Badan sehat dan bebas penyakit adalah impian setiap orang. Demi mendapatkan badan yang sehat, banyak cara yang bisa dilakukan. Di antaranya mengubah pola hidup dengan rajin olahraga dan tidak lupa diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat. Dua hal ini adalah cara meningkatkan imun tubuh supaya terhindar dari penyakit. Kondisi cuaca yang tak menentu, membuat  tubuh sangat mudah terserang penyakit. Terlebih saat ini dengan merebaknya kasus COVID 19 varian Omicron di Indonesia, membuat kita wajib waspada.

Pencegahan sejak dini harus dilakukan agar badan fit dan sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan makanan juga harus mengandung gizi yang baik, agar tubuh benar-benar kebal terhadap penyakit.

Bicara mengenai tips supaya badan kebal terhadap virus, maka berikut adalah tips lengkap dan mudah yang bisa Sedulur terapkan terkait bagaimana cara meningkatkan imun tubuh supaya terbebas dari virus.

BACA JUGA: 10 Merek Vitamin Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Konsumsi makanan bergizi

cara meningkatkan imun tubuh
alodokter

Langkah pertama cara meningkatkan imun tubuh secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Sumber gizi bisa kamu dapatkan dari segala macam makanan apa saja. Mulai dari buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mendapatkan vitamin dan mineral. Lalu mengonsumsi nasi atau gandum agar mendapatkan manfaat karbohidrat.

Selanjutnya hal yang tidak boleh dilupakan adalah asupann protein yang bisa kamu dapatkan dari daging dan kacang-kacangan. Ketiga sumber makanan ini wajib terpenuhi agar imunitas tubuh kamu terjaga  ya Sedulur.

2. Perbanyak konsumsi vitamin C

cara meningkatkan imun tubuh
alodokter

Vitamin C adalah sumber utama dalam meningkatkan daya tahan tubuh  agar terhindar dari sakit. Memasuki musim penghujan seperti saat ini, daya tahan tubuh akan mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika Sedulur kurang mengonsumsi makanan bergizi seperti kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C  ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Antara lain buah jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri. Sedangkan sayur-sayuran bisa mengonsumsi brokoli, paprika, dan tomat. Dua jenis makanan  ini sangat diperlukan sebagai cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat.

Namun bila perlu, setelah mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, bisa juga diimbangi dengan mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dilakukan agar kamu benar-benar sehat dan terhindar dari segala macam virus. Sebab, virus sangat mudah menyerang tubuh, jika kondisi fisik tidak fit dan kurang asupan gizi.

BACA JUGA: 12 Jenis Vitamin Anak yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

3. Istirahat cukup

cara meningkatkan imun tubuh
rsadventbandung

Cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan istirahat  yang cukup. Tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Perlu diketahui, jika tidur yang nyenyak dan berkualitas bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima. Sehingga tubuh akan sangat siap melawan patogen penyebab penyakit.

Sebaliknya, jika Sedulur kurang tidur dan lebih banyak begadang, maka hanya akan mengundang penyakit. Sebab saat kamu kurang tidur, produksi sitokin dan sel T pada tubuh akan berkurang. Maka dari itu, pastikan selalu Sedulur  memenuhi kebutuhan istirahat harian dengan minimal tidur 7 jam setiap malam.

4. Kelola stres

cara meningkatkan imun tubuh
beritasatu

Bagaimana cara meningkatkan imun tubuh selanjutnya? Maka salah satunya dengan mengelola stres. Munculnya stres bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti stres karena beban kerja atau mungkin menyangkut masalah pribadi. Stres yang tidak diatasi dengan baik hanya akan mengundang beragam penyakit berbahaya seperti  hipertensi, stroke, diabetes dan masih banyak lagi.

Saat kamu stres, tubuh akan banyak menghasilkan hormon kortisol. Peningkatan hormon  inilah membuat stres dapat terjadi berkepanjangan. Supaya tingkat stres dapat dikontrol,  maka hal yang wajib kamu lakukan adalah rajin olahraga, bertemu teman, mengeluarkan unek-unek,  perawatan diri dan sebagainya.

Cara semacam ini dianggap ampuh dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dan mengelola stres merupakan cara meningkatkan imun tubuh secara alami lho Sedulur. Jadi, mulailah untuk mengelola stres kamu agar terhindar dari serangan virus.

BACA JUGA: 10 Manfaat Temulawak Obat Herbal yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

5. Rajin olahraga

Pexels

Solusi cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat adalah dengan rajin olahraga. Banyak survei membuktikan jika melakukan olahraga adalah cara paling mudah dan praktis dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan rahasia jika olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah obesitas, melindungi dari penyakit kardiovaskular, dan menekan terjadinya keropos tulang. Ketiga penyakit ini sangat rawan diderita oleh setiap, karena menyasar tubuh yang jarang melakukan olahraga.

Olahraga diketahui bisa merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel putih memiliki fungsi sebagai sel kekebalan tubuh untuk melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Manfaat lain jika rutin melakukan olahraga adalah dapat membantu mengeluarkan bakteri  dari paru-pary dan saluran di pernapasan.

Orang yang sering melakukan olahraga tidak akan mudah terserang penyakit, ketimbang mereka tidak pernah melakukan olahraga. Selain itu, manfaat olahraga juga berdampak positif bagi kesehatan mental seseorang. Seperti mengelola stres, memperbaiki  suasana hati, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buat kamu yang sedang menjaga kesehatan tubuh dan mencari cara meningkatkan imun tubuh secara alami, maka tidak ada salahnya untuk mulai ruin melakukan olahraga. Baik itu hanya olahraga jogging, berenang, atau bersepeda. Yang terpenting adalah ajaklah tubuhmu untuk selalu bergerak setiap saat.

6. Hindari rokok

cara meningkatkan imun tubuh
klikdokter

Merokok adalah kebiasaan buruk yang harus mulai ditinggalkan Sedulur. Karena kebiasaan ini bisa mengundang beragam macam penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung, stroke, hipertensi, dan penyakit lainnya. Di dalam sebatang rokok, terdapat ribuan zat berbahaya seperti unsur nikotin yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Maka cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat adalah dengan mengurangi merokok. Jika Sedulur telah berhenti merokok, maka teruskanlah kebiasaan baik ini. Namun, jika masih merokoh dan berupaya untuk mulai hidup sehat, maka mulaillah untuk membatasi merokok. Dengan mengurangi konsumsi rokok, maka itu bisa menjadi cara meningkatkan imun tubuh dengan cepat.

Namun bagi kamu yang merupakan perokok aktif atau tidak merokok hanya menghirup asapnya, maka lebih baik jauhi sementara perokok tersebut. Ini adalah salah satu cara meningkatkan imun tubuh secara  alami.

BACA JUGA: 12 Multivitamin yang Bagus Untuk Kekebalan & Daya Tahan Tubuh

7. Rajin cuci tangan

kompas

Rajin mencuci tangan adalah cara meningkatkan imun tubuh secara alami. Di telapak tangan, ratusan bahkan ribuan bakteri menempel. Ini akan menjadi masalah serius jika tangan kamu tidak bersih dan dipakai ketika sedang makan. Akibatnya, bakteri bisa masuk dari mulut dan mengendap di tubuh. Selanjutnya akan timbul penyakit-penyakit serius.

Pastikan sebelum makan dan sesudah makan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Hal ini sebagai upaya atau cara meningkatkan imun tubuh supaya  terbebas dari penyakit berbahaya Sedulur. Selain ketika makan, cuci tangan juga harus dilakukan setelah menggunakan toilet, memegang hewan, dan berada di dekat orang sakit seperti pilek dan batuk.

8. Jaga kebersihan diri

saraswati1denpasar

Tubuh bersih bukan hanya baik untuk penampilan. Namun tubuh yang bersih juga sangat baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan tubuh yang bersih dan sehat, maka kamu rajin membersihkan tubuh seperti mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, serta mengganti pakaian.

Badan yang kotor dan jarang dirawat akan sangat mudah terserang penyakit. Karena virus sangat suka dengan kondisi tubuh seseorang yang tidak terlihat fit. Agar tubuhmu bersih dan tetap sehat, maka bersihkan tubuhmu dengan menggunakan sabun antibakteria dan gosok gigi dengan pasta gigi.

Pastikan selalu menjaga kebersihan diri. Sebab dengan kamu rutin menjaga kebersihan diri, maka virus dan penyakit tidak akan mudah menyerang tubuhmu.  

BACA JUGA: 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

9. Berjemur

tirto

Matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh Sedulur. Sebab, cahaya matahari pagi mengandung unsur vitamin D  yang memang sangat diperlukan untuk daya tahan tubuh. Hal ini semakin dikuatkan dengan penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Solo. Dalam penelitiannya,  berjemur di bawah sinar matahari sangat bermaanfaat untuk kekebalan tubuh jika dilakukan dengan tepat.

Nah buat kamu yang sedang mencari cara meningkatkan imun tubuh secara alami, kamu harus rajin berjemur pada sinar matahari pagi. Pastikan kamu berjemur pada waktu yang tepat antara pukul 08.00-09-00 WIB agar vitamin D yang kamu butuhkan dapat terpenuhi.

Supaya mendapatkan manfaat sinar matahari pagi, maka dianjurkan untuk berjemur kurang lebih selama 10-15 menit saja per sesi. Dan lakukan aktivitas ini sebanyak 2-3 kali  dalam seminggu supaya  kamu  mendapatkan manfaat yang dibutuhkan. Aktivitas berjemur adalah cara meningkatkan imun tubuh secara alami.

10. Jaga kebersihan lingkungan

depokpos

Lingkungan yang bersih bisa menciptakan suasana kondusif dan terhindar dari penyebaran virus berbahaya. Hal ini juga dikuatkan oleh penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dalam penelitiannya dijelaskan, paparan terhadap mikroorganisme pada lingkungan tempat tinggal kamu bisa membentuk pola perkembangan pada respon imun kamu. Jadi, lingkungan bersih bisa berdampak besar bagi kesehatan seseorang. Kebersihan akan lingkungan adalah suatu cara meningkatkan imun tubuh secara alami bagi  seseorang.

Sebaliknya, jika kita tidak pernah menjaga kebersihan lingkungan, penyakit akan sangat  mudah menyerang imunitas kita. Virus dan bakteri bahkan cepat berkembang di lingkungan yang kotor, sehingga bisa timbul beragam penyakit. Seperti penyakit malaria yang disebabkan karena nyamuk aides aigepti. Nyamuk jenis ini bisa hidup pada lingkungan yang kotor dan memiliki banyak kubangan air.

Tempat tinggal dan sanitasi yang buruk akan sangat mudah menjadi tempat tumbuh kembang virus dan bakteri. Sebaliknya, jika lingkungan bersih dan sehat maka virus dan bakteri tidak akan mudah menghinggapi tubuh kita. Maka dari itu, mulailah untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita, agar terbebas dari munculnya penyakit berbahaya.

Menjaga kebersihan merupakan cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat dn fit. Jadi mulailah untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal sekitar kita. Karena munculnya beragam penyakit  berbahaya dimulai  dari lingkungan sekitar kita.

Demikian tadi ulasan tentang tips atau cara meningkatkan imun tubuh secara alami. Semoga kita bisa mulai menerapkan hidup sehat sejak dini.  Supaya tubuh dapat terhindar dari serangan virus dan bakteri berbahaya serta akan memunculkan penyakit kronis. Yuk mulai jaga kesehatan Sedulur.