merek gula cair terbaik untuk minuman

Gula cair adalah pemanis yang diperoleh dari proses pemurnian gula pasir. Salah satu kelebihan utama dari gula cair adalah mudah dalam proses pencampurannya. Jadi tidak heran banyak orang yang mulai tertarik menggunakan merek gula cair terbaik untuk minuman sehari-hari.

Tak hanya penggunaan langsung, merek gula cair terbaik untuk minuman juga sangat membantu beberapa kegiatan seperti pembuatan kue, roti, es krim, atau minuman. Gula cair juga mudah dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung, telur, atau minyak, sehingga membuat proses memasak menjadi lebih cepat.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Bumbu Dapur Instan Terenak di 2024

Rekomendasi Merek Gula Cair Terbaik

gula cair terbaik untuk minuman
Unsplash/Snapbythree My

Ada cukup banyak merek gula cair yang beredar di pasaran. Hal ini tak lepas dari penggunaannya yang sangat fleksibel untuk memasak. Selain itu, gula cair juga digunakan dalam pembuatan obat-obatan dan produk perawatan kulit. Secara keseluruhan, gula cair merupakan pilihan yang lebih sehat dan lebih praktis daripada gula pasir biasa.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan gula cair juga sangat beragam. Mulai dari tebu, aren, singkong, jagung, hingga bunga stevia. Supaya Sedulur tidak bingung memilih merek gula cair terbaik untuk minuman, mari simak beberapa rekomendasi berikut ini ya!

1. Tropicana Slim Gula Jawa Cair

Pexels/Daniela Contantini

Bagi Sedulur yang masih ingin menikmati rasa legit gula Jawa, namun sedang diet karena berbagai alasan, Tropicana Slim pilihannya. Merek gula cair yang satu ini sudah terkenal sejak lama sebagai produk gula jawa cair yang bebas gula dan rendah kalori. 

Kandungan kalori yang terdapat didalamnya 54 persen lebih rendah dibandingkan dengan gula jawa pada umumnya yang berbentuk padat. Rasa manis yang didapatkan dari satu sendok makan Tropicana Slim Gula Jawa setara dengan dua sendok makan gula pasir. Sehingga Sedulur akan tetap merasakan manis yang sama saat menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Diketahui produk gula jawa cair ini menggunakan manitol sebagai pemanis dan tambahan perisa artifisial gula jawa. Hal inilah yang membuat rasa legit gula jawanya dapat dipertahankan dengan baik sehingga disukai oleh banyak orang. Harganya sekitar 60 ribuan rupiah untuk kemasan 350 ml.

2. Rose Brand Fructose Gula Cair

Gula cair dari Rose Brand ini dibuat menggunakan tepung tapioka yang menghasilkan fruktosa, terasa lebih manis daripada gula sukrosa, tetapi punya kalori cukup rendah, bahkan hanya sekitar 35 kkal per 10 gram.

Dengan tampilan transparan, Rose Brand Fructose tentu sama sekali tidak akan mengganggu dekorasi makanan atau minuman yang Sedulur buat ketika ditambahkan. Aplikasinya pun sangat mudah, apa lagi pada ujung kemasan sudah dilengkapi dengan corong.

Memiliki ukuran kemasan yang praktis yaitu botol isi 500 gram, cukup siapkan 15 ribuan rupiah saja untuk membeli gula ini.

3. Koepoe Koepoe Gula Cair

Sebagai produsen bahan-bahan bakery yang sudah ada sejak 1942, kualitas produk dari Koepoe Koepoe tentu tidak perlu diragukan lagi, tidak terkecuali gula cairnya ini. Sudah mengantongi sertifikasi BPOM, HALAL, ISO 22000, HACCP, plus memenuhi standar GMP, menjadi jaminan yang cukup kuat terkait keamanannya. 

Kalau Sedulur berjualan, gula cair yang satu ini sangat disarankan karena harganya yang ramah di kantong semua orang. Harga yang ditawarkan pun tidak mahal, hanya 24 ribuan rupiah per kemasan 1 liter.

Jadi selain lebih menguntungkan, juga tidak membahayakan konsumen dibandingkan dengan pemanis buatan.Selain aman, produk ini juga lebih mudah ditemukan di berbagai tempat seperti di toko peralatan kue atau toko kelontong.

4. Beorganik Liquid Palm Sugar

Beorganik Liquid Palm Sugar dibuat menggunakan nira aren murni yang diekstrak secara alami, tanpa penambahan zat aditif sintetis sama sekali. Sebagai jaminan keamanannya, gula cair ini telah memperoleh izin dari DinKes.

Sedulur bisa mencampurkan gula cair ini untuk kopi, milk tea, pancake, waffle, cendol, cincau, hingga es serut tanpa perlu khawatir efek kesehatan macam-macam. Dipasarkan dalam botol kecil 250 ml dan botol besar 500 ml, Beorganik Liquid Palm Sugar bisa dibeli dengan harga mulai dari 23 ribuan rupiah.

5. Beeru Stevia Natural Sweetener

Sebagai pecinta manis, pastinya akan terasa berat saat harus meninggalkan salah satu kenikmatan duniawi ini. Kabar baiknya Sedulur dapat beralih dengan menggunakan gula stevia yang 0 kalori serta bebas dari aftertaste. Pemanis yang mengandung 97 persen ekstrak Stevia rebaudiana ini memiliki rasa manis 300 kali lipat daripada gula pasir.

Bahkan pemanis stevia ini dikenal mudah larut dan stabil dalam suhu panas, sehingga layak diandalkan untuk membuat minuman hangat seperti teh dan air jahe. Merek gula cair ini dikemas dalam kemasan yang praktis sehingga sangat recomended untuk yang senang traveling. 

Tidak perlu terlalu banyak, Sedulur cukup meneteskan 1-2 tetes saja agar makanan dan minuman Sedulur terasa manis. Dengan rasa manis se-bold itu, cocok banget kalau Sedulur ingin menikmati makanan atau minuman manis buatan sendiri tanpa perlu khawatir tentang kenaikan berat badan.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Saus Blackpepper yang Enak dan Terjangkau

6. ARUTALA Gula Aren Cair

Unsplash/Yulia Khlebnikova

Produk satu ini merupakan gula aren cair yang sudah cukup banyak memiliki angka penjualan tinggi di marketplace dan juga sudah mendapatkan review serta penilaian positif dari banyak pembeli.

Harga gula aren Arutala ini terbilang cukup murah yakni Rp 55.999 untuk kemasan 1000ml atau 1 liter, dan karena alasan ini jugalah yang kemudian membuat merek gula aren ini memiliki angka penjualan yang laris manis.

Selain memproduksi berbagai jenis kopi, ARUTALA juga memproduksi gula cair berbahan aren yang multifungsi. Berwarna gelap dan terasa legit, ARUTALA Gula Aren Cair bisa Sedulur aplikasikan ke kopi, kue, dessert, dan berbagai olahan manis lain.

Terlebih lagi, produk ini juga sudah memperoleh predikat Legit Barista Choice, jadi kualitas rasanya sudah dijamin jempolan.

7. Gulakong Sirup Fruktosa Oligosakarida

Dibuat menggunakan gula singkong cair murni yang dihidrolisis, kalori dalam Gulakong Sirup Fruktosa Oligosakarida diklaim hanya separuh dari kalori gula sukrosa dan telah terbukti aman untuk pengidap diabetes.

Selain itu, adanya serat prebiotik oligosakarida pada gula cair ini sangat membantu dalam melancarkan pencernaan. Hal ini tak lepas dari adanya kandungan zat yang menjadi makanan khusus bagi bakteri baik di dalam usus.

Untuk takaran gulanya, Sedulur bisa menambahkan setiap 2-3 sdm di setiap 300 ml minuman yang disajikan. Gulakong Sirup Fruktosa Oligosakarida bisa ditemukan pada beberapa toko online di marketplace, harganya sekitar 40 ribuan rupiah untuk kemasan 600 ml. Cocok buat pemanis minuman maupun makanan Sedulur!

8. Mahorahora Gula Aren Cair

Terbuat dari nira yang diproses secara alami, Mahorahora Gula Aren Cair menawarkan kelarutan cukup tinggi di dalam air sehingga sangat mudah kalau mau disajikan untuk kopi, cendol, bubur, dan sajian manis lain. Untuk menjaga kualitas rasanya, gula cair ini dikemas dalam plastik HDPE sekali pakai. Jadi langsung buat setelah digunakan ya.

Mahorahora juga bisa jadi pilihan untuk Sedulur yang sedang cari produk gula aren cair dengan harga sangat murah dan bisa dikreasikan untuk makanan dan minuman sehat. Gula aren cair organik ini dibuat dari komposisi utama gula aren terbaik dan punya indeks glikemik rendah.

Jadi, tidak akan memicu loncatan gula darah saat mengonsumsinya, terutama bagi yang mengalami diabetes. Produk gula aren organik ini diolah secara alami dan higienis. Cocok untuk segala olahan makanan, mulai dari membuat kolak, es dawet dan membuat kue.

9. Arenga Liquid Palm Sugar

Rekomendasi Merek gula aren terbaik selanjutnya adalah merek Nourish yang merupakan jenis gula aren cair yang praktis dan mudah digunakan, terutama untuk kebutuhan dicampurkan dengan makanan dan minuman.

Gula aren cair Merek Nourish yang cocok sebagai pemanis es dawet, es cendol atau es cincau ini sudah cukup banyak memiliki angka penjualan di marketplace. Harga gula aren cair Nourish Arenga Liquid Sugar ini dibanderol mulai dari Rp 30.500 untuk kemasan isi 500ml.

10. Diamond Gula Cair

Diamond Gula Cair menjadi salah satu pilihan produk gula cair terbaik untuk minuman. Jadi ini bisa jadi pilihan terbaikmu yang mempunyai usaha kuliner. Kemasannya besar, terbuat dari gula tebu yang diproses secara higienis, dan sudah mendapatkan izin BPOM.

Jadi dijamin aman ditambahkan ke berbagai olahan yang dibuat. Ditambah lagi, Diamond Gula Cair sangat mudah dijumpai pada banyak supermarket di Indonesia, harganya sekitar 59 ribuan rupiah untuk kemasan 2 liter.

11. Bali Pure Home Industry Gula Merah Cair

gula cair terbaik untuk minuman
Pexels/Gustvao Peres

Sesuai dengan nama produknya, gula cair lontar dari Bali Pure Home Industry dihasilkan oleh petani nira lokal di daerah tersebut. Artinya, ketika membeli Bali Pure Home Industry Gula Merah Lontar Cair, Sedulur juga turut mengembangkan perekonomian para petani tersebut. 

Meski termasuk produk home industry, semua prosesnya dilakukan secara higinies, sehingga menciptakan gula cair yang tahan sampai 6 bulan walaupun tanpa pengawet. Tertarik mencoba? Produk ini dikemas dalam botol PET 600 ml dan dibandrol 50 ribuan rupiah. Jadi sangat terjangkau dengan rasa manis yang pas!

12. MamaSuka Chung Jung One Corn Syrup

Berbeda dengan berbagai rekomendasi sebelumnya yang kebanyakan cenderung untuk pemanis minuman, kali ini lebih cocok untuk masakan. Pemanis yang berbentuk sirup jagung ini sangat andal untuk memasak berbagai resep makanan ala Korea Selatan.

Merek gula cair ini terbuat dari ekstrak jagung, dan dapat digunakan sebagai olesan daging panggang yang menambah kelezatan. Selain membuat rasanya menjadi lebih kaya, olesan sirup jagung ini juga membuat daging panggang terlihat berkilau dan menggiurkan.

Ekstrak jagung juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat acar juga saus khas Korea Selatan lebih manis. Sedulur dapat membeli gula cair ini dengan mudah secara offline maupun online karena sudah menyebar ke berbagai daerah. Harganya kisaran 38 ribuan untuk 700gr.

13. Enau Gula Aren Cair

Produk gula aren ini dibuat dari bahan nira bunga aren murni tanpa campuran bahan kimia maupun pengawet. Proses pembuatan gula aren ini juga higienis, sehingga sangat aman dikonsumsi untuk siapa saja. Tekstur gula aren ini cair dan dikemas dalam botol, sehingga mudah digunakan untuk pemanis makanan dan minuman. 

Produk gula aren ini juga memiliki kadar gula yang lebih rendah dari gula pasir, sehingga aman dikonsumsi dan harga jualnya sangat terjangkau. Terbuat dari nira bunga aren murni tanpa campuran dan tambahan bahan kimia apa pun, yang kemudian dibuat dengan cara dipanaskan sehingga higienis dan aman untuk dikonsumsi.

Produk ini cocok untuk pemanis alami berbagai makanan dan minuman seperti alpukat kocok, bubur kacang hijau, minuman jahe hangat, kopi, bubur sumsum, es kelapa muda, dan lainnya. Gula cair yang memiliki aroma khas ini bisa Sedulur beli online seharga mulai 20 ribuan pada kemasan botol 500 ml.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Merek Gula Aren Terbaik dan Terbaru 2024

Tips Memilih Gula Cair

gula cair terbaik untuk minuman
Unsplash/Bermix Studio

Gula cair, atau sirup gula, pada umumnya dihasilkan dari pengolahan gula biasa (sukrosa) menjadi bentuk yang lebih encer dan mudah larut dalam air. Jadi akan lebih mudah kalau mau diolah menjadi makanan atau minuman manis.

Selain berasal dari sukrosa, ada juga produk yang berasal dari stevia hingga singkong, yang lebih rendah kalori dan aman untuk pengidap diabetes. Supaya bisa mendapatkan produk gula cair yang tepat dan sesuai kebutuhan, Sedulur perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Memilih gula aren untuk pemanis kopi

Gula aren cair menjadi salah satu varian gula cair yang laris saat ini. Bahkan ada beberapa Merek yang berhasil menjual hingga belasan ribu pcs, sebab sering digunakan menjadi pemanis berbagai minuman kekinian.

Gula ini dibuat menggunakan bahan baku nira pohon enau dan memiliki nilai indeks glikemik cukup rendah, sehingga bisa juga digunakan sebagai pemanis MPASI. Selain itu, dalam gula aren cair terkandung berbagai jenis mineral, seperti kalium, magnesium, dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

Hanya saja, harga gula aren cair memang lebih mahal daripada gula biasa, apa lagi untuk produk yang berlabel organik.

2. Mempertimbangkan gula cair rendah kalori

Sekalipun bentuknya cair, batasan konsumsi gula per hari bagi orang dewasa masih sama dengan gula pasir, yaitu 50 gram atau setara dengan 5–9 sendok teh. Jika Sedulur memiliki kondisi khusus, seperti diabetes atau tengah menjalankan diet, sebaiknya pilih gula cair rendah kalori atau gula dengan indeks glikemik rendah.

Berikut ini beberapa jenis gula cair rendah kalori yang terbuat dari bahan alami:

  • Gula singkong

Gula singkong berasal dari bahan baku tepung tapioka yang diolah menggunakan enzim alfa-amilase dan glukoamilase. Gula cair berbahan singkong dikenal 2,5 kali lebih manis daripada gula tebu, bebas gluten, lebih rendah kalori, dan daya tahannya lama. Kalau disimpan dengan benar, gula singkong bisa tahan sampai satu tahun.

  • Stevia

Dalam beberapa waktu terakhir, stevia menjadi alternatif pemanis rendah kalori yang sangat populer. Berasal dari daun tanaman Stevia rebaudiana yang mengandung steviol glycosides.

Gula cair stevia terasa 250–300 kali lebih manis daripada gula tebu, tetapi benar-benar 0 kalori. Hal ini yang membuat produk gula stevia laris manis di kalangan orang-orang yang tengah diet.

  • Gula jagung

Gula jagung, atau yang dikenal sebagai gula fruktosa, memiliki rasa yang lebih manis 1,7 kali dibandingkan gula tebu. Kandungan kalorinya cukup rendah dan harganya tidak terlalu mahal. Tidak heran kalau gula cair ini cukup banyak digunakan dalam usaha makanan atau minuman manis.

3. Menghindari penggunaan gula rafinasi

Gula rafinasi atau refined sugar adalah gula yang mengalami proses pemurnian ulang dan dapat dikenali dari warna yang lebih putih daripada gula non-rafinasi. Proses ini melibatkan beberapa langkah, termasuk penggilingan, penghilangan kotoran, pengolahan karbon aktif, pengkristalan, pengeringan, hingga penyaringan. 

Sayangnya, rafinasi menghilangkan nutrisi alami dari gula itu sendiri, seperti mineral, vitamin, dan serat sehingga banyak yang menganggap gula cair rafinasi sebagai sumber kalori kosong. Artinya, tidak memberikan nutrisi selain karbohidrat. Umumnya, gula cair rafinasi di pasaran hadir dalam bentuk gula meja (sukrosa) dan sirop jagung.

Sedulur pun bisa menemukannya pada berbagai makanan kemasan dan minuman bersoda. Ada beberapa efek kesehatan yang mungkin ditimbulkan ketika Sedulur terlalu sering menggunakan gula rafinasi. Berikut di antaranya:

  • Menyimpan kalori yang cukup tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan.
  • Mempengaruhi kadar gula darah dengan cepat hingga meningkatkan risiko diabetes tipe 2.
  • Dapat menyebabkan kerusakan gigi, seperti karies dan berbagai permasalahan gigi lainnya.

BACA JUGA: 12 Merek Cream Cheese Paling Enak dan Nggak Bikin Enek!

Gula Cair dan Gula Pasir, Mana yang Lebih Sehat?

merek gula cair terbaik untuk minuman
Pexels/Charlotte May

Gula cair adalah gula yang berbentuk cair dan terkonsentrasi. Sebenarnya, baik gula cair atau gula pasir sama-sama bisa menimbulkan masalah kesehatan, jika dikonsumsi terlalu banyak. Jadi, hal yang benar-benar menentukan adalah seberapa banyak gula yang Sedulur konsumsi. 

Namun, ada beberapa alasan yang menyebabkan gula cair lebih berisiko menyebabkan masalah kesehatan, dibanding gula pasir. Mengutip laman Halodoc, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Gula cair sering tersembunyi. Misalnya, hampir setiap minuman kemasan dan sajian di tempat makan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yaitu sedikitnya 100 kalori atau sekitar 20-30 gram gula per 350 milliliter. 
  • Gula cair pada minuman biasanya merupakan gula tambahan, tetapi justru memiliki kadar yang lebih tinggi dari minuman dengan bahan dasar susu atau buah yang sudah memiliki kandungan jenis gula laktosa dan fruktosa.
  • Gula cair lebih mungkin menyebabkan kecanduan manis. Meski kalorinya cukup tinggi, gula pada minuman tidak menyebabkan rasa kenyang, tetapi justru meningkatkan keinginan makan lebih banyak.
  • Gula cair dalam kemasan bisa membuat Sedulur tetap merasa lapar meskipun batasan kalori harian sudah terpenuhi. 

Lantas, apakah konsumsi gula cair berbahaya? Tentu tidak bisa sepenuhnya dibilang seperti itu. Gula cair pada minuman manis akan berbahaya jika Sedulur tidak mengendalikan pola konsumsi tinggi gula secara keseluruhan.

Obesitas dan peningkatan kadar gula darah akan lebih mungkin terjadi jika mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti glukosa berlebihan. Sebaliknya, gula cair justru tidak berbahaya jika Sedulur mengimbanginya dengan mengurangi kalori dari makanan sumber karbohidrat lain, seperti nasi dan roti.

Resiko obesitas juga akan bisa dihindari dengan tetap rutin mengkonsumsi buah dan sayuran. Meski tidak memberikan rasa kenyang, Sedulur sebaiknya mempertimbangkan untuk menghindari minuman manis atau mengurangi asupan kalori.

Itulah tadi beberapa mereka gula cair terbaik untuk minuman yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Semoga artikel ini bisa membantu Sedulur dalam menentukan pilihan ya. Oia, kalau Sedulur membutuhkan produk seperti gula pasir biasa atau kebutuhan sembako lainnya. Semua itu tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.