Nota toko kelontong

Nota adalah salah satu perlengkapan yang sangat penting untuk sebuah usaha toko atau warung. Hal ini tak lepas dari fungsi nota yang dapat menjadi bukti ketika adanya kesalahan dalam sebuah transaksi jual beli. Jadi tidak heran nota toko kelontong itu wajib dimiliki.

Biasanya buku nota memiliki ciri khusus seperti nama usaha sebagai identitas. Apalagi nota menjadi dokumen penting yang biasanya juga dimiliki perusahaan untuk memantau setiap barang dagangan yang keluar maupun masuk.

Pembuatan buku nota untuk toko kelontong sebenarnya cukup mudah. Sedulur bisa membelinya secara bebas di toko buku atau peralatan alat tulis. Namun, jika nota yang ingin dimiliki itu mencantumkan identitas toko, maka Sedulur bisa membuatnya dipercetakan dengan harga yang murah.

Lalu, seperti apa sih contoh nota toko kelontong yang cocok digunakan untuk usahamu? Yuk simak berikut ini ya.

BACA JUGA: Inspirasi Model Rak Toko Kelontong dari Kayu Agar Lebih Cantik

Nota toko

Nota tokokelontong
Percetakan Online

Nota adalah bukti transaksi sah oleh dua belah pihak yang terikat dalam transaksi jual beli secara tunai. Biasanya nota diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai bukti pembayaran.

Mekanisme nota sendiri memiliki dua rangkap. Hal ini karena dalam transaksi tak hanya pembeli saja yang membutuhkan bukti transaksi, tapi juga penjual. Bagi penjual bukti ini bisa dijadikan alat untuk menentukan jumlah stok barang yang dimiliki dan varian apa yang diminati oleh masyarakat.

Penggunaan nota pun sudah banyak disetujui oleh berbagai pihak di seluruh dunia. Baik itu transaksi besar maupun kecil pasti ada nota yang dikeluarkan.

Dalam situs Jurnal, penggunaan nota untuk sebuah usaha seperti toko kelontong sangatlah penting. Nota toko kelontong bisa menjadi bukti jika ada kesalahan dalam sebuah transaksi, sehingga nota ini bisa digunakan untuk memberikan jaminan atau mengeklaim kecurangan.

Pengarsipan nota sendiri biasanya dilakukan secara rapi dan rutin berkala. Setiap ada penjualan atau pembelian, maka akan ada nota pencatatan yang dikeluarkan.

Nota biasanya akan sah saat kedua belah pihak sudah saling sepakat dan sama-sama membubuhkan tanda tangan. Selain itu, ada juga bukti nota sah seperti nota kosong berstempel cap toko atau perusahaan.

Kenapa nota penting?

Desain nota toko kelontong
Deskera

Fungsi nota itu sangat penting dalam transaksi jual beli di toko kelontong. Apalagi jika barang yang dibeli merupakan bahan belanja bulanan yang merupakan kebutuhan rutin.

Nah berikut ini ada beberapa alasan kenapa nota belanja sembako itu penting.

  • Mengetahui jumlah total pembelian suatu barang.
  • Mengetahui barang yang terjual.
  • Media informfasi data penjualan.
  • Tanda terima yang sah.
  • Bukti transaksi untuk laporan keuangan.

Bagi Sedulur yang sedang merintis usaha, maka nota jadi komponen yang tak boleh dilupakan. Namun, pencatatan manual pada nota bisa mudah dilakukan dengan memulai usaha yang lebih modern. Salah satunya adalah toko kelontong Super Agen.

Super Agen sendiri merupakan jenis toko kelontong digital yang memberikan banyak fitur bagi masyarakat untuk memulai usaha rumahannya. Keragaman fitur itu bisa didapatkan melalui Aplikasi Super yang bisa didownload di sini.

Melalui aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem yang baik, setiap pencatatan dan nota toko kelontong akan terekam baik di ponselmu. Sehingga Sedulur bisa lebih mudah dalam melakukan pencatatan setiap waktunya tanpa ada resiko yang terlupa. Menarik sekali bukan?

BACA JUGA: 8 Tips Buka Toko Kelontong Kecil Kecilan di Rumah, Modal Kecil

Template nota

Templat nota toko kelontong
Pinterest

Nota toko kelontong biasanya memiliki beberapa ciri khusus. Hal ini membuatnya menjadi mudah dikenali sebagai bukti transaksi jual beli.

Berikut ini beberapa ciri yang ada dalam nota:

  • Nama perusahaan/penjual barang yang dilengkapi dengan nomor telepon dan alamat lengkap.
  • Nomor nota. Ini biasanya diisi seusia dengan ketentuan yang dibuat oleh toko.
  • Tanggal transaksi yang dilakukan oleh pihak pembeli dan penjual.
  • Jumlah barng yang dibeli atau dijual.
  • Jenis barang yang diperjualbelikan.
  • Harga satuan barang.
  • Jumlah harga dari satua.
  • Total harga seluruh barang yang dibeli atau dijual.
  • Nama pembeli atau penerima barang. Biasanya di atas nama akan disertai tanda tangan sebagai konfirmasi pembelian.

Agar Sedulur semakin jelas dan mengerti tentang template nota word. Berikut ini contohnya:

NAMA PERUSAHAAN

ALAMAT LENGKAP-NOMOR TELP

No:

Tanggal:

No.

Nama Barang

Satuan

Jumlah

1.

Pensil

1.500

6.000

 

 

 

 

 

 

Total

6.000

 

 

 

 

 

Pembuat

Penerima

 

 

BACA JUGA: Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

Desain nota

Setelah memahami dan mengerti apa itu nota serta ciri yang ada di dalamnya. Maka Sedulur pasti juga ingin tahu seperti apa contoh nota yang banyak beredar di masyarakat. Keberadaan nota-nota ini bisa menjadi inspirasi untuk membuat desain nota toko kelontong milikmu sendiri.

Berikut ini beberapa contohnya:

Nota Kontan

Nota kontan adalah nota yang dibuat berdasarkan transaksi tunai yang terjadi di toko. Banyak nota toko kelontong kontan dibuat sebanyak dua rangkap agar bisa langsung dimiliki pembeli dan penjual. Berikut ini contoh nota toko kelontong kontan:

Nota toko kelontong
Lazada

Nota Kredit

Nota kredit adalah nota yang dibuat karena adanya transaksi penerimaan barang. Biasanya nota ini muncul saat Sedulur melakukan transaksi kulakan belanja bulanan. Nota kredit sangat bermanfaat karena membantu kita melakukan pengecekan barang yang dibeli dan bisa digunakan sebagai syarat pengambilan retur kepada agen. Berikut ini contohnya:

Nota kredit
Krishand

Nota Debet

Sedangkan untuk nota debet adalah nota yang dibuat atas transaksi pengembalian barang yang dibeli secara kredit. Biasanya nota ini dikeluarkan ketika kita menjadi agen kulakan barang kelontong dan mendapatkan retur dari konsumen. Berikut ini contoh nota toko kelontongnya:

Nota debet
Krishand

Nota Tulis

Nota tulis adalah bukti transaksi yang dibuat dengan menggunakan tulisan tangan. Biasanya nota-nota ini banyak dijumpai di pasa tradisional atau toko kelontong kecil. Salah satu contohnya adalah nota belanja sembako di warung. Berikut ini contoh nota tulis tangan:

nota warung tulis tangan
Pinterest

Nota kosong bercap

Nota kosong berstempel atau bercap biasanya juga menjadi salah satu bukti transaksi yang sah. Namun, hal ini harus diketahui oleh penjual dan pembeli agar tidak terjadi kecurangan setelah transaksi. Pembuatan nota kosong sendiri biasanya untuk keperluan tender atau lelang. Berikut ini contohnya:

Nota kosong bercap
Bukalapak

Nota elektronik

Dengan berkembangnya zaman, pembuatan nota biasanya juga sudah semakin maju. Hal ini tak lepas dari pencatatan transaksi yang sudah dilakukan secara digital, maka nota yang akan dikeluarkan juga digital pula. Berikut ini contohnya:

Contoh invoice elektronik
Trikinet

Demikian tadi penjelasan tentang nota toko kelontong beserta template desainnya. Semoga ulasan tentang nota di atas bisa membantu Sedulur yang ingin memulai usaha dan membuat nota sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!