Semur telur merupakan salah satu masakan yang praktis dibuat. Selain itu, semur telur juga merupakan santapan yang nikmat sebagai lauk untuk makan. Bagi Sedulur yang bingung akan memasak apa dan ingin masakan yang praktis dan mudah dibuat, resep telur satu ini merupakan pilihan yang cocok.

Terutama ketika memasuki tanggal tua, ketika keuangan mulai menipis dan bahan makanan mulai perlahan habis. Resep semur telur adalah solusi untuk mengatasi situasi tersebut. Berikut ini adalah resep dan langkah membuatnya yang bisa Sedulur lakukan. Seperti bagaimana prosesnya? Yuk simak langsung di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Semur Daging Sapi yang Super Enak dan Empuk

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan
suara

Bahan yang Sedulur butuhkan dalam resep semur telur tidak sulit untuk Sedulur dapatkan. Berikut bahan-bahannya:

-->
  • 5 butir telur bebek atau telur ayam
  • 8 butir bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 6 sdm kecap manis
  • ½ sdt garam
  • 1½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt jintan bubuk
  • 1 sdt ketumbar, sangrai, haluskan
  • 3 buah cengkih 500 ml air
  • 1 sdm minyak, untuk menumis

Jika melihat bahan-bahan membuat semur telur diatas, merupakan bahan-bahan yang bisa Sedulur dapatkan dengan mudah. Baik di warung kelontong atau pasar. Setelah bahan terkumpul, Sedulur bisa lanjut ke memasaknya. Berikut langkah memasaknya:

BACA JUGA: 30 + Makanan Khas Betawi yang Wajib Coba Dijamin Nagih!

1. Rebus telur dan kemudian goreng

1. Rebus semur telur dan kemudian goreng
detik

Langkah pertama dalam membuat semur telur adalah dengan merebus telur lebih dulu. Rebus telur hingga matang, kemudian tiriskan terlebih dahulu. Setelah agak dingin, kupas telur dari kulitnya dan siapkan wajan degang minyak. Kemudian goreng telur yang direbus. Tujuan agar membuat telur lebih matang dan mudah menyerap bumbu. Setelah matang sisihkan telur terlebih dahulu.

2. Tumis bumbu

2. Tumis bumbu
wikihow

Selanjutnya adalah menumis bumbu semur telur. Masih menggunakan wajan yang sama dengan sisa minyak bekas menggoreng telur, Sedulur bisa menumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Setelah itu, Sedulur masukkan tomat dan aduk hingga benar-benar layu dan matang.

BACA JUGA: 20 Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu-Tunggu

3. Masukkan telur dan masak hingga matang

3. Masukkan semur telur dan masak hingga matang
cookpad

Setelah bumbu layu, Sedulur masukkant telur yang telah direbus dan digoreng, ditambah dengan ketumbar, jintan, garam, merica, cengki dan kecap manasi. Lalu aduk hingga semuanya tercampur rata. Selanjutnya, Sedulur bisa menambahkan air agar bumbu meresap kepada telur.

Jangan lupa koreksi rasa, jika telah pas dan sesuai selera. Sedulur bisa mematikan api kompor dan menyajikan semur sebagai lauk makan. Langkah dan cara membuat semur telur pun telah Sedulur lakukan dengan sempurna. Siapkan kerupuk dan nasi hangat agar semur bisa semakin sempurna dinikmati.

Sekian langkah membuat resep semur tahu telur yang telah dijelaskan di atas. Semoga bisa menjadi pilihan menu makan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang bingung untuk memasak apa. Resep satu ini merupakan resep yang sederhana, super mudah dan sangat murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa Sedulur beli dengan harga yang super murah.

Bagi Sedulur yang menginginkan harga yang super murah lagi, Sedulur bisa membeli bahan-bahan dalam resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Tersedia dengan lengkap bahan untuk memasak yang bisa Sedulur beli, ditambah Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah.

Sedulur tinggal pesan bahan-bahan dalam resep semur telur di atas melalui Aplikasi Super, kemudian tunggu hingga pesanan tiba di rumah Sedulur. Praktis ‘kan? Segera gunakan Aplikasi Super sekarang juga, bagi yang belum memiliki aplikasinya, bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba!