rekomendasi susu oat

Bagi beberapa orang, tidak mengonsumsi susu sapi disebabkan karena alasan tertentu. Sehingga yang menjadi pilihan adalah susu non laktosa sebagai alternatif. Susu ini biasanya terbuat dari biji-bijiian, salah satunya adalah susu oat. Bagi Sedulur yang ingin berpindah jenis susu, ada cukup banyak rekomendasi susu oat yang bisa ditemukan.

Supaya tidak bingung dan bisa menemukan produk terbaik, kali ini kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi susu oat yang bisa jadi pilihan Sedulur terutama bagi yang memang tidak mengkonsumsi susu sapi. Seperti apa daftar rekomendasi susu oat yang dimaksud? Yuk mari kita cek!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Susu Rendah Kalori, Cocok Jadi Menu Diet

Daftar Rekomendasi Susu Oat

Daftar rekomendasi susu oat, meskipun tergolong susu plant-based, susu oat sudah memiliki banyak produk dengan berbagai merknya. Susu oat juga tersedia di minimarket yang bisa jadi pilihan Sedulur. Berikut ini adalah daftar rekomendasinya.

-->

1. Oatside Barista Blend Oat Milk

rekomendasi susu oat
Unsplash/Ave Calvar

Dalam beberapa waktu terakhir, Oatside menjadi salah satu merk susu oat yang cukup viral di berbagai media sosial. Produk ini memang dibuat menggunakan bahan utama gandum Australia panggang, yang ditambah dengan air, minyak kanola, penstabil, dan sedikit garam.

Rasanya sedikit manis, gurih, milky, dan tentunya sangat pas kalau diolah menjadi latte. Apakah Sedulur tertarik? Oatside Barista Blend Oatmilk dipasarkan dalam kemasan satu liter, dan harganya sekitar Rp40 ribuan.

2. Tropicana Slim Oat Drink

Dibandingkan dengan produk susu oat lain, Tropicana Slim Oat Drink tergolong yang paling mudah ditemukan, bahkan pasti sudah ada di Indomaret dekat rumah Sedulur. Seperti susu buatan Nutrimart lainnya, Tropicana Slim Oat Drink diformulasikan bebas gula, rendah lemak, dan tinggi kalsium.

Jadi sangat bisa dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet atau penderita diabetes. Produk yang hadir dengan rasa vanilla yang gurih ini bisa Sedulur beli dengan harga Rp9 ribuan saja untuk kemasan 190 ml.

3. OATLY Oat Milk Chocolate

Sedulur tidak begitu suka dengan rasa susu oat karena tidak segurih susu sapi? Nah, Sedulur harus mencoba OATLY Chocolate, kalau begitu. Walaupun mengandung tambahan perisa coklat, kandungan gulanya cukup rendah kok, bahkan hanya 10% dari keseluruhan komposisi.

Selain itu, susu ini juga sudah difortifikasi dengan vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, dan kalsium, jadi memberikan banyak manfaat deh untuk tubuh. Dipasarkan dalam kemasan satu liter, Sedulur dapat membeli OATLY Oat Milk Chocolate dengan harga Rp30 ribuan saja.

4. Genki Plant Oat Milk

Sedulur ingin menikmati susu oat rasa vanilla yang fresh karena baru diproduksi begitu ada pesanan? Genki Plant Oatmilk, jawabannya. Terbuat dari komposisi gandum organik, vanilla bean, sea salt, dan kurma, susu ini menghadirkan rasa gurih, sedikit manis, namun cukup unik karena “sentuhan” kurmanya.

Sebagai produk homemade tanpa pengawet, Genki Plant Oatmilk tahan selama tiga hari saja walaupun sudah disimpan dalam kulkas. Untuk pemesanan, bisa dilakukan melalui official store Genki Plant, harganya sekitar Rp28 ribuan per kemasan 250 ml.

5. Australia’s Own Oat Organic Drink

Australia’s Own Oat Organic Drink dibuat menggunakan bahan utama gandum organik asal Victoria, kemudian ditambahkan organic sunflower oil dan garam untuk membuat rasanya menjadi lebih gurih.

Karena tidak mengandung gula sukrosa maupun laktosa, kalori dalam susu oat ini hanya 125 kkal saja per 250 ml, masih sangat pas untuk menemani program diet Sedulur. Australia’s Own Oat Organic Drink bisa ditemukan pada beberapa toko online, umumnya dibandrol Rp75 ribuan untuk kemasan 1 liter.

BACA JUGA: Resep Es Sirsak Susu, Minuman yang Menyegarkan!

6. OraSi Oat Barista Milk

rekomendasi susu oat
Unsplash/Katie Mierau

Jika Sedulur ingin menyajikan latte seperti di kafe-kafe, coba deh gunakan OraSi Oat Barista Milk sebagai susunya. Produk ini mengandung total 11% Italian oat yang bertekstur lembut dan sudah manis, walaupun tidak mengandung gula tambahan.

Karena ditambah dengan sedikit pengemulsi dan penstabil, OraSi Oat Barista punya tekstur lebih kental dibandingkan susu oat lain, jadi bisa menciptakan smooth foam yang sempurna. Produk ini dipasarkan dalam kemasan literan dan dijual dengan harga Rp80 ribuan.

7. OTIS Oat Milk The Barista

Berbeda dengan beberapa susu oat sebelumnya, OTIS Oat Milk The Barista dibuat menggunakan 100% kiwi oat organik yang ditambah dengan rapeseed oil. Untuk ukuran oat milk, produk ini bertekstur cukup kental dengan rasa creamy, sangat sempurna deh kalau mau diolah menjadi kopi latte, museli, atau smoothie.

Apa lagi, sudah difortifikasi dengan beberapa mineral serta vitamin, jadi sekalian bisa memenuhi kebutuhan gizi harian Sedulur deh. Tertarik mengolah kopi latte menggunakan OTIS Oat Milk? Harganya Rp50 ribuan untuk kemasan satu liter.

8. The Alternative Dairy Co Oat Milk

The Alternative Dairy Co Oat Milk hanya menggunakan lima bahan saja, yaitu air, Ground Australian Oats (9%), mineral, sunflower dan canola oil, serta sea salt, sehingga menghadirkan tekstur yang cukup ringan.

Untuk menciptakan tekstur creamy dan lembut, susu oat ini di-brewed dengan enzim alami sehingga tidak mengurangi nutrisi pada susu. Sebagai produk yang tidak mengandung pengawet, The Alternative Dairy Co Oat Milk hanya tahan selama satu minggu saja setelah kemasan dibuka. Sedulur bisa membeli oat milk ini dengan harga Rp80 ribuan untuk kemasan satu liter.

9. OatBarn Oat Milk Chocolate Homemade

Oat Barn Oat Milk Chocolate menjadi pilihan susu oat homemade lain yang dijamin fresh from the oven ketika dikirim ke pelanggan. Meski belum diproduksi secara besar-besaran, OatBarn sudah mengantongi izin dari P-IRT lho, jadi tidak perlu diragukan lagi deh soal keamanannya.

Beberapa review mengatakan bahwa rasa oat pada OatBarn cukup kuat, namun tetap enak ketika dicampurkan ke smoothies. Kalau ingin mencoba OatBarn Oat Milk Chocolate, pesan langsung saja di toko online OatBarn, harganya Rp30 ribuan untuk kemasan 250 ml.

10. Health Paradise Organic Oat Milk Powder 500 g

Health Paradise dibuat menggunakan campuran oat dan kedelai organik, yang difortifikasi dengan beberapa mineral dan vitamin sehingga memberikan manfaat terbaik untuk tubuh. Supaya lebih tahan lama, susu oat ini sengaja dibentuk bubuk, dan menghadirkan tekstur mild ketika diseduh.

Cara penyajiannya pun tidak sulit sama sekali, tinggal larutkan 2 sdm Health Paradise Organic Oat Milk Powder dalam 150 ml air hangat, lalu sajikan. Dikemas dalam box isi 500 gram, produk ini bisa dibeli dengan harga Rp130 ribuan pada beberapa toko online.

11. So Good Oat Unsweetened

rekomendasi susu oat
Unsplash/Brian Suman

Rekomendasi susu oat ini bisa jadi solusi nutri bagi Sedulur yang baru beralih ke susu oat. Nutrisi menjadi faktor yang penting untuk Sedulur perhatikan jika baru pertama kali beralih dari dairy milk ke oat milk.

Untuk itu, Sedulur bisa memilih So Good Oat Milk Unsweetened. Oat milk ini menggunakan oat asal Australia yang digiling dengan halus. Nutrisinya sudah lengkap dengan vitamin D, vitamin B2, vitamin B12, vitamin A, dan kalsium. Rasanya creamy dan membuat Sedulur makin jatuh cinta dengan oat milk ini.

12. OTIS Oat M!lk

Rekomendasi susu oat terakhir ini terbuat dari varian kiwi oats yang bebas GMO. OTIS Oat M!lk terbuat dari 100% Kiwi oats. Kiwi oats merupakan sereal bebas GMO dari New Zealand.

Susu oat harian ini difortifikasi dengan vitamin D2, B2, dan B12. Di dalam susu ini juga sudah mengandung vitamin D dan kalsium dalam jumlah banyak per sajinya yang baik untuk kesehatan tulang. Susu oat OTIS ini cocok sekali dicampurkan dengan muesli dan smoothies untuk sarapan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Susu Full Cream Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Susu Oat Berkualitas

Unsplash/Mae Mu

Meskipun terbuat dari bahan nabati, namun nutrisi dalam susu oat tidak kalah dengan susu sapi. Agar Sedulur bisa mendapatkan susu oat berkualitas yang bagus, tentu Sedulur harus mengetahui seperti apa tips memilih susu oat yang dimaksud. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Mengecek komposisinya dengan cermat

Susu oat yang berkualitas bagus umumnya terbuat dari whole grain oats, hanya saja seringkali dijual dengan harga cukup mahal. Sebagai alternatifnya, Sedulur dapat memilih produk yang terbuat dari ekstrak oat atau oat flour yang lebih terjangkau namun menawarkan nutrisi yang tidak kalah lengkap dari whole grain oats.

Selain itu, pertimbangkan juga komposisi bahan yang mungkin ditambahkan ke oatmilk, seperti gula, garam, atau lesitin. Berikut penjelasannya.

2. Less atau bahkan zero sugar

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, oat sudah sangat kaya karbohidrat yang bisa diuraikan dengan mudah menjadi gula sederhana. Jika memang tengah mencari susu oat untuk diet, hindari produk yang mengandung gula tambahan, seperti sukrosa.

Karena ini bisa memperberat kinerja tubuh untuk menguraikannya sekaligus membuat tubuh jadi kelebihan asupan gula. Ada atau tidaknya gula tambahan ini bisa dicek melalui kandungan nutrisi di setiap kemasan oatmilk, ya.

3. Minim kandungan natrium

Pada dasarnya, natrium termasuk mineral yang memegang peranan penting dalam tubuh, seperti mengatur tekanan osmosis pada sel-sel tubuh, tetapi kelebihan natrium dapat meningkatkan potensi terserang hipertensi.

Mineral ini bisa ditemukan pada banyak sumber makanan kok, termasuk susu oat, dan menjadi unsur penyusun utama pada garam dapur.

4. Sedikit mengandung lesitin dan pengental

Lesitin merupakan pengemulsi yang bisa ditemukan secara alami pada kuning telur, kedelai, bahkan susu oat, dan berfungsi untuk mencampurkan lemak dengan air. Pada dasarnya, lesitin cukup kaya akan vitamin B.

Namun ada sebuah riset yang menemukan bahwa kolin turut berperan dalam pembentukan trimethylamine N-oxide (TMAO), yaitu zat yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak riset lagi terkait dengan hubungan lesitin pada oatmilk dan TMAO.

5. Memilih produk yang sudah difortifikasi

Bagaimanapun, semua proses yang dilalui oleh biji oat, mulai dari penyaringan, pemanasan, hingga pengemasan, dapat membuat nutrisi di dalamnya berkurang. Oleh karena itu, fortifikasi sangat diperlukan supaya susu oat tetap kaya nutrisi dan memberikan khasiat terbaik bagi kesehatan tubuh.

Nah itulah daftar rekomendasi susu oat yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga dari daftar di atas, Sedulur bisa mendapatkan rekomendasi susu yang tepat. Jangan lupa juga perhatikan tips memilih susu oat milk yang sudah dijelaskan di atas, agar Sedulur tidak salah membeli susu oat, ya!