buat email baru lewat HP

Jika dulu surat dikirim menggunakan perantara pos, semakin berkembangnya zaman, pengiriman surat bisa semakin mudah. Salah satunya dengan hadirnya teknologi bernama email atau yang merupakan singkatan dari electronic mail. Saat ini, keberadaan email sangatlah penting, terutama jika menyangkut pekerjaan. Tak perlu bingung, bisa buat email baru lewat HP lho.

Sedulur yang ingin membuat email baru, bisa simak cara-cara yang akan dibagikan di bawah ini. Tak perlu khawatir, buat email baru lewat HP maupun laptop bisa dengan mudah kok.

BACA JUGA: Tips & Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar, Yuk Pelajari!

Cara buat email baru lewat HP

buat email baru lewat HP
Unsplash

Jika Sedulur adalah pengguna smartphone, maka membuat email di HP adalah wajib hukumnya. Smartphone milik Sedulur tak bisa beroperasi jika tak memiliki akun email. Cara membuat akun surat elektronik di ponsel tidak sulit kok.

-->

Buat email gmail baru lewat HP

Langkah paling awal, Sedulur harus memilih domain apa yang akan Sedulur pilih untuk membuat email. Saat ini domain yang paling banyak digunakan adalag gmail. Setelah memilih domain, Sedulur bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Cari menu pengaturan atau setting di menu ponsel pintar milik Sedulur
  2. Pilih menu Account, lalu pilih Add Account
  3. Cari ikon Google. Lalu akan muncul pilihan ‘sign in’ dan ‘create a new account’, lalu pilih ‘create a new account’ jika Sedulur sebelumnya belum pernah memiliki akun email
  4. Selanjutnya akan masuk kolom yang mengharuskan Sedulur mengisi data diri. Antara lain nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan sebagainya. Pastikan Sedulur mengisi semua data dengan teliti dan benar ya
  5. Pilih nama sebagai username Anda, lalu klik next. Username digunakan sebagai identitas yang nantinya tertera pada email Sedulur. Namun, memilih username juga harus hati-hati, sebab bisa saja username yang akan Sedulur pakai sudah lebih dulu digunakan orang lain. Jika hal ini terjadi akan muncul peringatan “That username is taken. Try another”. Itu artinya Sedulur harus mencari username lain atau menambahkan angka untuk mengakalinya
  6. Setelah membuat username, Sedulur akan diminta untuk membuat password. Buat password dengan minimal 8 karakter. Biar lebih aman, password bisa dibuat kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Saat membuat password, Sedulur akan diminta mengisi password sebanyak dua kali, pastikan keduanya diisi dengan password yang sama persis
  7. Selanjutnya akan muncul kolom Privacy and Terms, Sedulur bisa klik pilihan “I Agree”
  8. Saat ada konfirmasi username dan password, Sedulur bisa klik next
  9. Setelah selesai, proses buat akun baru di HP pun selesai. Nanti akan muncul pemberitahuan bahwa Sedulur sudah memiliki email baru di HP

BACA JUGA: Cara Membuat Google Form di Laptop & HP, Jelas & Mudah

Cara ini bisa Sedulur gunakan di ponsel apapun. Buat email baru lewat HP Samsung maupun iPhone memiliki cara yang kurang lebih sama. Bedanya jika di ponsel dengan sistem operasi iOS, Sedulur bisa mulai dengan membuka menu Setting, lalu cari menu Mail, pilih Accounts, dan pilih Add Account. Selebihnya pembuatan dan login gmail baru sama seperti dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Buat akun email baru lewat komputer atau laptop

buat email baru lewat HP
Unsplash

Jika buat email baru lewat HP terasa merepotkan, Sedulur bisa menggunakan device yang lebih besar yakni komputer atau laptop. Meski sedikit berbeda, tapi sebagian besar cara membuat akun email hampir sama kok. Yuk simak caranya di sini:

  1. Masukkan alamat www.gmail.com pada browser
  2. Setelah alamat terbuka, klik Create an Account
  3. Selanjutnya Sedulur akan diarahkan pada sebuah pop up kolom yang berisi data diri lengkap. Sedulur harus mengisi data diri dengan teliti dan lengkap agar tidak terjadi kesalahan
  4. Saat mengisi data diri, Sedulur jika bisa langsung mengisi username dan password. Jika username yang dipilih sudah dipakai pengguna lainnya, Sedulur bisa mengganti username yang lain atau memodifikasi dengan menambah angka. Password yang digunakan minimal 8 karakter, dan usahakan merupakan kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
  5. Klik Next Step, muncul agreement atau kotak persyaratan, klik I Agree
  6. Akun email baru milik Sedulur sudah bisa digunakan

BACA JUGA: 6 Cara Download Video Facebook Kualitas HD Lewat Hp & Web

Cukup mudah bukan membuat akun email lewat HP dan laptop. Dengan membuat akun gmail yang baru, Sedulur juga secara otomatis buat akun Google yang baru. Nanti akun Google ini bisa tersambung ke barbagai platform, tak hanya email, akun Google milik Sedulur juga bisa terhubungan ke Google Meet, Google Drive, Google Form, Google Calender, dan lain-lain.

Setelah mengetahui cara buat email baru lewat HP dan laptop, kini Sedulur juga harus paham sepenting apa sih memiliki akun email di zaman sekarang. Tak hanya untuk mengirim dan menerima pesan, email ternyata memiliki banyak manfaat lho!

1. Mengirim dan menerima pesan dengan cepat gratis

Unsplash

Cara mengirim surat di zaman dulu adalah Sedulur harus membayar biaya kirim lewat pos, lalu tukang pos yang akan mengantar sendiri ke alamat tujuan. Cara ini tentu memerlukan waktu yang sangat lama, bisa memakan waktu berhari-hari, bahkan bulanan.

Setelah teknologi email hadir, kini kita tak perlu lagi menggunakan cara tersebut. Jika ingin mengirim surat penting dengan cepat, Sedulur bisa menggunakan email. Tak hanya cepat, mengirim surat lewat email juga gratis. Sedulur hanya memerlukan koneksi internet saja.

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

2. Bisa mengirimkan berbagai file dengan mudah

Unsplash

Selain surat, email juga bisa digunakan untuk mengirimkan berbagai file seperti file pdf, word, excel, bahkan file foto. Jika butuh untuk mengirim banyak file, Sedulur bisa dengan mudah menggunakan email dengan satu kali kirim. Jika ukuran file yang akan dikirim sangat besar, biasanya file tersebut langsung otomatis diunggah ke Google Drive dan penerima email akan mendapatkan tautan Google Drive yang berisi file-file tersebut. Jika ingin mendapatkannya, penerima bisa mengunduhnya secara mandiri.

3. Syarat pendaftaran ke sejumlah media sosial

Unsplash

Memiliki media sosial saat ini menjadi salah satu hal penting. Masyarakat dengan akses internet yang memadai dipastikan hampir semua memiliki media sosial. Salah satu syarat penting yang harus dipenuhi saat membuat akun media sosial adalah mengisi alamat email.

Alamat email biasanya digunakan oleh media sosial untuk mengirimkan news letter atau informasi terbaru yang berkaitan dengan media sosial tersebut. Selain itu, email juga paling sering digunakan untuk aktivasi sebelum menggunakan media sosial atau website yang Sedulur kunjungi.

BACA JUGA: 7 Cara Cek Unfollowers Instagram Kamu dengan Mudah!

4. Penyimpanan jangka panjang dan lebih ramah lingkungan

Unsplash

Manfaat email yang paling bisa kita rasakan adalah penyimpanannya yang bersifat jangka panjang dan tak akan pernah rusak. Tak seperti saat kita menyimpan surat fisik yang pastinya memiliki batas masa simpan. Penyimpanan surat dalam akun email yang bersifat digital juga bisa Sedulur gunakan kapan saja dan mudah dicari.

Selain itu, mengirim surat dan file lewat email akan lebih ramah lingkungan karena Sedulur tak perlu membuang kertas. Jika dalam sebulan Sedulur rutin mengirim surat yang berkaitan dengan pekerjaan, bayangkan berapa jumlah kertas yang akan terbuang hanya dalam waktu 1 bulan?

Setelah membaca tips di atas, Sedulur bisa langsung buat email baru lewat HP. Caranya cukup mudah bukan? Rasanya di zaman sekarang, email memang sudah memegang peranan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat email lain yang bisa Sedulur maksimalkan adalah untuk membuat akun di Aplikasi Super. Dengan membuat akun di Aplikasi Super, Sedulur bisa dengan mudah lho berbelanja segala kebutuhan sehari-hari seperti minyak goreng, bumbu-bumbu, beras, dan lain-lain. Yuk tunggu apa lagi? Unduh aplikasinya sekarang di sini!