Rekomendasi kemoceng

Kemoceng adalah salah satu alat kebersihan yang sangat membantu pekerjaan rumah. Meskipun ukurannya terbilang kecil, namun alat ini memiliki manfaat yang sangat besar. Untuk itu, Sedulur bisa memilih merk kemoceng terbaik untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Ada berbagai merk kemoceng di pasaran yang bisa Sedulur pilih untuk menemani aktivitas bersih-bersih di rumah. Selain berbeda dari segi bentuk, bahan yang digunakan juga umumnya berbeda. Ada yang terbuat dari bulu ayam, microfiber, plastik, hingga bulu domba. Penasaran apa saja rekomendasi produk kemoceng terbaik di tahun 2023 ini? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut!

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

Apa saja fungsi kemoceng?

merk kemoceng terbaik
iStock

Membahas tentang fungsi kemoceng, tentu Sedulur sudah mengetahuinya bukan? Kemoceng merupakan salah satu alat kebersihan yang berfungsi untuk membersihkan debu di berbagai perabot rumah. Misalnya debu yang ada di atas meja, kursi, lemari, rak, dan barang-barang lainnya. Oleh karena fungsi inilah, kemoceng biasanya dibuat dari bahan yang lembut.  

-->

Alat ini bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti bulu-bulu hewan, bahan plastik, hingga kain microfiber. Bahan-bahan yang bervariasi ini dapat menyesuaikan preferensi Sedulur sekalian. Selain itu, bagian tangkainya juga bervariasi. Tidak hanya dari kayu, tangkai kemoceng juga bisa dibuat dari plastik dan bahan lainnya.  

Tips memilih kemoceng

iStock

Sebelum membeli kemoceng, ada baiknya Sedulur menyimak beberapa tips berikut ini. Sebab, ada banyak produk kemoceng yang dijual di pasaran, sehingga Sedulur tidak akan salah dalam memilihnya. 

  1. Perhatikan bahannya

Pertama, Sedulur harus melihat bahan yang digunakan oleh produk kemoceng yang akan dibeli. Hal ini menjadi pertimbangan utama saat memilih karena bahan akan sangat berpengaruh pada kinerja, keawetan, dan perawatan kemoceng. Ada banyak bahan yang biasa dijadikan kemoceng, seperti bulu, plastik, dan mikrofiber.

Bahan bulu akan membersihkan debu dengan sangat lembut. Biasanya, bulu yang digunakan adalah bulu ayam, bulu burung, dan bulu kalkun. Namun sayangnya, bahan ini mudah rontok ketika digunakan dalam waktu yang lama. Selain bulu, bahan wol atau bahan yang terbuat dari rambut domba juga bisa membersihkan debu dengan lembut. Namun, bahan ini juga memiliki kekurangan yang sama, yakni mudah rontok ketika digunakan.

Bahan lain yang biasa digunakan adalah plastik. Bahan ini tentu saja memiliki harga yang lebih terjangkau dengan warna yang lebih bervariasi. Bahan ini juga lebih kuat daripada bahan bulu, sehingga tidak mudah rontok saat digunakan. Menariknya lagi, bahan ini juga mudah diproduksi secara massal oleh industri.  

Selain dua bahan tersebut, ada juga bahan microfiber. Bahan ini sangat populer karena memiliki kemampuan yang baik dalam menarik dan mengangkat debu maupun kotoran di perabot rumah. Tak hanya itu, bahan ini juga bisa dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan sabun. Selain lebih higienis, bahan ini juga lebih awet daripada bahan lainnya.

  1. Periksa bagian gagang

Selain bahan, gagang kemoceng juga harus diperhatikan sebelum membelinya. Hal ini karena ada banyak variasi bentuk dan ukuran gagang yang tersedia di pasaran. Mulai dari ukuran mini dengan panjang kurang dari 30 cm, ada juga gagang berukuran panjang lebih dari 50 cm. Bahkan, beberapa produk juga menyediakan tongkat teleskopik agar bisa menjangkau bagian yang tinggi. 

Tongkat teleskopik merupakan tongkat yang bisa dibongkar pasar, baik dipanjangkan atau dipendekkan sesuai kebutuhan. Tongkat ini bisa menjangkau tempat-tempat tinggi, seperti ujung gorden, lampu, hingga AC. Bila Sedulur membutuhkannya, tidak ada salahnya membeli kemoceng dengan tambahan tongkat ini. 

  1. Perhatikan fleksibilitas

Kemoceng yang fleksibel akan lebih nyaman untuk digunakan. Hal ini karena kemoceng yang bisa ditekuk akan membantu Sedulur dalam membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Misalnya untuk menjangkau debu yang ada di kipas gantung, bagian atas lemari, maupun sela-sela AC. 

  1. Prioritaskan kemoceng yang bisa dicuci

Tips terakhir adalah memprioritaskan kemoceng yang bisa dicuci. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan alat sebelum digunakan untuk membersihkan perabotan yang lain. Jika alat yang digunakan tidak bersih, maka sama saja Sedulur hanya memindahkan kotoran saja. Lalu. bagaimana cara membersihkan alat kebersihan? Caranya adalah dengan dicuci menggunakan air. 

Kemoceng dari bahan bulu alami hanya bisa dibersihkan dengan digoyang-goyangkan saja. Sehingga penggunaannya harus diganti secara berkala. Agar lebih hemat, Sedulur perlu menggunakan kemoceng dari bahan plastik atau mikrofibel yang bisa dicuci. Setelah kering, kemoceng dari bahan tersebut bisa langsung digunakan kembali.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Dapurmu

1. NAGOYA Kemoceng Microfiber 506

merk kemoceng terbaik
Pusapu

Tak hanya terkenal dengan merk kipas angin, NAGOYA juga mengeluarkan produk kemoceng, yakni Kemoceng Microfiber 506. Terbuat dari bahan microfiber, membuat alat ini bisa dicuci dan digunakan berulang kali dengan mudah. Tak hanya membersihkan debu dengan baik, kemoceng ini juga tidak mudah rusak walaupun digunakan dalam waktu lama. 

Kemoceng ini memiliki panjang sekitar 55 cm, sehingga cukup nyaman digunakan untuk berbagai keperluan. Walaupun terbuat dari microfiber, kemoceng ini masih memiliki harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp24.500 saja. 

2. TEVO Tywool 36CM Wool Duster

Tevo Indonesia

Berikutnya ada TEVO Tywool 36CM Wool Duster, produk kemoceng dari bahan bulu domba yang lembut dan mudah dicuci. Alat ini juga memiliki gaya elektrostatik yang dapat menarik debu sehingga kegiatan bersih-bersih akan berjalan semakin optimal. Namun sayangnya, kemoceng satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang, yakni hanya 26 cm dan 36 cm.

Sedulur bisa mencuci kemoceng berbahan wol ini dengan detergen layaknya mencuci pakaian pada umumnya. Dengan bahan yang super awet ini, Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp44.000. 

3. Kenmaster Kent Microfiber Duster / Kemoceng KT-050Q

merk kemoceng terbaik
Kenmaster

Bila Sedulur mencari kemoceng yang terbuat dari bahan microfiber namun harganya terjangkau, Kenmaster Kent Microfiber Duster / Kemoceng KT-050Q adalah pilihan yang tepat. Produk ini tidak hanya bisa menarik debu dengan kuat, namun juga bisa menjangkau sudut maupun sela-sela yang sulit dijangkau.

Menariknya lagi, kemoceng ini bisa Sedulur gunakan untuk membersihkan sela-sela keyboard PC, lho! Dengan handle karet anti slip yang dimiliki, kemoceng ini dijamin tidak mudah jatuh atau lepas. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp24.000 saja.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Webcam Terbaik dan Terbaru 2022

4. Carinn Kemoceng Pelangi 

merk kemoceng terbaik
Omarta Toko

Suka dengan warna cerah dan cantik? Pilihlah Carinn Kemoceng Pelangi. Kemoceng ini memiliki warna pelangi yang cantik, sehingga akan membuat Sedulur semangat membersihkan rumah. Tak hanya itu, kemoceng ini juga mudah dibersihkan dan tentunya tidak mudah rontok. 

Menariknya lagi, produk ini juga memiliki gagang sepanjang 65 cm, sehingga jangkauannya menjadi lebih luas. Bila tertarik, Sedulur bisa membeli kemoceng berbahan plastik ini dengan harga mulai dari Rp49.900. 

5. GM Bear Window Cleaner Blue 1029

Mayvi Naureen

Berikutnya adalah GM Bear Window Cleaner Blue 1029, produk kemoceng serbaguna yang memiliki fungsi 4in1. Selain kemoceng, alat ini juga bisa dijadikan pembersih kaca, pembersih lantai, dan dilengkapi dengan tongkat teleskopik. 

Gagang teleskopik ini bisa digunakan untuk menggantung pakaian ataupun disambung dengan kemoceng untuk menjangkau debu di tempat tinggi. Alat ini juga bisa dibongkar pasang, sehingga bisa disimpan dengan ringkas. Apalagi bahannya terbuat dari microfiber, sehingga bisa dicuci dan tentunya awet. Ingin membelinya? Sedulur bisa menyiapkan dana mulai dari Rp118.000, ya!

6. Kleaner Kemoceng Fleksibel dengan Gagang Extend / Teleskopik

Cleaner Official

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa fleksibilitas kemoceng menjadi nilai tambah yang perlu diperhatikan. Hal ini karena membersihkan bagian atas gorden atau AC membutuhkan tingkat kehati-hatian yang ekstra, sehingga penggunaan kemoceng fleksibel adalah solusinya. 

Kemoceng dari Kleaner adalah pilihan yang tepat, sebab terbuat dari microfiber dengan gagang fleksibel yang bisa ditekuk. Selain itu, tongkat teleskopiknya juga bisa diatur sesuai kebutuhan panjang yang Sedulur inginkan, mulai dari 57 cm hingga 157 cm. Sedulur bisa memiliki alat ini dengan harga mulai dari Rp89.000.

BACA JUGA: 12 Kulkas Mini Murah dengan Watt Kecil, Termurah & Terbaru

7. Kemoceng Bulu Sintetis (Bulu Kuda)

merk kemoceng terbaik
Lia Andita

Bila Sedulur mencari produk kemoceng dengan harga yang ekonomis, maka pilihlah kemoceng bulu sintetis berikut. Hanya mulai dari Rp5.900 saja, Sedulur sudah bisa mendapatkan alat kebersihan ini. Dengan panjang sekitar 45 cm, produk yang bisa dicuci ini menjadi incaran banyak orang. Apakah Sedulur salah satunya?  

8. Nankai Kemoceng Elektrik

Nankai

Nankai Kemoceng Elektrik memang memiliki harga yang cukup mahal untuk sebuah kemoceng, yakni mulai dari Rp200.000. Namun, hal ini sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan. Kemoceng ini sudah dilengkapi dengan putaran elektrik otomatis yang akan membantu Sedulur menyapu debu di bagian yang sulit terjangkau. 

Lebih dari itu, dalam satu paketnya, Sedulur akan mendapatkan tiga kepala kemoceng dengan ukuran yang berbeda. Dengan demikian, Sedulur bisa menyesuaikan pemakaiannya sesuai kebutuhan. Dengan tenaga baterai tipe AA, alat ini bisa Sedulur gunakan tanpa khawatir terlilit kabel. 

9. Mr Magic Kemoceng Microfiber 

merk kemoceng terbaik
Cipta Daya Sejati

Rekomendasi merk kemoceng terbaik berikutnya adalah Mr Magic Kemoceng Microfiber. Produk ini terbuat dari bahan microfiber yang halus, lembut, dan anti gores sehingga bisa mengangkat debu dengan sempurna. 

Setelah digunakan, produk ini juga bisa dibersihkan dengan cara menggoyang-goyangkan gagangnya. Namun bila sudah terlalu kotor, Sedulur bisa melepas dan mencucinya dengan detergen sampai bersih lagi. Untuk harganya, produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp158.000.

BACA JUGA: Mengenal 12 Jenis Paku Beserta Ukuran dan Harganya 2022

10. Kemoceng Cendol Microfiber

Elora Store

Kemoceng Cendol Microfiber juga menjadi salah satu merk kemoceng terbaik yang bisa Sedulur pilih. Produk ini memiliki desain cendol dengan gagang teleskopik yang bisa diatur panjang pendeknya hingga 100cm. Selain itu, serat mikronya juga sangat halus, sehingga mampu membersihkan debu dengan baik.

Lebih dari itu, kemoceng ini juga awet dan bisa dicuci berulang kali. Apalagi dengan gagang yang terbuat dari logam stainless, Sedulur akan mendapatkan produk yang kuat dan anti karat. Bila tertarik menggunakannya, kemoceng ini dijual dengan harga mulai dari Rp15.888.

11. Polidor Kemoceng Bulu Domba Australia

merk kemoceng terbaik
Blunt Store

Bila Sedulur mencari kemoceng yang terbuat dari bulu domba super halus, maka Polidor Kemoceng Bulu Domba Australia adalah jawabannya. Produk ini memiliki bulu yang lembut dan tentunya sangat awet. Bahkan, dengan perawatan yang tepat bisa tahan hingga lebih dari lima tahun.

Kemoceng dengan bahan bulu domba sepanjang 67 cm ini bisa dicuci layaknya pakaian pada umumnya. Dengan manfaat sekeren ini, Sedulur hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 77.000 saja. Murah sekali, bukan? 

12. Kemoceng Cutevina 

merk kemoceng terbaik
Axton Mart

Rekomendasi merk kemoceng terbaik yang terakhir adalah Kemoceng Cutevina. Produk ini memiliki desain motif karakter yang sangat menggemaskan. Tak hanya itu, kemoceng yang terbuat dari bahan microfiber ini juga sangat ampuh dalam membersihkan debu maupun kotoran yang ada di perabotan. 

Lebih dari itu, kemoceng ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada bagian kaca mobil tanpa takut meninggalkan goresan. Bila Sedulur tertarik membelinya, Kemoceng Cutevina ini dijual dengan harga mulai dari Rp25.900 saja.

Itu dia 12 rekomendasi merk kemoceng terbaik yang bisa Sedulur jadikan pilihan. Selain mampu membersihkan rumah, perhatikan juga faktor higienitas alatnya. Oleh karena itu, Sedulur perlu memprioritaskan produk kemoceng yang bisa dicuci berulang kali.

Selain membersihkan rumah dengan baik, Sedulur juga perlu membersihkan lantai, pakaian maupun badan dengan baik pula. Oleh karena itu, Sedulur bisa membeli anek merk sabun pel, detergen dan sabun mandi dengan mudah dan murah melalui Aplikasi Super.

Selain produknya yang lengkap, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai diskon dan cashback dalam setiap transaksi. Apalagi dengan adanya gratis ongkir tanpa minimal pembelian, pesanan Sedulur akan langsung di antar ke depan rumah tanpa khawatir memakan banyak biaya. Yuk, download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga!