airplane mode

Apakah Sedulur tahu apa itu airplane mode? Secara sederhana, airplane mode artinya adalah mode pesawat. Sesuai namanya, fitur yang tersedia di smartphone dan beragam gawai (gadget) lainnya ini umumnya digunakan ketika seseorang melakukan perjalanan dengan pesawat. Adapun fitur ini juga dikenal sebagai flight mode 

Saat mode ini diaktifkan, jaringan atau koneksi seluler, data internet, GPS, hingga Bluetooth pada telepon genggam otomatis akan mati. Hal ini bertujuan agar sistem komunikasi dan navigasi pesawat tidak terganggu oleh frekuensi radio dari handphone. Oleh karenanya airplane mode juga disebut memiliki peran penting untuk keselamatan dalam penerbangan.

Kendati demikian, fungsi airplane mode tidak terbatas pada permasalahan keselamatan saja, sebab mode ini juga memiliki beragam fungsi ketika digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa saja fungsi airplane mode? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya. Simak sampai habis, ya!

-->

BACA JUGA: Cara Membuat Google Classroom untuk Guru dan Fiturnya

Apa itu airplane mode?

airplane mode
Unsplash

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, ada baiknya Sedulur menyimak uraian mengenai pengertian airplane mode itu apa. Dirangkum dari berbagai sumber, airplane mode adalah salah satu fitur bawaan atau default yang ada di setiap gawai termasuk berbagai smartphone. Mulai dari smartphone dengan sistem operasi (OS) Android, iOS, Blackberry, maupun Windows Phone memiliki fitur ini. Bahkan fitur flight mode juga tersedia di perangkat lain, misalnya adalah laptop.

Sederhananya, fitur atau pengaturan ini akan menangguhkan transmisi sinyal frekuensi radio ketika diaktifkan. Dengan kata lain, saat fitur ini diaktifkan, koneksi pada perangkat atau gawai yang meliputi seluler, data internet, Bluetooth, hingga WiFi akan terputus.

Di sisi lain, nama “airplane mode” atau “flight mode” sendiri berkaitan dengan aturan yang berlaku di sebagian maskapai yang melarang penggunaan gawai ketika penerbangan. Khususnya adalah penggunaan gawai yang menyebabkan adanya transmisi sinya frekuensi radio.

Adapun pada umumnya, ketika fitur ini diaktifkan Sedulur tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun mengirim atau menerima pesan. Namun saat ini sejumlah smartphone telah menyediakan fitur panggilan darurat atau emergency call. Di samping itu, diaktifkannya fitur airplane mode juga bukan berarti gawai sama sekali tidak bisa digunakan. Sebab aplikasi yang tidak menuntut adanya koneksi internet akan tetap bisa dibuka dan diakses.

BACA JUGA: Cara Membuat Sound of Text WA untuk Buat Nada Notifikasi

Mengenal beragam fungsi airplane mode

airplane mode
Pixabay

Setelah mengetahui apa itu fitur airplane mode yang tersedia di setiap smartphone dengan beragam sistem operasi, Sedulur tentu ingin mengetahui airplane mode untuk apa. Secara umum, fungsi fitur ini dapat diuraikan menjadi enam poin sebagai berikut.

1. Untuk keselamatan dalam penerbangan

airplane mode
Unsplash

Disampaikan sebelumnya, saat fitur ini diaktifkan maka berbagai koneksi yang melibatkan transmisi sinyal frekuensi radio pada gawai akan ditangguhkan alias terputus. Transmisi sinyal ini sendiri disebut dapat mengganggu sistem komunikasi hingga navigasi pesawat. Padahal kedua sistem ini sangat penting dalam penerbangan.

Nah, bagaimana jika kita lupa mengaktifkan mode tersebut saat melakukan perjalanan dengan pesawat?

Menurut Federal Communication Commission (FCC), apabila mode pesawat tidak aktifkan atau ponsel tidak dimatikan, smartphone akan berusaha membuat koneksi ketika pesawat melalui menara pemancar. Diketahui, frekuensi radio yang dipancarkan oleh smartphone maupun perangkat lannya akan mengganggu jaringan menara pemancar dan penerima sinyal di darat.

Kendati demikian, menurut sejumlah sumber, hal ini tidak secara langsung membawa akibat fatal pada penerbangan. Akan tetapi baterai ponsel atau perangkat dimungkinkan akan cepat terkuras lantaran kebutuhan daya yang besar untuk terhubung dengan koneksi.

2. Memperkuat sinyal

airplane mode
Freepik

Selain digunakan saat naik pesawat, fitur ini juga memiliki beragam fungsi ketika digunakan sehari-hari ketika tidak melakukan perjalanan dengan pesawat. Satu di antaranya adalah membantu memperkuat sinyal.

Caranya adalah ketika sinyal pada smartphone lemah, Sedulur dalam mengaktifkan fitur airplane mode. Tunggu beberapa menit kemudian nonaktifkan atau matikan fitur tersebut. Cara ini seperti halnya melakukan restart pada smartphone. Adapun setelah mode pesawat dimatikan, smartphone akan mencari koneksi baru sehingga dapat terhubung dengan seluler maupun internet.

3. Menghemat baterai

Freepik

Fitur flight mode juga bisa dipilih untuk menghemat baterai, misalnya ketika Sedulur sedang bepergian. Seperti yang diketahui, fitur ini akan memutus koneksi seluler maupun internet pada perangkat. Hal ini akan berdampak pada terhentinya proses yang terjadi di latar belakang atau background. Dengan demikian, daya baterai tidak akan cepat terkuras karena tidak ada proses yang berjalan.

BACA JUGA: Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10 dengan Mudah & Cepat

4. Mempercepat pengisian daya baterai

Freepik

Tak hanya menghemat baterai, fitur ini juga dapat membantu mempercepat pengisian daya baterai. Konsepnya sendiri hampir sama dengan fungsi airplane mode untuk menghemat baterai. Ketika tidak banyak aktivitas yang terjadi di dalam smartphone, otomatis daya yang digunakan juga sedikit. Sehingga proses pengisian daya baterai pun bisa menjadi lebih cepat daripada ketika Sedulur melakukan pengisian daya sembari menggunakan smartphone tersebut.

5. Membuat kinerja handphone lebih stabil

Freepik

Selain menyebabkan daya baterai cepat terkuras, banyaknya proses yang berjalan juga bisa mengakibatkan kinerja smartphone atau gawai menjadi menurun. Akibatnya, kinerja smartphone pun menjadi lambat alias lemot saat digunakan. 

Untuk mengatasi hal ini, Sedulur bisa mengaktifkan flight mode ketika sedang tidak menggunakan smartphone. Dengan begitu, smartphone seolah diberi waktu untuk “istirahat” karena tidak ada proses maupun lalu lintas data yang berjalan.

BACA JUGA: 6 Cara Konfigurasi Bluetooth di Laptop & PC dengan Mudah

6. Membantu untuk fokus

Freepik

Tanpa disadari, kemudahan dalam berinteraksi melalui beragam aplikasi atau platform secara daring (online) bisa berdampak pada terpecahnya perhatian ketika mengerjakan sesuatu. Hal ini disebabkan oleh notifikasi yang akan langsung muncul ketika seseorang mengirim pesan sementara smartphone juga dalam keadaan terkoneksi dengan internet. Notifikasi-notifikasi yang datang tersebut bisa malah menjadi gangguan apabila saat itu Sedulur sedang fokus belajar, mengerjakan tugas, maupun keperluan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, Sedulur bisa mengaktifkan airplane mode untuk sementara waktu dan menonaktifkannya ketika pekerjaan sudah selesai dikerjakan.

Demikian tadi pembahasan tentang airplane mode beserta beragam manfaatnya. Dapat disimpulkan bahwa fitur tersebut tidak hanya digunakan ketika melakukan perjalanan dengan pesawat, namun juga bisa digunakan sehari-hari. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.