minyak wijen yang enak dan halal

Minyak wijen jadi salah satu bumbu dapur yang serbaguna. Tak hanya memiliki kemampuan meingkatkan aroma pada masakan, minyak satu ini juga bisa membuat makanan menjadi lebih lezat. Jadi tidak heran jika banyak orang mulai mencari rekomendasi minyak wijen yang enak dan halal.

Jika Sedulur memiliki toko kelontong, maka minyak wijen yang enak dan halal harus masuk ke dalam daftar stok jualanmu. Khususnya kamu yang memiliki lokasi usaha dekat dengan perumahan atau restoran. Nah, agar Sedulur tidak salah pilih stok minyak wijen terbaik untuk dijual kembali. Mari simak ulasan lengkap dan rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Cuka Apel Vinegar Terbaik dan Paling Laris 2023

1. Minyak Wijen Lee Kum Kee

minyak wijen yang enak dan halal
Tradeling

Produk ini menjadi salah satu yang terlaris di pasaran karena aroma khas biji wijen yang harum. Produk ini di import langsung dari China dan sudah bersertifikasi BPOM. Namun, banyak pertanyaan muncul seputar status halal dari produk ini. 

Meskipun begitu, produk ini telah mendapatkan jaminan kehalalan dari Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM). JAKIM sendiri merupakan dewan halal di Malaysia yang kedudukannya setara dengan MUI. Produk ini dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp35ribuan dan terdiri dari tiga ukuran, yaitu 115 ml, 207 ml, dan 750 ml.

2. Minyak Wijen Oh Guan Hing

Minyak wijen Oh Guan Hing terkenal akan aromanya yang sangat kuat karena tidak mengandung zat tambahan apa pun. Hasilnya, hanya dengan penggunaan satu atau dua tetes, minyak wijen ini mampu memperkaya aroma dan rasa segala jenis masakan. Penggunaan yang sangat ekonomis, bukan?

Tak hanya itu, harga minyak wijen ini juga yang paling terjangkau dibandingkan produk lainnya. Karena itu, banyak restoran memilih untuk memakai produk ini. Jadi, bila Sedulur ingin menghemat pengeluaran, pemilihan produk ini tentu adalah solusi cerdas!

3. Minyak Wijen Ottogi

Minyak wijen ini diproses lewat teknologi mutakhir dan 3x penyaringan. Proses tersebut membuat rasa minyak lebih gurih sekaligus manis. Minyak wijen Ottogi terbuat dari 100% biji wijen tanpa bahan tambahan, sehingga minyak ini banyak dijadikan cocolan untuk makanan tertentu atau digunakan sebagai perasa manis gurih.

Minyak wijen Ottogi memiliki kandungan tokoferol dan karotena yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, menyehatkan mata, mencegah sakit jantung, hingga meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk harganya sendiri masih terjangkau dibanderol seharga Rp50ribu dalam kemasan 55 ml.

4. Minyak Wijen ABC

Bagi penggemar masakan Indonesia, penggunaan ABC Minyak Wijen di setiap hidangan tidak boleh dilewatkan. Rasa minyak wijen ini lebih pas di mulut karena menggunakan formula yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Sambal goreng kentang, nasi goreng, hingga ayam kecap akan lebih lezat saat diolah dengan minyak wijen ABC ini. Terlebih, minyak wijen ABC telah memiliki sertifikasi halal dari MUI sehingga Sedulur tak usah mengkhawatirkan proses produksinya.

5. Minyak Wijen Sin Tai Hing

Salah satu minyak wijen dengan kandungan wijen yang tinggi. Produk ini diproses dengan pengeringan hingga pemerasaan menggunakan alat canggih, sehingga tercipta minyak wijen natural.  Cukup gunakan satu hingga dua tetes untuk dapat mengatasi bau amis dan meningkatkan cita rasa makanan. Produk ini tentunya sudah dilengkapi dengan sertifikat BPOM dan halal MUI.

Minyak wijen Sin Tai Hing dikemas dengan botol kaca dan tutup yang mudah dibuka, sehingga mudah digunakan ketika sedang memasak. Produk ini dijual di pasaran seharga Rp45ribuan aja.

6. Minyak Wijen Chee Seng Double Pagoda

minyak wijen yang enak dan halal
Chee Seng

Minyak wijen Double Pagoda diproduksi secara teliti melalui teknik pemerasan sekali proses, sehingga menghasilkan minyak wijen berkualitas dengan aroma biji wijen yang gurih. Dengan tingkat kepekatan sedang, sangat ideal jika menambahkan minyak wijen ini pada setiap hidangan masakan. 

Minyak wijen Double Pagoda cocok juga digunakan untuk finishing pada salad yang akan dikonsumsi langsung. Tentunya produk ini telah memiliki sertifikat halal dan dikemas kedalam botol berukuran 95 ml sampai 250 ml dengan harga mulai Rp32ribuan.

7. Minyak Wijen Li Mang Huat

Li Mang Huat adalah minyak wijen dengan kemasan botol kaca ukuran 600 ml dengan harga Rp39ribuan.  Selain harganya yang sangat terjangkau, minyak ini juga hemat dalam pemakaiannya. Biasanya, minyak wijen digunakan untuk membuat makanan menjadi lebih wangi, sehingga dapat meningkatkan selera makan, seperti mie ayam, dimsum, roti dan lain sebagainya. 

Namun, minyak wijen dari Li Mang Huat juga cocok untuk jenis makanan yang dibakar seperti ayam bakar, ikan bakar, dan bumbu bakar lainnya. Tidak heran jika banyak restoran menggunakan minyak wijen ini karena mempunyai aroma dan rasa yang berbeda dari minyak wijen pada umumnya. Tentunya, minyak wijen Li Mang Huat sudah mendapat ijin BPOM serta sertifikat halal MUI.

8. Minyak Wijen Ghee Hiang

Produk ini merupakan salah satu produk andalan Malaysia dan telah bertahan lebih dari 155 tahun. Produk ini tentunya halal dan aman untuk dikonsumsi. Ghee Hiang merupakan minyak wijen premium yang menjadi andalan para juru masak berbagai restoran.

Oleh karena itu, tak heran mengapa masakan yang dibuatnya selalu nikmat. Jika masakan kamu ingin senikmat hidangan restoran, minyak wijen Ghee Hiang wajib Sedulur miliki di dapur rumah. Minyak wijen Ghee hiang tersedia dalam kemasan botol berukuran 330 ml sampai 700 ml. Harga Produk dari Malaysia ini di jual mulai dari Rp 105ribuan untuk ukuran 700 ml.

9. Minyak Wijen Di Di Xiang

Minyak wijen halal Selanjutnya adalah merek Di Di Xiang. Produk ini telah terdaftar BPOM dan memiliki sertifikat halal MUI, sehingga Sedulur tak perlu khawatir. Produk ini tidak hanya mementingkan rasanya, tetapi produk ini juga mengandung omega 6 dan 9 yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan rasa yang tidak biasa, minyak wijen ini sangat pas untuk menambahkan sensasi unik pada hidangan Sedulur. Bisa dibilang ini adalah minyak wijen yang enak untuk penggemar rasa pedas.

Sedulur yang sudah bosan dengan rasa minyak wijen biasanya juga dapat menuangkan produk ini sebagai selingan. Bahan baku yang digunakan pun telah tersertifikasi non-GMO. Sekadar informasi, banyak chef menyukai minyak wijen ini untuk menjadi finishing suatu hidangan, terutama hidangan Asia yang sedikit pedas. Minyak wijen kualitas premium Di Di Xiang hadir dalam ukuran 100 ml dan 620 ml denga kisaran harga di Indonesia ukuran 100 ml di jual jual mulai dari Rp30ribuan.

10. Minyak Wijen Yo Guan Heng

Minyak wijen Yo Guan Heng terbuat dari 100% biji wijen asli Indonesia, tidak ada campuran minyak nabati lainnya. Minyak wijen ini juga tentunya tak kalah dengan minyak wijen lainnya karena diproses dengan teknologi modern, sehingga menghasilkan aroma yang khas.

Produk ini juga mempunyai titik didih yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk menggoreng beragam makanan seperti tempura. Dengan perpaduan tersebut, tentu minyak wijen halal ini dapat dikonsumsi oleh semua umur, baik anak-anak maupun orang tua. Harganya pun sangat terjangkau dijual mulai Rp11riibuan dengan kemasan 110 ml. 

11. Minyak Wijen Ivenet

minyak wijen yang enak dan halal
Unsplash

Jika Sedulur mencari minyak wijen halal yang cukup ringan dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak, Ivenet Sesame Oil bisa jadi pilihan tepat. Rasa yang ringan dan tampilan minyak yang jernih tersebut diperoleh karena biji wijennya dipanggang pada temperatur rendah kemudian hanya diperas sekali saja.

Minyak wijen ini sudah dipastikan tersertifikasi BPOM, jadi akan aman untuk konsumsi jangka panjang. Ivenet Sesame Oil dikemas dalam botol plastik dengan isi 75 ml dan harganya sekitar Rp190ribuan.

12. Minyak Wijen Golden Cock

Untuk menghasilkan minyak wijen dengan aroma paling kuat, biji wijen yang menjadi bahan baku Golden Cock Minyak Wijen diproses dengan cara ekstraksi. Hal ini menjadikan minyak wijen halal ini mempunyai karakteristik berwarna gelap dengan aroma khas wijen yang sangat wangi. Tambahkan 1-2 tetes Golden Cock Sesame Oil ke masakan, Sedulur akan memperoleh rasa yang semakin menggugah selera. Produk ini dijual dengan kisaran harga 100 ribuan rupiah untuk kemasan 630 ml.

13. Minyak  Java Super Food

Bagi Sedulur yang gemar mengonsumsi daging atau ikan, pastikan untuk menstok merek minyak wijen yang satu ini. Produk Java Super Food ini dapat meningkatkan aroma wangi pada rendaman daging atau ikan. Jadi, sebelum diolah, rendamlah daging tersebut ke dalam minyak wijen ini. Aromanya pun akan lebih wangi saat dimasak.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Margarin Terbaik 2023!

Manfaat Minyak Wijen

minyak wijen yang enak dan halal
Green DNA

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ada pada minyak wijen merupakan jenis lemak tak jenuh ganda. Keduanya juga merupakan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu saja, minyak wijen juga sangat kaya akan antioksiden, fitosterol, kuignan, sesaminol, dan vitamin E. Senyawa dan mineral tersebut sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dalam jangka panjang. Berikut ini deretan manfaat lain dari minyak wijen yang bisa Sedulur rasakan.

  • Mengatur kadar gula darah

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi minyak wijen mengalami pengurangan gula darah dan hemoglobin A1c (kadar gula darah rata-rata selama dua hingga tiga bulan terakhir).

  • Mengurangi peradangan

Minyak wijen telah alam digunakan sebagai pengobatan tradisional sebagai antiinflamasi. Di Taiwan, minyak wijen digunakan untuk mengobati nyeri sendi, sakit gigi, luka gores, lecet, kram pramenstruasi, dan lainnya.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang pertama yaitu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut berkat kandungan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 dengan rasio yang seimbang. Omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak tidak jenuh ganda, sedangkan omega-9 asam lemak tidak jenuh tunggal. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang mengandung lemak sehat tersebut dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kolesterol LDL dan trigliserida dapat berkurang dengan mengonsumsi minyak wijen. Hal tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang minyak wijen yang enak dan halal. Semoga dengan informasi ini, Sedulur bisa mendapatkan banyak keuntungan karena minyak wijen termasuk bumbu dapur yang sedang banyak dicari belakangan ini. Jangan lupa untuk selalu kulakan kebutuhan toko kelontong dan warung sembakomu di Aplikasi Super. Ada banyak promo spesial yang siap menantimu ketika belanja dengan menggunakan aplikasi.

Aoalagi Sedulur cukup download Aplikasi Super di Google Playstore dan semua barang belanjaan akan langsung di antar ke rumah, gratis. Menarik sekali bukan? Jadi buruan pakai aplikasinya dan rasakan kemudahan kulakan sekarang juga!