cara menonaktifkan wa sementara

Sebagian banyak orang di tanah air menjadikan WhatsApp sebagai messanger utamanya untuk berkomunikasi. Chat dengan keluarga, sahabat, dan rekan kerja setiap harinya dilakukan melalui apps tersebut. Tak jarang, banyak yang dibuat risih dengan munculnya notifikasi dari grup yang mungkin baginya kurang penting. Supaya bisa mendapatkan ketenangan batin, tak ada salahnya bila kamu mencoba cara menonaktifkan WA sementara.

Supaya akhir pekanmu bisa dilalui dengan tengan tanpa ada notifikasi tentang pekerjaan dadakan, kamu bisa menjajal cara di bawah ini. Tak perlu meng-uninstal aplikasinya. Bisa diterapkan di semua gadget dengan sistem operasi Android dan iOS, kok.

BACA JUGA: Cara Mencari HP yang Hilang, Keadaan Mati Atau Hidup. Gampang!

1. Mematikan notifikasi di Android

Mematikan notifikasi di Android
Unsplash

Cara menonaktifkan WA sementara di HP Samsung dan berbagai merek Android lainnya ini bisa dilakukan dengan mematikan notifikasi. Paket datamu tetap menyala dan chat yang masuk bakal centang dua, namun tidak akan ada notifikasi chat japri maupun dari grup yang muncul. Untul mencobanya, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan atau Settings
  2. Pilih Aplikasi atau System apps
  3. Buka Daftar Aplikasi atau Manage Apps
  4. Pilih WhatsApp
  5. Klik Notifikasi dan pilih opsi nonaktifkan semua pemberitahuan
  6. Kamu juga bisa memilih pilihan untuk menonaktifkan getaran dan tampilan WhatsApp di layar depan

2. Cara menonaktifkan WA sementara dengan mematikan notifikasi di iOS

cara menonaktifkan wa sementara di iphone
Unsplash

Cara menonaktifkan WA sementara di iPhone juga bisa diterapkan dengan mengikuti langkah di bawah ini. Tidak berbeda jauh dengan versi Android, kamu hanya akan melihat notifikasi chat masuk apabila sedang membuka apps-nya.

  1. Buka Pengaturan atau Settings
  2. Pilih WhatsApp
  3. Klik Notifications
  4. Matikan opsi Allow Notifications. Secara otomatis pengaturan notifikasi akan dinonaktifkan

BACA JUGA: Cara Membuat Sticker Telegram Ini Sendiri, Tanpa Aplikasi

3. Mematikan lampu notifikasi LED

Mematikan lampu notifikasi LED
Unsplash

Cara menonaktifkan WA sementara di HP Oppo ini juga bisa dilakukan dengan mematikan notifikasi LED-nya. Selama gawaimu memiliki fitur ini, coba saja dengan mengutak-atik pengaturan ini di handphone lintas merek lainnya. Tidak akan ada lagi handphone yang tiba-tiba menyala karena adanya chat masuk di momen yang tidak diharapkan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih Pengaturan atau Settings
  3. Buka Notifikasi atau Notifications
  4. Klik Light
  5. Ketuk None

BACA JUGA: Cara Mengetahui WA Disadap Orang Lain, Tandai Cirinya!

4. Mematikan backgroud data

Mematikan backgroud data
Unsplash

Setelah mematikan notifikasi LED, kamu juga bisa mematikan background data di WhatsApp. Tinggal masuk ke Pengaturan dan pilih Background Data. Klik WhatsApp dan nonaktifkan. Selama kamu tidak membuka apps-nya, tidak akan ada notifikasi dan chat yang masuk.

BACA JUGA: Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota, Aman!

5. Nada dering tanpa suara

Nada dering tanpa suara
Unsplash

Cara menonaktifkan wa sementara di HP Vivo dan merek lainnya adalah dengan memilih profil dengan dering tanpa suara. Pasalnya, meski memilih profil silent, akan tetap ada pilihan untuk memilih ringtone dan mode getar. Supaya bisa benar-benar tenang, kamu bisa menyiasatinya dengan merekam suara hening lalu menjadikannya sebagai ringtone. Berikut langkahnya:

  1. Rekam suara hening selama beberapa detik di ponsel dan simpan
  2. Buka WhatsApp
  3. Pilih Pengaturan atau Settings
  4. Buka Notifikasi atau Notifications
  5. Pilih Notification Tone
  6. Pilih nada dering yang tadi sudah direkam

Dengan begini, notifikasi chat yang masuk terkesan seperti tak ada. Seperti tak ada suara, kamu bisa melanjutkan aktivitas tanpa terdistraksi dengan chat di WhatsApp lagi.

BACA JUGA: Aplikasi Penghasil Uang, Terbukti Bisa Cuan Di Rumah

6. Mematikan paket data

cara menonaktifkan wa agar centang
Unsplash

Bila benar-benar ingin quality time tanpa gangguan dari pihak luar, kamu bisa mematikan paket data agar sebagai cara menonaktifkan WA agar centang 1. Chat yang masuk akan diterima apabila kamu tidak membuka WhatsApp.

Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan. Selama tidak memesan jasa dari ojek online, pengiriman makanan, dan ekspedisi paket, kamu bisa mencoba cara ini. Pasalnya, pihak tersebut akan sangat dirugikan waktu dan tenaganya apabila kamu sebagai pelanggan tidak bisa dihubungi sama sekali.

Tanpa perlu meng-uninstall dan install, kamu bisa tetap menjalani akhir pekan tanpa diganggu dengan notifikasi WhatsApp yang seperti tiada hentinya. Coba saja cara menonaktifkan WA sementara di atas. Dipastikan bakalan efektif dan membuat hidupmu jadi lebih tenang.