rekomendasi bumbu instan

Bagi Sedulur yang suka masak tapi ingin cepat dan mudah, bisa menggunakan rekomendasi bumbu instan yang akan kita bahas kali ini. Ya, bumbu dapur instan menjadi solusi yang paling tepat untuk Sedulur yang mau masak, tapi waktu yang dimiliki terbatas dan juga ingin lebih praktis.

Sedulur bisa menemukan bumbu instan ini dengan mudah di pasar, minimarket, ataupun swalayan dengan harga yang terbilang cukup terjangkau murah. Jenis bumbu instan sendiri, di pasaran juga tersedia sangat banyak. Entah itu bumbu untuk olahan sayur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

Hanya perlu memilih jenis bumbu instan sesuai dengan bahan makanan yang akan diolah, dijamin Sedulur mampu menghasilkan hidangan yang sangat enak dan lezat dalam waktu yang singkat. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan mudah, tanpa perlu ribet!

BACA JUGA: 14 Merek Kaldu Bubuk Terbaik, Bikin Masakanmu Makin Lezat!

Rekomendasi Bumbu Instan Terbaik di Pasaran

Nah, saking banyaknya jenis dan juga merk bumbu dapur instan yang ada di pasaran, mungkin membuat Sedulur bingung untuk memilihnya. Namun tidak usah khawatir, berikut ini akan diberikan beberapa rekomendasi bumbu instan yang mungkin bisa dicoba!

1.  Royco Bumbu Komplit

rekomendasi bumbu instan
Unsplash/Luisa Schetinger

Royco Bumbu Komplit menjadi rekomendasi bumbu instan pertama, yang sudah terkenal dan banyak digunakan dalam berbagai masakan. Royco menawarkan berbagai varian bumbu instan yang dirancang untuk memudahkan proses memasak dan memberikan cita rasa yang lezat pada masakan.

Nah, beberapa varian dari Royco Bumbu Komplit. Mulai dari Royco Bumbu Pelezat Rasa, bumbu serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan, mulai dari sayuran hingga daging. Royco Bumbu Sop yang dirancang khusus untuk membuat sop dengan cita rasa yang gurih dan lezat.

Lalu ada Royco Bumbu Nasi Goreng yang memberikan citarasa yang spesial pada nasi goreng, dan membuatnya lebih lezat dan beraroma. Royco Bumbu Ayam Bumbu Rasa Kari yang cocok untuk memberikan rasa kari pada masakan kari ayam.

Royco Bumbu Rendang yang membuat rendang dengan mudah dan cepat, serta memberikan rasa yang autentik. Royco Bumbu Sayur Asem, bumbu instan yang ideal untuk menyedapkan dan memberikan rasa segar pada sayur asem.

Kemudian ada Royco Bumbu Sate untuk memberikan cita rasa khas sate pada daging panggang. Dan terakhir Royco Bumbu Soto yang dirancang khusus untuk membuat soto dengan cita rasa yang lezat.

2. Sajiku Bumbu Praktis

Sajiku Bumbu Praktis menjadi merek bumbu instan yang menyediakan berbagai varian bumbu siap pakai untuk memudahkan proses memasak. Bumbu dapur instan yang satu ini dirancang untuk memberikan cita rasa yang lezat pada masakan dengan cara yang praktis.

Nah, beberapa varian Sajiku Bumbu Praktis antara lain seperti Sajiku Bumbu Nasi Goreng, bumbu khusus untuk membuat nasi goreng yang lezat dan beraroma. Sajiku Bumbu Ayam Goreng yang memberikan rasa gurih dan lezat pada ayam goreng.

Sajiku Bumbu Soto yang cocok untuk menyedapkan dan memberikan rasa khas pada soto. Sajiku Bumbu Rendang, bumbu praktis untuk membuat rendang dengan rasa yang kaya dan autentik. Sajiku Bumbu Sambal Goreng untuk memberikan cita rasa pedas dan gurih pada masakan sambal goreng.

Sajiku Bumbu Bistik, varian yang dirancang untuk memberikan rasa bistik pada hidangan daging. Sajiku Bumbu Gulai yang cocok untuk memasak gulai dengan bumbu yang seimbang dan lezat. Lalu Sajiku Bumbu Rawon, bumbu praktis untuk membuat rawon, hidangan khas Jawa Timur.

Sajiku Bumbu Pedas Manis yang memberikan rasa pedas manis yang lezat pada berbagai masakan. Sajiku Bumbu Rasa Jamur Tiram, bumbu dengan sentuhan jamur tiram untuk memberikan kelezatan pada hidangan.

3. Indofood Racik

Rekomendasi bumbu instan berikutnya adalah Indofood Racik, rangkaian produk bumbu instan dari Indofood yang dirancang untuk memudahkan proses memasak dan memberikan cita rasa khas pada masakan. Produk ini hadir dalam bentuk bumbu serbuk atau pasta, siap pakai untuk berbagai masakan.

Varian Indofood Racik juga cukup banyak, mulai dari Indofood Racik Rasa Ayam Bawang, bumbu yang cocok digunakan untuk membuat berbagai masakan dengan rasa ayam bawang yang lezat. Indofood Racik Rasa Soto Betawi yang siap pakai untuk membuat soto Betawi dengan bumbu yang kaya dan autentik.

Indofood Racik Rasa Rica-Rica yang memberikan cita rasa pedas dan gurih khas rica-rica pada masakan. Indofood Racik Rasa Gulai, bumbu praktis untuk membuat gulai dengan rasa yang lezat dan kaya rempah. Indofood Racik Rasa Rendang, yang memudahkan Sedulur untuk membuat hidangan rendang.

Lalu ada Indofood Racik Rasa Ayam Kalasan, cocok untuk memberikan cita rasa ayam kalasan pada hidangan ayam goreng. Indofood Racik Rasa Sate, bumbu yang memberikan sentuhan khas sate pada daging panggang buatan Sedulur.

4. Bumbu Bamboe

Bumbu Bamboe adalah produk bumbu instan dalam bentuk pasta atau blok yang dikemas dalam kemasan praktis. Produk ini banyak digunakan untuk memasak masakan Indonesia dengan cita rasa autentik dan mudah dalam penggunaannya.

Produk-produk terbaik dari Bumbu Bamboe antara lain seperti Bumbu Bamboe Rendang, yang cocok untuk memasak rendang, masakan daging yang kaya rempah-rempah. Kemudian Bumbu Bamboe Gulai, bumbu instan untuk membuat gulai dengan cita rasa yang lezat.

Bumbu Bamboe Rawon yang digunakan cocok untuk membuat rawon dengan rasa istimewa dan kaya akan rempah. Bumbu Bamboe Sayur Asem yang pas digunakan untuk menyedapkan dan memberikan rasa segar pada sayur asem.

Lalu Bumbu Bamboe Ayam Goreng, bumbu yang memberikan cita rasa ayam goreng yang lezat. Bumbu Bamboe Nasi Goreng yang bisa digunakan untuk membuat nasi goreng dengan rasa yang gurih. Bumbu Bamboe Soto Ayam yang memberikan sentuhan khas pada soto ayam dengan cara praktis.

Bumbu Bamboe Semur yang cocok untuk memasak semur, masakan daging dengan saus yang kaya rasa. Bumbu Bamboe Kare yang dapat digunakan untuk membuat kare, masakan kari dengan bumbu yang khas. Bumbu Bamboe Bumbu Sate, bumbu instan untuk memberikan cita rasa sate pada hidangan.

5. Bango Bumbu

Mungkin sebelumnya Sedulur mengenal Bango sebagai salah satu brand kecap legendaris di Indonesia. Namun selain berbagai jenis kecap, Bango juga ternyata juga menyediakan bumbu dapur instan yang tidak kalah menarik dari merk lainnya.

Walaupun varian bumbunya tidak sebanyak varian dari merk lain, Sedulur tetap bisa mendapatkan beberapa varian yang wajib dicoba. Diantaranya adalah Bango Bumbu Nasi Goreng Kambing, yang memberikan citarasa daging kambing yang khas pada nasi goreng yang dibuat.

Kemudian ada Bango Bumbu Soto Betawi, untuk membuat kuah dengan citarasa soto betawi yang sangat khas. Bango Bumbu Mie Goreng Aceh yang sangat cocok digunakan untuk menggunakan mie goreng Aceh dengan rasa yang istimewa.

Setelah itu, ada Bango Bumbu Nasi Kuning Manado yang cocok untuk membuat nasi kuning khas Manado yang lezat. Bango Bumbu Opor Ayam yang memudahkan Sedulur ketika ingin membuat hidangan opor ayam dengan mudah dan juga cepat.

Lalu ada Bango Bumbu Rawon Malang, untuk membuat hidangan rawon Malang yang berbeda dari biasanya. Dan yang terakhir ada Bango Bumbu Tongseng, yang memberikan aroma dan rasa rempah yang khas ala Tongseng.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Santan Kental Instan Kualitas Terbaik

6. Bumbu Sasa

penyedap rasa terbaik
PPexels/Dapur Melodi

Sasa merupakan merek bumbu yang sangat dikenal di Indonesia. Mereka telah memproduksi berbagai macam produk bumbu instan untuk memudahkan proses memasak. Sudah banyak yang membuktikan efektivitas dari penggunaan bumbu instan yang satu ini.

Beberapa varian bumbu instan Sasa yang populer seperti Sasa Bumbu Nasi Goreng, bumbu yang dikhususkan untuk membuat nasi goreng dengan rasa yang lezat. Lalu Sasa Bumbu Ayam Goreng yang memberikan cita rasa khas untuk ayam goreng yang gurih.

Sasa Bumbu Soto yang cocok digunakan untuk memberikan rasa gurih pada soto ayam atau soto lainnya. Sasa Bumbu Rendang, untuk memasak rendang, masakan daging yang kaya rempah-rempah. Sasa Bumbu Gulai, bumbu instan untuk memasak gulai dengan rasa yang lezat.

Kemudian ada Sasa Bumbu Tomat, bumbu yang dapat digunakan untuk memberikan rasa pada hidangan berbahan dasar tomat, seperti sup tomat atau saus tomat. Sasa Bumbu Bistik, bumbu praktis untuk memasak bistik dengan rasa yang lezat.

Sasa Bumbu Tumis yang cocok untuk membuat tumisan dengan bumbu yang sudah tercampur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Sasa

Rekomendasi bumbu instan terbaik berikutnya adalah Sasa, salah satu merek bumbu instan yang cukup dikenal di Indonesia. Merek ini menyediakan berbagai produk bumbu instan untuk memasak berbagai masakan.

Beberapa contoh dari produk bumbu instan Sasa yang tersedia di pasar, mulai dari Sasa Bumbu Nasi Goreng yang merupakan bumbu instan untuk memasak nasi goreng dengan cita rasa khas. Lalu ada Sasa Bumbu Ayam Goreng, bumbu yang dirancang khusus untuk memberikan rasa gurih pada ayam goreng.

Sasa Bumbu Soto, bumbu instan untuk memasak soto ayam atau soto lainnya.  Sasa Bumbu Rendang yang menjadi bumbu untuk memasak rendang, masakan daging khas Indonesia. Sasa Bumbu Gulai untuk memasak gulai dengan cita rasa yang lezat.

Kemudian Sasa Bumbu Rawon, bumbu untuk membuat rawon yang khas. Sasa Bumbu Nasi Goreng Pedas, varian pedas untuk nasi goreng yang lebih berapi. Dan terakhir adalah Sasa Bumbu Jamur Tiram, bumbu dengan sentuhan jamur tiram untuk variasi masakan.

8. ABC

Merek ABC mungkin lebih terkenal dengan produk kecap dan sausnya. Akan tetapi, ternyata mereka juga memiliki beberapa produk bumbu instan yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Jika Sedulur merasa bosan dengan rekomendasi bumbu instan sebelum-sebelumnya, bisa coba memilih ABC.

Nah, beberapa contoh produk bumbu instan ABC sendiri seperti ABC Sambal Extra Pedas, bumbu instan sambal dengan tingkat kepedasan ekstra untuk menyedapkan hidangan yang Sedulur buat. Lalu ada ABC Bumbu Rendang, bumbu instan untuk memasak rendang, masakan daging yang kaya rempah-rempah.

ABC Bumbu Gulai yang merupakan bumbu praktis untuk memasak gulai dengan cita rasa yang lezat. Kemudian ABC Bumbu Nasi Goreng, sebuah bumbu instan yang cocok digunakan untuk memasak nasi goreng dengan cepat dan mudah.

Lalu yang terakhir ada ABC Bumbu Ayam Goreng, sebuah bumbu instan yang dirancang khusus untuk memberikan rasa gurih pada ayam goreng. Ya, walaupun varian yang disediakan tidak sebanyak merk lain, tidak ada salahnya untuk mencoba dan membuktikan kelezatannya.

9. Munik

Berikutnya ada Munik, merek saus dan juga bumbu instan yang cukup dikenal di Indonesia. Merek yang satu ini telah menyediakan berbagai produk bumbu instan untuk memudahkan proses memasak dan memberikan cita rasa khas pada masakan.

Beberapa contoh produk bumbu instan Munik yang mungkin tersedia di pasaran, seperti Munik Bumbu Nasi Goreng yang merupakan bumbu instan untuk memasak nasi goreng dengan cita rasa yang nikmat, lezat, dan juga otentik.

Setelah itu, ada Munik Bumbu Ayam Goreng, bumbu yang dirancang khusus untuk memberikan rasa gurih pada ayam goreng. Munik Bumbu Sate, sebuah bumbu praktis untuk memasak sate dengan cita rasa yang istimewa dan berbeda dari sate biasa.

Lalu Munik Bumbu Rendang yang sangat cocok untuk memasak rendang, masakan daging khas Indonesia. Dan terakhir ada Munik Bumbu Soto, bumbu instan untuk memasak soto ayam, soto sapi, soto kambing, atau jenis soto yang lainnya.

10. Bumbu Cap Ibu

Tidak hanya menggunakan bahan-bahan alami seperti bumbu masakan aslinya, setiap bumbu dapur instan Cap Ibu ini tetap memiliki tambahan penguat rasa dan pengawet. Penggunaan pengawet tersebut akan membuat bumbu ini dapat bertahan sampai 1 tahun jika disimpan di dalam kulkas.

Varian dari Bumbu Cap Ibu sendiri juga sangat beragam, ada bumbu Bumbu Cap Ibu Nasi Goreng Bawang Putih, untuk membuat nasi goreng dengan aroma dan rasa bawang putih yang khas. Bumbu Cap Ibu Mie Goreng, bumbu yang khusus untuk membuat mie goreng.

Bumbu Cap Ibu Rendang yang bisa digunakan untuk membuat masakan Rendang. Bumbu Cap Ibu Rawon untuk menciptakan hidangan rawon yang lezat. Bumbu Cap Ibu Tongseng, bumbu instan untuk membuat tongseng dengan citarasa yang otentik.

Bumbu Cap Ibu, bumbu yang cocok untuk menambah kenikmatan pada pembuatan hidangan ayam goreng. Bumbu Cap Ibu yang bisa digunakan untuk membuat berbagai hidangan soto. Lalu ada Bumbu Cap Ibu Ketupat Sayur, untuk menciptakan kuah ketupat sayur yang nikmat.

11. Bumbu Kraton

penyedap rasa terbaik
Unsplash/Diana Polekhina

Bumbu Kraton adalah merk bumbu instan yang berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur. Semua varian yang dihadirkan oleh Bumbu Kraton ini, dibuat dari bahan-bahan yang alami, higienis, segar, dan tentu saja tidak mengandung MSG dan pengawet yang berbahaya.

Produk utama dari Bumbu Kraton ini adalah bumbu instan untuk makanan khas Jawa Timur, seperti rawon. Namun tidak hanya itu, merk ini punya varian lainnya, seperti opor, soto banjar, rendang, sayur asem, kare, ayam panggang bumbu rujak, nasi briyani, gule, dan juga soto jawa.

12. Saori

Tidak perlu pergi ke Jepang untuk bisa menikmati salah satu masakan daging yang sangat nikmat dan juga terkenal, yakni chicken teriyaki. Kini Sedulur dapat membuat hidangan ayam teriyaki dengan lebih mudah dan juga tidak perlu repot-repot menyiapkan bumbunya secara manual.

Ayam dengan citarasa yang manis dan asin khas Jepang ini, dapat langsung segera tersaji di meja makan Sedulur. Selain itu, Saori juga menyediakan beberapa macam bumbu dalam bentuk pasta lain yang pastinya seenak buatan restoran.

13. Kokita

Kokita menjadi salah satu rekomendasi bumbu instan yang kelezatannya sudah diakui oleh banyak masyarakat Indonesia. Sedulur bisa menyediakan bumbu instan yang satu ini di dapur untuk membantu menciptakan hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Nah, beberapa varian bumbu Kokita yang saat ini sudah tersedia, antara lain seperti rendang padang, nasi kuning, ayam goreng, nasi goreng, dan juga bumbu inti. Sedulur bisa memilih varian mana sesuai dengan hidangan yang ingin dibuat.

14. Kokom

Jika belum juga menemukan bumbu instan yang diinginkan, tidak usah khawatir. Masih ada satu rekomendasi bumbu instan yang bisa dipilih, yakni Kokom. Ya, mungkin belum terlalu banyak yang mengetahui merk satu ini.

Kokom adalah sebuah brand yang menawarkan bumbu instan dan bahan baku masakan lainnya. Ada beberapa varian bumbu instan Kokom yang menarik untuk dicoba, diantaranya seperti ayam goreng, nasi goreng, soto, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 12 Merek Cream Cheese Paling Enak dan Nggak Bikin Enek!

Tips Dalam Menggunakan Bumbu Instan

penyedap rasa terbaik
Unsplash/Stefzn

Nah, dari beberapa rekomendasi bumbu instan yang ada di atas, apakah ada yang sudah berhasil minat Sedulur? Jika iya, jangan buru-buru dulu. Sedulur harus tahu beberapa tips dalam menggunakan bumbu instan saat memasak.

Ya, menggunakan bumbu instan sendiri memang dapat menjadi cara yang praktis untuk mempercepat proses memasak dan memberikan rasa yang lezat pada hidangan Sedulur. Namun ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips untuk menggunakan bumbu instan dengan baik di dapur yang ada di bawah ini.

1. Baca petunjuk penggunaan

Membaca petunjuk penggunaan pada kemasan bumbu instan sangat penting untuk memastikan bahwa Sedulur menggunakan produk dengan benar dan mencapai hasil terbaik. Jadi, perhatikan takaran dan petunjuk penggunaan bumbu instan yang disarankan.

Petunjuk penggunaan biasanya mencakup langkah-langkah atau cara penggunaan bumbu instan. Ini bisa termasuk cara mencampurkan bumbu dengan bahan lain, urutan langkah-langkah, dan waktu memasak yang direkomendasikan.

2. Eksperimen dengan jumlah bumbu

Eksperimen dengan jumlah bumbu saat menggunakan bumbu instan dapat memberikan kontrol lebih besar terhadap cita rasa dan tingkat kepedasan sesuai dengan selera Sedulur. Jika tidak yakin seberapa pedas atau gurih bumbu tersebut, mulailah dengan menggunakan setengah dari takaran yang direkomendasikan.

Kemudian, tambahkan bumbu instan secara bertahap selama proses memasak. Setelah menambahkan sebagian bumbu, cicipi hidangan dan tentukan apakah perlu menambahkan lebih banyak atau jika takaran yang sudah ada sudah cukup.

3. Tambahkan bahan segar

Menambahkan bahan tambahan segar saat menggunakan bumbu instan dapat meningkatkan kelezatan hidangan dan memberikan dimensi rasa yang lebih kaya.  Untuk itu, tambahkan sayuran segar seperti wortel, kacang polong, paprika, kembang kol, atau brokoli untuk memberikan tekstur dan nutrisi tambahan.

Irisan bawang putih dan bawang merah segar dapat memberikan tambahan cita rasa yang lezat dan aroma yang khas. Jika Sedulur suka pedas, tambahkan cabai segar sesuai selera. Cabai merah atau hijau dapat memberikan kepedasan yang segar pada hidangan.

4. Kombinasikan dengan bahan kuliner lainnya

Kombinasi bumbu instan dengan bahan kuliner lainnya dapat menciptakan hidangan yang lebih kaya dan beragam. Jadi Sedulur bisa menambahkan bumbu instan ke daging sapi, ayam, ikan, atau tahu untuk memberikan citarasa yang lebih mendalam.

Tidak hanya itu, memasukkan bumbu instan ke dalam tumisan sayuran seperti wortel, kacang polong, buncis, atau brokoli juga berfungsi untuk hidangan yang lebih sehat dan lezat. Sedulur juga bisa mencampurkan bumbu instan ke dalam berbagai hidangan untuk memberikan rasa yang kaya.

5. Simpan dengan baik

Menyimpan bumbu instan dengan baik adalah kunci untuk memastikan kelezatannya dan memperpanjang umur simpan produk. Simpan bumbu instan di tempat yang kering untuk mencegah kelembaban. Kelembaban dapat menyebabkan bumbu menggumpal atau menggembung.

Jauhkan bumbu instan dari sinar matahari langsung, karena menyebabkan perubahan warna dan aroma pada bumbu. Pastikan bahwa kemasan bumbu instan selalu tertutup dengan rapat setelah digunakan. Ini membantu mencegah kontaminasi dan menjaga kelembapan di dalam kemasan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi bumbu instan yang bisa Sedulur pilih. Setiap merk bumbu instan tentu saja memiliki kelebihan dan kelezatannya masing-masing. Silahkan pilih merk bumbu instan mana yang paling sesuai dengan keinginan. Selain itu, jangan pernah lupa untuk mengikuti tips di atas agar masakan makin lezat.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena menemukan produk bumbu di atas bisa sangat mudah karena dijual di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.