menata warung sembako kecil

Menata warung sembako kecil adalah hal yang perlu dipikirkan matang-matang untuk menarik pelanggan untuk berbelanja terus di lini bisnis tersebut. Tatanan warung yang rapi, bersih, dan menarik tentu membuat siapa pun akan tertarik untuk berbelanja di warung.

Warung sembako memang menjadi tempat yang sangat dibutuhkan banyak orang untuk membeli keperluan sehari hari. Buat yang punya warung, bisnis ini menjual sembilan bahan pokok atau disingkat sembako. Tidak harus memiliki bangunan yang luas dan besar, kamu bisa mencobanya dari yang kecil-kecilan dulu.

Namun, ada hal yang tidak boleh dilupakan. Tata warung sembako supaya terlihat menarik di mata pembeli Buat kamu yang punya warung kecil dan menjual sembako, bisa banget ikuti tips menata warung sembako kecil yang hasilnya bakalan bisa mendatangkan banyak pelanggan.

BACA JUGA : Resep Seblak Ceker ala Warung Jalanan, di Jamin Nagih!

1. Maksimalkan bagian dinding warung

cara membuat gantungan di warung
gobiz

Tips pertama cara menata warung sembako agar menarik adalah dengan maksimalkan bagian dinding warung. Sebaiknya kamu memberikan warna yang menarik pada tembok. Bisa dengan mengecatnya dengan warna cerah sebatas menempelkan wallpaper.

Desain toko sembako sederhana bisa didapat dengan mewarnai dinding warung dengan warna yang tidak terlalu mencolok seperti putih, biru muda, kuning, dan kombinasi warna lainnya. Jangan menggunakan warna gelap karena hal semacam itu bisa membuat ruangan kecil terkesan sempit.

2. Memajang dagangan dengan baik

cara menata warung sembako agar menarik
fastpay

Cara membuat gantungan di warung bisa disiasati dengan membuat pajangan khusus. Misalnya saja rentengan khusus untuk shampoo sachet, kopi susu bubuk, atau mungkin tempat untuk melatakan susu kemasan sachet. Perlu diingat, dalam memajang produk sembako kamu harus memperhatikan satu hal: pajang dagangan dalam posisi vertikal.

Memajang dagangan sembako secara vertikal bisa memaksimalkan tempat yang ada. Meskipun warung sembako kamu kecil, dengan trik ini kamu bisa menempatkan barang lebih banyak. Selain itu, memajang dengan arah vertikal bisa membuat visual barang menjadi lebih menarik.

Tips ini juga bisa diterapkan dalam cara menata warung sembako di rumah. Pastikan ketinggiannya berbeda-beda. Manfaat yang akan kamu dapatkan adalah dapat menghemat tempat dan penempatan dagangan bisa menjadi lebih terlihat.

BACA JUGA : Resep Saus Padang ala Penjual di Warung, Sedap Banget!

3. Hindari kesan berantakan

desain toko sembako sederhana
maxmanroe

Pembeli menginginkan setiap display produk dagangan terlihat rapi dan bersih. Perlu penataan yang bagus supaya barang yang dijual semakin banyak dilirik pembeli. Ketika menata jajanan anak, jajanan asal ditaruh di sembarang tempat.

Cara menata warung jajanan anak yang paling bagus adalah dengan digantung atau dibuatkan rak khusus. Ada cara lain supaya jajanan anak tidak berantakan yakni dengan menyediakan spot dengan latar berwarna netral.

Warna netral yang direkomendasikan bagi pemilik warung sembako kekinian yaitu putih gading dan abu-abu. Mengatur posisi dagangan juga bisa membuat warung jadi terlihat lebih rapi. Jadi, harus pandai-pandai berkreasi dalam menata tata letak di dalam ruangan.

BACA JUGA : Aplikasi Warung Sembako Tempat Kulakan Murah & Bayar Tagihan Online

4. Tiru model minimarket

warung sembako kekinian
republika

Tidak salah kamu meniru model minimarket meskipun kamu hanya memiliki warung kecil. Bisa jadi dengan meniru konsep peletakan barang seperti itu malah menjadi warungmu jadi lebih rapi. Kamu bisa mencontoh cara penataan barang yang ada di supermarket dan minimarket yang ramai dikunjungi pembeli.

Apabila berhasil memanfaatkan setiap sudut di warung sembako kecil dan banyak pelanggan mulai datang ke warung, bisa jadi warung kamu menjadi inspirasi warung kecil buat yang lainnya. Selalu coba konsep baru untuk mencoba-coba.

5. Sediakan gudang stok

gudang stok
triprofik

Cara menata warung sembako agar menarik selanjutnya adalah dengan menyiapkan gudang untuk stok setiap barang dagangan yang akan habis. Biasanya hal ini berlaku apabila warung kamu banyak dikunjungi pelanggan.

Supaya bisa menampung jumlah stok dari hasil kulak, gudang ini juga perlu disediakan. Apabila masih terkendala modal dan belum memiliki space, kamu bisa memanfaatkan tempat di sekitar untuk menampung sementara stok barang dagangan.

BACA JUGA : Tips Membeli Makanan di Warung Makan Selama Pandemi

6. Susun barang daganan dengan rapi

cara mengatur rak toko
hipwee

Tips cara menata warung sembako di rumah selanjutnya adalah dengan menyusun barang secara rapi. Jika memiliki warung di rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas, kamu wajib bersabar. Putar otak untuk mendapatkan tatanan warungmu bisa menjual beraneka ragam barang.

Cara menata warung sembako agar menarik kuncinya ada pada kerapian. Semakin menarik dan bersih, akan semakin senang pula pelanggan ketika berkeliling memilih keperluan yang dibutuhkan.

7. Buat rak khusus

inspirasi warung kecil
lemonilo

Supaya cara mengatur rak toko bisa tertata dan sesuai dengan konsep yang sudah dipilih, ini mungkin menjadi solusi dan bisa menjadi inspirasi. Memang membuat rak membutuhkan modal yang tidak sedikit. Apabila mampu memutar otak, bisa memanfaatkan barang yang ada untuk bisa dibuat rak.

Pembuatan rak diharapkan bisa membuat tatanannya sesuai dengan inspirasi warung sembako kekinian yang kamu ekspektasikan. Hal ini juga bisa mendatangkan banyak pelanggan, lho.

Memiliki warung dengan tatanan yang rapi bak minimarket bukanlah hal yang mustahil, terkadang, ini bukan soal modal untuk memperbesar ruangan, namun juga mencoba-coba dan kreatif. Tips menata warung sembako kecil bisa mendatangkan banyak pelanggan setia. Bagi Sedulur yang menjalankan bisnis ini bisa mempraktikkan trik sederhana ini untuk meningkatkan penjualan.