Manfaat Temulawak

Berikut ini manfaat temulawak yang super untuk memperkuat daya tahan Sedulur. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Temulawak merupakan salah satu jenis ramuan yang memiliki sejumlah khasiat dan manfaat. Hal tersebut telah dibuktikan secara ilmiah. Bahkan temulawak seringkali disandingkan dengan ginseng asal Korea Selatan yang menjadi kebanggaan negara yang terkenal dengan industri K-Pop.

Beberapa manfaat dari temulawak yang akan dibahas di bawah ini berasal dari kandungan yang terdiri dari 0,37% abu, 1,52% protein, 1,35% lemak, 0,80% serat, 79,96% karbohidrat, 15 ppm kurkumin, 11,45 ppm kalium, 6, 38 ppm natrium, 19,07 ppm kalsium, 12,72 ppm magnesium, 6,38 ppm zat besi, 0,82 ppm mangan, 0,02 ppm kadmium. Lantas, apa saja daftar manfaatnya? Yuk, mari kita simak pembahasannya!

Baca Juga: 12 Manfaat Jagung Untuk Menjaga Kesehatan & Kecantikan Tubuh

-->

Daftar Manfaat Temulawak untuk Daya Tahan dan Kesehatan Tubuh!

1. Manfaat Temulawak Untuk Imunitas Tubuh

1. Manfaat Temulawak Untuk Imunitas Tubuh
sindonews.com

Manfaat pertama yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Manfaat tersebut berasal dari kandungan kurkumin dalam temulawak. Hal ini juga sekaligus merupakan manfaat temulawak untuk Covid. Karena salah satu syarat agar terhindar dari Covid yaitu memiliki sistem imun tubuh yang kuat.

Kurkumin dalam temulawak berperan sebagai anti peradangan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membuat temulawak berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus yang dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi akibat bakteri dan virus.

2. Manfaat Temulawak Untuk Sistem Pencernaan

1. Manfaat Temulawak Untuk Imunitas Tubuh
tokopedia.com

Kedua adalah manfaat temulawak untuk lambung, karena dapat mengatasi masalah sistem pencernaan yang Sedulur alami. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan temulawak yang dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Hal ini dapat membuat sistem pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh menjadi lebih lancar lagi.

Bukan hanya itu, temulawak juga dapat mengatasi permasalahan perut lainnya, terutama bagi Sedulur yang memiliki masalah dengan nafsu makan, temulawak adalah jawabannya. Karena, temulawak dapat merangsang nafsu makan. Tak heran jika banyak ibu menggunakan suplemen dengan temulawak untuk membantu anak lebih rajin makan.

3. Manfaat Temulawak Untuk Penderita Osteoarthritis

3. Manfaat Temulawak Untuk Penderita Osteoarthritis
lifepack.id

Khasiat temulawak selanjutnya yaitu dapat mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi yang membuat sendi menjadi lebih kaku dan sakit. Temulawak dapat memberikan efek meredakan sakit seperti ibuprofen jika dikonsumsi secara rutin. Ibuprofen merupakan obat penghilang rasa sakit yang biasa dikonsumsi oleh para penderita osteoarthritis.

4. Manfaaat Temulawak Untuk Pengobatan Kanker

4. Manfaaat Temulawak Untuk Pengobatan Kanker
kompas.com

Manfaat temulawak selanjutnya yaitu dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Bahan-bahan herbal, terutama temulawak, dipercaya dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan diketahui dapat secara efektif membantu pengobatan kanker.

5. Berfungsi Sebagai Obat Stress

5. Berfungsi Sebagai Obat Stress
solopos.com

Bagi Sedulur yang memiliki kecenderungan stress dan depresi, dapat mengonsumsi temulawak sebagai obat alternatif. Hal tersebut dikarenakan temulawak mengandung antidepresan. Stress dan depresi yang dialami disebabkan oleh penurunan tingkat faktor neurotropik dan penyusutan hipokampus, area otak yang berperan dalam memori dan pembelajaran. Kondisi ini bisa dibantu melalui konsumsi temulawak secara rutin. Akan tetapi Sedulur perlu tetap konsultasi pada tenaga kesehatan yang ahli untuk menangani kondisi ini.

Baca Juga: Manfaat Susu Beruang yang Aman Untuk Konsumsi Sehari-hari

6. Manfaat Temulawak Untuk Jantung

6. Manfaat Temulawak Untuk Jantung
klikdokter.com

Manfaat temulawak selanjutnya dapat mencegah kita terkena serangan jantung. Serangan jantung masih menjadi penyebab nomor satu kematian yang terjadi di dunia ini. Pencegahan serangan jantung oleh temulawak berasal dari kandungan kurkumin dari temulawak, yang dapat memicu peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Kerusakan endotelium atau lapisan pembuluh darah biasanya menjadi pemicu utama serangan jantung, yang menyebabkan peredaran darah tidak lancar atau terjadinya pembekuan darah.

7. Mengobati dan Mengatasi Jerawat

7. Mengobati dan Mengatasi Jerawat
alodokter.com

Bagi Sedulur yang mengalami masalah jerawat dan permasalahan wajah lainnya, Sedulur bisa menggunakan manfaat temulawak untuk wajah. Temulawak dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, hal tersebut disebabkan oleh kandungan astringent yang dapat mengurangi produksi minyak pada wajah.

Kandungan antiseptik pada temulawak juga dapat membantu wajah lebih bersih dan terhindar dari bakteri yang menjadi penyebab utama jerawat. Tapi bukan hanya temulawak, Sedulur juga perlu mengonsumsi makanan sehat demi kulit yang lebih glowing. Perhatikan asupan gizi harian Sedulur. Manfaatkan Aplikasi Super untuk berbelanja bahan makanan sehat dan berkualitas, ya!

8. Menjaga Kesehatan Liver

8. Menjaga Kesehatan Liver
hellosehat.com

Manfaat temulawak untuk menjaga kesehatan liver bisa didapatkan dari ekstrak temulawak yang efektif melindungi hati dari hepatotoksik, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen. Hepatotoksik merupakan bahan kimia yang dapat memberikan efek samping buruk pada hati. Temulawak merupakan bahan herbal yang dapat mengatasi setiap masalah tersebut.

9. Obat Diuretik

9. Obat Diuretik
hellosehat.com

Perlu Sedulur ketahui, bahwa diuretik adalah zat yang dapat membantu Sedulur untuk membersihkan tubuh dari garam dan air, sehingga tidak akan terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Diuretik dapat merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urine.

Manfaat temulawak yaitu dapat berperan sebagai obat diuretik, yang dapat mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah, sehingga dapat mencegah Sedulur dari penyakit seperti gagal jantung, gagal hati, permasalahan ginjal dan edema.

10. Antispasmodik

10. Antispasmodik
sehatq.com

Manfaat temulawak yang terakhir yaitu dapat berperan sebagai antispasmodik. Antispasmodik merupakan sejenis golongan obat yang bersifat sebagai relaksan otot polos. Hal tersebut berarti, obat yang dapat berfungsi memberikan ketenangan pada otot halus di usus dan mencegah terjadinya kejang-kejang pada usus. Hal ini juga yang membuat temulawak baik untuk sistem pencernaan.

Jenis obat antispasmodik digunakan untuk mengatasi kondisi irritable bowel syndrome (IBS), kondisi saat usus mengalami gangguan akibat kontraksi otot yang tidak normal. Gejala IBS diantaranya adalah sakit perut, kembung, diare, kram perut dan sembelit. Semua gejala tersebut bisa Sedulur redakan dengan mengkonsumsi temulawak, karena dapat berperan sebagai antispasmodik.

Perbedaan Temulawak dan Kunyit

Banyak di antara kita yang mungkin masih bingung tentang perbedaan temulawak dan kunyit, karena bentuknya yang identik. Perlu diperhatikan bahwa temulawak memiliki bentuk yang lebih besar dan membulat dibandingkan dengan kunyit. Selain itu, warna kuning pada kunyit lebih pekat dibandingkan temulawak.

Jika ditilik dari tanamannya, kedua rimpang ini juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Temulawak memiliki bentuk batang semu yang lebih tinggi dibandingkan tanaman kunyit. Untuk daunnya, tanaman kunyit biasanya memiliki daun dengan panjang antara 31-83 cm sedangkan daun temulawak berkisar 50-55 cm saja.

Efek Samping Temulawak

Dari sekian banyak manfaat temulawak di atas, terdapat beberapa efek samping temulawak. Terutama jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur. Efek samping yang akan dirasakan adalah iritasi perut dan mual-mual. Dampak terburuknya adalah Sedulur bisa mengalami kerusakan hati karena konsumsi herbal berlebih. Namun, selama konsumsi masih dalam batas wajar, Sedulur akan terhindar dari efek samping tersebut.

Semoga penjelasan terkait manfaat temulawak di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait bahan-bahan alami yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Makanan yang Sedulur konsumsi memang berperan besar dalam menjaga kesehatan. Sedulur juga bisa menunjang kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan berkualitas.

Sedulur dapat memenuhi kebutuhan makanan sehat lewat Aplikasi Super. Tersedia berbagai macam kebutuhan sehari-hari, mulai dari sembako, bumbu dapur, hingga temulawak pun tersedia di Aplikasi Super. Sedulur bisa install Aplikasi Super dan mulai belanja sekarang! Nikmati ragam promo yang menguntungkan dan kemudahan dalam berbelanja!