Antivirus terbaik dibutuhkan untuk mempertahankan laptop agar tetap memiliki kinerja yang baik. Dalam beberapa kasus, banyak laptop yang rusak dan tidak bisa digunakan karena disebabkan oleh virus. Virus tersebut bisa berasal dari berbagai hal, mulai dari penggunaan internet atau akibat asal colok flashdisk ke perangkat lain.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi antivirus terbaik yang bisa Sedulur gunakan untuk tetap melindungi laptop agar tetap baik. Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Cara Cek Ram Laptop dan PC yang Cepat & Praktis

1. Avast Free Antivirus

antivirus terbaik
CNet.com

Rekomendasi antivirus terbaik dan ringan adalah Avast Free Antivirus. Mungkin saja antivirus ini merupakan antivirus yang sering Sedulur dengar dan juga tengah Sedulur gunakan di laptop Sedulur. Antivirus ini terbukti sangat ampuh mengatasi berbagai serangan malwar dan hacker.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan keamanan laptop Sedulur bisa terhindar dari ancaman. Bukan hanya itu, tersedia juga berbagai fitur menarik lain dari aplikasi anti virus  ini. Salah satu yang menarik adalah WiFi Inspector, yang dapat mengamankan jaringan internet agar tidak ada virus yang masuk.

Terdapat juga fitur seperti Game Mode untuk mengatur notifikasi saat bermain game dan juga Behaviour Shield untuk mengawasi aplikasi yang bisa memberikan potensi ancaman.

2. AVG AntiVirus Free

avgsa.co.za

Rekomendasi Antivirus terbaik untuk Windows 10 adalah AVG AntiVirus Free. Bagi Sedulur yang tengah mencari antivirus gratis yang ringan, AVG bisa jadi pilihan menarik. Antivirus ini telah beralih kepemilikan, telah diakuisisi oleh Avast sejak tahun 2016 yang lalu. Maka jangan heran jika Sedulur menemukan banyak kesamaan antara AVG dan Avast sebagai software anti virus.

Aplikasi ini tidak lantas langsung menghapus semua virus yang terdeteksi, namun hanya melakukan karantina virus. Terdapat beberapa fitur menarik yang ada di aplikasi atau software ini, salah satunya yaitu Web Protection yang dapat memantau dan melindungi kita saat menggunakan internet.

3. Avira Free Antivirus

antivirus terbaik
malavida.com

Avira Free Antivirus terbaik bagi laptop Sedulur untuk menjaga keamanan dan ancaman dari bahaya. Pada pengujian AV-TEST, yaitu test untuk setiap aplikasi antivirus, Avira dapat menghilangkan 99.7% dari ancaman virus terhadap software dan hardware dari segala aspek.

Hal menarik lainnya, dengan kemampuannya yang canggih tersebut, Avira Free Antivirus termasuk software yang ringan sehingga tidak akan mengganggu kinerja PC atau laptop Sedulur. Kelebihan lainnya adalah Avira Free Antivirus memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan siapa saja.

4. Bitdefender Antivirus Free Edition

pcmag.com

Rekomendasi dari aplikasi untuk mencegah laptop Sedulur terkena virus yaitu Bitdefender Antivirus Free Edition. Aplikasi ini merupakan rekomendasi antivirus windows 10 gratis. Software ini dirancang untuk berfungsi di background dan memiliki sedikit notifikasi sehingga Sedulur tidak akan terlalu terganggu saat bekerja.

Notifikasi tersebut hanya akan hadir ketika Bitdefender Antivirus mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan di PC atau laptop Sedulur. Fitur yang menarik juga yaitu adanya Anti-Phising dan Fraud Protection yang dapat memberikan peringatan jika Sedulur tengah masuk ke website phising yang mengancam data pribadi.

5. Kaspersky Total Security

antivirus terbaik
kaspersky.com

Bagi Sedulur yang membutuhkan rekomendasi antivirus berbayar terbaik, Sedulur bisa mencoba Kaspersky Total Security. Aplikasi ini telah diulas oleh banyak kritikus dan ahli IT karena kinerjanya yang super ampuh untuk menjaga laptop tetap baik. Kinerjanya tersebut didukung oleh banyaknya fitur yang tersedia dan bahkan disebut lengkap.

Kaspersky Total Security dianggap memiliki fitur yang lengkap, seperti Decent Parental Controls, Secure Browser, Anti-theft Protection, Webcam Protection, dan VPN.Menariknya lagi, software ini tidak hanya dapat digunakan di Windows, tetapi juga macOS, Android, dan iOS.

6. Microsoft Defender

News.softpedia.com

Aplikasi atau software antivirus terbaik 2022 yaitu Microsoft Defender, ini merupakan software bawaan yang dapat Sedulur gunakan. Software ini merupakan bawaan dari OS Windows. Ketika diaktifkan secara default, antivirus ini akan mencakup dasar-dasar keamanan internet.

Software ini juga memungkinkanmu menyesuaikan tingkat perlindungan yang inginkan, memberimu kendali atas pemblokiran aplikasi yang mungkin tidak diinginkan dan melindungi folder dan file dari serangan ransomware.

7. Sophos Home

antivirus terbaik
Sophos.com

Sophos Home adalah software antivirus lainnya yang bisa Sedulur gunakan secara gratis di PC ataupun laptop. Tidak hanya memberikan pengamanan terhadap malware, software ini juga memberikan proteksi terhadap situs-situs yang dianggap mencurigakan.

Software ini juga menawarkan fitur remote management yang memungkinkan Sedulur untuk mengatur keamanan perangkat lainnya secara jarak jauh. Tentu sangat canggih dan bisa memberikan kemudahan bagi Sedulur saat menggunakan laptop dan PC di mana pun dan kapan pun.

8. Norton

Norton

Mencari antivirus terbaik di tahun 2022, jawabannya tentu adalah Norton. Selain gratis, aplikasi ini juga bisa memastikan laptop terhindari dari serangan virus dan malware. Fitur-fitur yang ditawarkan antivirus ini sangatlah beragam, mulai dari pendeteksian malware, perlindungan terhadap phising, hingga firewall yang bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, Norton pun menawarkan fitur password manager yang membantumu mengelola kata sandi di berbagai platform. Sehingga, berbagai akun tetap aman untuk menggunakan aplikasi ini. Namun, Sedulur hanya dapat  menggunakan Norton secara gratis selama 2 bulan saja. Setelahnya, kamu perlu membeli program langganannya.

9. Malwarebytes

antivirus terbaik
Malwarebytes.com

Malwarebytes Free bisa menjadi salah satu pilihan antivirus gratis terbaik bagi Sedulur. Antivirus gratis ini menggunakan database virus untuk melacak dan menghapus beragam jenis malware yang terdapat di PC atau laptop. Tidak hanya itu, Malwarebytes Free juga dilengkapi fitur browser extension yang akan mencegahmu mengunjungi situs-situs berisiko.

Sehingga, Sedulur akan terhindar dari beragam ancaman siber seperti phishing, scam, tracker, hingga malware. Juga Sedulur tetap dapat menggunakan laptop dengan aman dan nyaman, terhindar dari berbagai ancaman.

10. Adaware Free

Adaware Antivirus

Salah satu antivirus gratis terbaik yang dapat digunakan adalah Adaware Free. Antivirus ini memiliki fitur yang dapat memberi perlindungan dari ransomware, spyware, virus, dan software berbahaya. Tidak hanya itu, kelebihan dari antivirus ini juga dapat menemukan ancaman-ancaman tersebut dengan cepat. Sedulur bisa menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu rekomendasi untuk keamanan laptop Sedulur.

11. Smadav

antivirus terbaik
KamukanIT

Nah, bagi Sedulur yang berkutat dengan antivirus, Smadav merupakan antivirus lokal terbaik yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Aplikasi ini merupakan aplikasi antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Namun lebih ampuh untuk mengatasi berbagai virus lokal yang tersebar di Indonesia. Maka dari itu, banyak orang Indonesia yang menggunakan aplikasi satu ini.

12. Intego

Softonic

Intego merupakan antivirus lain yang bisa Sedulur gunakan. Terutama bagi Sedulur yang menggunakan laptop dengen sistem operasi MacOS. Intego merupakan antivirus yang khusus untuk perangkat MacOS. Meskipun pengguna Mac OS tidak sebanyak Windows tetapi ancaman serangan virus tetap ada. Untuk itu bagi Sedulur pengguna Mac OS bisa menambahkan keamanan tambahan dengan Intego.

13. Comodo Antivirus

antivirus terbaik
The Windows Club

Bagi Sedulur yang mencari antivirus khusus Linux, maka Comodo Antivirus ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Walaupun memiliki pengguna yang sedikit, Comodo ini bisa diandalkan untuk membersihkan berbagai virus dan malware yang menyerang OS Linux.

Beberapa fitur yang dimiliki antivirus Linux ini seperti defense technology, auto sandbox technology, award winning firewall, spyware scanning, secure shopping, cloud based antivirus dan web filtering untuk versi berbayarnya. Untuk versi gratisannya, Sedulur tidak mendapatkan fitur award winning firewall, secure shopping dan web filtering.

14. ESET Smart Security

rmdhnreza

Rekomendasi selanjutnya adalah ESET Smart Security. Jika Sedulur membutuhkan keamanan cyber terbaik untuk keperluan pekerjaan online, maka ESET ini bisa masuk dalam list antivirus terbaik.

ESET menawarkan perlindungan data yang sangat aman dan managemen kata sandi terutama bagi yang sering melakukan transaksi online. Kelebihan lainnya, Sedulur bisa membeli satu lisensi untuk berbagai perangkat yang berbeda seperti Windows, Mac OS, Linux dan Android.

15. McAfee Total Protection

antivirus terbaik
Knasta

McAfee Total Protection merupakan aplikasi selanjutnya bagi Sedulur. Terdapat beberapa fitur penting yang ditawarkan, seperti malware protection, penyimpanan file terenkripsi, password manager, browser extension dan VPN tersedia dalam antivirus ini. Kemampuan proteksi virus dari McAfee sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

Salah satu fitur menarik yang menunjang keamanan jaringan Internet rumah adalah My Home Network.  Fitur ini bekerja dengan menyediakan peta semua perangkat yang terkoneksi WiFi dan memberikan kendali terhadap keamanan jaringan di rumah agar terhindar dari para penyusup.

Apalagi kebutuhan di era pandemi saat ini dimana kebanyakan kegiatan dilakukan secara daring. Jika tertarik Sedulur bisa mencoba dulu McAfee Total Protection secara trial selama 30 hari.

16. Trend Micro Maximum Security

Daily Technic

Bagi Sedulur yang sering bekerja menggunakan layanan email, maka software antivirus dari Trend Micro Maximum Security ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Trend micro memiliki kelebihan dalam hal proteksi pada email phising dan scams dengan fitur fraud buster.

Tidak hanya itu saja, Trend Micro juga bisa memberi tahu kepada Anda website-website yang terindikasi melakukan pencurian data pribadi. Fitur lain yang tidak kalah menarik seperti proteksi terhadap trojan, ransomware dan spyware.

17. Panda Antivirus Pro

CyberCrew

Panda Antivirus Pro mampu mendeteksi hampir semua ancaman yang ada dan terkini pada perangkat PC. Antivirus dari Panda bahkan telah mendapatkan nilai sempurna untuk uji perlindungan AV-Test yang membuatnya menjadi salah satu produk perlindungan virus teratas.

Panda menawarkan kemampuan deteksi malware yang mengesankan dan ramah terhadap pengguna. Selain deteksi malware yang akurat, antarmukanya juga simpel dan penawaran harga menarik.

18. Nox Security

APK Pure

Terakhir rekomendasi antivirus yang bisa digunakan adalah Nox Security. Namun, aplikasi ini untuk mengamankan smartphone bukan untuk laptop atau PC. Aplikasi ini merupakan aplikasi keamanan dan antivirus gratis dengan pembersih virus gratis, keamanan WiFi, keamanan pesan, pemblokir notifikasi, pengunci aplikasi, pemblokir panggilan, enkripsi file, dan lain-lain.

Nox Security dapat melindungi perangkat dari virus, spyware, rootkit, peretas, dan penipuan online, dan banyak lagi. Sejauh ini Nox Security telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna Android.

BACA JUGA: Pengertian Literasi Digital: Tantangan, Manfaat, Prinsip & Contoh

Dari penjelasan di atas, tentu Sedulur telah tahu fungsi dari antivirus itu sendiri. Namun agar lebih jelas lagi, berikut ini beberapa fungsi yang bisa diberikan antivirus selain mencegah serangan hacker, yaitu:

  • Membersihkan komputer dari virus
  • Melindungi komputer dari malware dan ransomware
  • Mengamankan jaringan komputer dari sniffing dan spam
  • Mengamankan browser dari situs-situs yang memiliki potensi malware

Dari daftar di atas juga terdapat dua jenis antivirus, yaitu antivirus gratis dan berbayar. Bagi Sedulur yang menggunakan antivirus gratis, berikut ini beberapa kelebihan yang bisa didapatkan:

  • Tidak butuh biaya bulanan atau tahunan
  • Instalasi mudah dan cepat
  • Dapat di install di perangkat peramban (browser)
  • Waktu Scanning yang cepat
  • Memiliki perlindungan firewall, perlindungan jaringan dan email scanner

Di sisi lain, tidak menutup adanya kekuarangan dalam penggunaan aplikasi antivirus itu sendiri. Agar Sedulur bisa mengetahui apa saja kekurangannya, Sedulur bisa simak daftarnya di bawah ini:

  • Perangkat laptop/PC menjadi lebih lemot
  • Pemberitahuan yang muncul kadang sangat menggangu
  • Tidak mampu melawan virus jenis baru
  • Kadang menghapus file penting yang terkonfirmasi virus
  • Harga yang tidak murah

Banyaknya virus yang ada di dalam laptop, tentu dapat membuat laptop menjadi super lemot dan sulit untuk dijalankan. Selain mencegah dengan menggunakan anvirus di atas, Sedulur juga bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi laptop agar tidak lemot. Salah satu caranya adalah dengan mematikan efek visual pada laptop.

Kesampingan terlebih dahulu estetika dari visual laptop, dan optimalkan kerja laptop agar tidak lemot. Setelah mendapatkan serangan virus dan mencegah agar virus bisa dikarantina dan dihilangkan, untuk mempercepat proses tersebut efek visual bisa dihentikan terlebih dahulu. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu windows explorer.
  2. Klik kanan pada menu this PC kemudian pilih properties.
  3. Pilih Advanced system settings dan pada bagian performance, Sedulur bisa pilih setting.
  4. Ubah pilihan menjadi custom.
  5. Pilih visual effect yang Sedulur ingin gunakan. Pastikan memilih yang tidak membuat laptop berat dan lemot.

Agar penggunaan semakin lancar, Sedulur juga bisa memanfaatkan untuk menggunakan cooling pad. Suhu panas pada laptop juga bisa membuat lemot dan hal tersebut harus dicegah. Cooling pad ini digunakan untuk membuat suhu laptop menjadi lebih dingin dan mencegah overheat.

Ada juga vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Udara panas yang keluar dari laptop dapat membuat laptop Sedulur berfungsi dengan baik dan tidak lemot lagi. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan drive dari file-file yang tidak perlu. Terutama file yang berada di drive C.

Apabila Sedulur kesulitan untuk menyimpan file lainnya, Sedulur bisa pastikan Drive D atau E dan menyimpan file penting lainnya di sana. Kemudian seperti biasa, apabila sulit untuk diatur dan tidak bisa diubah lagi, Sedulur bisa menambahkan RAM dan mengembalikan kinerja laptop sehingga bisa kembali bekerja dengan maksimal.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah, Dijamin Ampuh

Nah itulah rekomendasi antivirus terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk menjaga keamanan laptop dan PC yang digunakan. Agar laptop dan PC Sedulur bisa digunakan dan tidak menganggu aktivitas yang tengah dilakukan. Disertai dengan tips menjaga laptop agar tetap prima di atas, juga bisa membantu Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.