Menata warung sembako kecil adalah hal yang perlu dipikirkan matang-matang untuk menarik pelanggan untuk berbelanja terus di lini bisnis tersebut. Tatanan warung yang rapi, bersih, dan menarik tentu membuat siapa pun akan tertarik untuk berbelanja di warung.

Warung sembako memang menjadi tempat yang sangat dibutuhkan banyak orang untuk membeli keperluan sehari hari. Buat yang punya warung, bisnis ini menjual sembilan bahan pokok atau disingkat sembako. Tidak harus memiliki bangunan yang luas dan besar, kamu bisa mencobanya dari yang kecil-kecilan dulu.

Namun, ada hal yang tidak boleh dilupakan. Tata warung sembako supaya terlihat menarik di mata pembeli Buat kamu yang punya warung kecil dan menjual sembako, bisa banget ikuti tips menata warung sembako kecil yang hasilnya bakalan bisa mendatangkan banyak pelanggan.

BACA JUGA : Resep Seblak Ceker ala Warung Jalanan, di Jamin Nagih!

-->

Cara menata warung sembako kecil agar menarik pembeli

Berikut adalah 10 cara yang bisa Sedulur coba dalam menata warung sembako kecil agar bisa menarik pembeli.

1. Maksimalkan bagian dinding warung

menata warung sembako kecil
Pinterest

Tips pertama cara menata warung sembako agar menarik adalah dengan maksimalkan bagian dinding warung. Sebaiknya kamu memberikan warna yang menarik pada tembok. Bisa dengan mengecatnya dengan warna cerah sebatas menempelkan wallpaper.

Desain toko sembako sederhana bisa didapat dengan mewarnai dinding warung dengan warna yang tidak terlalu mencolok seperti putih, biru muda, kuning, dan kombinasi warna lainnya. Jangan menggunakan warna gelap karena hal semacam itu bisa membuat ruangan kecil terkesan sempit.

2. Memajang dagangan dengan baik

menata warung sembako kecil
Pinterest

Cara membuat gantungan di warung bisa disiasati dengan membuat pajangan khusus. Misalnya saja rentengan khusus untuk shampoo sachet, kopi susu bubuk, atau mungkin tempat untuk melatakan susu kemasan sachet. Perlu diingat, dalam memajang produk sembako kamu harus memperhatikan satu hal: pajang dagangan dalam posisi vertikal.

Memajang dagangan sembako secara vertikal bisa memaksimalkan tempat yang ada. Meskipun warung sembako kamu kecil, dengan trik ini kamu bisa menempatkan barang lebih banyak. Selain itu, memajang dengan arah vertikal bisa membuat visual barang menjadi lebih menarik.

Tips ini juga bisa diterapkan dalam cara menata warung sembako di rumah. Pastikan ketinggiannya berbeda-beda. Manfaat yang akan kamu dapatkan adalah dapat menghemat tempat dan penempatan dagangan bisa menjadi lebih terlihat.

3. Hindari kesan berantakan

menata warung sembako kecil
Maxmanroe

Pembeli menginginkan setiap display produk dagangan terlihat rapi dan bersih. Perlu penataan yang bagus supaya barang yang dijual semakin banyak dilirik pembeli. Ketika menata jajanan anak, jajanan asal ditaruh di sembarang tempat.

Cara menata warung jajanan anak yang paling bagus adalah dengan digantung atau dibuatkan rak khusus. Ada cara lain supaya jajanan anak tidak berantakan yakni dengan menyediakan spot dengan latar berwarna netral.

Warna netral yang direkomendasikan bagi pemilik warung sembako kekinian yaitu putih gading dan abu-abu. Mengatur posisi dagangan juga bisa membuat warung jadi terlihat lebih rapi. Jadi, harus pandai-pandai berkreasi dalam menata tata letak di dalam ruangan.

BACA JUGA : Resep Saus Padang ala Penjual di Warung, Sedap Banget!

4. Tiru model minimarket

menata warung sembako kecil
Republika

Tidak salah kamu meniru model minimarket meskipun kamu hanya memiliki warung kecil. Bisa jadi dengan meniru konsep peletakan barang seperti itu malah menjadi warungmu jadi lebih rapi. Kamu bisa mencontoh cara penataan barang yang ada di supermarket dan minimarket yang ramai dikunjungi pembeli.

Apabila berhasil memanfaatkan setiap sudut di warung sembako kecil dan banyak pelanggan mulai datang ke warung, bisa jadi warung kamu menjadi inspirasi warung kecil buat yang lainnya. Selalu coba konsep baru untuk mencoba-coba.

5. Sediakan gudang stok

menata warung sembako kecil
Triprofik

Cara menata warung sembako agar menarik selanjutnya adalah dengan menyiapkan gudang untuk stok setiap barang dagangan yang akan habis. Biasanya hal ini berlaku apabila warung kamu banyak dikunjungi pelanggan.

Supaya bisa menampung jumlah stok dari hasil kulak, gudang ini juga perlu disediakan. Apabila masih terkendala modal dan belum memiliki space, kamu bisa memanfaatkan tempat di sekitar untuk menampung sementara stok barang dagangan.

6. Susun barang daganan dengan rapi

menata warung sembako kecil
Hipwee

Tips cara menata warung sembako di rumah selanjutnya adalah dengan menyusun barang secara rapi. Jika memiliki warung di rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas, kamu wajib bersabar. Putar otak untuk mendapatkan tatanan warungmu bisa menjual beraneka ragam barang.

Cara menata warung sembako agar menarik kuncinya ada pada kerapian. Semakin menarik dan bersih, akan semakin senang pula pelanggan ketika berkeliling memilih keperluan yang dibutuhkan.

7. Buat rak khusus

menata warung sembako kecil
Pinterest

Supaya cara mengatur rak toko bisa tertata dan sesuai dengan konsep yang sudah dipilih, ini mungkin menjadi solusi dan bisa menjadi inspirasi. Memang membuat rak membutuhkan modal yang tidak sedikit. Apabila mampu memutar otak, bisa memanfaatkan barang yang ada untuk bisa dibuat rak.

Pembuatan rak diharapkan bisa membuat tatanannya sesuai dengan inspirasi warung sembako kekinian yang kamu ekspektasikan. Hal ini juga bisa mendatangkan banyak pelanggan, lho. 

BACA JUGA : Tips Membeli Makanan di Warung Makan Selama Pandemi

8. Sediakan area parkir dan tempat menunggu

menata warung sembako kecil
PKS.id

Tips berikutnya mungkin jarang terpikirkan, namun sebenarnya hal ini cukup penting untuk dilakukan. Meski warung sembako kecil, keberadaan area parkir dan tempat menunggu merupakan hal yang bisa menambah kenyamanan pembeli. 

Hal ini dapat menjadi solusi bilamana warung sedang ramai pembeli. Keberadaan tempat menunggu akan membuat pembeli lebih nyaman saat menunggu. Sementara tempat parkir akan memudahkan pembeli yang datang menggunakan kendaraan. 

9. Atur penerangan yang cukup

menata warung sembako kecil
detikFinance

Tidak hanya fokus pada penataan barang-barang, Sedulur juga harus memastikan penerangan sudah dilakukan dengan baik. Dengan penerangan yang cukup, para pembeli akan lebih mudah saat memilih barang yang ingin di cari. Selain menggunakan lampu, pengaturan penerangan juga bisa dilakukan dengan menata barang sedemikian sehingga tetap terkena sinar matahari. 

Pemilihan lampu juga harus diperhatikan. Hal ini karena lampu akan mempengaruhi suasana di dalam warung. Bila Sedulur ingin kesan ruangan menjadi lebih luas, maka gunakan lampu dengan cahaya putih. Namun, gunakan lampu dengan terang yang secukupnya saja agar tidak terlalu membuat silau.  

10. Jangan menghalangi pembeli

menata warung sembako kecil
Pinterest

Seperti belanja di minimarket, Sedulur juga bisa membuat area dagangan terpisah dengan area kasir. Selain membuat pelanggan lebih enjoy saat memilih barang, Sedulur juga bisa sekaligus menjaga keamanan area kasir. 

Selain itu, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah jangan menghalangi pembeli. Penataan barang dengan cara menggantung harus disesuaikan agar tidak menghalangi pembeli dalam memilih barang yang lain. Sehingga pembeli bisa lebih leluasa mencari barang. 

BACA JUGA : Aplikasi Warung Sembako Tempat Kulakan Murah & Bayar Tagihan Online

Manfaat menata warung sembako kecil 

Menata warung sembako kecil tentu saja akan mendatangkan manfaat bagi pemilik warung maupun pembeli. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan. 

1. Pembeli semakin nyaman

menata warung sembako kecil
Pinterest

Manfaat pertama adalah pembeli yang semakin nyaman. Dengan penataan yang baik, pembeli akan merasa betah berbelanja di warung sembako milik Sedulur. Apalagi jika barang-barang yang mereka cari mudah ditemukan, kepuasan mereka akan menjadi semakin meningkat.

Rasa nyaman yang dirasakan pembeli ini akan membuat mereka selalu ingin berbelanja di warung yang sama. Selain itu, mereka juga bisa merekomendasikan warung sembako milik Sedulur ke orang-orang di sekitarnya.  

2. Omzet semakin meningkat

Belanja bulanan

Sejalan dengan manfaat pertama, pemilik warung sembako juga akan mendapatkan manfaat berupa omzet yang semakin meningkat. Pendapatan yang meningkat ini disebabkan oleh pembeli yang selalu datang di warung yang sama, sekaligus kedatangan orang-orang baru akibat rekomendasi dari pembeli lama yang merasa puas.  

3. Warung semakin rapi

menata warung sembako kecil
Insiden24

Manfaat lain yang bisa Sedulur rasakan dari menata warung adalah membuat warung semakin rapi. Selain terlihat lebih cantik, warung sembako kecil yang ditata dengan benar juga akan terlihat lebih luas. Kesan ini semakin didukung dengan penggunaan cat dinding berwarna cerah, serta penataan rak-rak barang yang sesuai dengan tips di atas. 

4. Cepat mengetahui barang yang habis

Belanja bulanan

Manfaat lain dari menata warung dengan baik adalah cepat mengetahui bila ada barang yang habis. Pemilik warung sembako pastinya sudah hapal dimana saja letak barang-barang dagangannya. Dengan penataan yang baik dan tepat, barang yang sudah habis akan lebih cepat diketahui, sehingga lebih mudah menentukan barang saat akan kulakan.

5. Bisa mengetahui barang kedaluwarsa

menata warung sembako kecil
Hipwee

Selain mengetahui barang yang habis, penataan yang tepat akan membuat Sedulur lebih mudah untuk mengetahui barang yang akan kedaluwarsa. Hal ini akan membuat barang-barang di warung tetap layak dijual kepada pembeli.

6. Warung semakin terkenal

Belanja bulanan

 

Warung sembako dengan penataan yang rapi juga akan menarik lebih banyak pembeli. Dengan begitu, warung sembako milik Sedulur akan semakin terkenal dan didatangi banyak orang. Apalagi jika pelayanan yang diberikan juga ramah, orang-orang dari tempat yang jauh bisa saja rela datang ke warung Sedulur. 

7. Memiliki ciri khas warung

Belanja bulanan

Manfaat terakhir dari menata warung sembako adalah membuat warung memiliki ciri khas. Hal ini tentu saja akan membuat para pembeli bisa lebih mengingat warung sembako milik Sedulur daripada warung sembako milik orang lain. Ciri khas ini juga akan membuat warung sembako lebih unik dan menarik.

Demikian informasi terkait cara menata warung sembako kecil agar bisa menarik pembeli beserta manfaat yang akan dirasakan. Selain fokus pada penataan produk, Sedulur juga perlu memiliki strategi yang tepat saat kulakan sembako agar untuk semakin melimpah.

Salah satu cara terbaik yang bisa Sedulur coba adalah kulakan sembako melalui Aplikasi Super. Sedulur bisa membeli beras, minyak goreng, gula, susu, dan produk-produk sembako lainnya dengan cepat dan gratis ongkir. Selain itu, ada juga banyak diskon dan cashback menarik yang akan membuat kulakan semakin murah.  

Yuk, nikmati kulakan mudah di Aplikasi Super! Download aplikasinya di PlayStore dan segera belanja kebutuhan warung sembako milikmu sekarang juga.