cara mengetahui hp disadap

Cara mengetahui HP disadap merupakan hal yang penting untuk Sedulur ketahui. Sebab, penyadapan telah menjadi salah satu ancaman kejahatan yang banyak menghantui pengguna alat elektronik tersebut.

Meski tidak secara langsung memberikan dampak kerugian secara materi, penyadapan jelas mengancam keamanan privasi seseorang. Ketika HP disadap, artinya aktivitas yang dilakukan dengan HP tersebut dapat diketahui bahkan direkam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Data-data itu pun rentan digunakan untuk kejahatan lain yang dalam jangka panjang bisa merugikan secara materi atau malah mengancam keamanan Sedulur.

Lantas, bagaimana sebenarnya tindak penyadapan itu terjadi? Serta bagaimana cara mengetahui HP disadap dari jarak jauh dan cara mengatasinya? Untuk menemukan jawabannya, yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Laptop & PC di 2022

Pengertian penyadapan HP

 
cara mengetahui hp disadap
Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, Sedulur perlu mengetahui apa itu penyadapan terlebih dahulu.

Kata penyadapan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring memiliki arti proses, cara, perbuatan menyadap. Adapun menyadap adalah mendengarkan (merekam) informasi (rahasia, pembicaraan) orang lain dengan sengaja tanpa sepengetahuan orangnya.

Sementara, penyadapan HP dapat dipahami sebagai tindakan di mana aktivitas seseorang dalam menggunakan telepon (HP) dilacak oleh orang lain dengan memanfaatkan sebuah sistem atau perangkat lunak tertentu. Dengan begitu, penyadap dapat merekam aktivitas yang dilakukan oleh si pemilik HP dan bahkan “mencuri” informasi maupun data-data yang ada di dalam HP tersebut. Tindakan ini tentunya lebih sering tidak disadari oleh pemilik HP.

Dampak kerugian terbesar yang ditimbulkan adalah terancamnya privasi seseorang. Pasalnya data-data maupun informasi yang disampaikan atau disimpan di dalam HP tersebut dapat diketahui oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sementara dalam jangka panjang, penyadapan juga bisa berdampak pada kerugian materi apabila data-data tersebut digunakan untuk tindak kejahatan lainnya.

BACA JUGA: 20 Aplikasi Pembuka Situs Blokir Terbaik 2022, Bebas Internetan!

Cara mengetahui HP disadap

cara mengetahui hp disadap
Freepik

Salah satu cara mengetahui HP disadap adalah dengan memperhatikan beberapa ciri berikut. Dihimpun dari berbagai sumber, ada sejumlah tanda yang dapat menunjukkan kemungkinan telah terjadi penyadapan terhadap HP Sedulur.

1. Terjadi masalah pada baterai

Kondisi baterai yang tidak normal atau sehat dapat menjadi salah satu petunjuk apakah HP Sedulur tengah menjadi korban penyadapan. Meski demikian ini bukanlah ciri mutlak yang secara pasti menandakan hal tersebut.

Adapun pada HP yang disadap dapat terjadi masalah pada baterai di mana baterai dapat menjadi cepat panas. Hal ini disebabkan oleh adanya perangkat lunak atau aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Selain cepat panas, daya baterai juga bisa cepat habis meskipun Sedulur sedang tidak menggunakan HP.

2. Muncul aplikasi yang tidak diinginkan

Ciri yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah muncul aplikasi yang tidak dikenal secara tiba-tiba padahal Sedulur tidak menginstalnya. Jika Sedulur menemukan ada aplikasi asing di HP, baik Android maupun iOS, ada baiknya untuk segera menghapus atau uninstall aplikasi tersebut.

Selain aplikasi yang tidak diinginkan, iklan yang muncul secara tiba-tiba juga patut untuk diwaspadai. Hindari menekan atau klik link apapun yang muncul jika Sedulur tidak mengetahui link tersebut akan mengarahkan ke mana.

3. Muncul pesan aneh

Munculnya pesan aneh pada inbox atau pesan masuk di HP juga dapat menjadi tanda HP Sedulur telah disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pesan tersebut dapat berupa rangkaian huruf, angka, maupun simbol yang tersusun secara acak. Pesan aneh tersebut juga dapat menjadi cara mengetahui hp dihack atau diretas.

4. Paket data internet terkuras

Sama halnya dengan daya baterai yang terkuras meski tidak digunakan, paket data internet yang berkurang secara drastis juga bisa menandai adanya penyadapan. Sebab boleh jadi ada aplikasi berbahaya yang aktif dan menggunakan paket internet tanpa Sedulur ketahui. Untuk itu tidak ada salahnya untuk memeriksa secara rutin penggunaan paket internet sehari-hari untuk mengantisipasi adanya aktivitas mencurigakan di HP Sedulur.

5. Muncul suara berisik saat menelepon

Ciri HP telah diutak-atik oleh penyadap berikutnya adalah muncul suara berisik saat menelepon. Selain itu dapat pula terjadi perubahan volume secara tiba-tiba saat tengah menelepon. Padahal Sedulur tidak merasa telah menaikkan ataupun menurunkan volume.

BACA JUGA: 8 Situs Menarik Dark Website yang Bisa Kamu Coba, Berani?

Apa yang harus dilakukan jika HP disadap?

cara mengetahui hp disadap
Freepik

Setelah mengetahui ciri-ciri HP disadap sebagaimana yang dipaparkan di atas, selanjutnya Sedulur dapat menyimak cara mengatasi HP yang disadap. Berikut ini Super telah merangkum 7 cara mengatasi HP disadap dari berbagai sumber.

1. Akses kode rahasia *#21#

Jika Sedulur mendapati ada sejumlah kondisi yang menandakan bahwa kemungkinan telah terjadi penyadapan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengakses kode rahasia *#21#. Cara mengetahui HP disadap dengan kode ini dapat dilakukan seperti saat Sedulur akan melakukan panggilan telepon. Dengan cara ini, Sedulur dapat mengetahui apakah terjadi penyadapan pada perangkat yang dimiliki. Selain mengakses kode *#21#, cara mengetahui HP disadap juga bisa dengan kode *#06#, *#61#, maupun *#62#.

2. Akses kode rahasia *#002#

Setelah memastikan apakah HP Sedulur benar disadap atau tidak, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghentikan akses yang tidak diinginkan terhadap HP Sedulu. Caranya yakni dengan memasukkan kode ##002## atau #002#. Kode tersebut dapat digunakan untuk memutus penyadapan atau mematikan semua bentuk pengalihan HP dari pihak lain, seperti misalnya hacker atau peretas.

3. Periksa penggunaan VPN di HP

Virtual Private Network atau VPN merupakan layanan untuk mengakses situs melalui jaringan lain. Umumnya VPN digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan wilayah atau koneksi.

Meski dapat memberikan kemudahan dalam berselancar di jagat maya, ternyata VPN juga dapat membawa dampak buruk yaitu risiko penyadapan atau peretasan pada perangkat. Untuk itu, perhatikan penggunaan VPN di HP dan ada baiknya untuk meminimalisasi penggunaannya atau hanya menggunakannya untuk hal yang penting.

4. Periksa aplikasi yang mencurigakan

Ada kalanya Sedulur perlu untuk memeriksa aplikasi apa saja yang terpasang di HP. Sedulur dapat memeriksa daftar aplikasi di menu pengaturan atau Setting pada HP. Apabila ada aplikasi yang mencurigakan terlebih Sedulur tidak merasa pernah mengunduh dan meng-installnya, ada baiknya segera diuninstall. Sebab boleh jadi itu merupakan aplikasi yang sengaja dipasang oleh pihak penyadap pada HP Sedulur.

5. Periksa unknown sources

Unknown sources adalah sumber aplikasi yang tidak diketahui. Untuk memeriksa unknown sources, Sedulur dapat membuka menu pengaturan atau Setting dan pilih “Keamanan dan Privasi” atau “Security and Privacy.” Kemudian nonaktifkan pilihan unknown sources. Dengan demikian Sedulur tidak bisa menginstall aplikasi selain dari Play Store resmi Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS.

6. Reset HP ke setelan pabrik

Cara yang cukup efektif untuk mengatasi penyadapan adalah dengan me-reset HP kita ke setelan pabrik atau disebut factory reset. Dengan kata lain, factory reset memiliki artian mengembalikan HP ke kondisi seperti saat baru membelinya di mana belum ada aplikasi tambahan maupun data-data lainnya.

Namun sebelum melakukan opsi satu ini, pastikan data-data Sedulur telah di-backup. Sebab ketika HP dikembalikan kondisi seperti saat masih baru, data-data yang tersimpan maupun berbagai aplikasi yang pernah kita unduh dan install di HP otomatis akan terhapus.

7. Hubungi Call Center operator

Tidak jarang masalah penyadapan juga berkaitan dengan nomor telepon yang Sedulur gunakan. Untuk itu cara mengetahui HP disadap Telkomsel, XL, Indosat, atau lain sebagainya dapat dengan menghubungi pihak operator terkait. Selain menghubungi melalui Call Center, Sedulur juga bisa mendatangi gerai atau pusat layanan operator terdekat.

BACA JUGA: 6 Fungsi Airplane Mode pada Smartphone yang Jarang Diketahui

Tips mencegah HP disadap

 
Freepik

Selain mengetahui cara mengatasi HP disadap, Sedulur tentu juga ingin tahu bagaimana cara mencegah terjadinya penyadapan pada HP maupun perangkat lainnya. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan sekaligus menjadi kebiasaan untuk menggunakan gadget atau gawai secara aman.

  • Pasang password yang kuat pada HP dan gawai lainnya

Dalam hal ini, tak ada salahnya untuk mengkombinasikan beberapa mode penguncian, seperti password, pola, sidik jari, dan face unlock jika tersedia pada HP.

  • Periksa daftar aplikasi yang terpasang secara berkala

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari adanya aplikasi mencurigakan. Di samping itu, pasang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan usahakan mengunduhnya dari toko resmi seperti Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk pengguna iOS).

  • Matikan paket data seluler saat tidak digunakan

Membiarkan HP dalam keadaan terkoneksi internet memang dapat memudahkan dalam beraktivitas. Namun hal ini juga bisa mendatangkan risiko terjadinya aktivitas yang tidak diinginkan.

  • Jangan gunakan hotspot pribadi di tempat umum

Hindari penggunaan hotspot pribadi di tempat umum atau keramaian. Sebab hal ini bisa menjadi jalan bagi hacker untuk mendapatkan akses ke HP Sedulur, terlebih jika hotspot Sedulur tidak dilengkapi dengan password yang kuat.

  • Jangan klik tautan yang mencurigakan

Sedulur mungkin pernah mendapatkan pesan dari orang tak dikenal berisi tautan atau link. Sebaiknya jangan buka link tersebut jika tidak diketahui siapa pengirimnya dan tautannya mengarah ke mana. Sebab tautan tersebut dapat mengarah pada situs berbahaya ataupun menyebabkan terpasangnya perangkat penyadapan di HP Sedulur.

BACA JUGA: Cara Mainkan Snake Lewat Aplikasi Google Maps

Trivia

Freepik

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah beberapa hal terkait cara mengetahui HP disadap iPhone maupun Android yang juga perlu untuk Sedulur perhatikan. Satu di antaranya adalah penyadapan pada HP juga bisa hanya mengarah pada aplikasi tertentu, misalnya WhatsApp. Tidak sedikit orang yang mengaku akun WhatsApp-nya pernah menjadi korban penyadapan.

Ciri-ciri WhatsApp disadap

Cara mengetahui hp disadap WA adalah dengan memperhatikan aktivitas yang terjadi di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah perhatikan status online (dalam jaringan) yang biasanya muncul pada bagian atas ruang obrolan (room chat). Selain itu, penyadapan pada WhatsApp juga bisa ditandai dengan adanya pesan yang dikirim padahal Sedulur sebagai pemilik akun tidak merasa pernah mengirimkan pesan tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Status online padahal tidak digunakan

Salah satu tanda bahwa WhatsApp Sedulur tengah disadap adalah munculnya tanda status online atau dalam jaringan padahal saat itu Sedulur sedang tidak menggunakannya. Nah, untuk memeriksa status tersebut, Sedulur memerlukan akun WhatsApp lain. Jika benar status WhatsApp Sedulur online padahal smartphone Sedulur dalam kondisi offline, besar kemungkinan akun Sedulur telah menjadi sasaran penyadapan.

2. Keluar dari akun WhatsApp secara tiba-tiba

Tanda selanjutnya adalah akun WhatsApp Sedulur log out secara tiba-tiba. Jika terjadinya logout atau keluar akun ini disebabkan karena Sedulur login pada aplikasi WhatsApp di perangkat lain (bukan WhatsApp web), maka itu bukan menandakan terjadinya penyadapan. Namun jika Sedulur tidak login di aplikasi lain sementara akun WhatsApp di HP Sedulur tiba-tiba logout, ada kemungkinan telah terjadi penyadapan.

Adapun apabila Sedulur menerima pesan yang berbunyi, “nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda,” segera verifikasi nomor telepon untuk mengembalikan akun WhatsApp tersebut ke HP Sedulur.

3. Mengirim pesan tanpa disadari

Selain perbedaan status online dan akun logout secara tiba-tiba, penyadapan juga bisa ditandai dengan adanya pesan terkirim tanpa Sedulur sadari. Dengan kata lain, akun Sedulur seolah digunakan oleh pihak lain untuk mengirim pesan. Padahal Sedulur tidak melakukan hal tersebut.

Demikian tadi pembahasan mengenai cara mengetahui HP disadap dan cara mengatasinya. Di sisi lain, masalah terkait penyadapan ini dapat terjadi secara beragam, misalnya penyadapan pada kamera atau aplikasi lainnya. Adapun masalah terkait tanda kamera HP disadap akan dibahas pada artikel lainnya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur untuk terlindung dari risiko penyadapan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.