Apa saja sih daftar makanan khas Makassar yang paling disukai? Simak ulasan di bawah ini, banyak makanan khas Makassar yang mungkin belum kita ketahui.

Biasanya, makanan khas dari wilayah Indonesia bagian timur terkenal dengan bahan yang terbuat dari sagu atau tepung. Memang ada beberapa makanan khas Makassar dari sagu, namun ada juga makanan khas Makassar yang terbuat dari bahan lain yang sangat menggugah selera.

Saking banyaknya kuliner khas Makassar, hingga ada yang membuat pertanyaan makanan khas Makassar TTS (teka-teki silang). Selain untuk menambah wawasan kita terkait dunia kuliner, dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan menjelaskan daftar makanan dari Makassar yang sangat nikmat.

Bagi Sedulur yang berada di Makassar mungkin sudah tidak asing lagi, tapi bagi Sedulur yang hendak berkunjung ke Makassar wajib tahu daftarnya. Karena terdapat banyak makanan khas Bugis Makassar, salah satu contoh makanan khas Makassar adalah Coto dan Sop Konro yang telah ada hampir di setiap kota besar di Indonesia. Lalu apa saja daftar makanan khas Makassar yang dimaksud? Yuk, kita langsung simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Resep Coto Makassar Kuah Kental Gurih Asli dari Penjualnya

Daftar Makanan Khas Makassar Paling Enak

1. Coto Makassar

1. Coto Makassar
indozone.id

Makanan khas Makassar Ujung Pandang yang paling terkenal dan diketahui oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia adalah Coto Makassar. Hal tersebut karena sudah banyak penjual Coto Makassar yang bisa kita jumpai hampir di setiap kota di Indonesia. Coto merupakan kuliner yang hampir mirip dengan soto. Menggunakan kuah dan jeroan sapi sebagai bahan utamanya.

Selain menggunakan nasi, Coto biasanya disajikan dengan burasa, ketupat khas Makassar. Banyak penjual Coto yang paling nikmat di Makassar. Hampir disetiap sudut kota Makassar kita bisa menjumpai penjual Coto, dan hampir setiap penjual Coto di Makassar, sudah pasti memiliki rasa yang nikmat.

2. Sarabba

2. Sarabba
grid.id

Sebelum lanjut membahas berbagai makanan tradisional Makassar enak, kita selingi terlebih dahulu dengan minuman khas Makassar yang sangat unik. Yaitu Sarabba, minuman khas Makassar dan Gorontalo. Surabba merupakan makanan tradisional dan hangat yang bisa menyegarkan badan. Terbuat dari campuran jahe, gula aren, santan dan merica bubuk.

Kita bisa mendapatkan Sarabba di setiap warung kopi atau warung makan khas Makassar. Salah satu minuman tradisional yang memiliki cita rasa manis dan hangat. Jika di daerah Jawa, kita mengenal minuman tradisional seperti bandrek. Sarabba merupakan jenis minuman yang sama dengan bandrek.

3. Sup Konro

3. Sup Konro
idntimes.com

Sama dengan Coto Makassar, Sup Konro merupakan makanan khas Makassar yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sudah banyak juga yang menjual Sup Kondro di daerah atau kota besar di Indonesia. Sup Konro merupakanan makanan yang berbahan utama iga sapi, yang sangat empuk dengan kuah yang sangat gurih.

Sedulur bisa mendapatkan Sup Konro yang nikmat di Jalan Daeng Tata dan Jalan Gunung Lompobattang di kota Makassar. Namun untuk menikmati Sup Konro, Sedulur harus menyiapkan uang yang banyak, karena satu porsi Sup Konro biasanya dijual dengan harga Rp 30.000 – Rp 50.000.

4. Konro Bakar

4. Konro Bakar
indonesia.go.id

Salah satu varian dari Sup Konro, Konro bakar merupakan makanan khas Makassar lainnya. Jika Sup Konro merupakan makanan berkuah, Konro bakar merupakan makanan kering. Daging iga sapi yang sama dengan bahan membuat Sup Konro disajikan dengan cara dibakar. Warung makan atau restoran yang menjual Sup Konro sudah pasti menjual Konro Bakar.

Baca Juga: 14 Makanan Khas Bali yang Wajib Ada di Daftar Menu Harianmu

5. Pallubasa

5. Pallubasa
detik.com

Pallubasa merupakan makanan khas Makassar yang terbuat dari jeroan sapi atau kerbau. Melihat tampila dari Pallubasa, secara sekilas terlihat mirip dengan Coto Makassar. Namun kedua kuliner tersebut tentu saja berbeda. Pallubasa dimasak menggunakan jeroan sapi yang direbus dengan waktu yang lama. Lalu setelah jeroan matang, diiris dan disajikan dengan daging sapi yang telah disuwir.

Jika Coto Makassar disajikan menggunakan burasa, Pallubasa biasanya disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Kuah dari pallubasa juga sangat gurih dan kaya akan rempah-rempah. Wisatawan yang berada di Makassar biasanya wajib menyantap Pallubasa.

6. Pallumara

6. Pallumara
liputan6.com

Sekilas, Pallumara terdengar mirip dengan Pallubasa. Sama-sama makanan khas Makassar yang berkuah, namun Pallumara merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar daging ikan atau kepala ikan kakap besar. Daging ikan atau kelapa kakap tersebut disajikan dengan kuah kental yang telah dibumbui oleh rempah-rempah yang kaya.

Pallumara memiliki cita rasa yang gurih, pedas dan asam. Dan biasanya disantap bersamaan dengan nasi hangat dan minuman dingin yang menyegarkan.

7. Pallu Kacci

7. Pallu Kacci
cookpad.com

Dalam daftar makanan khas Makassar, kita sering kali menjumpai kata ‘pallu’, seperti dalam pallumara dan pallubasa. Pallu sendiri berarti ‘masakan’. Maka tidak heran jika kita sering kali menemui kata pallu dalam setiap makanan khas Makassar. Sementarai itu kata ‘kacci’ sendiri berarti asam. Maka pallu kacci adalah makanan asam khas Makassar.

Pallu kacci berbahan dasar ikan bolu atau ikan bandeng dan juga ikan tuna atau ikan cakalang. Ikan yang banyak dijumpai di daerah Sulawesi Selatan. Menggunakan bumbu asam jawa, bawang merah, bumbu kunyit, gula merah, cabai rawit dan tomat

8. Es Pisang Ijo

8. Es Pisang Ijo
inews.id

Salah satu makanan khas Makassar dari pisang yang paling populer di Indonesia adalah es pisang ijo. Minuman khas ini merupakan kuliner asli dari kota Daeng di Makassar. Diakui oleh masyarakat di seluruh Indonesia, bahwa es pisang ijo merupakan minuman plus makanan yang menyehatkan sekaligus menyegarkan.

Kita pasti sering menjumpai menjamurnya penjual es pisang ijo ketika bulan Ramadan. Hal tersebut dikarenakan es pisang ijo sangat cocok dijadikan sebagai takjil untuk buka puasa. Es pisang ijo disajikan bersama bubur sumsum, susu kental manis dan sirup merah. Bagian terakhir adalah es batu yang melengkapi kesegaran es pisang ijo.

9. Es Pallu Butung

9. Es Pallu Butung
arsy.co.id

Minuman lain yang menjadi khas dari Makassar adalah es palu butung. Sangat mirip dengan es pisang ijo, yang menggunakan buah pisang sebagai bahan utamanya. Perbedaannya, es pallu butung pisang yang digunakan direbus dan dipotong kecil-kecil, lalu disiram dengan bubur sumsum dan di atasnya diberi es serut dan sirup dan juga susu kental manis. Banyak penjual es pallu butung yang bisa Sedulur jumpai di sepanjang jalan kota Makassar.

10. Nasi Kuning Riburane

10. Nasi Kuning Riburane
tribunnews.com

Selanjutnya adalah kuliner khas Makassar yang bisa digunakan sebagai sarapan, yaitu nasi kuning riburane. Dalam sepiring nasi kuning, dilengkapi dengan lauk seperti telur pindang, sayur labu, semur daging, sayur nangka, kentang goreng dan banyak lagi. Salah satu kuliner sarapan yang sangat mengenyangkan.

11. Pisang Epe

11. Pisang Epe
detik.com

Jenis kuliner manis yang berbahan utama pisang lainnya adalah pisang epe. Kita biasanya bisa mendapatkan pisang epe di sepanjang pesisir pantai di Makassar. Pisang epe berarti pisang jepit, hal tersebut disebabkan oleh cara pengolahannya, yaitu pisang yang dijepit lalu dibakar. Setelah dibakar, pisang kemudian disiram dengan gula merah cair. Sangat nikmat disantap sambil menikmati pemandangan pantai daerah Makassar.

12. Ikan Bakar Makassar

12. Ikan Bakar Makassar
detik.com

Makanan khas Makassar selanjutnya ikan bakar khas Makassar, yang menggunakan ikan papakulu, ikan bawal, ikan baronang, ikan bandeng, ikan sukang dan ikan kaci-kaci. Dibakar dengan bumbu bawang putih, garam, kunyit dan jahe. Disantap dengan sambal kecap, dan lalapan seperti kemangi, timun dan tomat.

13. Barongko

13. Barongko
kompas.com

Barongko merupakan kuliner khas Makassar yang terpengaruh dari kuliner suku Bugis. Barongko merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan, gula pasir, garam, telur dan santan. Adonan tersebut kemudian dihaluskan dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Setelah dikukus, barongko kemudian disimpan di kulkas hingga dingin. Selanjutnya, kita tinggal menyantap barongko.

14. Sop Saudara

14. Sop Saudara
merdeka.com

Sop Saudara merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika berada di Makassar. Salah satu hal yang unik adalah bahwa Sop Saudara sendiri berarti (S)aya (O)rang (P)angkep Saudara. Pangkep merupakan daerah yang terletak 60 km dari Makassar, dan terkenal dengan banyak kuliner yang nikmat. Salah satunya Sop Saudara. Wajib hukumnya bagi kita untuk mengunjungi warung Sop Saudara dan mencicipi kenikmatan rasanya.

15. Sop Ubi

15. Sop Ubi
klikhijau.com

Hanya di kota Makassar kita bisa mendapatkan ubi dijadikan kuliner berkuah. Sop ubi merupakan salah satu makanan khas Makassar yang sangat unik. Karena memadukan ubi dengan sayuran dan disiram kuah, dengan pelengkap seperti bihun, daun bawang dan juga perasan jeruk nipis. Sebagaimana sop pada umumnya, penggunaan ubi dijadikan sebagai karbohidrat pengganti nasi. Hampir setiap rumah makan atau restoran di Makassar menyanyikan makanan satu ini.

16. Kapurung

16. Kapurung
brisik.id

Salah satu jenis makanan khas Makassar yang berkuah kental adalah Kapurung. Kapurung merupakan kuliner yang dibuat dengan bahan dasar sagu yang dibentuk bulat-bulat seperti bakso, dan dinikmati dengan saus kacang dan sayur berkuah yang ditambah dengan daging seafood. Makanan ini merupakan kuliner khas daerah Indonesia Timur dengan rasa yang asam.

17. Pisang Peppe

17. Pisang Peppe
klikhijau.com

Pisang peppe merupakan jajanan dan makanan khas Makassar lainnya. Sekilas kita simak, pisang peppe mirip dengan pisang epe. Namun ternyata kedua kuliner tersebut berbeda. Pisang peppe menggunakan pisang gepok yang digoreng dengan tepung terigu lalu dipipihkan dan siap disantap. Uniknya, pisang peppe bisa kita santap dengan menggunakan sambal tomat yang pedas. Rasa manis dari pisang berpadu dengan sambal tomat yang pedas dan segar, merupakan kombinasi cemilan yang sangat nikmat.

18. Songkolo Bagadang

18. Songkolo Bagadang
merdeka.com

Setiap kota pasti memiliki kuliner khas tengah malam. Salah satu makanan khas Makassar yang bisa kita temui di malam hari adalah Songkolo Bagadang. Terbuat dari beras ketan putih atau hitam yang dikukus, dan disajikan bersama dengan parutan kelapa goreng bersama dengan telur itik asin dan juga ikan asin.

Setiap masyarakat Makassar yang kelaparan tengah malam pasti langsung mengunjungi setiap warung yang menjual songkolo. Salah satu yang paling ramai dikunjungi adalah warung makan di Jalan Antang Raya kota Makassar. Warung amakan songkolo tersebut sudah pasti ramai dikunjungi oleh masyarakat yang lapar di tengah malam.

19. Roko-Roko Unti

19. Roko-Roko Unti
cookpad.com

Makanan khas Makassar selanjutnya adalah Roko-roko unti, makanan ini merupakan makanan manis sejenis kue basah. Menggunakan pisang sebagai bahan utamanya, dan daun pisang sebagai bungkus kue ini. Dicampur dengan menggunakan adonan dari tepung beras. Sedulur bisa mendapatkan roku-roku unti di toko penjual oleh-oleh khas Makassar.

20. Cangkuning

20. Cangkuning
idntimes.com

Cangkuning merupakan makanan khas Makassar yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan Roko-roko unti. Bahan pembuatan dan cara membuatnya pun sama, perbedaan terletak dari cara membungkus dan melipatnya. Jika Roko-roko unti dilipat menjadi persegi panjang, cangkuning dilipat berbentuk segitiga.

Bahan isian cangkuning pun berbeda dengan Roko-roko unti, jika Roko-Roko unti menggunakan isian pisang. Cangkuning menggunakan dengan parutan kelapa dan cairan gula merah didalamnya. Cangkuning biasanya dinikmati bersamaan dengan Roko-roko unti, dan hampir tidak terpisahkan. Banyak yang menjual cangkuning dan roko-roko unti sebagai panganan oleh-oleh khas Makassar.

21. Putu Cangkiri

21. Putu Cangkiri
klikhijau.com

Masih dengan makanan khas Makassar berbentuk kue atau makanan manis, putu cangkiri merupakan makanan khas suku Bugis yang telah ada sejak dari lama. Merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang saat ini mulai ditinggalkan, karena semakin banyaknya pengaruh makanan dari daerah lain atau bahkan dari negara lain. Kue ini berbahan dasar tepung beras dengan campuran beras ketan dan juga gula merah.

22. Jalangkote

22. Jalangkote
kumparan.com

Jika melihat makanan khas Makassar satu ini, kita pasti otomatis mengira makanan tersebut adalah pastel. Karena, Jalangkote merupakan makanan yang memiliki bentuk yang sama dengan kue pastel. Perbedaan terletak pada ketebalan kulitnya, jika pastel biasanya memiliki kulit yang cukup tebal, berbeda dengan jalangkote yang memiliki kulit cenderung tipis.

Jika biasanya pastel disajikan bersama dengan cabe rawit, berbeda dengan jalangkote yang dinikmati dengan saus sambal cair. Isian dari jalangkote terdiri dari kentang, wortel, telur, mie, bihun dan tauge. Ada juga sebagian masyarakat Bugis yang menambahkan daging ayam atau daging sapi sebagai bahan isian Jalangkote. Umumnya jalangkote bisa kita temui dengan mudah saat Ramadan, karena menjadi takjil untuk buka puasa.

23. Gogoso

23. Gogoso
merdeka.com

Gogoso merupakan kuliner malam khas Makassar. Bahan utama membuat gogoso adalah beras ketang yang dibungkung dengan daun pisang dan kemudian dipanggang di atas bara api. Gogoso biasa disajikan bersama dengan kambu atau abon sapi khas Makassar.

Kita bisa mendapatkan Gogoso di setiap sudut kota Makassar, mulai dari warung makan hingga pedagang kaki lima banyak yang menjual gogoso. Namun, syaratnya satu, mencari di malam hari. Karena mustahil makanan ini bisa kita dapatkan di pagi atau siang hari.

24. Mie Titi

24. Mie Titi
detik.com

Salah satu makanan khas Makassar yang mendapat pengaruh dari makanan Tionghoa adalah Mie Titi. Mie Titi dikenalkan pertama kali di Makassar oleh sosok Ang Kho Tjao, seorang peranakan Tionghoa yang tinggal di Makassar pada tahun 1960. Ang Kho Tjao ini kemudian mewariskan resepnya kepada salah satu putrinya yang bernama Titi.

Dari itu, kuliner ini pun dikenal khas dengan nama Mie Titi. Mie titi merupakan mie yang berbentuk kering, dengan campuran sayuran, udang, bakso , cumi dan jamur. Makanan yang sangat nikmat untuk disantap dalam kondisi apapun. Kita bisa mendapatkan Mie Titi yang legendaris ini di Jalan Boulevard Ruko Ruby Rubi II No. 25 atau di Jalan Bulu Kunyi no 37. Jam buka warung Mie Titi mulai dari jam 18.00 hingga 01.00 tengah malam.

25. Burasa

25. Burasa
kompas.com

Jika Sedulur mencari makanan khas Makassar yang berbentuk seperti lontong, burasa adalah jawabannya. Selain dikenal dengan nama Burasa, sebagian masyarakat Makassar juga menyebutnya dengan nama lapat. Burasa terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang dan direbus menggunakan santan. Burasa biasanya disantap bersamaan dengan coto atau sop konro. Burasa paling nikmat di Makassar bisa Sedulur temui di setiap sudut kota Makassar.

26. Baje

26. Baje
akbarpost.com

Baje atau kue baje merupakan makanan khas Makassar yang memiliki rasa yang sangat manis. Terbuat dari campuran beras ketan, santan, dan gula merah. Dibungkus menggunakan daun pisang yang terlebih dahulu dikeringkan. Makanan ini sepintas terlihat seperti dodol khas kota Garut. Kue baje merupakan salah satu makanan khas Makassar yang seringkali dijadikan oleh-oleh. Oleh karena itu, biasanya kue Baje dijual oleh toko oleh-oleh di Makassar.

27. Kue Dange

27. Kue Dange
liputan6.com

Masih dengan makanan khas Makassar kue, yaitu kue dange. Kue dange memiliki tekstur yang legit, dengan rasa manis dan gurih yang berpadu sempurna. Kedua rasa tersebut didapatkan dari bahan dasar pembuatannya yang menggunakan kelapa parut dan gula merah. Kita bisa mendapatkan kue dange di bandara Makassar. Hampir di sepanjang ruas jalan Makassar kita bisa mendapatkan kue dange, karena dijual sebagai salah satu kuliner oleh-oleh khas Makassar.

28. Buroncong

28. Buroncong
makassarkuliner.com

Kuliner khas Makassar ini sepintas memiliki bentuk yang sama dengan kue bandros khas Jawa Barat, namanya adalah buroncong. Buroncong terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, santan, gula pasir dan garam. Yang dimasak menggunakan cetakan sebagaimana bandros khas Jawa Barat. Kita bisa mendapatkan Buroncong di setiap tempat penjual jajanan tradisional. Karena buroncong merupakan makanan tradisional Makassar yang masih bisa dijumpai hingga saat ini.

29. Cucuru Bayao

29. Cucuru Bayao
idntimes.com

Cucuru bayao merupakan kue khas daerah Pangkep yang ada di Sulawesi Selatan. Kue yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang sangat lembut ketika digigit. Kue ini juga biasanya disuguhkan saat pesta pernikahan atau sunatan. Selain itu, cucuru bayao juga seringkali dijual dan dijadikan oleh oleh khas Makassar. Memiliki warna dan tekstur yang hampir mirip dengan bika ambon khas kota Medan.

30. Nasu Palekko

30. Nasu Palekko
tribunnews.com

Makanan khas makassar yang terakhir adalah Nasu Palekko, jika kita menyimak gambar makanan khas Makassar satu ini kita pasti akan tergiur. Pasalnya Nasu Palekko terdiri dari daging bebek atau daging ayam yang dimasak dengan cara khas dari Makassar. Nasu palekko sendiri merupakan bahasa Bugis yang berarti memasak di kuali atau periuk.

Kebiasaan masyarakat Bugis yang memasak menggunakan kuali dan periuk menjadikan semua nama dari makanan ini. Bahan utama membuat nasu palekko adalah daging bebek atau daging ayam, yang dipotong-potong kecil.  Menggunakan campuran bumbu seperti lengkuas, sereh, bawang putih, cabai, bawang merah dan jahe. Makanan Makassar terkenal dengan penggunaan rempah-rempah yang banyak.

Kita bisa mendapatkan Nasu Palekko yang paling nikmat di Jalan Tamalanrea Raya, Blok C No 27 A, di rumah makan Palekko Makassar. Merupakan rumah makan Palekko yang paling terkenal nikmat dan enak di Makassar. Bagi Sedulur yang berkunjung ke Makassar, wajib menyantap Nasu Palekko.

Semoga daftar makanan khas Makassar dan Sulawesi Selatan di atas bisa menambah wawasan seputar kuliner bagi Sedulur, bagi Sedulur yang penasaran dengan daftar makanan di atas, Sedulur juga bisa mencoba membuatnya sendiri. Yang paling penting adalah dengan menyediakan bahan-bahannya.

Untuk lebih mudah mendapatkan bahan-bahan masakan, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Tersedia banyak bahan berkualitas dengan harga murah. Dan pelayanan yang praktis, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk membeli berbagai bahan kebutuhan memasak. Klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.

Aplikasi Super juga kini hadir di Makassar, agar dapat melayani masyarakat Indonesia di wilayah Indonesia Timur. Sebagai komitmen utama Aplikasi Super untuk dapat menyediakan bahan kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari yang berkualitas dengan harga yang murah dan cara yang mudah untuk mendapatkannya.