susu rendah kalori

Kamu tak perlu lagi takut minum susu saat menjalankan program diet yang lagi ketat-ketatnya. Pasalnya, sekarang ada banyak susu rendah kalori yang bisa menjadi bagian menu diet kamu.

Perlu kamu tahu, selain susu reguler kita para penikmat susu semakin dimanjakan dan dipusingkan oleh pilihan susu yang banyak. Mulai dari murni, susu kental manis, susu skim tanpa lemak, susu rendah lemak, susu rendah gula sampai susu tinggi kalsium.

Malah ada pula produk susu yang diolah dari tumbuh-tumbuhan seperti susu kedelai. Namun, apakah kamu benar-benar yakin sudah paham perbedaan semua varian dairy goods itu?

BACA JUGA: Bahan Pengganti Susu UHT Untuk Membuat Kue, Tetap Lembut!

Kandungan Gizi Susu Normal

Pexels

Deretan susu yang dilabeli rendah lemak biasanya hanya mengandung satu persen lemak dalam setiap kemasannya. Sedangkan susu reguler mengandung minimal 3,25 persen lemak pada setiap takarnya. Semua varian susu sejatinya bisa dikonsumsi setiap orang normal.

Namun, menurut sejumlah pakar gizi, khasiat konsumsi susu rendah lemak hanya akan maksimal pada orang berobesitas tinggi yang ingin mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Bahasa singkatnya, orang yang ingin diet berat badan.

Jadi, jangan minum susu rendah lemak kalau kamu butuh kalori banyak untuk beraktivitas. Jangan minum susu rendah lemak saat kamu butuh nutrisi tambahan untuk proses penyembuhan.

Jangan minum susu rendah lemak kalau Sedulur ingin meningkatkan berat badan. Hal-hal tersebut perlu digaris bawahi agar kamu tidak salah memilih.

BACA JUGA: 10 Alternatif Pengganti Susu Formula Terbaik Untuk Si Buah Hati

Rekomendasi Susu Rendah Kalori

Healthline

Lalu, apakah ada rekomendasi susu rendah lemak bagi para orang yang sedang menjalankan program diet? Kali ini ada berbagai produk susu rendah lemak yang bisa kamu dipertimbangkan.

Selain khasiatnya cukup bagus, deretan produk susu ini juga mudah ditemukan stoknya. Yuk, simak sampai selesai di bawah ini!

1. HiLo Active

HiLo Active diformulasikan untuk rentang umur yang cukup luas, 19-50 tahun. Tak mau kalah dengan merk susu low fat lain, HiLo Active juga menambahkan kandungan unik ke produknya.

Terdapat mineral seperti Glucosamine, Chondroitine, dan 74 mineral organik dari alga merah untuk mendukung masa aktif kamu. Hampir sama dengan rata-rata kalori susu rendah lemak lainnya, HiLo Active mengandung 120 kalori dalam satu porsi. Untuk rentang harganya kisaran Rp47.000 sampai Rp173.000 (sachet/175 gr/250 gr/500 gr/1 kg).

2. Nestle Omega Plus

Nestle Omega Plus ini berbeda dengan produk rendah lemak sejenisnya karena ini adalah susu bubuk. Buat kamu yang lebih suka menikmati susu dalam keadaan panas, susu merek ini bisa jadi pilihanmu.

Susu rendah lemak Nestle ini adalah satu-satunya yang mengandung Acticol yaitu 1,2 gram sterol tumbuhan. Sterol tumbuhan ini sudah terbukti secara ilmiah bisa menurunkan kolestrol dengan cara mencegah kolestrol jahat masuk ke dalam aliran darah kita.

Seperti sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, selain mencegah berat badan naik, juga baik dalam menjaga stabilitas kolestrol dalam tubuh. Satu porsi Nestle Omega Plus ini mengandung 122 kalori. Untuk kisaran harganya Rp180.000 sampai Rp210.000.

3. Bear Brand Gold Malt

Mungkin kamu tidak pernah mendengar merek Bear Brand, karena susu ini lebih terkenal dengan sebutan susu beruang. Ada kandungan vitamin A, vitamin B1, B6, B12, vitamin C, D, dan E yang berperan dalam mengolah energi dengan cepat.

Berarti susu ini sangat cocok untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima di tengah aktivitas padat sehari-hari. Susu Bear Brand Gold sangat cocok untuk diet karena bebas gula. Varian Gold ini juga dikemas dalam kaleng mungil berbentuk unik yang mudah dibawa ke mana-mana.

Kalori Bear Brand Gold ini hanya 120 kalori per serving. Untuk rentang harganya berada di angka kisaran Rp 8.500 sampai Rp 10.000 (140 ml).

4. Prolac Skim Milk Powder

Susu skim adalah jenis susu yang terkenal akan kadar lemaknya yang rendah. Salah satu produk susu skim rendah lemak yang bisa kamu coba adalah susu bubuk dari Prolac yang terbuat dari susu sapi berkualitas tinggi dari Selandia Baru.

Susu skim ini memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, hanya kurang dari 1%. Dengan mengonsumsi Prolac Skim Milk Powder secara rutin, kamu sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Jumlah kalori dalam 1 porsi Prolac Skim Bubuk hanya 90 kalori, Sedulur. Cocok banget untuk kamu yang mau memenuhi kebutuhan nutrisi tapi sedang calorie deficit. Kemudian rentang harganya Rp85.000 sampai Rp124.300 (600 gr).

5. Greenfields Low Fat

Susu Greenfields Low Fat Milk menawarkan berbagai kandungan gizi seperti vitamin A, B1, B2, kalsium, dan fosfor untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi kamu selama diet.

Merek susu rendah lemak ini berasal dari peternakan terbesar di Indonesia dengan kualitas susu sapi Holstein segar dan tanpa tambahan pengawet. Kandungan lemak dalam susu ini hanya sekitar 1,1% atau sekitar 3 gram.

Tak heran jika jumlah kalorinya pun hanya 110 kkal per 200 ml sajian. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir mengkonsumsi susu ini akan menggagalkan hasil diet jika dikonsumsi sewajarnya. Lalu untuk rentang harganya Rp19.000 sampai Rp25.000 (1 liter).

BACA JUGA: Resep Es Sirsak Susu, Minuman Sehat yang Menyegarkan!

6. Frisian Flag Low Fat

susu rendah kalori
Healthline

Selanjutnya, masih ada nih pilihan merek susu rendah lemak tinggi kalsium untuk diet yang bisa kamu coba. Untuk kesegaran susu sapi nya sih sudah tidak diragukan lagi. Kelebihannya dari merk lain, ada 3 varian rasa yang bisa kamu pilih, diantaranya Vanilla, Belgian Chocolate, dan Californian Strawberry.

Dengan kalsium yang tinggi, susu rendah lemak satu ini juga bagus untuk penderita darah tinggi. Walaupun terdapat beberapa rasa, susu UHT Frisian Flag ini cukup rendah kalori, yaitu 120 kalori. Harganya juga cukup terjangkau untuk ukuran karton besar. Untuk rentang Harganya Rp15.000 sampai Rp22.000 (900 ml).

7. Diamond Low Fat Milk

Kalau susu yang satu ini sangat kaya akan vitamin dan mineral. Kalori susu Diamond Low Fat ini hanya 70 kalori per porsi. Jadi selain dapat dinikmati langsung, bisa juga dicampur dengan oatmeal agar lebih kaya akan serat.

Susu rendah lemak merek Diamond ini cocok banget buat Sedulur yang ingin mencapai berat badan ideal. Susu ini juga sudah bersertifikasi halal yang dapat dilihat dari logo halal yang tercantum di kemasan. Rentang harganya mulai Rp14.990 sampai Rp 20.000 (1 liter).

8. WRP Everyday Low Fat Milk

Merek WRP sudah sangat identik dengan asupan diet dan melangsingkan badan, khususnya di kalangan wanita. Susu diet WRP ini mengandung pemanis alami stevia, yang jelas lebih sehat daripada gula. Ada dua pilihan rasa WRP Everyday Low Fat Milk, cokelat dan vanila.

Tak perlu takut jika ingin mengkonsumsi susu rendah lemak ini setiap hari, sebab hanya akan menambahkan 110 kalori ke dalam daftar asupan kalori harianmu. Lalu untuk rentang harga berada di kisaran Rp50.000 sampai Rp74.000 (200 gr).

9. Entrasol Active

Ada dua kandungan unggulan dalam Entrasol Active ini, Power Bone dan Hytolive. Sama seperti merek-merek susu rendah lemak lainnya, Power Bone berarti susu tinggi kalsium yang diformulasikan untuk kekuatan tulang.

Sementara Hytolive adalah kandungan antioksidan. Antioksidan adalah kandungan yang sangat diperlukan tubuh agar terhindar dari penyakit degeneratif dan radikal bebas.

Penyakit degeneratif yang bisa dihindari melainkan penyakit jantung koroner, rematik, osteoporosis, dan tubuh mudah lelah. Satu porsi susu Entrasol Active yang kamu konsumsi hanya akan menambah 130 kalori.

Kandungan kalsium di dalamnya membuat Entrasol Active salah satu rekomendasi terbaik susu rendah lemak untuk darah tinggi, Sedulur. Tertarik untuk coba? Untuk harganya juga terjangkau, mulai dari Rp28.000 sampai Rp 60.000 (160 gr/360 gr).

10. Tropicana Slim Low Fat

Selanjutnya masih ada susu rendah kalori dengan merek yang sudah tidak asing lagi tentunya. Begitu mendengar merek ini, pasti langsung terbesit tentang pemanis rendah kalori.

Tropicana Slim mengklaim kalau susu rendah lemak keluarannya ini tidak mengandung gula maupun pemanis buatan, jadi cocok banget buat kamu yang sedang diet. Terlebih lagi, penderita diabetes pun tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi susu ini.

Kandungan serat alami dalam produk ini berasal dari tumbuhan chicory. Satu porsi susu low fat Tropicana Slim ini mengandung 170 kalori saja. Kemudian untuk harganya di kisaran angka Rp51.000 sampai Rp128.000 (180 gr/500 gr).

11. Ultra Milk Low Fat High Calcium

susu rendah kalori
Health Digest

Kesegaran susu sapi Ultra Milk yang sudah menemani dari masa kecil ini, sekarang variannya semakin lengkap dengan adanya varian susu rendah lemak. Dilihat dari namanya yang menyertakan tinggi akan kandungan kalsium. Susu UHT low fat yang satu ini juga diperkaya dengan banyak sekali vitamin di dalamnya.

Seperti vitamin A, D3, B1, B2, B6, B12, dan Fosfor yang sangat baik bagi kesehatan. Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium adalah salah satu susu rendah lemak dengan kalori terendah, yakni 90 kalori saja sekali minum. Di pasaran produk susu ini dijual dengan harga kisaran Rp18.000 sampai Rp26.000 (1 liter).

12. L-Men Loseweight Whey Protein

Program menurunkan berat badan tak hanya dilakukan oleh wanita, tapi juga pria. L-Men Loseweight Whey Protein membantu pria mewujudkan hasil diet yang diinginkan. Susu L-Men Loseweight Whey Protein secara spesifik mengklaim bisa menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam seminggu.

Hal ini karena kandungan protein pada susu yang tinggi dan lemak yang rendah untuk menjaga massa otot agar dapat beraktivitas dengan bugar setiap harinya. Untuk harganya di kisaran Rp46.340 per 100 gr. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

13. Cimory Pasteurized Fresh Milk Low Fat

Cimory Fresh Milk Low Fat merupakan merk susu rendah lemak yang dibuat dari susu sapi segar yang berasal dari pegunungan Cisarua, Jawa Barat. Proses ini dilakukan dengan menggunakan teknologi sterilisasi (pasteurisasi), sehingga kandungan nutrisinya diklaim lebih banyak ketimbang susu UHT (Ultra High Temperature).

Cimory Fresh Milk Low Fat merupakan susu rendah lemak yang mampu membantu mengontrol konsumsi lemak (3 gram per 200 ml) dengan kalori sebesar 80 kkal saja. Dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah, tak heran banyak yang mengonsumsi susu ini selama diet menurunkan berat badan. Untuk rentang harganya mulai Rp30.000 sampai Rp46.350 (100 ml, 200ml, 950 ml).

14. Brookfarm Low Fat

Merek susu ini terbuat dari 100% susu sapi segar dan memiliki kandungan lemak cukup rendah, yaitu sekitar 1,5 gram dalam 200 ml sajian. Brookfarm Low Fat Milk mempunyai kandungan semua kebaikan susu, seperti protein, kalsium, vitamin A, B2, B12, dan D.

Dengan proses pasteurisasi untuk membunuh patogen, susu sapi segar yang punya jumlah kalori rendah (100 kkal per sajian) ini cocok untuk kamu yang sedang diet. Untuk varian harganya mulai Rp4.590 per 100 ml.

15. Slim & Fit

proses pembuatan susu uht
iStock

Jika kamu sedang mencari merek susu rendah lemak yang mengenyangkan dan bernutrisi saat diet, susu Slim & Fit bisa jadi pilihan kamu. Susu ini menawarkan berbagai kandungan zat gizi makro dan mikro dan hanya mengandung 1,5 gram lemak per kemasan (52 gram). 

Meskipun jumlah kalori pada tiap sajiannya cukup tinggi (200 kkal), susu ini cukup mengenyangkan karena kandungan serat pangannya yang tinggi (5 gram). Dengan begitu, kamu jadi tak mudah tergiur untuk makan banyak dan berat badan pun jadi lebih terjaga. Lalu untuk harganya di kisaran Rp69.998.

Itulah tadi berbagai merek susu rendah kalori yang bisa membantu program dietmu. Manfaat susu rendah lemak ini sangat banyak. Bila kamu sedang menjalankan program diet, mengonsumsi susu rendah lemak, atau skim milk yang merupakan susu tanpa lemak, akan mendatangkan sejumlah manfaat.

Skim milk adalah susu rendah kalori. Walaupun begitu, dalam setiap cangkir skim milk atau sekitar 237 ml, mengandung jumlah protein yang sama dengan kandungan protein dalam susu biasa. Susu skim adalah bahan padat nutrisi, artinya susu skim akan memberikan vitamin dan mineral dalam dosis besar, namun dengan sedikit kalori. 

Susu skim merupakan salah satu sumber kalsium terkaya, susu skim menyediakan sekitar 325 mg kalsium per cangkir. Ini bahkan lebih tinggi dari kandungan kalsium susu murni, yaitu 306 mg kalsium per cangkir. Susu skim adalah sumber asupan terbaik untuk beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin D, fosfor, dan kalium.