rekomendasi susu bubuk instan

Susu bubuk instan bisa menjadi solusi ketika kita ingin memenuhi asupan kalsium setiap hari. Beruntung sekarang ada banyak sekali produk susu yang bisa Sedulur coba. Bahkan, ada beberapa rekomendasi susu bubuk instan memiliki rasa yang enak tapi tak melupakan kandungan gizinya.

Jika Sedulur sedang mencari produk susu instan terbaik, maka wajib mengikuti ulasan kali ini ya. Ada beberapa produk yang wajib Sedulur beli karena memiliki asupan kalsium tinggi tapi juga aman untuk diet. Kira-kira apa saja produk yang dimaksud? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 12+ Bumbu Nasi Goreng Instan Paling Enak & Anti Gagal!

Tips Memilih Susu Bubuk Instan

rekomendasi susu bubuk instan
Taste

Sebelum menentukan rekomendasi susu bubuk instan yang terbaik untukmu, sebaiknya simak beberapa tips memilihnya berikut ini!

1. Kenali keunggulan susu tersebut

Pada dasarnya, susu bubuk terbuat dari susu murni yang diproses dengan cara dipanaskan atau pasteurisasi untuk mematikan bakteri yang merugikan. Setelah itu dilakukan proses dehidrasi atau pengeringan untuk menghilangkan kadar airnya.

Sayangnya cara pengolahan ini membuat susu kehilangan nutrisi alaminya sehingga produsen melakukan fortifikasi untuk menambah nilai gizi pada susu bubuk full cream tersebut.

2. Cek selalu kandungan nutrisinya

Susu bubuk full cream sudah pasti mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, dengan tambahan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Namun baik jenis maupun jumlah vitamin serta mineral di dalam susu ini berbeda-beda, jadi Sedulur  perlu memeriksa tabel nutrisi untuk mengetahui jumlah pastinya.

Kalau susu bubuk full cream itu akan dikonsumsi oleh ibu hamil, perlu dipastikan ada atau tidaknya kandungan yodium di dalamnya karena zat ini berperan sangat penting untuk perkembangan otak janin.

Sedangkan orang dengan kondisi tertentu namun tetap ingin menikmati susu bubuk full cream, pastikan memilih produk bebas laktosa atau susu kambing yang punya jumlah laktosa jauh lebih sedikit daripada susu sapi.

3. Perhatikan kandungan protein untuk diet

Selain memperhatikan kandungan gizi makanan dan rajin beraktivitas fisik, konsumsi susu skim juga bisa membantu Sedulur menurunkan berat badan. Carilah susu skim yang kadar lemaknya 0 gram atau 0%.

Susu skim memang dikenal rendah kalori, tetapi Sedulur tetap perlu memperhatikan jumlah kalori dalam setiap takaran sajinya. Pilihlah susu skim yang jumlah kalorinya lebih sedikit untuk menurunkan berat badan Sedulur . 

Selanjutnya, untuk mendukung program diet Sedulur , cek juga kandungan protein yang terdapat pada susu. Susu skim rata-rata mengandung 5-10 gram protein per saji. Pilihlah susu skim yang tinggi protein untuk membentuk massa otot.

4. Sesuaikan usia dengan produk

Usia yang berbeda akan membutuhkan jenis dan kadar nutrisi yang berbeda pula. Oleh karena itu, produsen susu bubuk membagi produknya dalam beberapa kelompok usia. Dimulai dari susu untuk bayi, batita, balita, remaja hingga lansia.

Bahkan karena perbedaan kebutuhan, ibu hamil dan pria yang sedang menjalani pembentukan otot dianjurkan untuk mengkonsumsi susu yang telah diformulasikan secara khusus.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Mie Instan Terenak dan Terlaris Tahun 2023

Rekomendasi Susu Instan Terbaik

rekomendasi susu bubuk instan
Bon Appetit

Setelah mengetahui tips memilih rekomendasi susu bubuk instan terbaik. Berikut ini beberapa produk yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk dikonsumsi sehari-hari! 

1. Appeton Weight Gain Adult

Susu bubuk dari Appeton Weight Gain Adult ini akan membantu menaikkan berat badan kamu hingga mencapai tubuh yang lebih proporsional. Susu yang dianjurkan untuk usia 13-50 tahun ini mengandung whey protein dan karbohidrat sebagai sumber nutrisi yang optimal.

Apalagi untuk Sedulur yang ingin mendapatkan berat badan ideal, khususnya bagi mereka yang kurus, para atlet, dan yang berada dalam masa penyembuhan. Maka Appeton bisa jadi pilihan tepat.

Sejumlah vitamin dan mineral esensial yang juga terkandung dalam produk susu ini diklaim dapat membantu pertumbuhan jaringan tubuh. Selain rasa coklat, kamu juga dapat memilih varian rasa vanila yang tersedia.

2. Frisian Flag Fullcream

Frisian Flag Fullcream Purefarm memang diproduksi di Indonesia, namun produksinya tetap diawasi oleh Friesland Campina Belandasehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Kombinasi 12 vitamin dan 10 mineral, terutama kalsium, menjadikan susu bubuk full cream ini bisa melengkapi kebutuhan nutrisi seluruh anggota keluarga, baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Frisian Flag Fullcream Purefarm juga mengandung yodium lho, jadi ibu hamilpun tetap bisa mengkonsumsinya. Susu bubuk full cream dari Frisian Flag ini bisa bertahan hingga 15 bulan, asalkan disimpan dengan cara yang benar. 

3. Unisoy Soya Milk

Jika kamu masih mencari produk susu kedelai yang tepat untuk dietmu, pilih saja Unisoy Soya Milk Powder. Susu bubuk kedelai ini terbuat dari 100% biji kedelai organik top grade yang diproduksi di Singapura.

Selain itu, susu kedelai ini mengandung serat protein, kalsium, dan isoflavon, serta dibuat tanpa penambahan bahan pengawet dan pewarna sintetik. Kamu pun aman untuk mengkonsumsinya secara rutin karena produk susu ini bebas kolesterol jahat, rendah lemak dan gula susu (laktosa). Inilah komposisi yang biasa dicermati mereka yang sedang berdiet.

Tidak hanya itu saja, susu bubuk kedelai ini juga cocok dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes dan asam lambung. Kamu dapat menikmatinya dalam sajian minuman hangat atau dingin sesuai selera.

4. Ensure Vanilla

Konsumsi jenis susu yang tepat diketahui dapat membantu banyak orang dewasa mencapai target nutrisi mereka, misalnya berupa pembentukan kembali massa otot dan kekuatannya yang merupakan investasi kesehatan di masa tua, ataupun pemulihan dari beragam penyakit seperti diabetes, kanker, atau gangguan ginjal. Jadi, pemilihan nutrisi padat gizi yang tepat sangat penting di masa dewasa.

Nah, untuk memiliki tubuh, tulang, dan otot yang sehat, kamu dapat memilih produk susu formula dari Abbott, Ensure Vanilla berikut ini. Ensure merupakan susu formula yang memiliki kandungan nutrisi dengan mikronutrien, yaitu 12 vitamin dan 7 mineral. Dengan kandungan tersebut berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan dalam aktivitas harian agar tetap terjaga keseimbangannya.

Selain itu, Ensure kaya serat pangan yang dirancang rendah kolesterol dengan asam lemak tak jenuh, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan inulin di dalamnya pun dapat memelihara fungsi organ pencernaan. Oleh karena itu, Ensure merupakan susu formula yang cocok dikonsumsi orang dewasa untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. HiLo Teen Caramel

Ada banyak cara untuk memacu pertumbuhan tinggi badan, misalnya dengan minum susu yang diformulasikan khusus untuk peninggi badan dan tidur teratur. Nah, buat kamu yang masih belum menemukan produk susu peninggi badan yang tepat, produk berikut ini sangat direkomendasikan karena merupakan salah satu merek terbaik, yaitu HiLo Teen.

Senada dengan slogannya, yaitu “Tumbuh tuh ke atas, gak ke samping!”, Hilo Teen diperuntukkan khusus bagi para remaja dengan formulasi rendah lemak dan tinggi kalsium yang akan membantu remaja bertambah tinggi.

Susu bubuk untuk remaja ini dibuat dari susu sapi asal Skandinavia, Eropa Utara, yang alami dan segar. Dijamin kamu tidak akan bosan meminumnya setiap hari karena susu ini dibuat dalam varian rasa Vanilla Caramel yang unik dan juga enak.

Formulasi HiLo Teen yang rendah lemak dan tinggi kalsium sangat menunjang kebutuhan aktivitas harian remaja yang padat tanpa khawatir dapat meningkatkan risiko kegemukan.

6. Milo Activ Go

My Recipes

Merek susu bubuk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk kamu. Ya, Milo Activ-Go dari Nestle yang dilengkapi dengan berbagai macam vitamin seperti B1, B2, B3, dan C, serta mineral kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Rasa coklat dari kakao pilihannya tentu disukai anak-anak dan dapat dinikmati bersama menu sarapan atau diminum sebelum tidur di malam hari.

Milo Activ-Go adalah minuman coklat bubuk yang lezat dengan kombinasi unik coklat, protomalt, vitamin, dan mineral yang dapat membantu memenuhi kecukupan energi dan nutrisi pada anak. Rasa coklat yang kaya protomalt merupakan zat karbohidrat kompleks sebagai sumber energi.

Sementara, zat gizi mikronya (vitamin dan mineral) berperan penting dalam pelepasan energi dan pemeliharaan tulang untuk mendukung pertumbuhan dan aktivitas fisik anak. Jadi, Milo merupakan pilihan terbaik untuk anak dengan rasa yang lezat dan mengandung nutrisi yang didasarkan pada studi ilmiah, yaitu protomalt dan actigen-E.

7. Dancow FortiGro

Salah satu produk susu bubuk yang sangat direkomendasikan adalah Dancow FortiGro dari Nestle. Produk susu bubuk instan ini kaya akan protein susu, kalsium, zat besi dan seng, serta vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, E, C, dan D. Protein susu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Kalsiumnya yang tinggi membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Zat besi di dalamnya juga penting untuk pembentukan sel darah merah.

Sementara, kandungan vitamin B1 dan berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energi. Susu yang cocok untuk diminum bagi anak-anak usia 4-12 tahun ini juga diperkaya omega-6 yang berperan untuk membantu memenuhi gizi keluarga.

Nah, kemasan sachet bisa dipilih untuk kemudahan ekstra menikmati susu instan ini. Jadi, susu yang rendah gula dan bercita rasa gurih ini bisa dikonsumsi di mana saja dan kapan saja.

8. Tropicana Slim Skim

Tropicana Slim Skim Milk adalah rangkaian produk susu tanpa lemak jenuh, bebas gula, dan tinggi kalsium. Produk susu ini baik untuk menjaga kadar gula darah para diabetesi untuk tetap normal.

Selain itu, bagi mereka yang sedang berdiet, susu ini cocok juga untuk diminum karena dapat membatasi konsumsi gula. Sementara, kandungan kalsiumnya yang tinggi dibutuhkan untuk memenuhi asupan kalsium harian.

Susu skim dari Tropicana Slim ini juga dilengkapi dengan fitosterol. Fitosterol adalah sterol nabati yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di usus, sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) dalam darah.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir gemuk lagi kalau minum susu karena produk susu Tropicana Slim ini diciptakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengontrol berat badanmu agar tetap ideal.

9. L-Men Gainmass Chocolate

Produk ini adalah suplemen penambah berat badan yang diformulasikan khusus untuk pria yang ingin menaikkan berat badan melalui cara peningkatan massa otot. Tersedia dalam beberapa varian rasa dengan ukuran kemasan berbeda, yaitu chocolate (500 g dan 225 g), banana (225 g), taro (225 g), dan mango (500 g).

Sedulur yang menyukai cita rasa coklat pun bebas memilih varian rasa yang sesuai tanpa perlu khawatir mengalami kerusakan gigi setelah rutin meminumnya karena produk L-Men bebas gula.

Susu L-Men Gainmass terbukti efektif untuk meningkatkan massa otot hingga 1 kg per minggu. Di dalamnya terkandung asam amino L-Lysine yang bisa meningkatkan gairah makan dan produksi protein.

Selain itu, L-Men Gainmass yang rendah lemak dan bebas gula ini juga mengandung L-Glutamine yang berfungsi menaikkan daya tahan otot agar tidak diurai setelah berolahraga dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

10. SkyGoat Susu Kambing

SkyGoat merupakan rekomendasi susu bubuk instan selanjutnya. Susu ini merupakan susu yang unik karena diolah dari kambing Etawa. Susu ini memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat melancarkan sistem pencernaan, menambah stamina, mencegah osteoporosis, hingga membantu mengatasi alergi kulit.

Kandungan gizi pada susu ini juga lengkap, yaitu protein, karbohidrat, kalsium, multivitamin, dan mineral. Bahkan, susu ini juga aman dikonsumsi untuk anak dengan usia lebih dari 1 tahun.

Hasil riset membuktikan bahwa tekstur lemak yang lebih lembut dan halus yang terkandung di dalam susu kambing etawa lebih mudah dicerna serta aman bagi pencernaan dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

SkyGoat Susu Kambing Etawa memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti natrium yang bermanfaat sebagai penyeimbang kadar mineral kalsium dan kalium di dalam tubuh, fluor yang baik untuk para penderita TBC dan asma.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Merk Kopi Hitam Tanpa Gula Terbaik 2023

11. Indomilk Fullcream Plain

rekomendasi susu bubuk instan
Martha Stewart

Berbeda dengan susu bubuk Frisian Flag yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja, Indomilk Susu Bubuk ditujukan untuk anak usia 5-12 tahun. Oleh karena itu, susu ini diperkaya dengan omega-3 untuk mendukung perkembangan otak anak secara maksimal. Belum lagi kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi, bahkan mencapai 30% dari kebutuhan harian, yang membantu anak tumbuh tinggi.

Sebagai susu bubuk full cream khusus untuk anak, Indomilk Full Cream Plain tidak mengandung tambahan gula sukrosa serta diperkaya vitamin A, B1, B2, C, dan E. Susu ini punya beberapa pilihan kemasan, mulai dari sachet 27 gram hingga box 800 gram dengan masa simpan sekitar 18 bulan. 

12. Ampec Full Cream

Mencari rekomendasi susu bubuk instan yang creamy dan cocok untuk minuman maupun aneka dessert dan makanan? Ampec Full Cream Milk bisa jadi jawaban yang tepat. Dibuat hanya dari susu full cream yang ditambah dengan maltodekstrin.

Susu ini mengandung sekitar 23 gram lemak, 38 gram karbohidrat, dengan kalori 120 kkal per 100 gram. Rasanya yang gurih sangat cocok dicampurkan ke dalam adonan cake, cookies, roti, donat, puding, agar-agar, hingga pasta.

13. Milko Fullcream Instant

MILKO Susu Bubuk Full Cream Plain dibuat menggunakan susu yang dihasilkan oleh sapi dari peternakan asal New Zealand sehingga menghadirkan kualitas terbaik di setiap teguknya. Dalam susu ini terkandung protein, kalsium, fosfor, vitamin A dan vitamin D dengan jumlah yang tinggi, cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

MILKO Susu Bubuk Full Cream Plain sudah dikemas per sachet 27 gram, jadi Sedulur tidak perlu repot-repot menakar dulu ketika mau mengonsumsinya.

14. Indo Prima Skim Milk

Indo Prima merupakan merek susu skim untuk diet yang layak dipertimbangkan bila Sedulur menyukai susu bubuk. Dibandingkan kebanyakan susu skim lainnya, susu skim bubuk IndoPrima mengandung protein yang cukup tinggi. Dalam sajian per 200 ml, produk ini dapat memenuhi 21% kebutuhan protein harian Sedulur . 

Asupan tersebut akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh Sedulur dalam membakar kalori. Pencernaan tentunya juga menjadi lebih lancar. Produk ini juga diklaim cocok untuk anak usia satu tahun ke atas.

Jadi, susu ini bagus dikonsumsi anak yang kelebihan berat badan. Dengan ajek mengkonsumsi susu skim ini sehari dua kali selama sebulan, penurunan berat badan akan terlihat.

15. Greenfields Skim Milk

Batory Foods

Mobilitas tinggi bukan penghalang untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari Sedulur. Untuk itu, rekomendasi susuk bubuk instan selanjutnya yang menarik dicoba adalah Greenfield. Susu bubuk ini bisa menjadi teman perjalanan Sedulur karena praktis, tinggal tuang ke gelas, dan campur air panas untuk bisa rasakan kelezatan serta kebaikan nutrisinya. Tubuh Sedulur akan senantiasa fit di tengah padatnya kesibukan.

Kalori susu skim ini rendah, hanya 80 kkal/250 ml. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Sedulur yang sedang berdiet dan memiliki segudang kegiatan. Karena tak mengandung gula tambahan, susu skim siap minum ini pun aman untuk dikonsumsi oleh diabetesi.

Nah itu tadi rekomendasi susu bubuk instan yang bisa Sedulur coba. Semoga informasi kali ini bisa membantumu supaya bisa mendapatkan susu yang tetap sesuai seleramu ya!