Jajanan pasar

Jajanan pasar tradisional masih menjadi favorit banyak orang hingga sekarang. Yuk obati rindu dengan aneka kue dan snack tradisional di bawah ini. Mana favoritmu?

Di tengah gempuran beragam snack dan camilan kekinian seperti croffle dan garlic bread, jajanan pasar masih menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Bukan hanya karena rasanya yang membuat nostalgia, namun juga karena ragam jenisnya yang demikian banyak.

Hampir setiap daerah memiliki jenis jajanan pasarnya sendiri. Bahkan beberapa jenis camilan tradisional ini memiliki nama yang berbeda di masing-masing daerah. Yuk kita simak berbagai jenis snack tradisional berikut ini.

Aneka Jajanan Pasar Tradisional Unik dan Lezat, Mana Jajanan Kesukaanmu?

1. Klepon

-->

Klepon merupakan jajanan yang populer di banyak daerah. Sedulur bisa menemukannya hampir di setiap provinsi di Indonesia, meski memiliki nama dan penampilan yang sedikit berbeda.

Kue ini terbuat dari adonan tepung beras ketan yang dibuat bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Bola-bola ini kemudian direbus hingga matang dan dibaluri dengan parutan kelapa muda. Biasanya klepon berwarna hijau, namun Sedulur juga dapat menemukan klepon dengan warna-warna lain.

2. Cenil

briliofood.net

Snack manis satu ini berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Memiliki penampakan yang mirip dengan klepon, tapi cenil sebenarnya sangat berbeda. Kue satu ini terbuat dari tepung kanji dan dibaluri oleh kelapa muda parut serta gula. Terkadang cenil juga disajikan dengan saus gula merah dan ketan hitam. Biasanya cenil juga berwarna-warni dengan bentuk bulat.

3. Lupis

resepkoki.id

Lupis atau lopis merupakan kue jajanan pasar khas Jawa Tengah. Terbuat dari ketan yang dikukus dalam bungkusan daun pisang dan dibalur dengan parutan kelapa muda. Lupis disajikan dengan saus gula merah kental yang nikmat.

Meski tampak sederhana, namun membuat lupis sebenarnya cukup rumit. Pasalnya, proses membungkus lupis harus kuat dan hati-hati atau hasil akhirnya akan memiliki tekstur yang terpecah dan kurang kenyal. Beberapa orang terkadang suka menambahkan potongan nangka manis sebagai topping.

4. Jadah tempe

minyakgorengsunco.com

Jadah tempe mungkin tak seberapa populer, akan tetapi sajian ini dikenal sebagai jajanan favorit Keraton Yogyakarta. Terbuat dari ketan campur kelapa yang dilumatkan halus dan dibentuk oval atau persegi. Sesuai namanya, jajanan ini biasanya dimakan berdampingan dengan tempe bacem manis. Namun ada juga yang suka memasangkan jadah dengan tahu bacem.

Jajanan ini populer di Kawasan Sleman Yogyakarta, tepatnya di Kaliurang. Cita rasa gurih jadah dan manis tempe membuatnya jadi hidangan yang selalu diingat. Tak heran jika jadah tempe jadi salah satu oleh-oleh khas Kaliurang.

5. Mendoan

lifestyle.sindonews.com

Meski tampak seperti tempe goreng, namun mendoan memiliki perbedaan yang mendasar dari tempe goreng tepung. Mendoan merupakan jajanan khas Banyumas. Nama ini diambil dari kata ‘Mendo’ yang berarti setengah matang atau lembek. Sesuai namanya, tempe satu ini digoreng menggunakan minyak yang sangat panas dan hanya sebentar saja agar mendoan tidak benar-benar matang sempurna.

Tempe ini biasanya memiliki irisan yang sangat tipis dan dibalut adonan tepung terigu serta tepung beras yang gurih. Setelah digoreng setengah matang, mendoan biasa disajikan dengan kecap dan irisan cabai. Untuk membuat camilan satu ini, Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahannya di Aplikasi Super.

6. Combro

Combro merupakan singkatan dari “oncom di jero” yang artinya “oncom di dalam”. Makanan ini berasal dari Sunda dan menjadi salah satu camilan populer sebagai teman minum teh serta kopi. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari campuran parutan singkong, cabai iris, daun bawang dan kelapa yang dibentuk bulat dan diisi dengan oncom.

Biasanya, jajanan ini digoreng dan dimakan selagi hangat dengan cocolan saus cabai atau cabai buah.

Baca Juga: Daftar Jajanan Anak SD Paling Laris. Tak Lekang oleh Zaman!

7. Cimol

resepedia.id

Siapa yang tidak tahu jajanan pasar kekinian satu ini. Camilan ini berasal dari Jawa Barat, dan merupakan singkatan dari aci digemol. Sesuai namanya, cimol terbuat dari tepung kanji atau aci yang dibuat bulat-bulat atau digemol. Tidak hanya dimakan begitu saja, cimol biasanya dibumbui menggunakan bumbu serbuk tambahan yang gurih.

Jajanan ini dikenal murah dan banyak dijual di pinggir jalan. Seringkali Sedulur juga akan menemukan jajanan pasar seribuan seperti cireng dan stik kentang yang dijual bersama cimol.

8. Lemper

Kompas.com

Lemper merupakan makanan yang wajib disebut saat membicarakan aneka jajanan pasar. Camilan satu ini demikian populer dan disukai oleh masyarakat. Pasalnya, selain nikmat lemper juga mengenyangkan dan kerap jadi pengganjal perut paling ampuh. Lemper terbuat dari beras ketan yang dibungkus menggunakan daun pisang dan diisi dengan masakan daging ayam yang dihaluskan.

9. Arem-arem

resepkekinian.com

Hampir sama dengan lemper, arem-arem memiliki penampakan yang mirip. Bedanya, arem-arem dibuat dari nasi dan biasanya berbentuk lebih besar. Sedangkan isi dari arem-arem adalah tempe alih-alih ayam seperti lemper. Karena terbuat dari nasi, arem-arem juga memiliki tekstur lebih lembut serta empuk.

10. Semar Mendem

Masih memiliki konsep yang sama dengan lemper, namun semar mendem dibungkus menggunakan telur dadar alih-alih daun pisang. Semar mendem biasanya jadi snack yang ada di acara pernikahan adat jawa. Rasa dari semar mendem lebih gurih dibandingkan lemper karena bungkusnya yang menggunakan telur dadar.

11. Onde-onde

masakapahariini.com

Siapa yang tidak kenal kue jajanan pasar satu ini? Onde-onde merupakan camilan favorit banyak orang dan dapat ditemukan di mana saja. Kue ini termasuk dalam jajanan pasar dari tepung terigu yang dicampur dengan tepung ketan. Kenikmatan utama dari onde-onde terletak pada adonan kacang hijau manis di tengahnya. Onde-onde yang lezat akan memiliki paduan cita rasa yang pas dari kacang hijau dan kacang wijen yang ditaburkan di luarnya.

12. Nagasari

food.detik.com

Ingin camilan yang lembut dan manis? Nagasari cocok menjadi pilihan. Kue satu ini terbuat dari tepung beras dan santan yang diisi dengan pisang manis. Adonan tepung beras dan santan ini memiliki profil rasa yang agak kontras dengan isian pisangnya. Tapi justru kontras ini yang membuat nagasari terasa nikmat. Sedulur bisa menemukan nagasari yang dibungkus dengan daun pisang atau plastik.

13. Apem

cookpad.com

Apem merupakan salah satu kue tradisional yang sangat populer. Kue ini memiliki ciri khas tekstur yang mengembang berongga, rasa manis, dan warna yang menarik. Biasanya kue apem banyak ditemukan dalam acara-acara adat sebagai suguhan atau bagian dari sesajen. Terbuat dari tepung beras dan santan, kue apem memiliki perpaduan gurih dan manis yang seimbang.

14. Kue Cucur

Kompas.com

Kue cucur memiliki bentuk yang mirip dengan apem. Bedanya, kue cucur terbuat dari gula merah dan tepung terigu yang digoreng. Karenanya, rasa dari kue cucur ini mirip dengan caramel gula yang manis namun sedikit pahit. Biasanya kue cucur ini dijadikan camilan bersama teh hangat.

15. Kue Talam

kulinear.hops.id

Kue khas Betawi ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Sajian ini banyak ditemukan dalam acara-acara di Indonesia. Penampakannya pun cukup khas yakni berwarna hijau dengan lapisan putih di atasnya dan irisan daun pandan untuk mempermanis penampilan. Jajanan satu ini terbuat dari campuran tepung sagu, tepung beras, pandan dan santan.

Baca Juga: 10+ Resep Kue & Jajanan dari Tepung Beras, Murah dan Enak

16. Kue “Ku”

Primarasa.co.id

Jika Sedulur menggemari snack tampah, pasti tahu camilan satu ini. Berasal dari Tiongkok, kue ku kini diadaptasi menjadi jajanan Nusantara. Terbuat dari tepung beras dan diisi dengan adonan kumbu kacang hijau yang nikmat, kue Ku memiliki keunikan dari segi bentuknya juga. Hidangan satu ini berbentuk seperti kura-kura sehingga kerap dijuluki kue kura-kura.

17. Wajik

Simakterus.com

Wajik kerap kali jadi makanan yang dihidangkan bersama jadah tempe. Dalam adat Jawa, pernikahan mewajibkan seserahan dalam bentuk jadah dan wajik yang menjadi symbol ‘kelengketan’ pasangan Suami Istri. Sama-sama terbuat dari beras ketan dan kelapa, namun wajik dicampur dengan gula merah sehingga berwarna cokelat dan memiliki rasa manis. Sesuai namanya, wajik biasanya dipotong berbentuk wajik dan dihidangkan dengan alas daun pisang.

18. Dadar Gulung

Kompas.com

Sedulur pasti pernah mencicipi jajanan pasar satu ini. Sesuai namanya, dadar gulung dibuat menggunakan telur dadar sebagai kulit pembungkus. Sedangkan di dalam gulungan dadar tersebut terdapat campuran kelapa dan gula merah manis yang lezat. Jajanan ini kerap ditemukan di pusat aneka jajanan pasar. Terkadang Sedulur bisa menemukan dadar gulung dengan warna-warni yang menarik.

19. Lumpia

Endeus.tv

Lumpia merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang tidak mudah basi. Camilan ini terdiri dari kulit yang terbuat dari tepung gandum dan digunakan untuk membungkus isian berbagai jenis. Paling sering ditemui adalah isian yang terbuat dari rebung dan daging ayam atau tauge dan daging ayam. Terkadang Sedulur juga dapat menemukan lumpia dengan isian udang atau telur.

20. Jentik Manis

Kompas.com

Sedulur mungkin pernah melihat camilan satu ini tapi tidak benar-benar mengetahui namanya. Jentik manis kerap disebut juga dengan cente manis atau cantik manis. Terbuat dari tepung hunkwe, santan, dan sagu Mutiara. Jentik manis memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Hampir seperti bubur sagu mutiara, dalam versi lebih padat. Hidangan ini akan nikmat dimakan sebagai camilan sore hari.

21. Kue Lumpur

unileverfoodsolutions.co.id

Nama jajanan satu ini mungkin terdengar kurang menarik, namun kue ini memiliki rasa yang lezat dan tekstur lembut. Kue lumpur terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan santan, telur, serta tepung terigu. Kismis juga kerap dicampurkan dalam adonan kue lumpur. Sedulur juga bisa menemukan kue lumpur dengan keju.

22. Kue Lapis

Kompas.com

Kue lapis terbuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, santan dan gula. Seperti namanya, kue lapis memiliki bentuk yang berlapis-lapis dan dapat dilepaskan tiap lapisannya. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang manis. Sedulur bisa menemukan kue lapis ini di mana-mana.

23. Pastel

Kompas.com

Jajanan pasar satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan tumis sayuran, kemudian digoreng hingga menghasilkan kulit luar yang crispy. Meski jenis isian yang paling banyak ditemukan adalah tumis sayuran, namun beberapa pastel juga memiliki isian telur dan daging.

Selain snack tradisional, terdapat pula berbagai jenis makanan tradisional lainnya yang tak kalah nikmat. Makanan tradisional biasanya memiliki profil rasa yang lebih kaya karena memiliki ragam jenis bumbu di dalamnya. Sedulur dapat menemukan berbagai jenis bumbu lengkap di Aplikasi Super. Mulai dari bumbu rempah khas Indonesia hingga bumbu asing. Yuk, install Aplikasi Super sekarang juga!