Saat whatsapp Sedulur error, cara mengatasi whatsapp bermasalah diperlukan untuk mengatasinya. Karena whatsapp merupakan aplikasi yang penting dan diperlukan, terutama dalam berkomunikasi. Namun tanpa dapat diprediksi, whatsapp seringkali bermasalah tanpa dikira.

Berikut ini beberapa rekomendasi cara mengatasi whatsapp bermasalah yang bisa Sedulur lakukan. Namun Sebelum masuk dalam pembahasan cara mengetasinya, kita perlu mengetahui apa saja penyebab whatsapp eror dan bagaimana ciri-ciri WA error dan bermasalah. Yuk kita simak!

BACA JUGA:  Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

Sistem yang sudah tidak mendukung

Sistem yang sudah tidak mendukung
kompas

Permasalahan pertama adalah sistem yang sudah tidak mendukung. Jangan untuk membuka whatsapp, untuk download WA error akan sering kita hadapi. Karena WA sendiri memiliki persyaratan dan spesifikasi tertentu agar dapat digunakan. Untuk android, WA bisa digunakan dengan Android 4.0. Sementara untuk iOS dapat menggunakan IOS 8.

-->

Bisa jadi, sistem handphone Sedulur tidak mendukung yang kemudian menyebabkan whatsapp Sedulur bermasalah. Hal ini penting diketahui sebelum Sedulur melakukan cara mengatasi whatsapp bermasalah. Karena mustahil untuk melakukan cara mengatasi, jika Sedulur tidak mengetahui permasalahannya.

Cache menumpuk terlalu banyak

cara mengatasi whatsapp bermasalah
rancahpost

Cache bisa memakan kapasitas penyimpanan yang banyak. Bisa jadi yang menyebabkan WA Sedulur adalah cache menumpuk yang terlalu banyak. Maka Sedulur bisa melakukan pembersihan cache secara berkala agar WA berjalan baik. Namun jika cache sudah dibersikan dan WA masih tidak bisa dibuka, maka bisa dipastikan cache yang menumpuk ada pada aplikasi lain.

Maka cara yang ampuh dan efektif yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan semua cache dari aplikasi yang ada di handphone Sedulur. Setelah itu, Sedulur bisa melakukan cara mengatasi whatsapp bermasalah.

BACA JUGA: 12 Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaru 2022 Untuk HP & PC

Kartu SIM bermasalah

Kartu SIM Bermasalah
liputan6

Salah satu penyebab selanjutnya adalah kartu SIM yang bermasalah. Terutama bagi Sedulur yang menggunakan WA dengan mengandalkan kouta internet dari SIM card. Kartu SIM yang bermasalah dapat menyebabkan WA tidak bisa dibuka. Ketika kartu SIM bermasalah dan tidak bisa dibaca, maka WA pun otomatis akan terhapus.

Cara mengatasi whatsapp bermasalah ini sangat mudah, Sedulur bisa untuk mematikan handphone terlebih dahulu. Setelah mati, Sedulur bisa copot kartu SIM yang digunakan untuk kemudian bisa Sedulur pasang kembali. Pastikan kartu SIM yang akan Sedulur gunakan terpasang dengan baik di dalam ponsel kartu SIM terbaca.

Masalah Pada Handphone Sedulur

cara mengatasi whatsapp bermasalah
brilio

Penyebab lainnya bisa didapatkan dari masalah yang ditemui dari HP Sedulur. Bisa saja WA bermasalah dikarenakan HP Sedulur yang sudah eror dan tidak sanggup lagi membuka beberapa aplikasi, termasuk aplikasi whatsapp di dalamnya. Oleh karena itu, salah satu cara mengetasinya adalah memastikan masalah pada HP Sedulur diatasi terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara Buat Email Baru Lewat HP dan Laptop, Mudah Banget!

Aplikasi WA yang kadaluarsa (out of date)

whatsapp kadaluarsa
tagar.id

Penyebab lainnya bisa disebabkan oleh WA yang sudah kadaluarsa aplikasinya. Cara mengatasi whatsapp bermasalah ini sebenarnya sangat mudah, Sedulur hanya tinggal update secara rutin dan pastikan ponsel Sedulur memiliki spesifikasi yang cukup untuk setiap WA yang akan diupdate. Namun lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengetasi WA yang bermasalah. Yuk mari langsung kita cek!

1. Lakukan update rutin

1. whatsapp
beritamu

Langkah pertama agar terhidar dari masalah dan tidak perlu melakukan cara mengatasi whatsapp bermasalah yaitu dengan melakukan update secara rutin. Bisa saja, whatsapp bermasalah hari ini yang Sedulur hadapi disebabkan oleh sistem whatsapp yang sudah usang dan perlu diupdate. Maka cara mengetasinya adalah dengan memperbaharui (update).

Jika bisa Sedulur harus update secara rutin, agar segala masalah yang dihadapi oleh whatsapp bisa terhindar dan tidak perlu repot melakukan beberapa cara mengatasinya. Langkah ini juga merupakan cara mengatasi whatsapp kadaluarsa tanpa update, yang mungkin tanpa Sedulur sadari menganggu penggunaan aplikasi Sedulur.

BACA JUGA: 6 Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Uninstal & Matikan Data

2. Gunakan memory card eksternal

2. cara mengatasi whatsapp bermasalah
jalantikus

Biasanya, ketika whatsapp bermasalah salah satu cirinya adalah tidak bisa mengunduh gambar atau suara di whatsapp. Nah, cara mengatasi whatsapp bermasalah tidak bisa mengunduh gambar adalah dengan menggunakan memory card eksternal. Karena bisa saja, penyebab utamanya adalah kapasitas penyimpanan yang tidak cukup.

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan di atas, caranya sangat mudah. Sedulur hanya perlu menggunakan memory card eksternal sebagai cara mengatasinya. Meskipun memory internal tidak bisa ditambahkan, namun penyimpanan setiap data yang kita unduh di whatsapp bisa dialihkan ke memory eksternal.

3. Pastikan jaringan internet stabil

3. jaringan internet stabil
nextren

Sedulur juga harus memastikan jaringan internet stabil. Sedulur bisa cek terlebih dahulu dengan menonton youtube, browsing dan lainnya. Jika internet stabil, maka bisa dipastikan whatsapp Sedulur yang tengah bermasalah. Beberapa langkah untuk mengatasinya bisa Sedulur lakukan melalui cara mengatasi whatsapp bermasalah yang akan dijelaskan dipoin selanjutnya.

Namun, jika telah cek youtube dan tidak bisa digunakan untuk browsing, maka bukan whatsapp Sedulur yang bermasalah tapi jaringan internet Sedulur yang bermasalah. Sedulur bisa mematikan data internet kemudian menyalakannya lagi. Atau Sedulur bisa mengaktifkan airplane mode dan mematikannya.

BACA JUGA: 9 Aplikasi & Cara Sadap WA Pasanganmu Tanpa Diketahui, Viral!

4. Kode aktivasi

4. cara mengatasi whatsapp bermasalah
wikihow

Saat melakukan instal ulang, Sedulur akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi agar dapat menggunakan whatsapp. Kode tersebut merupakan kode aktivasi yang dapat dikirim melalui SMS. Jika kode aktivasi tidak diterima, Sedulur bisa menggunakan opsi panggilan suara agar mendapatkan kode verifikasi. Setelah itu cara mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka selesai dilakukan.

5. Restart Handphone

5. restart handphone
jalantikus

Cara mengatasi whatsapp bermasalah selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan restart handphone. Cara ini seringkali diabaikan karena dianggap remeh, namun cara ini adalah yang paling mudah. Karena memang dalam beberapa kondisi dapat mengatasi whatsapp yang error.

Tetapi kepastian menggunakan cara mengatasi whatsapp bermasalah ini tidak dapat diprediksi. Jika memang metode ini masih tidak berhasil, maka Sedulur bisa menggunakan beberapa rekomendasi cara mengatasi WA yang bermasalah di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Cek Sertifikat Vaksin Online Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

6. Mengatasi WA yang tidak bisa dibuka

6. cara mengatasi whatsapp bermasalah
bbc

Berikut ini merupakan cara mengatasi whatsapp bermasalah yang tidak bisa dibuka. Berikut langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Pastikan aplikasi WhatsApp yang terpasang adalah versi terbaru.
  • Pastikan koneksi internet baik dan stabil. Cek juga ketersediaan kuota internet jika Sedulur menggunakan koneksi data mobile.
  • Pastikan tidak ada aplikasi semacam Task Killer yang mematikan aplikasi WhatsApp.
  • Hapus cache dengan cara masuk menu Setting, kemudian pilih menu Aplikasi, lalu pilih WhatsApp, kemudian tekan tombol Clear Cache.
  • Atau cara terakhir adalah dengan install ulang aplikasi WhatsApp Sedulur.

7. Mengatasi WA yang rusak setelah upgrade

7. mengatasi whatsapp yang rusak
appletechnos

Ganggungan WA biasanya Sedulur hadapi setelah upgrade. Entah karena ada sebagian data yang tidak terinstall dengan baik atau ada beberapa data yang corrupt. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk memulihkannya:

  • Hapus aplikasi yang tidak terpakai.
  • Masuk menu Setting, kemudian pilih menu Apps, lalu pilih All, lalu pilih Google Play Store, setelah itu tekan Clear Cache.
  • Masuk menu Setting, lalu pilih Apps, geser ke tab All dan gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Google Play Store. Buka dan pilih Force Stop, lalu pilih Clear Data.
  • Jika masih tidak bisa, coba hapus aplikasi WhatsApp kemudian unduh dan pasang WhatsApp dari website Play Store.

8. Mengatasi Whatsapp yang tidak bisa kirim pesan

8. cara mengatasi whatsapp bermasalah
detik

Selain error terdapat beberapa penyebab whatsapp error, salah satunya adalah dihack. Sebagai cara mengatasi whatsapp di hack adalah beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan. Namun, ciri-ciri yang umum adalah whatsapp yang tidak bisa berkirim pesan. Berikut beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Cek koneksi internet.
  • Cek apakah WhatsApp bisa mengakses internet.
  • Pastikan WhatsApp selalu aktif.
  • Hapus cache aplikasi WhatsApp.
  • Hapus data aplikasi WhatsApp.
  • Update Aplikasi WhatsApp.

BACA JUGA: Cara Mengetahui WA Disadap Orang Lain, Tandai Cirinya!

9. Cara mengetasi WA yang down

9. Whatsapp
kontan

Terdapat juga beberapa masalah yang dihadapi, seperti whatsapp down dan lain sebagainya. Jika Sedulur menghadapi WA down itu berarti jaringan server secara global sedang bermasalah. Hal tersebut bukan berarti jaringan internet Sedulur tidak stabil atau aplikasi Sedulur itu sendiri yang bermasalah. Namun, memang secara global aplikasi Whatsapp sedang bermasalah. Hal yang bisa Sedulur lakukan adalah merefresh dan menunggu hingga server global Whatsapp kembali berfungsi.

10. Cara mengatasi whatsapp terblokir

10. mengatasi whatsapp yang rusak
kompas

Berikut ini adalah cara mengatasi whatsapp terblokir. Penyebab whatsapp kemudian bisa terblokir tentu banyak sebabnya, salah satunya adalah handphone hilang kemudian diblokir. Berikut ini beberapa penyebab whatsapp Sedulur terblokir, yaitu:

  • Mengirimkan pesan masif atau spam ke banyak akun.
  • Login akun WhatsApp di device yang berbeda-beda, terutama yang berbeda IP address.
  • Melakukan login secara terus menerus.
  • Kontak kita sudah sering diblokir dan dilaporkan oleh orang lain.
  • Membuat grup dan menambahkan kontak yang tidak dikenal secara masal ke dalamnya.
  • Menggunakan WhatsApp untuk keperluan ilegal, hal negatif, spamming, dan mengganggu orang lain.

Jika demikian, lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah cara yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengatasinya:

  • Tunggu hingga waktu pemblokiran akun berakhir. Biasanya, dibutuhkan waktu 24-48 jam sampai akun dapat digunakan kembali.
  • Setelah akun bisa diakses kembali, buka aplikasi WhatsApp lama (GB WhatsApp, WhatsApp Plus, Fouad WhatsApp) atau aplikasi WhatsApp yang terblokir. Dari sana, segera lakukan backup semua chat ke Google Drive. Caranya adalah dengan tekan tombol titik tiga () > Settings > Chats > Chat backup > Google Account > login dengan akun Gmail > BACKUP.
  • Setelah melakukan backup semua data yang ada, maka langkah selanjutnya adalah install aplikasi WhatsApp resmi dari Playstore. Tunggu hingga proses install selesai, lalu login di aplikasi WhatsApp resmi menggunakan nomor lama.
  • Pada proses login, Anda akan diminta untuk restore backup dari Google Drive. Pilih opsi tersebut lalu login dengan akun Gmail yang tadi dipakai untuk backup chat.
  • Setelah terhubung dengan akun Google Drive, segera restore backup yang ada. Tunggu hingga proses selesai.
  • Hapus aplikasi WhatsApp tidak resmi yang Sedulur gunakan sebelumnya.

Sekian penjelasan terkait penyebab whatsapp bermasalah dan cara mengatasi whatsapp bermasalah. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk mengatasi whatsapp Sedulur yang bermasalah. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap hal yang telah dijelaskan di atas agar Sedulur bisa terhindar dari segala masalah yang dihadapi. Karena whatsapp merupakan aplikasi penting untuk kita berkomunikasi.