Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

Tertarik memulai usaha toko kelontong? Yuk intip berapa modal usaha toko kelontong di bawah ini.

Siapa yang tidak tertarik menjalankan usaha warung atau toko sembako. Tidak hanya mudah, pembeli akan datang sendiri untuk kulakan sembako, tanpa harus banyak melakukan promosi. Tidak banyak melakukan promosi, bukan berarti tidak melakukan promosi sama sekali, ya.

Promosi tetap harus dilakukan, karena tanpa promosi pembeli tidak akan mengetahui kehadiran warung atau toko sembako kita. Selain itu, belanja di toko kelontong merupakan belanja yang paling murah dan mudah, setidaknya hal tersebut yang diyakini masyarakat.

Berbeda dengan belanja di supermarket yang harus belanja dalam jumlah besar, belanja di toko kelontong bisa belanja sembako secara eceran. Hal tersebut yang membuat toko kelontong banyak mendapatkan keuntungan.

Kira-kira berapa modal usaha toko kelontong dan bagaimana tips memulainya? Berikut akan diulas dalam penjelasan di bawah ini. Bagi Sedulur yang tertarik, harap simak baik-baik ulasannya. Yuk, langsung kita cek.

Perkiraan Modal Usaha Toko Kelontong

Jika sedulur mengira bahwa modal untuk memulai harus besar, hal tersebut salah total. Warung sembako modal 5 juta banyak sekali yang berjalan hingga saat ini. Meskipun ada juga toko kelontong modal 20 juta, namun intinya modal awal tidak harus selalu besar.

Untuk menghitung berapa modal usaha toko kelontong, yang pertama dilakukan adalah memperkirakan barang yang akan dijual. Barang yang dijual di dalam toko kelontong biasanya beragam. Mulai dari kebutuhan pokok dan makanan ringan, juga daftar barang umum toko kelontong.

Kurang lebih perkiraan modal usaha toko kelontong yang dijalankan  di rumah adalah:

  • Rak, etalase, meja, kursi: Rp1.500.000
  • Persediaan barang dagangan: Rp2.000.000
  • Total: Rp3.500.000

Selain produk dagangan, kita juga akan membutuhkan biaya operasional bulanan seperti biaya listrik, air, dan tambahan dagangan yang sudah habis. Seperti rincian modal toko sembako di bawah ini:

  • Belanja barang yang habis: Rp1.500.000
  • Biaya listrik, air, dll: Rp500.000
  • Total: Rp2.000.000

Jika ditotalkan, dari total modal dan juga biaya operasional, perkiraan berapa modal usaha toko kelontong adalah sekitar Rp. 5.500.000 saja. Langkah selanjutnya, setelah mengetahui berapa modalnya, Sedulur harus mengetahui tips memulainya. Yuk simak di bawah ini.

Tips Memulai Usaha Toko Kelontong

1. Lokasi Strategis

Tips sukses toko kelontong pertama adalah lokasi. Lokasi menjadi poin penting karena Sedulur Super dapat menjangkau konsumen lebih banyak jika memiliki tempat yang strategis. Mendirikan toko kelontong di tempat yang kurang strategis sama saja dengan mematikan usaha sendiri.

Tentu bukan hal tersebut yang Sedulur Super inginkan. Melihat betapa pentingnya lokasi, maka pemilihan lokasi tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada kriteria yang harus Sedulur pahami berkaitan dengan pemilihan lokasi usaha.

Kriteria yang dimaksud berkaitan dengan visibilitas yang baik, atau mudah terlihat oleh calon pembeli. Tempat yang memiliki visibilitas baik akan sangat membantu memperkenalkan toko kelontong Sedulur Super.

Semakin tinggi lalu lintas orang di sebuah lokasi, maka semakin mudah usaha orang-orang menemukan toko kelontong yang Sedulur Super miliki. Selain itu, karena lokasi sudah mudah ditemukan, biaya promosi untuk mengajak pembeli menemukan toko kelontong Sedulur pun semakin minim.

2. Lakukan Riset dan Survey

Salah satu cara untuk mengetahui siapa konsumen toko kelontong Sedulur, produk apa yang harus Sedulur jual di Toko Kelontong adalah dengan melakukan riset dan survey.

Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang siapa target konsumen dari toko kelontong Sedulur. Observasi kebutuhan apa yang paling tinggi, lalu tentukan akan fokus menjual sembako apa toko kelontong yang Sedulur jalani.

Di era global dengan persaingan ketat saat ini, satu-satunya cara supaya toko kelontong bisa bertahan adalah dengan benar-benar mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen setempat. Menjual produk-produk yang sesuai dengan selera dan perilaku mereka sangat menentukan kesuksesan dari sebuah toko kelontong.

3. Tata Letak Barang di Toko Kelontong

Selain itu, letak sembako yang Sedulur simpan juga akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Semakin rapi dan tertata barang yang Sedulur jual, akan semakin memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang akan diberi.

Terutama jika Sedulur menjual sembako seperti beras, telur, minyak dan gula. Kebersihan toko harus ekstra diperhatikan. Karena menjual barang sembako biasanya akan cepat membuat toko kontor dan berbau.

Hal ini harus dipikirkan oleh Sedulur, untuk memastikan pelanggan tetap nyaman berkunjung dan membeli barang danganan Sedulur. Termasuk juga terus mempertahankan desain toko kelontong minimalis dan mempertahankan kesan toko kelontong modern.

4. Tentukan Supplier Toko Kelontong

Supplier toko kelontong menjadi partner penting berjalananya usaha toko kelontong yang dijalani, hal ini juga akan menentukan toko kelontong menjual apa saja tergantung dengan supplier yang kita jalin kerja sama.

Usaha toko kelontong modern biasanya langsung menggunakan supplier terpercaya yang telah menggunakan sistem teknologi digital, seperti Aplikasi Super. Hal ini akan mempengaruhi perjalanan toko kelontong dan memiliki citra toko kelontong modern.

Daftar isi warung sembako juga akan bergantung dengan kebutuhan masyarakat. Jika Sedulur menggunakan teknologi, pembeli tidak akan sulit melacak toko kelontong Sedulur karena pembeli akan melacak toko kelontong terdekat cari di hp saja.

Jangan lupa juga perhatikan segala seluk beluk supplier sebelum menjalin kerja sama. Pahami rekam jejak supplier, jangan sampai Sedulur Super mendapatkan pelayanan buruk dan akhirnya mendapatkan kerugian.

Atau jika ingin mudah, Sedulur tinggal gabung menggunakan Aplikasi Super saja, dan menjadikan Aplikasi Super sebagai supplier barang toko kelontong Sedulur.

5. Gabung di Aplikasi Super

Apakah ada agen penyuplai atau pemasok sembako super yang memberikan harga murah? Jawabannya tentu saja ada. Sedulur hanya perlu menggunakan Aplikasi Super untuk membuktikannya.

Aplikasi Super merupakan sebuah platform yang menjaring beberapa pengusaha sembako dan menawarkan harga yang murah. Sedulur bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan menjualnya kembali sehingga Sedulur bisa mendapatkan untung dengan aplikasi kulakan satu ini.

Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki wadah bernama Mitra Super Center, atau Supercenter atau dikenal juga dengan nama Supermitra. Sedulur bisa bergabung menjadi bagian Mitra Super Center dan akan ada banyak potongan harga, dan Sedulur juga akan mendapatkan pelatihan seputar bisnis.

Lebih penting lagi, Sedulur akan diprioritaskan jika melakukan pembelian barang. Melalui Aplikasi Super juga Sedulur tidak perlu repot bepergian untuk membeli sembako atau barang dagangan. Sedulur hanya perlu memilih barang melalui aplikasi, dan Super Agen akan mengantarkan barang yang Sedulur beli.

Selain itu, Sedulur tidak perlu memikirkan biaya ongkos kirim, karena Aplikasi Super memberikan gratis ongkir untuk setiap pembelian barang melalui aplikasi. Ditambah lagi, baru-baru ini Aplikasi Super meluncurkan fitur Toko Saya yang akan semakin memudahkan toko kelontong Sedulur.

FItur Toko Saya ibaratkan aplikasi manajemen toko yang membuat aplikasi toko kelontong Sedulur di Aplikasi Super akan mudah mengelola barang, transaksi dan juga profil pembeli di toko kelontong Sedulur. Aplikasi pos ini terbukti sangat memperhatikan kenyamanan Sedulur Super.

Apakah Sedulur semakin yakin dan mantap untuk memulai usaha sembako dan toko kelontong? Jika iya, Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super dengan klik di sini untuk download Aplikasi Super dan rasakan langsung kemudahannya. Jangan lupa juga pelajari cara daftar Aplikasi Super, ya.