buka warung sembako modal 5 juta

Sedulur mau buka warung sembako modal 5 juta? Yakin bisa? Pasti bisa dong. Mungkin sudah banyak yang menanyakan hal ini karena tidak percaya. Memang sulit, namun sebuah usaha bisa diawali walaupun modal hanya 5 juta atau kurang sekalipun.

Tapi jangan membayangkan toko-toko yang ada di kota besar dahulu. Karena ada beberapa aspek yang memang harus diperhatikan, Yuk, simak rincian dan penjelasannya pada artikel berikut ini!

BACA JUGA: 17 Model Rak Toko Sembako Agar Dikunjungi Banyak Pembeli

Cara membuat warung sembako dengan modal kurang lebih 5 juta

buka warung sembako modal 5 juta
Kompas

Terkadang keinginan yang dimiliki akan pupus karena modal usaha tidak memumpuni. Namun yang perlu diketahui, semua usaha itu memang harus dirintis dari bawah. Di bawah ini akan dibahas bagaimana buka warung sembako modal 5 juta yang bisa dilakukan beserta rincian modal usahanya.

  1. Melengkapi Peralatan Toko: Gunakan satu juta pertama untuk membeli peralatan toko yang memberikan kesan atau ciri khas sebuah toko sembako.
  2. Menyiapkan Barang Dagangan: Nah, inilah hal yang paling penting dalam usaha warung sembako. Manfaatkan sisa modal 4 juta untuk membeli barang dagangan.
  3. Memilih Tempat Usaha: Memanfaatkan ruangan kosong yang ada di rumah memang solusi yang sangat tepat. Tak usah khawatir dengan jumlah konsumen, karena warung sembako sangat dibutukan oleh masyarakat.
  4. Melakukan Promosi: Dengan melakukan promosi, keuntungan semakin mudah didapatkan.
  5. Mencari Grosir yang Murah: Buka warung sembako modal 5 juta memang termasuk modal yang sangat tipis, maka tentu saja kulakan barang menjadi penentu untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu kunci lainnya adalah mencari toko-toko grosir yang emang memberikan harga di bawah harga pasar

Strategi buka warung sembako modal 5 juta

buka warung sembako modal 5 juta

Faktanya buka warung sembako modal 5 juta menjadi tren bisnis yang digemari oleh generasi milenial. Mengapa demikian? Karena bisnis yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Terlebih lagi, bisnis ini tidak butuh modal atau tempat yang besar.

Namun dalam usaha ini, Sedulur tidak hanya bersaing dengan warung-warung di sekitar. Sedulur juga akan bersaing dengan toko sembako online. Nah bagaimana supaya, bisnis ini berjalan lancar dan cepat mendatangkan keuntungan yang besar, yuk simak strategi berikut ini Sedulur!

1. Buat daftar produk

Warung sembako grosir identik dengan menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari secara lengkap. Namun, bukan berarti semua barang kebutuhan Sedulur siapkan semuanya. Karena, Sedulur harus memanfaatkan modal dengan tepat, maka sebaiknya membuat list produk-produk yang akan dijual.

Sedulur bisa membuat daftar barang yang paling banyak dicari, mulai dari jenis dan variannya. Supaya daftar produk yang akan dibuat akurat, Sedulur bisa mulai melakukan riset kecil untuk mengetahui produk seperti apa yang dicari oleh masyarakat sekitar.

2. Bekerja sama dengan supplier tangan pertama

Supplier menjadi sangat penting untuk membangun bisnis modal minim. Sedulur tentunya perlu bekerja sama dengan supplier yang bisa memberikan kemudahan untuk menjual produk. Dengan begitu, Sedulur pun tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Tipsnya adalah dapatkan supplier dari tangan pertama. Mendapatkan supplier produk dari tangan pertama sangat memangkas biaya beli bahan baku/produk. Biasanya ketika produk yang kita inginkan sudah berada di tangan kedua maupun ketiga, harganya sudah naik berkali-kali lipat. Selisih harga sekecil apapun dapat memengaruhi daya beli customer.

3. Beli perlengkapan jualan

Warung sembako butuh rak dan penggantung untuk menaruh barang-barang yang dijual. Sedulur tidak butuh yang terlalu mahal untuk menyiapkannya. Sedulur bahkan bisa membuat rak gantung sendiri dari kayu yang ditempel di tembok. Cukup pastikan rak tersebut kuat untuk menahan bobot yang berat.

Meja dan rak kayu seharusnya bisa Sedulur dapatkan dengan harga kurang dari Rp1 juta. Tambahkan kalkulator untuk membantu menghitung belanjaan. Kalau mau berhemat lagi, pakai saja kalkulator di smartphone.

4. Menyiapkan desain warung yang menarik

buka warung sembako modal 5 juta

Pada langkah sebelumnya disarankan Sedulur sebaiknya menggunakan rumah sebagai warung, agar tidak menghabiskan modal.  Nah yang harus Sedulur perhatikan jika menggunakan rumah sebagai warung sembako adalah penempatan rak atau tempat menyimpan produk.

Sedulur bisa mengurutkan posisi produk yang paling laris dan dicari di bagian paling depan warung. Hal ini supaya memudahkan konsumen melihat produk tersebut. Sehingga, jika konsumen melihat produk yang mereka butuhkan di warung Sedulur dengan mudah, mereka akan langsung membelinya di sana.

5. Berikan layanan pesan antar

Untuk lebih dilirik pelanggan, Sedulur juga perlu memberikan layanan pesan antar ke rumah. Layanan inilah yang akan memberikan Sedulur pembeda dari warung sembako lainnya. Cara ini juga membuat Sedulur bisa berinteraksi langsung dengan para pembeli dan membangun koneksi dengan mereka.

Sedulur bisa berikan layanan antar gratis dengan minimal pembelian tertentu. Tidak perlu terlalu besar, berikan minimal pembelian Rp30—Rp50 ribu saja agar belanjaan pelanggan bisa diantar sampai ke rumah. Untuk itu, Sedulur juga harus berikan nomor kontak yang bisa dihubungi dengan mudah.

6. Bangun toko online

Promosi juga harus dikencangkan untuk menarik pembeli. Sedulur bisa membangun toko online secara gratis di marketplace. Sedulur pun bisa membuat media sosial yang khusus untuk warung sembako. Berikan informasi tentang produk-produk yang Sedulur jual di setiap post-nya.

7. Lakukan analisis kompetitor

Jumlah pemain di industri sembako dapat dibilang tinggi. Karena kembali produk yang dijual melalui warung sembako adalah kebutuhan primer. Kemudian, salah satu faktor yang menentukan produk tersebut diminati adalah harga. Umumnya, selisih harga antara pemain di industri sembako adalah tidak terlalu tinggi.

Langkah awal buka warung sembako 5 juta sudah Sedulur ketahui, lengkap dengan strateginya. Jika dilihat dari risiko bisnisnya, membuka usaha warung sembako juga cocok untuk Sedulur yang pemula dalam berbisnis. Untuk meminimalisir risiko dalam pelaksanaannya, Sedulur dapat membuat rincian modal usaha seperti berikut ini.

BACA JUGA: 38 Daftar Barang Harian Toko Sembako yang Paling Laris

Tips membuat rincian modal usaha warung sembako modal 5 juta

Pinterest

Salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis adalah pembukuan yang rapi dan jelas, termasuk dalam bisnis buka warung sembako modal 5 juta. Melakukan pencatatan yang rutin dan rapi untuk setiap pengeluaran dan pemasukan warung sembako adalah hal yang patut diperhatikan.

Jika hal ini kurang diperhatikan, nantinya akan berimbas pada pengalokasian pos-pos pembayaran lainnya seperti pembayaran tagihan kepada supplier. Nah, unsur penting dalam pembukuan adalah rincian modal usaha warung sembako.

Sedulur bisa membuat rincian modal usaha warung sembako menjadi dua bagian yaitu biaya perlengkapan dan peralatan, serta biaya produk warung sembako.

1. Biaya perlengkapan dan peralatan

Di bawah ini merupakan kisaran biaya-biaya yang dikeluarkan sebagai modal usaha awal membuka warung sembako:

No.

Item

Kuantitas

Harga/Kuantitas

Total

1

Rak atau Keranjang Susun 3 tingkat

3

Rp200.000

Rp600.000

2

Rak telur plastik

2

Rp10.000

Rp20.000

3

Toples sedang dan besar

5

Rp30.000

Rp150.000

4

Timbangan duduk

1

Rp130.000

Rp130.000

5

Kalkulator

1

Rp50.000

Rp50.000

6

Kantong plastic kecil

3

Rp12.000

Rp36.000

7

Kantong plastic besar

3

Rp15.000

Rp45.000

Total

Rp1.031.000

BACA JUGA: 10 Cara Menata Warung Sembako Kecil Agar Menarik Pembeli

2. Biaya produk warung sembako

No.

Item

Kuantitas

Harga/Kuantitas

Total

1.

Beras

100kg

Rp1.000.000

Rp1.000.000

2.

Gula

50kg

Rp12.000

Rp600.000

3.

Telur

15kg

Rp20.000

Rp300.000

4.

Minyak Goreng

10L

Rp13.000

Rp130.000

5.

Tepung Terigu

10Kg

Rp10.000

Rp100.000

6.

Mie Instan

5 Dus

Rp50.000

Rp250.000

7.

Pasta gigi, sabun, sampo

3 Dus

Rp100.000

Rp300.000

8.

Perlengkapan mencuci

3 Dus

Rp130.000

Rp390.000

9.

Makanan ringan

3 Dus

Rp100.000

Rp300.000

10.

Minuman Ringan

5 Dus

Rp100.000

Rp500.000

Total

Rp 3.880.00

Itulah tips dan rincian biaya yang dibutuhkan dalam membuka warung sembako dengan modal 5 juta. Tentunya biaya-biaya tersebut dapat berubah ya sesuai dengan kebutuhan yang Sedulur rencanakan. Jadi, sudah yakinkah Sedulur dalam berbisnis warung sembako?