merek kaldu bubuk

Saat ini tersedia berbagai macam merek kaldu bubuk yang bisa Sedulur gunakan untuk kebutuhan memasak di dapur. Menggunakan kaldu bubuk juga membuat proses memasak jadi lebih praktis, masakan lebih mudah dengan rasa yang nikmat.

Karena tersedia banyak merek kaldu bubuk, tentu Sedulur pernah merasa bingung untuk memilih kaldu bubuk yang cocok dan sesuai selera. Nah, untuk membantu Sedulur di bawah ini akan disampaikan rekomendasi merk kaldu bubuk yang bisa Sedulur gunakan.

Daftar merek kaldu bubuk di bawah merupakan salah satu kaldu bubuk terbaik di tahun 2023. Sebelum masuk ke pembahasan terkait daftar merk-nya, Sedulur bisa simak terlebih dahulu tips dan cara memilih kaldu bubuk di bawah ini.

BACA JUGA: Resep MPASI Sup Daging Giling, Mudah dan Favorit Si Kecil!

-->

Tips dan cara memilih kaldu bubuk

iStock

Untuk memilih merek kaldu bubuk agar tidak salah pilih, terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips. Mulai dari menentukan kandungan, kemasan hingga harga itu sendiri. Agar lebih lengkap, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Perhatikan kandungan kaldu bubuk

Tips pertama yang perlu Sedulur perhatikan yaitu menentukan pilihan kaldu bubuk berdasarkan kandungan utamanya. Kaldu bubuk terbuat dari berbagai bahan alami, mulai dari daging sapi, ayam, jamur atau dari sayuran lainnya.

Bahan-bahan tersebut ditambahkan dengan bumbu dan rempah pilihan, kemudian direbus dan dikeringkan hingga menjadi bubuk. Sedulur bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan utama dalam masakan yang dibuat.

Setiap kandungan dan jenis kaldu bubuk tentu memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini daftarnya, yaitu:

  • Kaldu bubuk ayam membuat makanan lebih wangi dan lebih lezat, terutama jika digunakan untuk masakan berkuah seperti sup.
  • Kaldu bubuk sapi dapat membuat kenikmatan masakan lebih nikmat, terutama berbagai masakan dengan olahan daging sapi.
  • Kaldu jamur atau sayuran memberikan kesempatan pada para vegan untuk menikmati makanan nikmat dan lezat dengan aman tanpa adanya kandungan hewani di dalamnya.

2. Perhatikan kandungan MSG atau Non-MSG

Selain memperhatikan kandungan utama dalam kaldu, Sedulur juga penting untuk memperhatikan kandungan kaldu bubuk yang mengandung MSG atau non-MSG. keduanya tetap memberikan kenikmatan pada setiap makanan.

Kaldu bubuk dengan MSG dapat memberikan rasa yang lebih gurih. Monosodium glutamate (MSG) atau dikenal dengan nama vetsin, merupakan bahan tambahan yang kerap ditemukan dalam kaldu bubuk. MSG akan membuat rasa masakan menjadi lebih gurih di lidah.

Sedulur tidak perlu khawatir, jumlah kandungan MSG pada kaldu bubuk tidak akan melebihi standar yang telah ditentukan. Kaldu bubuk yang mengandung MSG biasanya lebih murah sehingga lebih banyak dipilih dan digunakan.

Sementara itu, kaldu bubuk non-MSG dapat memberikan sensasi rasa kaldu yang alami. Kaldu non-MSG juga menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin hidup sehat. Kaldu bubuk ini menggunakan bahan-bahan alami yang dapat menciptakan rasa gurih. Biasanya, produsen menggunakan garam dan gula sebagai pengganti MSG.

Karena tidak mengandung MSG, rasa kaldu bubuk ini tentu lebih alami dibandingkan yang mengandung MSG. Bagi beberapa orang, rasa alami ini mungkin kurang gurih. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan selera dan model masakan Sedulur.

3. Pertimbangkan kemasannya

Hal yang tidak kalah penting juga yaitu mempertimbangkan kemasan dari kaldu bubuk itu sendiri. Setiap merek kaldu bubuk memiliki kemasan yang berbeda-beda. Setiap kemasan juga mengandung isi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya kaldu bubuk dikemas dengan dua jenis, yaitu:

  • Sedulur bisa membeli kaldu bubuk yang dikemas dalam sachet dan botol plastik. Kemasan sachet merupakan kemasan paling ekonomis karena Sedulur dapat membelinya secara satuan. Masing-masing sachet umumnya berisi sekitar 10–20 gram kaldu bubuk.
  • Selanjtunya kemasan botol yang tutupnya diberi lubang-lubang kecil. Karena memiliki lubang-lubang kecil, Sedulur jadi bisa menaburkan kaldu bubuk dengan lebih hati-hati. Selain itu, Sedulur tak perlu repot lagi menyediakan wadah untuk menampung kaldu bubuk.

Bagi Sedulr yang rutin memasak setiap hari, Sedulur bisa menggunakan kemasan plastik dengan isi mulai dari 100-200 gram lalu simpan kaldu di wadah tertutup agar tida menggumpal terkena air dan udara lembab.

Berbeda bagi Sedulur yang memiliki usaha kuliner, kemasan botol plastik dengan isi 1 kg merupakan pilihan yang tepat. Sedulur cukup membeli kaldu bubuk dalam kemasan refill saja jika isinya sudah habis.

BACA JUGA: MPASI Tips: Cara Membuat Kaldu Ayam Untuk Bayi 6 Bulan

Rekomendasi kaldu bubuk terbaik

Setelah mengetahui tips dan cara memilih kaldu bubuk terbaik, tentu Sedulur penasaran apa saja daftar kaldu bubuk terbaik yang bisa Sedulur beli dan membuat setiap masakan Sedulur menjadi lebih nikmat dan sehat lagi. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

1. Totole Kaldu Rasa Jamur

merek kaldu bubuk
My-Best

Rekomendasi merek kaldu bubuk pertama yaitu Totole Kaldu Rasa Jamur. Sedulur bisa mendapatkan kaldu bubuk ini dengan harga mulai dari Rp10.000 saja. Kaldu bubuk ini memberikan rasa netral dengan rasa jamur yang khas.

Produk kaldu jamu ini juga bebas MSG dan nonkolestero. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Kaldu jamur satu ini, bisa Sedulur gunakan untuk berbagai jenis makanan. Mulai dari masakan sederhana hingga masakan spesial bisa lebih nikmat dengan kaldu ini.

2. Pawon Ibun Kaldu

My-Best

Rekomendasi merek kaldu bubuk selanjutnya yaitu Pawon Ibun Kaldu yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp13.000 saja. Produk ini menyediakan berbagai banyak varian rasa, cocok digunakan untuk memperkenalkan berbagai aneka jenis protein bagi si kecil.

Cara tersebut bisa Sedulur gunakan agar si kecil tidak pilih-pilih makanan. Pwom Ibun Kaldu menyediakan berbagai varian rasa mulai dari udang hingga tempe. Sangat cocok digunakan bagi Sedulur yang ingin rasa makanan yang kaya dan variatif.

Kaldu bubuk ini dibuat dari campuran protein dengan aneka bawang-bawangan atau rempah alami. Jadi dijamin sangat aman untuk dikonsumsi dan dinikmati.

3. Maseko Kaldu Ayam Kampung

merek kaldu bubuk

Secara spesifik merek kaldu bubuk ini menawarkan rasa kaldu ayam kampung yang jauh lebih nikmat ketimbang ayam boiler. Sehingga kaldu ayam ini lebih nikmat dan aman untuk MPASI karena tanpa memicu alergi.

Maseko sendiri merupakan singkatan dari Masakan Enak Tanpa Resiko. Tentu saja kesehatan merupakan tujuan utama dari hadirnya produk ini. Kaldu bubuk ini dibuat menggunakan ayam kampung lokal pilihan, serta tidak mengandung GMO (Genetically Modified Organism).

Selain rasanya yang spesial, produk ini sangat aman dikonsumsi. Kaldu bubuk ini pas untuk melengkapi sajian harian seluruh anggota keluarga. Bahkan, Sedulur bisa menjadikannya sebagai MPASI untuk si kecil yang mulai belajar makan.

4. Royco Kaldu Ayam/Sapi

My-Best

Merek kaldu bubuk ini merupakan yang paling populer di Indonesia, Sedulur bisa mendapatkan kaldu bubuk ini dengan harga murah mulai dari Rp5000 saja. Kaldu bubuk ini cocok untuk masak dalam jumlah besar karena tekstur dari kaldu yang mudah larut.

Royco bisa jadi andalan Sedulur untuk memasak dalam porsi besar. Rahasia kelezatan dari kaldu bubuk ini yaitu pada proses pengolahannya. Daging yang digunakan membuat kaldu bubuk ini direbus dalam waktu yang lama sehingga bisa menghasilkan rasa lezat yang sangat nikmat. Selain itu, Royco juga bebas pengawet sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

5. Ajinomoto Masako Kaldu

merek kaldu bubuk
My-Best

Selain Royco, merek kaldu bubuk yang juga dikenal dan populer adalah Masako yang berikan kaldu bubuk keluaran Ajinomoto. Sedulur bisa mendapatkan kaldu bubuk ini dengan harga mulai dari Rp5000. Kaldu bubuk dapat memberikan rasa khas rumahan dengan bahan premium.

Selain itu, kaldu bubuk ini juga dibuat dengan menggunakan bahan pilihan sehingga bisa membuat makanan menjadi semakin nikmat lagi. Bagi Sedulur yang jauh dari rumah, Sedulur bisa menggunakan Masako untuk mendapatkan masakan dengan rasa khas rumah.

6. Lemonilo Kaldu Pelezat Alami

My-Best

Lemonilo Kaldu Pelezat Alami bisa jadi pilihan Sedulur yang sedang bingung memilih merek kaldu bubuk. Kaldu bubuk ini sangat menyehatkan tubuh sekaligus juga dapat membuat setiap makanan lebih sedap lagi. Di dalam kaldu bubuk ini terkandung kunyit sebagai bahan utamanya.

Sedulur bisa mendapatkan kaldu bubuk ini dengan harga mulai dari Rp24.000. Kunyit dapat membuat tubuh lebih sehat, hangat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

7. Hoka Jaya – Jay’s Kitchen Stock Powder

merek kaldu bubuk

Hoka Jaya memiliki kaldu bubuk yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp26.000. Umumnya, kaldu bubuk hanya dipakai untuk membuat sup atau menumis. Tidak demikian dengan produk satu ini.

Kaldu bubuk dari Jay’s Kitchen dapat Sedulur gunakan untuk berbagai cara memasak, termasuk memanggang. Taburkan saja kaldu bubuk Jay’s Kitchen di atas daging yang akan dipanggang. Sedulur akan mendapat rasa yang lebih gurih.

Agar cita rasanya makin istimewa, di dalam kaldu bubuk ini juga terkandung lemak daging. Kaldu bubuk ini tersedia dalam dua varian, yakni ayam dan sapi.

8. Organic Center Kaldu Ayam

Oraganic Center

Jika kebanyakan kaldu bubuk memiliki banyak campuran bahan kimia, tidak dengan kaldu bubuk buatan Organic Center. Kaldu bubuk terbaik ini dibuat dengan bahan pilihan yang tidak memiliki campuran pengawet, penguat rasa, hingga pewarna sintetik.

Masakan yang Sedulur buat juga akan memiliki sensasi ayam yang nikmat. Kemasan ringkas pada kaldu bubuk ini juga memudahkan Sedulur  saat ingin membukanya.

9. Umamitake Non-MSG Shitake

merek kaldu bubuk
My-Best

Rekomendasi selanjutnya yaitu Umamitake Non-MSG Shitake, bagi Sedulur yang mencari kaldu tanpa MSG, kaldu ini merupakan rekomendasi dan pilihan yang bisa Sedulur beli. Kaldu dari Umamitake juga dibuat dengan menggunakan bahan yang berbeda dengan kaldu lainnya.

Jika biasanya kaldu bubuk menggunakan ayam sebagai bahannya, kaldu ini menggunakan jamur shitake sebagai sumber rasanya. Jamur ini cukup dikenal dengan rasa gurihnya yang alami. Bionic Farm memadukan jamur ini dengan rempah lainnya seperti lada dan bawang putih.

Penggunaan bahan rempah tersebut bertujuan untuk menghadirkan rasa yang lebih sedap. Keunggulan kaldu ini adalah kandungannya yang tanpa MSG dan harganya yang tergolong ekonomis. Cocok bagi siapapun yang tengah diet dan menggunakan bahan makanan yang aman.

10. MusHome Kaldu Jamur Tabur

My-Best

Sedulur yang mencari merek kaldu bubuk jamur, bisa membeli MusHome Kaldu Jamur Tabur. Terutama bagi Sedulur yang sedang menjalankan diet, bahan non-hewani sangat disarankan untuk disantap. Produk ini bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur beli.

Kaldu ini dibuat dengan menggunakan jamur tiram pilihan yang memiliki berbagai mancam manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol, mengandung banyak sumber vitamin B3, dapat meningkatkan kolagen serta sebagai sumber berbagai antioksidan.

Harga untuk kaldu ini dibaderol sekitar Rp20.000 saja. Dijamin bisa membuat masakanmu tetap nikmat, kendati Sedulur sedang diet sekalipun.

11. Knorr Chicken Stock Powder

merek kaldu bubuk
Unilever

Salah satu merk kaldu bubuk dari luar negeri yang cukup populer di Indonesia, Knorr sendiri memiliki beragam varian rasa kaldu yang bisa Sedulur pilih, mulai dari ayam, sami, tamarind, hingga udang. Namun yang paling laris dan banyak dibeli yaitu kaldu ayam.

Rasa yang dihasilkan dari kaldu ini memiliki kegurihan yang tak kalah lezatnya dibandingkan dengan kaldu hasil rebusan tulang atau daging. Selain itu, Knorr juga cukup mudah ditemukan. Di beberapa supermarket dan minimarket Knorr tersedia dan bisa Sedulur dapatkan.

12. Food Powder Whitebait

Bagi Sedulur yang tengah memperkenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI bagi si kecil, seringkali mengalami kesulitan dengan berbagai macam tantangan yang dihadapi. Terlebih, MPASI akan menjadi pengalaman pertama si kecil mengkonsumsi makanan.

Maka disarankan untuk tidak menggunakan penyedap rasa atau bumbu apapun, kendati pun sering digunakan sedikit agar ada rasanya. Sebagai orangtua seringkali merasa tidak tega memberikan makanan yang hambar bagi si kecil,

Untuk mengatasi masalah tersebut, Food Powder Whitebait hadir sebagai solusi. Kaldu bubuk ini terbuat dari teri nasi yang diolah menggunakan mesin pengering pada suhu yang rendah untuk menjaga nutrisi di dalamnya. Penyedap ini tergolong aman untuk si kecil karena bebas dari garam, gula, dan rempah tambahan lainnya sehingga efek rasanya lebih alami.

13. Maggi Bumbu Penyedap

merek kaldu bubuk
Maggi

Kaldu bubuk merek Maggi menjadi salah satu kaldu instan yang cukup populer di Indonesia. Ciri khas dari Maggi adalah kaldunya yang berbentuk balok kecil. Bentuknya yang seperti ini bisa memudahkan Sedulur dalam menakar pemakaiannya.

Selain dalam kemasan kotak, Maggi juga sekarang telah berinovasi dengan menghadirkan kaldu dalam bentuk lainnya. Variasi lainnya adalah kaldu dalam bentuk pasta sehingga tidak mudah untuk berserakan saat berada di dapur.

Selain itu, Maggi juga merupakan salah satu bumbu penyedap yang ekonomis dan terjangkau untuk dibeli. Bagi Sedulur yang membuat beragam masakan kuah, kaldu dari Maggi merupakan rekomendasi atau pilihan utama dibandingkan kaldu lainnya.

14. Alsultan Cooking Powder

Alsultan

Rekomendasi merek kaldu bubuk terakhir yaitu Alsultan Cooking Powder. Kaldu bubuk instan umumnya identik kandungan MSG di dalamnya. MSG ini sering digunakan untuk memperkuat rasa di dalamnya. Sayangnya, kaldu dengan kandungan MSG kurang baik untuk digunakan saat ingin membuat makanan.

Terutama membuat makanan pendamping ASI, disarankan tidak menggunakan rasa atau penyedap karena kandungannya yang berbahaya untuk si kecil. Dalam hal ini, Alsultan hadir untuk memberikan variasi kaldu yang bebas dari kandungan MSG dan bisa dibilang menjadi pelopor kaldu tanpa MSG.

Kaldu Alsultan memiliki dua variasi rasa, yaitu rasa ayam dan sapi. Tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kesukaan Sedulur dan tentu saja pertimbangkan juga kenyamanan si kecil juga.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kaldu Jamur untuk Melezatkan Rasa Masakan

Manfaat kaldu bubuk untuk tubuh

iStock

Kaldu bubuk merupakan salah satu bumbu masak yang terbuat dari bahan alami yang bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Kaldu bubuk memiliki manfaat dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Secara umum, terdapat tiga manfaat dari kaldu bubuk untuk kesehatan, berikut ini penjelasannya:

  • Salah satu manfaat dari kaldu bubuk yaitu dapat mendukung kesehatan rambut, kulit dan kuku. Hal tersebut karena kaldu bubuk dapat mendukung produksi kolagen dalam tubuh yang dapat membuat rambut, kulit dan kuku terjaga dengan baik.
  • Kaldu bubuk juga dapat membantu meringankan gejala flu. Terutama kaldu ayam karena kandungannya dapat meringankan gejala flu dengan membersihkan lendir, membuka saluran pernapasan hingga menyediakan nutrisi yang mudah dicerna.
  • Manfaat terakhir yaitu dapat meningkatkan metabolisme dan kardiovaskular. Terutama jika Sedulur mengkonsumsi kaldu tulang yang mengandung glisin dan asam amino yang dapat meningkatkan metabolisme dan kardiovaskular.

Nah itulah tadi rekomendasi merek kaldu bubuk yang bisa Sedulur beli untuk kebutuhan memasak dan kebutuhan dapur secara umum. Bumbu berperan penting untuk membuat masakan menjadi lebih nikmat, termasuk juga kaldu bubuk.

Bagi Sedulur yang membutuhkan kaldu bubuk yang telah dijelaskan di atas, Sedulur bisa cek kaldu bubuk yang tersedia di Aplikasi Super. Dijamin lengkap dan harganya super murah. Bukan hanya kaldu bubuk, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai bumbu-bumbu dapur lainnya.

Jadi Sedulur bisa memenuhi segala kebutuhan bumbu dan rempah hanya dengan sekali belanja di Aplikasi Super. Sedulur bisa cek Aplikasi Super sekarang juga, jangan lupa bagi Sedulur yang belum punya aplikasinya, bisa segera download di Playstore, ya!