isi toko sembako

Sedulur mungkin penasaran, apa saja sih isi toko sembako yang paling laris tak mengenal waktu? Tentu sembako dan barang-barang yang digunakan secara rutin oleh masyarakat setiap hari. Ada banyak barang dan bukan hanya satu atau dua barang saja. Bila Sedulur sedang berencana membuka usaha toko sembako, maka perlu mengetahui secara lebih dalam tentang barang-barang tersebut.

Kali ini kita akan bahas bersama apa saja daftar isi toko sembako yang paling laris setiap harinya, sekaligus bisa jadi referensi bagi Sedulur untuk membuat rencana stok kebutuhan sembako di rumah juga. Jadi mari langsung kita cek daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Tips Bisnis Toko Sembako Agar Laris dengan Modal Kecil

1. Minyak goreng

GridPop

Isi toko sembako pertama yang paling laris adalah minyak goreng. Ini disebabkan sebagaian besar masyarakat iNdonesia menyukai makanan yang digoreng. Sehingga minyak goreng merupakan makanan wajib yang ada di daftar toko sembako.

-->

Menyediakan minyak goreng dari berbagai jenis merupakan kewajiban setiap pengusaha toko sembako. Mulai dari minyak kelapa, minyak sawit hingga minyak goreng curah. Karena masyarakat sangat membutuhkan minyak goreng untuk memasak.

2. Beras

isi toko sembako
diKemas

Beras merupakan barang yang wajib ada sebagai isi toko sembako. Beras sendiri merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakt Indonesia. Maka wajar jika di toko sembako selalu tersedia beras yang bisa dibeli oleh masyarakat. Karena beras sendiri merupakan bagian dari sembako sudah sewajarnya tersedia di setiap warung atau toko sembako itu sendiri.

3. Telur

Suara

Telur juga merupakan isi toko sembako yang paling laris, hal ini disebabkan karena telur merupakan bahan makanan yang menyimpan banyak nutrisi untuk kegiatan sehari-hari. Telur juga termasuk makanan dengan protein tinggi. Selain itu, mengolah telur sangat sederhana.

Umumnya di akhir bulan, banyak masyarakat yang membeli telur untuk kebutuhan makan sehari-hari. Karena harus berhemat pengeluaran, termasuk untuk mengeluaran makan.

4. Tepung terigu

isi toko sembako
Kompas

Tepung terigu merupakan bahan masakan yang memiliki banyak fungsi, mulai dari makanan berat sampai kue. Tepung terigu mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan protein. Tidak heran jika banyak yang membutuhkannya sebagai bahan pokok untuk kebutuhan dapur.

Tepung terigu wajib sekali untuk ada di toko sembako, terutama bagi yang membuat toko sembako di daerah pemukiman penduduk yang berjualan seperti gorengan atau camilan dari tepung terigu lainnya. Dijamin tepung terigu akan laris setiap harinya.

5. Tepung tapioka

Kompas

Tepung tapioka merupakan tepung yang terbuat dari umbi singkong. Dikenal juga dengan nama tepung kanji atau di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama tepung aci. Makanan seperti cireng, cimol, cilok dan jajanan tradisional lainnya terbuat dari bahan dasar tepung tapioka.

Dari beberapa makanan tradisional tersebut, kita bisa tahu bahwa tepung taipoka merupakan barang paling laris di toko sembako. Banyak olahan masakan yang bisa dibuat dari tepung tapioka dan tentu saja dibutuhkan oleh masyarakat.

6. Tepung beras

isi toko sembako
Kompasiana

Selanjutnya adalah tepung beras yang merupakan sembako penting sama dengan tepung terigu dan tepung tapioka. Biasanya tepung beras digunakan sebagai bahan dasar membuat kue-kue basah. Tepung beras juga masuk daftar salah satu barang yang paling laris di toko sembako.

7. Gula pasir

Sehat Negeriku

Gula pasir merupakan barang yang wajib ada sebagai isi toko sembako. Karena gula sendiri merupakan kebutuhan masyarakat, selain untuk masak gula juga digunakan untuk membuat berbagai aneka minuman. Gula juga merupakan barang yang selalu ada di setiap jenis toko kelontong, baik yang kecil atau besar sekalipun.

8. Peralatan kamar mandi

isi toko sembako
Klik Dokter

Di setiap toko sembako juga pasti tersedia peralatan di kamar mandi, seperti sabun, mandi, sampo, sikat gigi hingga pasta gigi pasti tersedia di toko sembako. Hal tersebut dikarenakan mandi merupakan kegiatan wajib masyarakat, peralatan di kamar mandi merupakan peralatan yang wajib ada. Maka dari itu, bagi Sedulur yang memiliki usaha toko sembako, Sedulur harus pastikan menyediakan setiap peralatan kamar mandi di toko Sedulur.

9. Kebutuhan cuci baju

Republika

Kebutuhan cuci baju seperti deterjen dan pewangi pakaian juga merupakan isi warung sembako yang paling cepat laris. Sama seperti mandi, mencuci baju juga merupakan kebutuhan wajib masyarakat. Setiap harinya pasti ada saja baju kotor yang harus dicuci.

Ditambah lagi, umumnya masyarakat lebih memilih membeli deterjen atau pewangi pakaian sachet karena lebih teratur penggunaannya. Ketimbang membeli di supermarket atau minimarket, masyarakat lebih memilih membelinya di toko sembako karena lebih simpel.

10. Aneka produk rokok

isi toko sembako
Tribun Medan

Aneka produk rokok merupakan barang yang wajib ada di toko sembako. Rokok juga merupakan barang dengan jaminan laris. Ditambah rokok juga merupakan komoditi yang paling banyak dibeli di Indonesia. Berbagai merk produk rokok memiliki konsumen setianya. Namun tentu tidak sembarang pembeli bisa membeli rokok, ada batasan usia dan beberapa kondisi tertentu.

BACA JUGA: Isi Warung Sembako Modal 2 Juta Beserta Tips Suksesnya

Barang-barang produk instan

Tribun Solo

Sepuluh bahan atau barang isi toko sembako di atas merupakan yang paling laris. Sudah dapat dipastikan setiap harinya ada masyarakat yang membeli barang-barang di atas. Namun bukan hanya barang-barang di atas yang pasti habis setiap harinya, barang seperti produk instan juga pasti laris.

Salah satu isi toko sembako yang wajib ada yaitu produk-produk instan, seperti:

  1. Mie instan
  2. Kopi sachet
  3. Teh celup
  4. Daging Kornet
  5. Ikan sarden
  6. Santan instan
  7. Bumbu instan

Coba lihat daftar di atas, pasti merupakan kebutuhan sehari-hari Sedulur ‘kan? Tentu saja barang di atas merupakan yang paling laris di setiap toko sembako.

Kategori minuman kemasan

isi toko sembako
Klik Dokter

Selain barang produk instan, isi toko sembako yang paling laris selanjutnya yaitu minuman kemasan. Biasanya minuman kemasan terdiri dari produk seperti:

  1. Air mineral
  2. Sirup
  3. Teh kemasan
  4. Sari buah kemasan
  5. Minuman soda dan berkarbonasi
  6. Minuman herbal kemasan

Snack dan camilan

Pikiran Rakyat

Warung atau toko sembako merupakan tempat favorit anak-anak. Karena anak-anak pasti akan jajan camilan atau snack yang ada di warung. Nah salah satu isi toko sembako yang juga sering laku berat yaitu snack atau camilan yang biasanya terdiri dari:

  1. Kerupuk atau keripik
  2. Kacang-kacangan
  3. Permen
  4. Biskuit
  5. Aneka roti
  6. Aneka jajajan lainya

Aneka bumbu dapur

isi toko sembako
Super

Sedulur mungkin telah stok sembako yang telah dibahas di atas, namun apakah Sedulur menyiapkan bumbu-bumbu dapur untuk memasak? Bumbu-bumbu dapur merupakan bahan penting yang perlu Sedulur siapkan. Adapun bumbu dapur yang tersedia sebagai isi toko sembako yaitu:

  1. Garam
  2. Penyedap rasa
  3. Kaldu ayam bubuk
  4. Kaldu sapi bubuk
  5. Merica bubuk
  6. Ketumbar bubuk

Aneka kebutuhan rumah tangga

Unsplash

Terakhir adalah isi toko sembako yang biasanya dibutuhkan oleh ibu-ibu. Seperti berikut daftarnya:

  1. Tisu dan cotten bud
  2. Kapas dan tusuk gigi
  3. Pembersih lantai dan obat nyamuk bakar

Tips buat stok sembako di rumah

Super

Dari daftar isi toko sembako di atas, barang kebutuhan mana yang sering Sedulur beli dan butuhkan di rumah? Pasti sembako dan kebutuhan dapur serta kebutuhan rumah secara umum. Karena itu merupakan kebutuhan dasar.

Tapi apakah Sedulur tahu tips buat stok sembako di rumah itu seperti apa? Sedulur tidak boleh sembarangan stok barang, ada beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan. Jika tidak paham tipsnya lalu semabarangan stok, bahan-bahan bisa mubazir.

Berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

  • Sedulur harus pastikan bahan makanan mana yang sudah abis.
  • Beli bahan makanan segar seperti sayur, daging dan buah-buahan secukupnya.
  • Lalu cuci bersih dan masukkan dalam kotak yang tertutup rapat.
  • Simpan di freezer atau chiller biar bisa tahan lama sebagai stok
  • Untuk bahan-bahan kemasan lain, Sedulur bisa simpan di kotak atau lemari yang tertutup rapat

Pastikan bahwa makanan yang distok aman, untuk yang disimpan di kulkas pastikan tertutup rapat di dalam kotak. Untuk makanan kemasan di luar kulkas, pastikan terutup rapat dalam sebuah kotak atau lemari. Perhatikan juga waktu kadaluarsanya ya!

Tips mengatur kebutuhan dapur

Memasak
Pexels

Setelah tahu tips buat stok sembako di rumah, Sedulur juga harus tahu seperti apa tips mengatur kebutuhan dapur agar hemat dan semua kebutuhan terpenuhi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Buat list kebutuhan dapur, mulai dari sembako dan barang atau bahan-bahan lainnya.
  • Buat anggaran belanja berdasarkan list kebutuhan.
  • Agar bahan bertahan lama, terapkan tips stok yang dijelaskan sebelumnya atau metode food preparation lainnya.
  • Belanja di tempat yang super murah, mau di pasar tradisional atau tempat belanja lainnya.
  • Usahakan pilih bahan makanan yang tahan lama, agar bisa lebih hemat dalam mengatur kebutuhan dapur.

Dengan mengetahui tips mengatur kebutuhan dapur, Sedulur bisa membuat stok makanan dengan baik. Juga Sedulur bisa tahu fungsi dan kegunaan setiap isi toko sembako sehingga ketika belanja Sedulur bisa langsung membeli kebutuhan yang tepat.

Tips belanja sembako hemat

Sedulur sudah tahu apa saja isi toko sembako yang cepat laris dari penjelasan di atas. Dari daftar barang di atas, sembako atau kebutuhan mana yang Sedulur butuhkan setiap harinya? Pasti semua daftar isi toko sembako di atas Sedulur butuhkan dan tentu Sedulur stok untuk kebutuhan rumah.

Tentu Sedulur ingin belanja stok sembako dan kebutuhan rumah dengan harga yang lebih murah agar dapat lebih berhemat. Tenang, keinginan tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan belanja di Aplikasi Super. Bukan hanya belanja lebih murah sehingga bisa hemat, Sedulur juga tidak perlu ribet belanja.

Hanya dengan menggunakan handphone, Sedulur bisa melanja setiap kebutuhan di Aplikasi Super tanpa perlu keluar rumah. Belanja lebih murah dan hemat ditambah belanja lebih mudah. Yuk, cek Aplikasi Super dan belanja kebutuhan rumah Sedulur yang mulai habis sekarang juga!