resep plecing kangkung

Ingin memasak kangkung dengan cara berbeda? Sedulur bisa simak resep plecing kangkung khas Lombak di bawah ini!

Bosan dengan kangkung yang diolah menjadi masakan yang itu-itu saja? Jika tidak dibuat cah, kamu mungkin akan memasaknya dengan cara ditumis. Padahal, terdapat beberapa menu yang bisa dicoba. Salah satunya adalah adalah resep plecing kangkung.

Di daftar resep di bawah ini, ada beberapa variasi plecing kangkung. Mulai dari resep plecing kangkung Bali, Jawa, hingga Lombok. Lengkap dengan tips dan cara membuatnya, simak langkahnya di bawah ini biar bisa langsung mempraktikannya di rumah kapan saja.

Baca Juga: 13 Resep Olahan Kangkung Paling Enak & Favorit Orang Indonesia

-->

Resep Plecing Kangkung 

Bahan plecing kangkung

resep plecing kangkung sederhana
dapurngebut.com

Langkah pertama untuk membuat resep plecing kangkung terasi ini tentu saja dengan menyiapkan bahannya. Yang harus disiapkan adalah:

Bahan sayur:

  • 1 ikat kangkung, potong-potong
  • 1 bungkus taoge
  • Kacang tanah untuk taburan

Bahan bumbu plecing kangkung Lombok:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 bungkus terasi
  • Garam
  • 2 buah jeruk limau

Setelah menyiapkan seluruh bahan dalam resep plecing kangkung sederhana, taruh di wadah kecil dan cek kembali. Pastikan tidak ada yang terlewat. Karena rasanya akan berubah bila ada bumbu dan bahan yang tertinggal.

Cara membuat

resep plecing kangkung bali
cookpad.com

Pada langkah membuat resep plecing kangkung Jawa, Bali, maupun Lombok,  kamu harus merebus merebus kangkung dan tauge terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Rebus kangkung dan tauge hingga matang, tiriskan
  2. Ulek cabai rawit, tomat, terasi dan garam
  3. Beri perasan jeruk limau dan aduk rata
  4. Tata kangkung dan tauge di atas piring
  5. Siram dengan sambal yang telah dibuat

Kamu juga bisa memodifikasi jumlah jeruk limau yang digunakan untuk mendapatkan citarasa segar dan asam sesuai keinginan. Jika menyukai pedas, kamu bisa menambahkan jumlah cab3 rawit ke dalam bumbu.

Setelah itu, plecing kangkung pun telah selesai dibuat dan siap disajikan. Alangkah lebih nikmat jika resep kangkung ini disantap dengan nasi hangat dan kerupuk untuk menyempurnakan tekstur dan rasanya.

Baca Juga: Tips & Trik Beli Sayur di Aplikasi Super

Tips memasak plencing kangkung

resep plecing kangkung terasi
id.quora.com

Agar rasa yang didapat dari resep di atas bisa mendekati sempurna, ada beberapa tips memasak yang harus diingat dan dipraktikkan. Agar lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini.

  • Rebus kangkung hingga matang dan jangan sajikan dalam keadaan panas
  • Siram kangkung yang telah bersuhu normal dengan air matang. Hal ini untuk menghilangkan getah atau kotoran yang masih menempel pada kangkung
  • Usahakan untuk menggunakan kangkung air untuk mendapatkan rasa plencing kangkung yang lezat

Memastikan kesegaran bahan sayuran

bumbu plecing kangkung lombok
superapp.id

Untuk mendapatkan rasa dan tekstur kangkung yang kriuk-kriuk, kesegaran sayuran ini juga harus dipastikan dalam keadaan segar. Bila sudah layu, tentu visual dan rasanya akan berubah. Mau membuat plecing kangkung dari daerah mana saja, pastikan kangkung airnya masih segar, ya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Sedulur bisa melengkapi bahan dan bumbunya di Aplikasi Super. Aplikasi Super yang sudah bisa diunduh di Google Play Store ini menyediakan bahan masakan dan bahan dapur lainnya dengan lengkap. Bila bahan dapur habus, segera saja restock  dengan memborongnya di Super. Harganya dijamin murah dan kualitas barangnya bagus dan segar ketika sampai di rumahmu.