Ingin mencoba resep makanan yang berbeda? Sedulur bisa coba makanan khas Bali, simak daftarnya di bawah ini.

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan. Mulai dari pantai, laut hingga sawah yang ada di Bali memiliki pemandangan yang indah. Hal tersebut yang menjadikan Bali sebagai salah satu tempat wisata terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan, wisatawan mancanegara pun selalu memilih Bali sebagai tempat untuk berlibur.

Salah satu hal yang menarik dari Bali adalah kuliner khas Bali. Makanan tidak akan bisa lepas dari wisata. Banyak makanan tradisional Bali yang dikenal masyarakat dikarenakan kelezatannya. Beberapa nama makanan khas Bali bahkan sudah ada yang terkenal di luar negeri.

Beberapa makanan unik di Bali dalam daftar kuliner Bali memiliki daya tarik wisata tersendiri. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar masakan khas Bali, bagi Sedulur yang rindu wisata kuliner Bali, makanan khas Bali di bawah ini bisa Sedulur coba untuk masak sendiri di rumah, untuk mengobati kerinduan akan cita rasa kuliner wajib Bali

-->

Apa saja daftar makanan terenak di Bali, dan menjadi salah satu daftar kegiatan yang diwajibkan saat ke Bali kuliner? Yuk, mari kita langsung simak saja daftar makanan khas Bali di bawah ini.

Baca Juga: 20+ Makanan Khas Indonesia Paling Enak, Kamu Sudah Coba?

Daftar Makanan Khas Bali yang Bisa Sedulur Jadikan Menu Harian!

1. Lawar

1. Lawar
tribunnews.com

Daftar makanan khas Bali yang pertama adalah Lawar. Walaupun memiliki nama yang mirip dengan salah satu nama hewan, yaitu kelelawar, namun makanan ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan kelelawar. Justru, makanan satu ini merupakan makanan yang terdiri dari kacang panjang, nangka, parutan kelapa dan bumbu rempah.

Makanan khas Bali satu ini terdiri dari beberapa macam, mulai dari lawar ayam, lawar daging dan banyak lainnya. Sedulur bisa mencoba untuk membuat Lawar jika Sedulur rindu makanan khas Bali satu ini. Sayangnya, di tengah kondisi Covid-19 saat ini, banyak yang tidak bisa berlibur dan berkunjung ke Bali.

2. Serombotan

2. Serombotan
kumparan.com

Makanan khas Bali satu ini lebih mirip dengan urap di pulau Jawa. Serombotan berasal dari daerah Klungkung, salah satu nama wilayah yang ada di pulau Bali. Makanan ini terdiri dari berbagai sayuran yang direbus setengah matang, seperti kacang panjang, kecambah, kangkung, bayam, terong hijau, kelapa parut dan sangrai. Persis seperti urap di pulau Jawa.

Selain dinikmati dengan sepiring nasi, makanan satu ini bisa dinikmati langsung. Selain nikmat, karena komponennya yang terdiri dari berbagai macam sayuran. Makanan satu ini sudah pasti dijamin bergizi. Sedulur bisa menemukan Serombotan di sekitar pasar tradisional yang ada di Bali.

3. Sate Lilit

3. Sate Lilit
idntimes.com

Salah satu kuliner unik dalam makanan khas Bali adalah sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit ini tidak ditusuk, melainkan dililit. Daging yang digunakan untuk membuat sate lilit bisa menggunakan daging ayam atau daging ikan. Namun terlebih dahulu, daging yang digunakan harus digiling hingga benar-benar halus.

Setelah daging benar-benar halus, campurkan dengan kelapa parut dan bumbu-bumbu. Lilitkan daging pada batang bambu, atau jika menginginkan rasa yang lebih mantap, lilitkan daging pada batang atau tangkai serai. Rasa daging yang dihasilkan akan menjadi lebih nikmat dan lezat.

Baca Juga: 10 Makanan Tinggi Serat Ini Wajib Ada di Daftar Menu Kamu!

4. Sate Plecing

4. Sate Plecing
dapurkobe.co.id

Keunggulan makanan khas Bali satu ini terletak pada bumbu sambal yang digunakan. Sambal plecing merupakan bumbu bakar yang juga bisa dijadikan sebagai sambal untuk makan. Sedulur bisa juga menggunakan sambal plecing untuk membakar ayam taliwang atau ikan bakar.

Sate plecing khas Bali satu ini menjadi salah satu menu makan favorit dari wisatawan mancanegara. Terutama ketika menggunakan daging babi, wisatawan mancanegara sangat menyukai makanan khas Bali satu ini. Terdapat juga sate plecing dengan menggunakan daging ayam atau daging sapi. Cocok disantap bagi Sedulur yang diharamkan memakan babi.

5. Tipat Blayag

5. Tipat Blayag
cookpad.com

Makanan khas Bali selanjutnya adalah tipat blayag, tipat blayag mirip dengan lontong sayur atau lontong kari. Tipat merupakan sebutan ketupat di Bali, makanan ini terdiri dari ketupat, telur, ayam suwir, lawar, dan sambal, yang disiram dengan kuah santan yang kental dan gurih.

Tipat blayag merupakan makanan tradisional yang berasal dari daerah Buleleng, Bali Utara. Namun, saat ini makanan khas ini sudah bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru Bali, karena banyak wisatawan yang menyukai rasa dari makanan ini. Terutama wisatawan mancanegara.

6. Nasi Sela

6. Nasi Sela
metrobali.com

Makanan khas Bali satu ini memiliki sejarah unik saat kemunculannya, berasal dari daerah Karangasem, Bali, makanan ini muncul pada tahun 1970-an, saat daerah Karangasem mengalami kondisi ekonomi yang sedang sulit, terutama untuk makan. Makan, masyarakat setempat kemudian mencampurkan cacahan sela (ketela) dan ubi jalar ke dalam nasi, dengan tujuan agar bisa merasakan kenyang dalam waktu lama.

Namun, seiring berjalannya waktu, nasi sela berkembang dengan menggunakan banyak bahan. Mulai dari sayuran, udang kecil kacang tanah dan bumbu kalas. Bahkan saat ini, nasi sela banyak disantap dengan makanan lainnya. Seperti ayam betutu dan sambal matah.

7. Tipat Cantok

7. Tipat Cantok
kumparan.com

Kuliner yang menggunakan ketupat lainnya di Bali, tipat cantok merupakan makanan khas Bali yang mirip dengan kupat tahu  di Jawa Barat. Ketupat yang disantap dengan bumbu kacang, kecap dan juga sayur kecambah. Atau juga mirip dengan ketoprak atau gado-gado. Tipat cantok merupakan salah satu makanan favorit yang dipilih untuk sarapan.

Salah satu kedai tipat cantok yang terkenal adalah milik Ibu Kadek Kartini yang terletak di Sesetan, Denpasar. Tipak cantok miliki ibu Kadek telah berjualan selama belasan tahun dan menjadi langganan para wisatawan. Membuat makanan ini cukup mudah, Sedulur bisa mendapatkan bahan membuatnya di pasar atau di warung.

8. Laklak

8. Laklak
merahputih.com

Selanjutnya adalah makanan khas Bali yang memiliki rasa manis. Laklak seperti serabi, atau biasa disebut juga sebagai serabi versi Bali. Namun, cara memasak laklak menggunakan kendi tradisional, hal tersebut yang membuat laklak memiliki cita rasa yang berbeda.

Menggunakan teknik memasak yang unik, membuat laklak memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Laklak dinikmati bersama taburan parutan kelapa dan juga gula merah yang telah dilelehkan. Sangat cocok dimakan sebagai camilan sore hari.

9. Ayam Bumbu Bali

9. Ayam Bumbu Bali
superapp.id

Ayam bumbu Bali merupakan makanan khas Bali yang disukai oleh para wisatawan. ayam bumbu Bali merupakan sajian makanan yang enak dengan cita rasa khas dan tinggi. Terdapat beberapa jenis resep ayam bumbu Bali, namun ayam bumbu Bali pedas merupakan favorit bagi setiap pengunjung. Makanan khas Bali ini terkenal karena kelezatannya, hal tersebut juga yang membuat makanan ini dikenal di seluruh Indonesia.

10. Kue Lupis

10. Kue Lupis
tandaseru.id

Kembali ke makanan yang memiliki rasa manis. Kue lupis merupakan salah satu makanan favorit di Bali. Walaupun bukan merupakan makanan khas Bali, karena asal-usul kue lupis hingga saat ini masih diperdebatkan. Ada yang bilang berasal dari Bali, Jawa Timur atau Betawi. Namun terlepas dari hal tersebut, kue lupis di Bali merupakan favorit sebagai makanan untuk camilan. Kue lupis terbuat dari ketan yang dilumuri dengan parutan kelapa dan gula merah.

11. Nasi Jinggo

11. Nasi Jinggo

Makanan khas Bali selanjutnya adalah nasi jinggo. Makanan ini juga dikenal dengan nama nasi jenggo. Sajian nasi yang dibalut dengan daun pisang yang konon katanya lahir akibat krisis moneter di Indonesia pada tahun 1998. Salah satu makanan murah yang bisa Sedulur coba saat berada di Bali. Harga murah dan mengenyangkan merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba, terutama ketika berwisata ke Bali dengan uang pas-pasan.

12. Nasi Campur

12. Nasi Campur
grab.com

Kuliner satu ini juga merupakan makanan khas Bali yang wajib dicoba oleh setiap wisatawan. Secara kandungan gizi, makanan ini sangat komplit. Terdiri dari sayuran hingga protein hewani dengan menggunakan bumbu khas Bali, membuat makanan ini sangat wajib dicoba. Selain itu, makanan ini juga bisa dikonsumsi dengan menggunakan sambal matah, agar memiliki cita rasa yang semakin nikmat.

13. Ayam Betutu

13. Ayam Betutu
idntimes.com

Ayam betutu merupakan makanan khas Bali yang menggunakan berbagai bumbu dan rempah khas Indonesia. Ayam kampung utuh yang diolah dengan berbagai rempah terbaik di Indonesia. Lalu dipanggang dalam api sekam hingga daging ayam matang dan mengeluarkan minyak.

14. Bebek Betutu

14. Bebek Betutu
wikimedia.org

Makanan khas Bali terakhir adalah bebek betutu. Menggunakan bumbu dan cara memasak yang sama dengan ayam betutu, bebek betutu juga merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang tidak kalah nikmat. Daging bebek yang lebih gurih dibanding ayam, menghasilkan rasa yang nikmat luar biasa.

Semoga daftar makanan khas Bali yang telah diulas di atas bisa memberikan referensi bagi Sedulur yang ingin menjadikan makanan dalam daftar di atas sebagai salah satu menu makan. Jangan lupa juga untuk menyediakan berbagai bahan dan bumbu untuk membuat makanan dari Bali di atas.

Sedulur bisa menyiapkan bahan untuk memasak dan kebutuhan harian lainnya dengan membeli di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai barang dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari dengan sangat komplit. Sedulur bisa download Aplikasi Super terlebih dahulu dengan klik di sini, agar bisa membeli kebutuhan harian kapanpun dan dimanapun. Selamat mencoba!