cara mengetahui wa disadap

Menjaga keamanan akun pribadi dan juga data di dalamnya pastinya menjadi suatu hal yang sangat penting, terutama di era informatika seperti saat ini. Bukan tanpa adanya alasan, kini ada banyak kasus peretasan atau penyadapan oleh oknum-oknum tertentu. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengetahui WA disadap.

Dalam hal ini, ada beberapa tanda yang bisa Sedulur baca jika WA sedang disadap. Nah, berikut ini cara mengetahui WA kita disadap. Siapa tau WhatsApp Sedulur sedang “diintai” oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: 10+ Aplikasi Penghasil Uang, Terbukti Bisa Cuan Di Rumah

Pengguna tidak dapat login

cara mengetahui wa disadap
pexels

Hal pertama yang Sedulur perhatikan adalah kesulitan pada saat melakukan login akun. Umumnya, akun WA yang disadap membuat para penggunanya mengalami kesulitan ketika login atau masuk ke akun. Hal ini karena satu nomor telepon hanya dapat digunakan untuk satu aplikasi WhatsApp saja.

Apabila aplikasi WA tiba-tiba keluar atau log out sendiri tanpa disadari, kemungkinan besar ada pihak lain yang sedang login dan menggunakan nomor telepon Sedulur. Untuk dapat login ke aplikasi WhatsApp, biasanya akan dikirimkan sebuah kode one time atau OTP pada nomor yang bersangkutan. Akan tetapi jika nomor telepon tersebut sudah digandakan, maka kemungkinan peretas bisa membuka pesan yang berisikan kode OTP tersebut.

Tidak dapat melakukan panggilan telepon

cara mengetahui wa disadap
pexels

Cara mengetahui WA disadap jarak jauh yang berikutnya, adalah mencek apa Sedulur masih bisa melakukan panggilan telepon atau tidak. Menurut kebanyakan kasus, akun WA yang disadap tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon via WhatsApp.

Jika Sedulur tidak dapat menelpon kontak yang ada di dalam akun WA, maka kemungkinan nomor telepon Sedulur sedang digunakan oleh pihak lain tanpa diketahui. Hal ini menjadi salah satu tanda yang dapat Sedulur perhatikan untuk memastikan apakah akun WA-nya sedang disadap atau tidak.

Cek melalui WhatsApp Web

pexels

Tahukan Sedulur jika WhatsApp Web ternyata juga bisa digunakan untuk mengecek apakah akun WA tersebut sedang disadap atau tidak. Cara mengetahui WA disadap pakai Whatsapp Web ini juga cukup mudah.

Sedulur bisa membuka dulu akun WA melalui browser yang ada di laptop atau PC. Untuk mengetahui apakah akun WA sedang disadap atau tidak, Sedulur bisa membuka Setting dengan klik pada ikon tiga titik di bagian kanan atas, lalu pilih menu WhatsApp Web.

Kemudian jika Sedulur menemukan aktivitas login dengan perangkat yang tidak dikenal serta lokasinya tidak diketahui pula, maka segera lakukan langkah log out dari semua perangkat yang terhubung. Dengan ini, maka akun WA Sedulur yang disadap tersebut akan langsung keluar dari HP si penyadap.

Opsi yang satu ini juga dapat Sedulur lakukan dengan perangkat iOS, lho. Caranya juga tidak susah, Sedulur bisa klik menu Setting yang ada di bagian kanan bawah layar. Setelah itu, pilih opsi WhatsApp Web dan cek perangkat yang terhubung. Apabila ada perangkat yang tidak dikenal, langsung saja pilih opsi logout dari semua perangkat.

BACA JUGA: Begini Cara Download Lagu dari Youtube Dengan Mudah & Cepat

Mengirim pesan dan membaca pesan sendiri

pexels

Metode untuk mengetahui apakah WhatsApp sedang disadap atau tidak yang selanjutnya, yakni dengan memperhatikan aktivitas pengiriman pesan yang tidak disadari. Apabila pada saat Sedulur membuka aplikasi lalu ada pesan yang dikirim tanpa diketahui, kemungkinan besar ada pihak lain yang sedang mengakses akun WA Sedulur.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda yang harus benar-benar dipastikan, apakah akun WA Sedulur sedang disadap atau tidak. Selain itu, pesan yang terbaca tanpa Sedulur buka juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa akun WA sedang disadap. Apabila Sedulur menemukan pesan masuk yang sudah dibaca padahal belum sempat membukanya, kemungkinan besar ada pihak lain yang sedang mengakses atau menggunakan akun WA tersebut.

Hal ini dapat Sedulur perhatikan dengan mudah, terlebih jika opsi tanda centang dua berwarna biru pada bagian pesan yang sudah dibaca diaktifkan. Akan tetapi jika Sedulur tidak mengaktifkannya, maka cukup sulit mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Walaupun begitu, Sedulur masih dapat memperhatikan tanda angka yang terdapat pada notifikasi WhatsApp. Jika Sedulur belum sempat membuka satu pesan pun namun angka pada notifikasi pesan tersebut menghilang, bisa jadi pesan tersebut sudah dibaca oleh orang lain tanpa disadari.

Baterai cepat habis

cara mengetahui wa kita disadap
pexels

Cara untuk mengetahui WhatsApp sedang disadap yang terakhir adalah memperhatikan penggunaan dari baterai ponsel Sedulur. Walaupun terkesan sederhana, ini adalah cara yang cukup ampuh dan juga efektif. Baterai ponsel yang tiba-tiba menjadi cepat terkuras habis dapat menjadi salah satu indikasi jika aplikasi WhatsApp Sedulur sedang disadap oleh orang lain.

Dalam hal ini, bisa saja baterai ponsel menjadi cepat habis karena adanya salah satu aplikasi yang bekerja secara terus-menerus walaupun Sedulur tidak sedang membukanya.

Jika Sedulur mengalami hal semacam ini, maka ada kemungkinan jika akun WA yang dimiliki sedang disadap oleh orang lain. Namun tidak hanya WhatsApp saja, tanda ini juga berlaku untuk aplikasi-aplikasi yang lain, lho.

BACA JUGA: Begini 8 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Mungkin hanya beberapa cara mengetahui WA disadap atau tidak yang bisa dibagikan untuk saat ini. Semoga informasi yang sudah dijelaskan di atas bermanfaat bagi Sedulur dan juga orang-orang yang membutuhkannya.

Nah, jika Sedulur sudah yakin jika akun WA-nya sedang disadap, maka langkah paling tepat yang bisa dilakukan adalah keluar atau logout dari semua perangkat. Kemudian login di ponsel Sedulur, dan ajukan penghapusan akun WA secara permanen agar tidak ada yang menggunakannya lagi.