kuah ramen yang enak

Ramen merupakan satu dari sekian banyak makanan khas dari Jepang yang populer. Makanan berkuah yang berisi mie, daging, dan sayur-sayuran ini memang memiliki rasa yang lezat. Selain kuah ramen yang enak, isian yang bermacam-macam juga memiliki daya tarik tersendiri.

Ada beberapa jenis kuah ramen yang bisa Sedulur coba ketika mengunjungi Jepang atau mencicipinya di restoran ala Jepang di Indonesia. Berbagai jenis kuah tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda dan ciri khas tersendiri. Penasaran dengan apa saja jenis kuah ramen yang ada? Simak informasi berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Resep Omurice, Nasi Goreng Omelet dari Jepang Enak & Mudah

1. Kuah Wakame

kuah ramen enak
ramenguy

Kuah ramen yang enak pertama adalah kuah wakame. Kuah yang terbuat dari kaldu sayuran wakame ini banyak diminati oleh masyarakat pecinta ramen. Bagi Sedulur yang belum tahu, wakame merupakan sejenis rumput laut yang tumbuh di negara Jepang.

-->

Kuah wakame memiliki rasa yang gurih dengan aroma asin khas makanan laut. Kuah ini juga berarna bening yang cocok untuk para vegetarian atau sedang menjalani program diet. Kuah wakame ini tidak hanya populer di Jepang, namun juga disukai oleh pecinta ramen di Indonesia.

2. Kuah Tsukemen

kuah ramen enak
thenoodleslurp

Kuah tsukemen merupakan kuah ramen yang cukup beda daripada kuah ramen lainnya. Mengapa begitu? Hal ini karena kuah tsukemen disajikan dalam kondisi terpisah antara mie dan kuahnya. Selain itu, kuah ramen ini juga hampir mirip dengan kuah tonkotsu dan mie yang digunakan pada ramen ini juga lebih tebal. 

Dalam pembuatannya, kuah tsukemen diperoleh dari rebusan tulang babi atau ayam yang biasanya juga dicampur dengan aneka bahan makanan laut. Perpaduan rebusan tersebut akan menghasilkan rasa yang gurih dengan tekstur yang cukup kental. 

BACA JUGA: 20 Resep Bumbu Marinasi Ayam yang Enak Beserta Tipsnya

3. Kuah Chizu

kuah ramen enak
makansampaikenyang

Kuah ramen berikutnya adalah kuah chizu. Kuah ini sangat pas dinikmati oleh para pecinta keju atau cheese lovers. Bagaimana tidak? Kuah ramen ini menggunakan campuran kuah miso dengan tiga jenis keju. Rasa miso yang gurih berpadu dengan tiga jenis keju yang super creamy tentu membuat Sedulur merasa ketagihan. 

Kuah chizu pada ramen merupakan kuah modifikasi. Meskipun begitu, perpaduan rasa yang pas dan unik malah membuat kuah ini menjadi salah satu kuah favorit saat menikmati ramen. Apalagi jika disantap saat menunggu hujan reda atau dalam cuaca mendung, nikmatnya akan semakin bertambah.

4. Kuah Kari

kuah ramen enak
kroger

Jenis kuah berikutnya adalah kuah kari. Jenis kuah ini dianggap paling cocok dengan lidah orang Indonesia karena menggunakan campuran rempah-rempah yang banyak. Kuah ramen ini berwarna agak keruh dengan tekstur yang cenderung lebih kental jika dibandingkan dengan jenis kuah ramen yang lainnya. 

Kuah kari sering dipilih oleh pecinta ramen Indonesia karena cukup populer dalam jenis makanan lain, seperti misalnya pada mie instan rasa kari. Kuah ini juga dirasa lebih nendang karena perpaduan rempah-rempahnya yang kuat.

5. Kuah Tonkotsu

ramen
souschef

Kuah tonkotsu juga menjadi kuah ramen yang enak dan disukai banyak orang. Kuah yang berasal dari kaldu tulang babi ini memiliki warna putih kental, berlemak, dan memiliki rasa sangat gurih. Bagi para pecinta babi, kuah ramen ini jangan sampai terlewat, ya! 

Ramen ini tidak hanya disajikan dengan mie saja, melainkan juga dicampur dengan acar jahe sebagai penyeimbang rasa. Sekali mencoba kuah ini, Sedulur pastinya akan ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

BACA JUGA: Resep Martabak Telur Enak untuk Camilan Si Kecil di Rumah

6. Kuah Shoyu 

ramen
unsplash

Selanjutnya adalah kuah shoyu atau kecap Jepang. Bumbu ramen yang mulai populer di wilayah Kanto ini sebenarnya berasal dari Yokohama. Umumnya, shoyu dimasak bersama dengan ayam, seafood, babi, atau kaldu dari daging sapi. 

Kuah shoyu memiliki warna lebih cokelat dan memiliki rasa kacang kedelai di dalamnya. Meskipun terlihat lebih gelap, kuah ramen yang enak ini sangat diminati. 

7. Kuah Miso

ramen
unsplash

Kuah miso merupakan salah satu kuah ramen yang enak dan disukai para pecinta ramen. Kuah yang lebih kental dan berwarna kuning kecoklatan ini berasal dari campuran antara pasta miso dengan kaldu babi atau ayam. Perpaduan bahan yang menghasilkan rasa lebih gurih ini biasa dipasangkan dengan mie yang lebih tebal dan tidak terlalu kenyal. 

Bagi Sedulur yang belum tahu, miso merupakan bahan makanan dari Jepang yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai dengan beras yang ditambah dengan sedikit garam. Makanan ini diproses menggunakan jamur Aspergillus oryzae (kōji-kin) dalam fermentasinya.

BACA JUGA: Resep Getuk Pisang yang Enak, Manis, Mudah & Anti Gagal

8. Kuah Shio

ramen

Shio merupakan nama lain dari garam laut, yakni sebuah bumbu tertua dari kuah ramen. Bumbu tersebut berasal dari gaya aslinya di Tiongkok. Shio ramen ini populer di Hakodate, yakni sebuah kota yang berada di selatan prefektur Hokkaido. 

Rasa kuah Shio ini lebih asin dari jenis kuah ramen lainnya. Kuah ini juga berwarna jernih dengan isian seperti daun bawang, daging ayam, dan rumput laut kering. 

9. Kuah Champon

ramen
tasteatlas

Berikutnya adalah ramen kuah champon. Makanan khas Nagasaki yang diciptakan oleh juru masak Cina pada zaman Meiji ini memiliki rasa yang sangat kental dengan masakan dari negara Tiongkok.

Tidak seperti yang lainnya, ramen dengan kuah champon akan disajikan dengan menggunakan mie spesial yang dimasak bersama dengan kuahnya. Sementara pada bagian topping, ramen ini akan disajikan dengan campuran tumisan daging babi, seafood, dan kubis. 

BACA JUGA: 15 Menu Resep Makan Malam di Rumah yang Enak dan Praktis

10. Kuah Kurume

ramen
Wikimedia Commons

Jenis kuah rmaen yang terakhir adalah kurume. Ramen khas dari daerah di sekitar Kota Kurume, Fukuoka ini memadukan sup tonkotsu putih keruh dengan mie lurus yang tipis. Kuah ramen ini dapat dari perebusan yang lama untuk mengeluarkan rasa dari tulang babi sampai ke sumsumnya.

Selain itu, di lapisan paling bawah juga ditambahkan bubuk tulang babi untuk membuat rasanya menjadi lebih lezat. Kuah ramen ini juga lebih kaya rasa babi karena ditambahkan dengan bagian kepala babi dan trotter. Lebih lengkap lagi, ramen ini akan disajikan dengan potongan lemak babi goreng dan rumput laut kering. 

Dari informasi di atas, dapat diketahui bahwa kuah ramen yang enak ada banyak macamnya. Mulai dari kuah wakame, kuah tsukemen, kuah chizu, kuah kari, kuan tonkotsu, kuah shoyu, kuah miso, kuah shio, kuah champon, dan kuah kurume. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur di rumah, ya! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.