Cara membuat mie instan sehat

Cara membuat mie instan sehat penting untuk Sedulur ketahui. Pasalnya, makanan yang banyak menjadi pilihan ini juga tidak baik dikonsumsi untuk jangka panjang. Namun, di sisi yang lain banyak orang tetap ingin memakan makanan ini karena memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Konsumsi mie instan dengan jangka panjang memang tidak baik karena mie mengandung berbagai pengawet di dalamnya. Belum lagi pada MSG terdapat kandungan natrium yang cukup banyak. Namun menyantap mie sangat nikmat, ditambah jika disantap saat musim hujan.

Lantas bagaimana caranya agar bisa tetap aman mengkonsumsi mie? Solusinya yaitu dengan cara membuat mie instan sehat sendiri. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana cara dan tips membuat mie instan sendiri yang sehat dan tetap nikmat.

BACA JUGA: Resep Es Campur Buah, Takjil Segar Untuk Buka Puasa

-->

Cara masak mie instan yang sehat

Bangkok Post

Meskipun mie instan mudah dalam pembuatannya karena praktis, bukan berarti makanan yang satu ini baik untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan makan mie instan secara terus menerus bisa membuat Sedulur rentan terkena berbagai penyakit.

Misalnya, meningkatkan risiko terkena diabetes, hipertensi dan obesitas. Oleh karena itu, agar tetap baik untuk tubuh dan tidak menimbulkan dampak negatif, Sedulur harus tahu cara membuat mie instan yang sehat sendiri di rumah.

Nah, berikut ini cara membuat mie instan yang sehat yang bisa Sedulur praktikan langsung di rumah:

1. Sisihkan sebagian bumbu mie

cara membuat mie instan sehat
iStock

Dalam membuat mie instan yang sehat, sebaiknya Sedulur membuang sebagian bumbu mie. Pasalnya bumbu tersebut memiliki kadar natrium yang sangat tinggi. Agar mie tetap memiliki rasa yang nikmat dan gurih, Sedulur bisa menggunakan bahan alami lain yang memiliki sifat lebih baik.

Misalnya Sedulur bisa menggunakan kecap ikan, minyak wijen, kecap manis dan lain sebagainya. Kandungan pengawet yang terdapat dalam mie, paling banyak terdapat dari bumbunya.

2. Gunakan sayur pada mie

cara membuat mie instan sehat
iStock

Tidak dapat diragukan lagi bahwa sayur merupakan makanan dengan nilai gizi tinggi. Oleh karena itu, Sedulur bisa menambahkan berbagai sayuran ke mie yang dibuat. Beberapa sayur yang bisa Sedulur jadikan pilihan misalnya adalah sawi, selada, pakcoy dan wortel.

Sayur ini sangat baik bagi tubuh dan dapat mengimbangi kandungan-kandungan yang berbahaya yang terdapat di dalam mie instan. Cara membuat mie instan sehat ini penting untung Sedulur pertimbangkan.

Selain sebagai penyeimbang, sayuran juga berperan untuk menetralisir kandungan yang kurang baik. Sayuran yang telah dijelaskan sebelumnya mengandung vitamin A, vitamin C, serat makanan, dan serat potasium.

3. Tambahkan protein

cara membuat mie instan sehat
iStock

Bukan hanya sayuran, protein juga merupakan kandungan yang dibutuhkan tubuh. Jadi, sebagai cara memasak mie instan yang sehat Sedulur bisa menambahkan berbagai protein ke mie. Salah satu yang paling umum orang-orang lakukan misalnya dengan menambahkan telur rebus atau telor goreng.

Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa menambahkan irisan daging atau ayam tanpa lemak ke mie. Agar rasanya makin mantap, Sedulur bisa menumisnya terlebih dahulu dengan tambahan merica atau kecap asin.

4. Membuat bumbu sendiri

cara membuat mie instan sehat
iStock

Bila Sedulur tidak ingin menggunakan bumbu dari kemasan mie, Sedulur juga bisa lho membuat bumbu sendiri. Membuat bumbu sendiri adalah salah satu cara memasak mie instan yang sehat. Pasalnya Sedulur bisa memilih bahan-bahan alami yang tidak merugikan untuk tubuh.

Bahan-bahan yang bisa Sedulur gunakan misalnya adalah bawang putih, cabai, bawang merah dan lain sebagainya. Kreasikan bumbu-bumbu tersebut agar mie yang Sedulur buat pun bukan hanya sehat, tetapi juga jadi lebih nikmat.

5. Ikuti petunjuk cara memasak

iStock

Pernahkan Sedulur menemui penjual di warung-warung makan yang langsung memasak mie dengan plastiknya? Hal tersebut merupakan cara memasak mie yang tidak sehat. Pasalnya, memasak mie bersamaan dengan plastik kemasannya berbahaya bagi kesehatan.

Kemasan plastik yang direbus tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, sebagai cara memasak mie yang sehat sebenarnya Sedulur hanya perlu mengikuti petunjuk cara memasak di kemasan mie.

Umumnya, mie hanya perlu Sedulur masak selama 3-5 menit hingga betul-betul matang. Tetapi, jika Sedulur ingin mengonsumsi mie di luar rumah, pastikan cara memasak pedagangnya pun sudah tepat. Jika sekiranya berbahaya, Sedulur bisa dengan sopan meminta pedagangnnya untuk memasak sesuai petunjuk cara memasak yang benar.

6. Tidak perlu menggunakan air rebusan lain

iStock

Cara memasak mie instan sehat memang sangat mudah. Sedulur hanya perlu memasak beberapa menit lalu meniriskan dan mencampurkannya dengan bumbu hingga merata. Namun, bagi sebagian orang,  memasak mie harus membuang air rebusan mie instan dan menggantinya dengan air rebusan lain. Cara ini dianggap yang paling sehat. Apakah hal tersebut benar?

Ternyata, cara memasak mie instan yang sehat tidak perlu membuang dan mengganti air rebusan. Bahwa informasi terkait air rebusan mie instan yang harus dibuang dan diganti sebelum orang konsumsi adalah berita bohong atau hoax.

Pasalnya, beberapa ahli  berpendapat bahwa mengganti rebusan mie instan adalah hal tidak perlu. Pasalnya dalam mie juga terkandung vitamin dan kandungan baik lainnya.

7. Pastikan tanggal kadaluarsa

iStock

Cara memasak mie instan yang sehat selanjutnya adalah memastikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsa produk.  Pasalnya, mie memiliki tanggal masa yang aman untuk Sedulur konsumsi. Bila Sedulur mengonsumsi mie yang sudah lewat tanggal kadaluarsa, bukan tidak mungkin timbul efek yang buruk untuk kesehatan Sedulur.

Jadi, buat Sedulur yang punya banyak stok mie di rumah harus bisa mengecek dulu tanggal kadaluarsa agar tetap aman bagi kesehatan Sedulur.

8. Hindari memasak mie di malam hari atau sebelum tidur

iStock

Mungkin Sedulur sering merasakan lapar di malam hari dan ingin memasak mie untuk meredakan rasa lapar tersebut. Tetapi, perlu Sedulur ingat bahwa memasak mie di malam hari atau sebelum tidur adalah kebiasaan yang buruk. 

Pasalnya, konsumsi mie di malam hari bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Salah satu contohnya adalah menambah berat badan dan membuat tubuh Sedulur menjadi kurang sehat. Hal ini terjadi karena ketika Sedulur konsumsi mie di malam hari, semua organ-organ tubuh akan bekerja lebih lambat untuk mencerna makanan.

Akibatnya, mie instan yang Sedulur konsumsi pun lebih lama terurai dalam tubuh. Hal ini bisa menimbulkan banyak kerugian bagi tubuh Sedulur kelak.

BACA JUGA: Resep Opor Ayam Suwir Masakan Khas Lebaran, Gurih Mantap!

Tips makan mie tetap sehat

cara membuat mie instan sehat
iStock

Selain tahu cara membuat mie yang sehat, Sedulur juga harus tahu tips agar tubuh Sedulur tetap sehat dalam mengkonsumsi mie. Berikut ini beberapa tips agar Sedulur bisa tetap sehat walaupun mengonsumsi mie:

1. Kurangi asupan mie instan

Segala makanan yang Sedulur konsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, termasuk mie instan. Oleh karena itu, selain mengetahui cara membuat mie instan yang sehat, Sedulur  juga tetap harus membatasi asupannya.

Mie instan bukanlah satu-satunya pilihan makanan yang bisa Sedulur makan ketika lapar. Sedulur bisa memilih makanan lain yang lebih sehat untuk Sedulur konsumsi. Jadi, pastikan Sedulur tidak terlalu sering konsumsi mie. Cukup makan mie instan satu sampai dua kali dalam seminggu,

2. Perhatikan cara penyajian

Bukan hanya mengurangi asupan mie instan, Sedulur juga harus bijak dalam mengonsumsi mie instan. Banyak orang yang mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi. Kebiasaan ini adalah hal yang buruk.

Pasalnya, kalori yang Sedulur konsumsi pun jadi sangat tinggi. Makan mie instan bersama dengan nasi hanya membuat tubuh Sedulur kelebihan kalori. Akhirnya, akan timbul berbagai keluhan kesehatan yang bisa terjadi.

Itu tadi cara membuat mie instan yang sehat. Intinya, sangat penting untuk Sedulur bisa memasak mie dengan cara yang sehat dan sekaligus membatasi asupannya agar tidak berlebihan. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Untuk membuat menu makanan di atas, Sedulur bisa membeli dan kulakan berbagai macam jenis mie instan di Aplikasi Super. Ada banyak sekali produk mie instan dengan rasa yang sangat bervariasi.

Belanja mudah hanya dengan aplikasi dan barang pesanan di antarkan ke depan rumah dengan akurat dan tepat waktu. Memudahkan Sedulur sehingga bisa mengurus keperluan rumah lainnya. Yuk, gunakan Aplikasi Super sekarang juga dengan download terlebih dahulu aplikasinya di Google PlayStore.