resep coto makassar

Coto Makassar merupakan makanan khas daerah yang sudah meluas di Indonesia. Kendati merupakan kuliner asli Makassar, kita hampir bisa menemuinya di setiap kota dan daerah di Indonesia. Hal tersebut menunjukan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kuliner khas Makassar satu ini.

Bagi yang penasaran ingin membuat sendiri, Superapp.id dalam kesempatan ini akan membahas resep Coto Makassar yang langsung dari penjualnya. Baik itu resep Coto Makassar asli Bugis atau resep Coto Makassar Asli Daeng Tata khas Sulawesi Selatan. Seperti apa resep Coto Makassar khas Sulawesi Selatan tersebut? Yuk, langsung saja kita simak langkah dan tahapannya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Resep Pastel Kering, Mudah & Praktis Banget!

1. Bahan yang dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
Omiyago

Beberapa bahan yang dibutuhkan dalam resep Coto Makassar simpel bisa kita dapatkan dengan mudah, berikut bumbu-bumbu yang dibutuhkan:

  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 sdt garam

Jangan lupa, Sedulur juga harus menyiapkan bahan-bahan utama lainnya, yaitu:

  • 1 kg daging sapi
  • 5 batang serai
  • 2.000 ml air cucian beras putih
  • 5 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 250 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
  • 5 cm jahe
  • 1 ruas lengkuas

Bumbu pelengkap yang wajib Sedulur siapkan untuk melengkapi resep bumbu Coto Makassar adalah:

  • Bawang merah goreng
  • Seledri yang sudah diiris tipis
  • Daun bawang yang sudah dirilis

2. Cuci dan rebus daging

2. Cuci dan Rebus Daging
Wowkeren

Langkah pertama dan paling penting adalah mengolah daging sapi. Daging sapi merupakan komponen utama yang dapat mempengaruhi kuah dari Coto Makassar itu sendiri. Pertama-tama, Sedulur harus membersihkan daging sapi dengan air biasa. Sedulur juga sebenarnya bisa memilih resep Coto Makassar pilihan daging ayam dan sapi, namun kali ini yang digunakan adalah daging sapi.

Setelah daging bersih, pindahkan daging dalam panci lalu rebus menggunakan air cucian beras yang telah disiapkan. Lalu tambahkan lengkuas, jahe, batang serai dan daun salam. Rebus hingga daging sangat empuk. Penggunaan air bekas mencuci beras merupakan hal penting, yang mempengaruhi rasa Coto Makassar itu sendiri.

Salah satu bahan yang wajib digunakan dalam membuat Coto Makassar adalah air beras itu sendiri. Air beras ketika digunakan untuk merebus daging sapi, akan menghasilkan sebuah kuah dan kaldu yang nikmat. Ditambah dengan penggunaan lengkuas, jahe, batang serai dan daun salam. Membuat kuah kaldu Coto memiliki ciri khas.

3. Tumis bumbu halus

resep coto makassar
IDNTimes

Sambil menunggu daging empuk dan lembut, kita juga harus menyiapkan bumbu-bumbu. Siapkan minyak lalu panaskan. Daftar bumbu di atas yang telah disediakan jangan lupa untuk dihaluskan terlebih dahulu. Lalu tumis hingga wangi dan masak. Pindahkan tumisan bumbu ke dalam air rebusan daging. Rebus hingga matang dan mendidih.

Setelah mendidih, langkah terakhir adalah sajikan Coto Makassar dan resep Coto Makassar pakai air beras pun selesai dilakukan. Kita bisa dengan segera menikmati Coto Makassar dengan sepiring nasi hangat. Jangan lupa untuk menyajikan Coto dengan bahan pelengkap yang telah disediakan di atas.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Lamongan Spesial dan Bisa Dibuat di Rumah

Tips membuat coto Makassar

resep coto makassar
Resep Istimewa

Dalam resep Coto Makassar, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan agar resep Coto Makassar tidak gagal dipraktekan. Beberapa tips di bawah ini dapat membuat waktu memasak Coto Makassar lebih cepat. Simak daftarnya di bawah ini:

Gunakan panci yang biasa digunakan untuk presto, hal ini sangat efektif untuk mempercepat waktu memasak Coto Makassar. Dalam resep Coto Makassar, kelembutan dan kematangan daging merupakan hal yang penting. Sementara itu, memasak daging hingga lembut dan empuk membutuhkan waktu lama. Panci presto merupakan tips penting agar waktu memasak tidak terlalu lama.

Jika ingin menambah bahan dalam resep Coto Makassar, seperti menambah jeroan. Disarankan direbus terlebih dahulu menggunakan panci yang berbeda dan terpisah. Agar tidak merusak cita rasa kuah Coto.

Usahakan gunakan air beras dalam merebus daging, karena akan membuat kuah menjadi khas dan nikmat. Di beberapa tempat dikenal juga dengan istilah resep kuah buras atau resep buras bumbu kacang. Salah satu resep khas Makassar yang tidak kalah nikmat seperti Coto Makassar.

Belanja bahan membuat coto Makassar di Aplikasi Super

Aplikasi Super

Agar Sedulur bisa memasak Coto Makassar dengan mudah tanpa harus ribet, Sedulur bisa membeli bahan-bahan dalam resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Tersedia setiap bahan kebutuhan memasak dan barang kebutuhan sehari-hari dengan lengkap di Aplikasi Super.

Keberadaan Aplikasi Super akan semakin mempermudah bagi kita untuk memenuhi kebutuhan memasak, termasuk juga kebutuhan membuat Coto Makassar. Walaupun, Sedulur bisa dengan mudah mencari penjual Coto Makassar yang enak di Sulawesi atau Coto Makassar yang enak di Surabaya dan di kota manapun. Karena kita hampir bisa menemui Coto Makassar di kota-kota di Indonesia.

Semoga resep Coto Makassar yang telah dibahas di atas bisa membantu Sedulur untuk memasak Coto Makassar, terutama bagi Sedulur yang penasaran dalam membuat Coto Makassar sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.