kulkas mini

Di era modern ini, inovasi terus dilakukan dan perkembangan teknologi juga akan terus diperbaharui. Tak terkecuali dengan kulkas. Kulkas atau lemari pendingin adalah salah satu perangkat elektronik yang berfungsi untuk menciptakan suhu dingin dan menghilangkan suhu panas, sehingga makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas dapat menjadi awet, karena pertumbuhan bakteri melambat.

Ada berbagai tipe yang bisa Sedulur pilih untuk menjadi referensi dalam membeli kulkas, diantaranya adalah kulkas dua pintu, satu pintu, dan yang sedang hits sekarang adalah kulkas mini. Seperti namanya, bentuk kulkas ini mini dan kecil, sehingga cocok untuk ditempatkan di dalam kamar atau rumah dengan ukuran yang minimalis.

Kulkas mini berukuran kurang dari 100 liter, dan pastinya harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau. Selain itu, listrik yang digunakan untuk kulkas mini ini cenderung rendah, sehingga anak kos pun juga bisa mempertimbangkan untuk membelinya. Nah, berikut rekomendasi kulkas mini murah yang bisa Sedulur pilih!

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Tonton!

1. Polytron PRH-47

kulkas mini
Shopee

Salah satu merek yang sudah mempunyai berbagai macam produk elektronik dan salah satunya adalah kulkas adalah Polytron. Dengan dibandrol harga sekitar 1.2 jutaan, kulkas mini dari Polytron dapat kalian bawa pulang. Seri ini mempunyai kapasitas sekitar 47 liter, daya listrik 220V / 50 Hz dengan konsumsi daya 65 watt saja. Sangat hemat listrik, kan?

Kulkas mini ini juga dilengkapi freezer atau tempat membekukan makanan/minuman, dan memiliki keistimewaan metal door dan perfect door. Polytron PRH-47 ini juga dilengkapi dengan teknologi Humidity Control Crisper, yang berfungsi sebagai penjaga kesegaran sayur dan buah. Sehingga, sayur yang disimpan tidak cepat layu.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 47 L
Dimensi Tidak disebutkan
Weight Tidak disebutkan
Rak Kulkas Tidak disebutkan
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 65 Watt

2. Midea HS-65L

 Kulkas mini
Shopee

Rekomendasi kulkas mungil lainnya adalah Midea HS-65L. Sesuai dengan namanya, kulkas ini berkapasitas 65 liter dan dibandrol dengan kisaran harga yang sama dengan Polytron PRH-47. Yaitu 1,2 jutaan. Daya listrik dalam kulkas kecil ini adalah 78 watt, lebih banyak sedikit daripada seri sebelumnya. Ukuran dari kulkas ini adalah 472 x 450 x 492 mm.

Fitur yang ditawarkan dalam kulkas ini adalah adanya kontrol suhu mekanik, kaki yang bisa disesuaikan dan pintu reversible, dan juga kompartemen chiller yang terpisah. Kulkas ini juga diklaim sebagai kulkas yang hemat energi dan juga Eco-friendly certification: 4 ticks (NEA).

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 50 L
Dimensi 49 x 47 x 45 cm
Weight 14 kg
Rak Kulkas Tidak disebutkan
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 78 Watt

3. Daewoo DFR-64H

kulkas mini
Lazada

Masih dengan kisaran harga yang sama dengan sebelumnya, kulkas mini dari merek Daewoo ini berkapasitas  59 liter yang sangat bagus untuk menyimpan berbagai macam kebutuhan Sedulur. Dengan suhu yang dapat diatur sesuai kebutuhan, kulkas ini juga mempunyai kelebihan lain yaitu kakinya bisa diatur sehingga nyaman untuk memindahkannya kemana saja dengan mudah.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 59 L
Dimensi 51 x 45 x 44 cm
Weight 14 kg
Rak Kulkas Tidak disebutkan
Egg Tray Ya
Power Consumption 70 Watt

4. Gea RS-06dr

kulkas mini
Shopee

Rekomendasi kulkas mini selanjutnya ini harganya lebih terjangkau dari sebelumnya, yaitu kisaran 1,2 jutaan saja. Gea RS-06dr memiliki kecanggihan teknologi yang bagus walaupun harganya cenderung murah. Daya listrik yang dikeluarkan dari kulkas kecil ini adalah sekitar 82 watt. Dengan kaki yang bisa diatur sehingga mudah untuk dipindah, kulkas ini juga dilengkapi dengan kunci, pintu yang bisa dibalik, dan juga volume 46 liter. Ukuran dari kulkas ini adalah 44 x 47 x 51 cm dengan berat 14 kg. Cukup enteng, kan?

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 46 L
Dimensi 44 x 47 x 51 cm
Weight 14 kg
Rak Kulkas 1
Egg Tray Ya
Power Consumption 82 Watt

5. Electrolux EUM-0500SB

kulkas mini
Electrolux

Kulkas mini murah yang berkapasitas 46 liter ini mempunyai kisaran harga 1,5 jutaan. Sesuai dengan harganya, kulkas ini diklaim hemat daya karena memiliki daya listrik yang dikeluarkan yaitu sekitar 50 watt saja. Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan recess handle, sehingga Sedulur dapat memegang dan membuka pintunya dengan mudah dan nyaman. Selain itu, dimensi dalam kulkas mini ini adalah sekitar 48 x 45 x 50 cm dengan berat 15 kg.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 46 L
Dimensi 48 x 45 x 50 cm
Weight 15 kg
Rak Kulkas Tidak ada
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 50 Watt

6. Changhong CBC-50

kulkas mini
Shopee

Selanjutnya, kulkas mini rekomendasi yang bisa dirangkum adalah Changhong CBC-50. Tipe ini mempunyai volume sebesar 46 liter, daya listrik sebesar 50 watt, dan berat kurang lebih 14 kg. Kulkas ini terbilang tidak terlalu memakan tempat yaitu dengan ukuran 474 x 447 x 496 mm dan harga yang cukup terjangkau. Range harga dari kulkas ini 1,1 jutaan saja, lebih murah dan juga hemat listrik. Bahan dari kulkas ini sendiri adalah stainless steel, yang juga dilengkapi dengan bagian kaki yang mudah diatur.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 46 L
Dimensi 47.4 x 44.7 x 49.6 cm
Weight 14 kg
Rak Kulkas 1
Egg Tray Ya
Power Consumption 50 Watt

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Toner Untuk Wajah Bruntusan yang Ampuh

7. Sanken SN-118

kulkas mini
Lazada

Dengan kapasitas 60 liter, kulkas mini ini dibanderol dengan harga sekitar 1,2 sampai 1,3 jutaan saja. Kulkas kecil ini diklaim tidak mudah tergores, mudah dibersihkan, dan juga di dalamnya terdapat rak yang kuat sehingga menyimpan bahan makanan jadi lebih nyaman. Tak hanya itu, Sanken SN-118 ini juga memiliki ruangan freezer yang digunakan untuk menyimpan minuman atau makanan yang beku, bisa juga untuk membuat es. Kulkas yang memiliki daya 75 watt ini juga memiliki klaim anti karat, anti tikus, dan juga logam yang ringan.

Nama Harga di Pasaran Nama Produk Kapasitas Power Consumption Dimensi
Sanken SN-118DN Rp 1.301.370 SN-118DN 48 L 75 Watt 44 x 46 x 49 cm
Sanken SN-118KEG Rp 1.375.000 SN-118KEG 50 L 70 Watt 44 x 46 x 49 cm

8. SHARP Bar SJ-50MB-XW

kulkas mini
Bhinneka

Sharp, salah satu penyedia barang-barang elektronik yang terkenal tahan lama dan awet ini mengeluarkan seri kulkas mini Bar SJ-50MB-XW. Dibanderol dengan harga yang cukup bersaing, yaitu sekitar 1,4 jutaan, seri kulkas ini mempunyai spesifikasi yang tak kalah bersaingnya yaitu fast freezing, wide storage, dan juga low voltage dan low wattage. Sehingga, daya listriknya rendah, hemat listrik, jadi tagihan listrik tidak membengkak. Konsumsi daya dari kulkas mini ini adalah 100 watt dan mempunyai dimensi produk 449 x 501 x 470mm.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 45 L
Dimensi 47.2 x 49.2 x 45 cm
Weight 15 kg
Rak Kulkas 1
Egg Tray Tidak
Power Consumption 75 Watt

9. Aqua Sanyo AQR-D50F

KULKAS MINI
Aqua JAPAN

Kulkas mini selanjutnya adalah Aqua Sanyo seri AQR-D50F. Kulkas mini ini memiliki kapasitas 50 liter dan memakan daya sebesar 60 watt saja sehingga tidak membuat tagihan listrik membengkak. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan garansi kompresor selama 7 tahun sehingga Sedulur tidak perlu khawatir. Harga yang ditawarkan adalah sekitar 1,4 jutaan. Dimensi dari produk ini sekitar 47 x 47 x 48 cm dengan berat sekitar 30kg.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 50 L
Dimensi 47 x 47 x 48 cm
Weight 30 kg
Rak Kulkas 1
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 60 Watt

10. Panasonic NR-AK5ED-HPP

kulkas
Blibli

Selain mempunyai fitur yang beragam, kulkas mungil dari Panasonic ini juga harganya cukup bersaing, lho. Dibanderol sekitar 1,9 jutaan saja, fitur yang ditawarkan adalah berupa daya listrik yang cukup rendah yaitu sekitar 65 watt saja, berkapasitas 50 liter yang cukup untuk menampung berbagai kebutuhan kalian, dan juga mempunyai dimensi 489 x 510 x 488 mm.

Kulkas ukuran kecil ini juga diklaim hemat daya karena mempunyai teknologi Double Rotation Compressor yang membuatnya lebih tahan akan tegangan listrik yang tidak stabil. Selain itu, ini hanya memerlukan listrik 12 jam saja untuk pemakaian seharian.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 50 L
Dimensi 49 x 51 x 48 cm
Weight 26 kg
Rak Kulkas 1
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 65 Watt

11. Mini Fridge Refrigerator Portable Cool

kulkas
Shopee

Rekomendasi kulkas mini berikutnya adalah Mini Fridge Refrigerator. Jika Sedulur sedang mencari kulkas super mini yang bisa digunakan kemana saja alias portable, dan juga harga kulkas mini 500 ribuan, kulkas ini bisa menjadi solusinya. Kulkas mini ini memiliki berat kurang dari 5 kg, dengan dual port yang mana bisa dicolok baik di dalam rumah maupun di dalam mobil.

Kulkas mini ini cocok juga untuk menyimpan skincare ataupun ibu menyusui yang butuh banyak asi untuk ditampung saat perjalanan jauh agar bisa awet. Kulkas ini mempunyai tiga pilihan warna, yaitu putih, pink, dan juga biru. Warna yang ditawarkan juga cantik, cocok sekali untuk remaja atau anak muda.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Tidak disebutkan
Dimensi 18x23x25 cm
Weight 1,9 kg
Rak Kulkas 1
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 50 Watt

12. Hafele Denali Mini Bar 

Rekomendasi yang terakhir adalah Hafele Denali Mini Bar, yakni showcase kulkas mini dengan model thermal fridge. Dengan dua rak yang kokoh, Sedulur bisa meletakkan beberapa minuman dalam tiga tingkatan berbeda. Dengan suhu 12 -18 °C, minuman yang Sedulur masukkan akan tetap dingin namun tidak sampai membeku.

Selain praktis, design showcase bagian dalam kulkas juga dibalut dengan lampu LED sehingga menambah kesan menarik. Jika Sedulur tertarik membelinya, harga kulkas ini berkisar mulai dari Rp1.499.000.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas 42 L
Dimensi  420 x 425 x 508 mm
Weight Tidak disebutkan
Rak Kulkas 2
Egg Tray Tidak ada
Power Consumption 82 Watt

Demikianlah beberapa rekomendasi kulkas mini yang bisa Sedulur jadikan referensi untuk dibeli. Selain tidak membutuhkan ruangan yang luas dan harganya lebih terjangkau, kulkas mini juga cocok untuk kalian yang tinggal sendiri sehingga tidak membutuhkan banyak barang yang tersimpan di dalam kulkas. Perlu diperhatikan ukuran kulkas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga ya, Sedulur. Juga, usahakan untuk memilih kulkas dengan daya listrik yang rendah sehingga bisa hemat tagihan listrik ketika membayarnya. Semoga bermanfaat! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.