paprika powder merek

Ada berbagai bumbu bubuk yang umum digunakan untuk memasak. Salah satunya adalah paprika powder. paprika powder merupakan buah paprika yang diolah dengan cara dikeringkan lalu dihaluskan. Umumnya paprika powder merek terbaik digunakan untuk menciptakan hidangan ala Western maupun Timur Tengah.

Tampilannya cukup mirip dengan bubuk cabai. Namun, rasa paprika powder lebih lembut dengan sensasi aroma smokie yang khas. Jadi tidak heran jika bumbu ini tak hanya jadi penyedap rasa masakan, tapi juga penambah aroma agar hidangan makin menggugah selera.

Rasa paprika bubuk juga sebenarnya sangat beragam, ada yang manis, pedas, ataupun sedikit pahit. Perbedaan tersebut tergantung dari jenis paprika yang digunakan. Nah, agar tidak bingung dalam memilih paprika powder merek terbaik yang ada. Simak ulasan berikut ini ya!

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Bumbu Dapur Instan Terenak di 2024

Fungsi Paprika Bubuk dalam Makanan

Unsplash/Volodymyr Hryshchenko

Masing-masing jenis paprika powder memiliki kegunaan yang berbeda. Paprika powder dengan rasa ringan dapat menambah warna pada masakan tanpa membuat rasanya pedas.

Oleh karena itu, bubuk paprika ini cocok digunakan untuk taburan hidangan seperti osengan atau telur ceplok. Sedangkan untuk jenis paprika powder dengan rasa yang lebih pedas bisa menjadi bumbu utama dalam masakan.

Penambahan bubuk paprika ini dapat memberikan warna yang lebih merah serta rasa hidangan yang pedas umami. Penggunaannya bisa untuk sajian kuah yang pedas serta bumbu marinasi.

Paprika berasap memiliki aroma yang lebih sedap serta rasa yang lebih intens daripada jenis lainnya. Oleh karenanya, paprika powder ini bisa dipakai sebagai bumbu ayam goreng ataupun hidangan yang dipanggang. 

Paprika powder harus dimasak dengan cepat dalam sedikit minyak. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan rasa, aroma, dan warnanya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga rasa maupun aroma dari paprika, sehingga tidak akan tertutup oleh bumbu masakan lainnya.

Berbeda dengan cabai bubuk, umumnya paprika powder terasa manis atau ringan sebab biji dan selaputnya dibuang sehingga tidak mengandung capsaicin. Tetapi banyak juga produsen yang tetap menyisakan biji serta selaput dari buah paprika untuk memberikan sentuhan pedas, hanya saja rasa pedas itu tidak sekuat paprika segar.

Sementara itu, paprika yang masih mengandung capsaicin bisa menjadi bumbu utama dalam masakan, baik itu untuk sajian kuah hingga bumbu marinasi. Lalu untuk paprika smokey, lebih cocok ditambahkan ke olahan ayam goreng atau daging panggang karena memberikan aroma lebih sedap serta rasa lebih intens daripada jenis lainnya.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Saus Blackpepper yang Enak dan Terjangkau

Kenali Perbedaan Paprika Powder dan Cabai Bubuk

paprika powder merek
Unsplash/Tina Dawson

paprika powder memiliki tampilan yang mirip dengan cabai bubuk. Oleh karena itu, beberapa orang sering keliru membedakannya. Padahal jika diamati lebih jelas, paprika powder dan cabai bubuk berbeda.

Tapi memang bagi orang yang belum pernah melihat langsung atau merasakan dua jenis bumbu bubuk ini, mungkin sedikit kebingungan. Untuk itu, berikut ini beberapa perbedaan dari keduanya.

1. Bahan 

Perbedaan utama paprika dan cabai bubuk yakni pada bahannya. paprika powder umumnya terbuat dari berbagai varietas paprika yang dikeringkan lalu digiling. Sementara, cabai bubuk terbuat dari cabai kering yang dihaluskan. Biasanya cabai tersebut dicampur dengan rempah seperti bawang putih, jintan, kunyit bubuk, dan garam.

2. Warna 

Jika diamati lebih jeli warna paprika powder dan cabai bubuk sebetulnya berbeda. Warna paprika powder sendiri lebih beragam, ada yang merah atau oranye. Cabai bubuk umumnya berwarna merah terang dan lebih pekat. 

3. Rasa 

Apabila masih kesulitan membedakan paprika powder dan cabai bubuk, maka Sedulur bisa mencicipi keduanya. Umumnya rasa paprika powder lebih beragam, ada yang manis, sedikit pedas, dan berasap. Sementara itu, hampir seluruh cabai bubuk memiliki rasa yang dominan pedas dengan sedikit perpaduan rempah. 

Jika dimasak, aroma cabai bubuk biasanya lebih menyengat daripada paprika, sehingga bisa membuatmu bersin. Kendati demikian, keduanya bisa saling menggantikan. Namun takaran penggunaannya bisa disesuaikan dengan resep dan kebutuhan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Santan Kental Instan Kualitas Terbaik

Cara Memilih Paprika Powder Merek Terbaik

paprika powder merek
Pexels/Karolina Grabowska

Sekarang memang sudah cukup banyak paprika powder yang dijual di pasaran, baik itu produk lokal maupun impor. Namun supaya tidak salah pilih produk, Sedulur dapat memperhatikan beberapa hal di bawah ini saat membelinya. Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

1. Kenali jenis paprika yang digunakan

Salah satu jenis paprika yang paling banyak dipakai sebagai bahan baku paprika powder adalah paprika merah, sebab memiliki rasa manis tanpa ada sisa pahit sama sekali. Sebelum diolah menjadi bubuk, paprika ini biasanya dipanggang terlebih dulu supaya aroma nya jadi lebih sedap dan berasap.

Meski tidak banyak, beberapa produsen juga ada yang menggunakan paprika oranye sebagai bahan baku paprika powder. Rasanya memang tidak sekuat paprika merah, namun tetap manis.

Warnanya pun tetap cantik ketika Sedulur tambahkan ke dalam masakan. Dengan rasa yang manis, paprika ini lebih cocok ditambahkan sebagai taburan untuk memperkaya rasa hidangan yang Sedulur buat.

2. Sesuaikan tipe paprika dengan selera dan kebutuhan

Ada dua tipe paprika powder yang dapat dijumpai di pasaran, murni dan campuran, namun paprika powder murni memang lebih mudah dijumpai. Karena dibuat hanya menggunakan 100% paprika segar, paprika ini terbilang serba guna. Bisa sebagai bumbu marinasi daging dan ikan, campuran saus, atau bumbu taburan saat memasak, tinggal sesuaikan saja dengan selera.

Beberapa paprika powder juga ada yang sudah ditambah dengan bahan tertentu, terutama garam, sehingga menciptakan produk yang lebih kaya rasa. Paprika tipe ini bisa menjadi opsi tepat untuk finishing menu gorengan, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan ikan goreng. Makanan Sedulur pun akan lebih kaya rasa, aroma, dan tentunya menggugah selera.

Pemilihan paprika powder di pasaran ini juga bisa didasarkan dengan teksturnya, apakah halus atau kasar. Bubuk paprika yang halus dan hingga menyerupai tepung bisa dimanfaatkan dengan mudah sebagai bumbu masakan maupun taburan camilan kering, karena bisa menyatu dengan cepat ke camilan tersebut.

Sedangkan untuk produk yang bertekstur kasar atau menyerupai remah-remah, cocok dijadikan sebagai tambahan rasa pada makanan berkuah.

3. Cek sertifikasi produk yang digunakan

Sedulur juga perlu mengecek sertifikasi dari paprika powder yang dibeli untuk menjamin keamanannya. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk tersebut sudah mendapatkan jaminan mutu sehingga pembeli tidak perlu merasa khawatir kalau paprika itu akan membahayakan kesehatan.

Salah satu sertifikasi yang paling diandalkan pada banyak bahan makanan, termasuk paprika powder adalah sertifikasi dari BPOM.  BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan memang lembaga yang paling berwenang terhadap peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia, termasuk pengeluaran izin edar suatu merek.

Akan tetapi, izin yang diberikan oleh BPOM hanya untuk produk dari industri skala manufaktur. Jika paprika powder pilihan Sedulur berlabel homemade, maka pastikan sudah mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan-Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

SPP-IRT diberikan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan kepada pelaku usaha produk pangan dan punya fungsi sebagai izin edar sekaligus menjadi jaminan bahwa produk tersebut layak dikonsumsi.

BACA JUGA: 

Rekomendasi Paprika Powder Merek Terbaik

paprika powder merek
Pexels/Karolina Grabowska

Di pasaran sendiri, banyak sekali produk paprika powder dengan berbagai kelebihan. Semua pasti juga memiliki keunggulan masing-masing. Jadi, penting bagi Sedulur untuk mengetahui karakteristik produknya. Biar Sedulur gak bingung dalam memilih, berikut ini rekomendasi paprika powder merek terbaik yang bisa Sedulur coba.

1. Emaku Paprika Powder

Dalam Emaku Bubuk Tabur Paprika hanya digunakan 100% paprika segar sebagai bahan bakunya, sehingga menghasilkan aroma, rasa, maupun warna asli paprika yang kuat. paprika powder ini sama sekali tidak mengandung pengawet sintetis, tetapi bisa tahan sampai 12 bulan karena kadar airnya nyaris enol.

Jika ingin memakai Emaku paprika powder Powder untuk sajian di rumah, Sedulur dapat membelinya dengan harga Rp 24 ribuan per kemasan botol 60 gram.

2. VINS Premium Paprika Powder

Dibuat menggunakan campuran paprika merah dan kuning segar, VINS paprika powder memberikan rasa manis sekaligus segar ke masakan. Kualitasnya yang premium menjadikan produk ini sudah banyak digunakan oleh banyak restoran ternama di Indonesia.

Terlebih lagi, VINS Paprika Powder tersedia dalam beragam kemasan, mulai dari 40 gram, 250 gram, hingga 1 kg, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masakan yang akan dibuat. Untuk harganya, VINS Paprika Powder kemasan 250 gram dibandrol Rp 39 ribuan.

3. Jay’s Paprika Powder

Jay’s Paprika Powder dibuat menggunakan paprika merah asli tanpa tambahan bahan lainnya. Sedulur bisa menggunakan paprika powder ini untuk marinasi ayam, bumbu utama kalkun panggang, ataupun olahan daging panggang lain.

Supaya produknya bisa tahan lama, pastikan untuk menyimpan Jay’s Paprika Powder dalam tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Produk ini dikemas dalam botol kecil seberat 70 gram dan dapat dibeli dengan harga Rp 20 ribuan.

4. GARLICKYS Red Pepper Smoke Powder

GARLICKYS merupakan salah satu merek bumbu yang laris manis di toko online, termasuk paprika powder ini. Dibuat menggunakan 100% paprika merah, tanpa tambahan pengawet, pewarna, maupun MSG, produk ini sangat cocok dijadikan sebagai bumbu beragam olahan ayam, seperti ayam goreng, asam manis, dan kungpao.

Setiap satu jar GARLICKYS Red Pepper Smoke Powder mempunyai berat bersih 42 gram dengan harga jual Rp 15 ribuan.

5. Cairo Food Paprika Powder

Cairo Food dikenal sebagai produsen bumbu berkualitas, baik untuk masakan Asia, western, maupun Timur Tengah, sehingga menjadi langganan berbagai restoran terkenal. Setiap produknya, termasuk paprika powder ini baru diproses begitu ada pesanan, dengan tujuan menjaga kesegaran bumbu begitu sampai di tangan konsumen.

Walaupun tidak mengandung pengawet, daya tahan CAIRO Food paprika powder cukup lama, bisa 15-24 bulan. Produk ini dikemas dalam pouch seberat 100 gram dan harga jualnya sekitar Rp 24 ribuan.

6. Greenara Ground Paprika

Mau menyajikan salad atau masakan khas Eropa? Coba deh tambahkan dengan Greenara Ground Paprika supaya rasa maupun warnanya lebih menarik. paprika powder ini dibuat hanya menggunakan paprika, tanpa tambahan bahan lain, jadi menghadirkan rasa asli paprika yang cukup kuat.

Greenara Ground Paprika dipasarkan dalam kemasan pouch seberat 100 gram dengan kisaran harga Rp 15 ribuan saja.

7. La Fancy Foods Paprika Powder

Semua bumbu dari La Fancy Foods dipastikan tidak mengandung zat sintetis dan tersertifikasi BPOM, begitu juga dengan paprika powder ini. Setiap produknya dikemas dalam botol seberat 47 gram dan sudah dilengkapi dua segel pada botolnya, dapat digunakan untuk taburan maupun takaran sendok.

Karena mempunyai rasa dominan manis, La Fancy Foods paprika powder sangat cocok untuk olahan kalkun, kambing, dan ayam panggang. Produk ini dapat dipesan melalui official store La Fancy Food dengan harga Rp 21 ribuan.

8. 113 Capsicum Powder

Dibuat menggunakan 100% paprika merah, 113 paprika powder akan memberikan warna yang cantik ke masakan Sedulur. Pengaplikasiannya pun sangat luas, bisa untuk tumisan, baik ayam, tempe, jamur, maupun sayuran, daging panggang, hingga sambal.

Kalau terasa kurang pedas, tinggal tambah dengan cabai sesuai selera. Produk ini dikemas dalam botol kecil seberat 40 gram dan bisa Sedulur beli dengan harga Rp 18 ribuan.

9. Yukachi Bubuk Paprika

Yutakachi merupakan merek paprika powder kemasan dengan harga jual yang murah, sangat cocok dipilih oleh Sedulur yang punya usaha kuliner dan menjadikan paprika sebagai salah satu bahan utama.

Dengan rasa pedas yang sangat ringan, Yukachi Bubuk Paprika juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti cabai bubuk, misalnya untuk taburan keripik, kentang goreng, dan camilan renyah lainnya. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah pada banyak marketplace dengan kemasan seberat 100 gram dan harganya Rp 8 ribuan saja.

10. Saporito Paprika Powder

Saporito Paprika Powder merupakan paprika powder impor Turki yang memakai paprika merah sebagai bahan bakunya. Rasanya yang dominan manis menjadikan produk ini sangat cocok sebagai pelengkap masakan fine dining khas Barat maupun olahan Timur Tengah, seperti hummus.

Karena termasuk produk impor, harga Saporito Paprika Powder memang lebih mahal dari paprika powder sebelumnya, yaitu Rp 68 ribuan untuk kemasan 120 gram.

11. Beorganik Paprika Powder

Capsicum atau lebih dikenal dengan paprika adalah salah satu buah dalam kelompok terong-terongan. Buah satu ini memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Selain digunakan sebagai pelengkap masakan, paprika ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat paprika yang paling terkenal adalah untuk membantu mengatasi berbagai kondisi jantung dan pembuluh darah, seperti arteri koroner, penyumbatan pembuluh darah, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya. Paprika juga sering digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi perut kembung, sakit perut, diare, dan kram perut.

Paprika powder Beorganik ini terbuat dari paprika asli tanpa campuran dan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi dan dengan citra rasa yang berkualitas tinggi. Produk ini sudah memiliki izin Dinkes dan mendapat sertifikasi Halal LPPOM.

Cara penggunaan sebagai bumbu masakan untuk menambah kelezatan hidangan. Agar produk awet tahan lama, bisa disimpan di suhu ruangan dan hindari sinar matahari langsung. Harganya 13 ribuan per 135 gram.

12. Flava Paprika Powder

Paprika atau dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Capsium annuum L yang merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah dengan rasa yang manis dan ada juga yang sedikit pedas.  paprika powder yang berasal dari buah paprika banyak digunakan sebagai taburan berbagai masakan, mulai dari ramen, pasta. 

Karakteristiknya agak manis dan sedikit pedas, termasuk Flava Paprika Powder ini. Produk ini memiliki komposisi 100 persen paprika merah. Setiap kemasannya dilengkapi dengan silica gel yang aman untuk makanan agar awet dalam penyimpanan. Untuk harganya 13 ribuan per 50 gram.

BACA JUGA: 14 Merek Kaldu Bubuk Terbaik, Bikin Masakanmu Makin Lezat!

Manfaat Paprika untuk Kesehatan

paprika powder merek
Unsplash/Anngelique

Paprika adalah sayuran berwarna yang memiliki rasa sedikit pedas, dan bisa Sedulur dan keluarga konsumsi mentah atau matang. Ada berbagai warna pada sayuran ini, tergantung pada seberapa matangnya.

Sedulur bisa memilih yang berwarna hijau, kuning, jingga, ungu, atau merah, yang paling matang. Apapun warnanya, sayuran dari kelompok terong-terongan ini memiliki manfaat dan nutrisi yang sama.

Paprika memiliki berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Mengutip laman Halodoc, kandungan nutrisi dalam 6,8 gram paprika mentah terdapat kalori 19 kkal, protein kurang dari 1 gram, lemak kurang dari 1 gram, karbohidrat 4 gram, vitamin A, zat besi, vitamin E, serat, dan vitamin B6.

Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan utama dalam sayuran ini adalah karotenoid, serta ada juga capsantin, zeaxanthin, dan lutein. Sayuran ini juga mengandung mineral lain yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalsium, potasium, hingga fosfor.

Untuk itu, berikut ini manfaat kesehatan dari mengkonsumsi paprika.

1. Meningkatkan kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin merupakan karotenoid yang ada di dalam paprika dengan jumlah yang tinggi. Mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang cukup mampu meningkatkan kesehatan mata. Kandungan tersebut dapat melindungi retina dari kerusakan oksidatif.

2. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Jenis paprika tertentu ada yang mengandung capsaicin. Kandungan capsaicin berkaitan dengan reseptor pada sel saraf untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Mengkonsumsi paprika mampu melindungi tubuh dari peradangan akibat penyakit radang sendi, kerusakan saraf, hingga masalah pencernaan.

3. Mencegah anemia

Selain sebagai sumber zat besi, paprika juga kaya vitamin C. Hal ini meningkatkan penyerapan zat besi dari usus. Penyerapan zat besi dalam makanan meningkat secara signifikan ketika mengkonsumsi buah atau sayuran yang kaya vitamin C. 

4. Baik untuk kesehatan usus

Paprika adalah sumber serat yang baik dan penting untuk kesehatan usus. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti paprika dapat membantu memenuhi asupan serat yang direkomendasikan. Meningkatkan asupan serat dapat melindungi sistem pencernaan dari kanker usus besar dan penyakit radang usus. 

5. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Mengonsumsi sayuran ini juga bisa membantu meningkatkan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Peningkatan kadar HDL akan berkaitan dengan penurunan risiko gangguan jantung.

Itulah tadi paprika powder merek terbaik yang bisa menjadi pilihanmu. Jika Sedulur tengah mencari paprika powder kemasan yang pantas untuk dibeli, deretan merek di atas bisa menjadi pilihan terbaik.

Apabila Sedulur ingin membutuhkan berbagai macam kebutuhan bumbu dapur mulai dari paprika bubuk, garam, gula, merica bubuk, dan lainnya maka tidak perlu khawatir semua itu tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.