedulur harus santai dan tidak waspada. Tidak ada salahnya Sedulur membaca dan memperhatikan tanggal kadaluwarsanya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Warmindo Malang yang Enak untuk Hangout

Ramen Jadi Makanan Terenak di Dunia versi CNN

Ramen
Just One Cookbok

Ramen merupakan makanan internasional yang paling banyak digemari di Indonesia. Olahan mie ala Jepang tersebut disajikan dengan kuah yang ditambahkan dengan potongan daging serta daun bawang. Makanan Jepang tersebut banyak dipengaruhi oleh kuliner China.

Namun, pengembangan ramen menjadi mie ramen instan tidak terlepas dari peran Jepang. Oleh karenanya, Ramen menjadi makanan yang terkenal di negara Jepang. Bahkan, berdasarkan data dari CNN, Ramen masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia pada urutan ke-8. Namun sebagai masyarakat Indonesia, tentu kita harus bangga bahwa Rendang dari Sumatera Barat merupakan makanan ternikmat di dunia versi CNN yang bahkan mengalahkan ramen!

BACA JUGA: 12 Merk Saus Teriyaki yang Enak dan Terbaik 2023

Vietnam Jadi Produsen Ramen Terbesar di Dunia

Ramen instan
The New York Times

Ramen menjadi makanan autentik yang banyak digemari oleh negara-negara Asia khususnya. Kepopuleran mie ramen sendiri yang mudah dibuat menghadirkan bentuk instannya disebut mie ramen instan. Kemunculan mie instan sudah ada lebih kurang 10 tahun setelah Jepang kalah dalam perang dunia II. Awal lahirnya mi instan sendiri berada di Jepang karena banyaknya permintaan pasar secara global tahunan diperkirakan sekitar 15 juta porsi sejak tahun 1990.

Mi ramen instan pertama di dunia disebut chicken ramen. Terciptanya mi instan tersebut dengan cara membentuk sistem pembuatan mi versi industri dari pengkukusan, bumbu, hingga dehidrasi mi dalam minyak panas. Berkat masaknya yang mudah dan hanya butuh 2 menit, mie instan ramen tersebut kemudian semakin populer hingga akhirnya mulai menyebar ke Asia, Amerika, Eropa dan telah diterima secara global. Bahkan angka konsumsi mie ramen instan semakin naik menjadi 50 juta porsi pada tahun 2001 dan melebihi 100 miliar porsi pada tahun 2012.

Melalui Data Pasar Ramen Dunia 2021 terlihat negara Vietnam berada pada peringkat pertama sebagai negara pengonsumsi ramen instan tertinggi. Data tersebut dihimpun oleh Asosiasi Ramen Dunia atau World Ramen Association.

Demikian tadi daftar rekomendasi ramen instan terenak yang bisa Sedulur coba. Makanan yang terbuat dari tepung ini memang jadi salah satu makanan terenak yang tak bisa dilewatkan. Apalagi dengan sejarah yang begitu panjang, tak heran jika ramen termasuk sebagai hidangan legendaris di dunia. Jadi selamat mencoba ramen instan yang sudah direkomendasikan ya!