coffee beer

Serba-serbi coffee beer, minuman halal dan menyegarkan yang dibanderol dengan harga murah.

Coffee beer merupakan salah satu minuman varian berbahan dasar kopi yang saat ini sedang digemari masyarakat Indonesia. Seperti yang diketahui, kopi merupakan minuman yang disukai oleh orang Indonesia, khususnya anak muda. Kehadiran bir kopi ini lebih memperkuat nikmatnya kopi bagi insan muda di tanah air.

Tidak selayaknya bir yang ada, coffee beer merupakan minuman yang tidak mengandung alkohol. Namun, kenapa kemudian bisa disematkan kata beer di belakangnya? Untuk menjawab itu, berikut ini terdapat beberapa fakta menarik terkait minuman kopi bersoda ini yang wajib Sedulur ketahui. 

Apa itu coffee beer atau bir kopi?

Apa itu Coffee Beer atau Bir Kopi?
beergembira

Kopi bir sebenarnya merupakan racikan minuman yang berasal dari beberapa bahan yang dapat memberikan sensasi menyegarkan. Terbuat dari campuran ekstrak biji kopi, karamel, dan soda berkarbonasi. Efek dari soda tersebut dapat memberikan sensasi menyegat seakan meminum bir sungguhan. Oleh karena itu pemberian nama beer disematkan.

-->

Jangan khawatir, kata beer tersebut hanya nama karena merujuk pada kandungan soda yang ada yang memberikan sensasi menyegat. Sebagaimana minuman botol bersoda lainnya, coffee beer adalah minuman halal dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak dalam jumlah yang terbatas dan dalam pengawasan.

Bukan hanya itu, terdapat juga beberapa fakta menarik seputar kopi bir. Bagi Sedulur yang belum mengetahuinya, Sedulur bisa simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Deretan Biji Kopi Terbaik di Indonesia. Mana Pilihanmu?

1. Berasal dari Jombang, Jawa Timur

coffee beer adalah
titiktemu

Pada awalnya, kopi bir merupakan minuman yang hanya dapat ditemui di Jombang, Jawa Timur. Sebagaimana bir pletok yang khas dari Betawi, Jombang juga memiliki inovasi unik dalam mengolah kopi. Melalui komposisi coffee beer dengan campuran soda, karamel dan kopi, menghasilkan minuman yang nikmat.

Kopi bir di Jombang awalnya diproduksi dan dikembangkan oleh PT Tirta Agung yang terletak di Jalan Supriyadi Ngoro, Jombang. Perusahaan tersebut mengembangkan dua produk unggulannya, yaitu kopi bir dan temulawak. Lebih lengkap lagi, komposisi kopi bir yang adalah gula pasir, air, CO2, karamel, soda, kandungan kopi, dan sari temulawak.

Jika ditelisik dari komposisi kandungan tersebut, kita bisa melihat bagaimana  hasil yang dihasilkan berada di dua rasa. Kopi bir berada di antara jamu, kopi, dan bir. Wajar jika kemudian dinamai sebagai kopi bir karena melihat komposisi dan campuran tersebut sudah seharusnya menghasilkann efek menyengat sebagaimana saat mengkonsumsi bir.

2. Halal untuk dikonsumsi

coffee beer halal
unsplash

Karena adanya kata beer  membuat setiap umat Muslim ragu untuk menyicipi dan mencobanya. Pasalnya, bir dikenal sebagai minuman dari luar negeri yang mengandung alkohol. Setiap makanan dan minuman yang mengandung alkohol sifatnya haram untuk dikonsumsi bagi setiap umat Islam.

Namun tidak demikan dengan kopi bir. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, komposisi dari pembuatan kopi bir sangat aman yang membuat coffee beer halal untuk dikonsumsi oleh setiap umat Muslim. Bahkan, kopi bir sendiri telah mendapatkan izin edar dari BPOM. Hal tersebut disampaikan oleh PT Tirta Agung yang mengeluarkan prodok kopi bir.

Secara sepintas, mungkin pikiran kita akan menganggap bahwa kopi bir merupakan minuman yang tidak halal.  Ditambah dengan packaging menggunakan botol hijau gelap yang identik dengan minuman beralkohol membuat nalar kita semakin curiga. Belum lagi penyajiannya yang menggunakan es batu, semakin menambah kecurigaan.

Tetapi sebagaimana yang telah dijelaskan, mulai dari komposisi dan pengemasan kopi bir merupakan minuman halal yang mendapatkan izin dari BPOM sebagai badan khusus yang mengatur peredaran makanan, minuman, dan obat-obatan di Indonesia. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mencoba ya, Sedulur!

3. Sejarah awal menjadi populer

awal bir kopi populer
beergembira

Setelah selesai dengan perdebatan apakah coffee beer halal atau tidak, kita lanjut dengan pembahasan tentang awal mulanya minuman ini menjadi populer di Indonesia. Cukup sulit mencari momentum awal mula kopi bir menjadi populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama anak-anak muda.

Jika dilihat dari polanya, kopi bir awalnya hanya minuman lokal dari Jombang yang viral dan disukai oleh masyarakat Jombang. Ketika terdapat beberapa wisatawan dan pendatang yang mencoba minuman tersebut, pada titik itu kita bisa awal mula penyebarannya.

Banyak wisatawan dan pendatang yang berkunjung ke Jombang dan menyukai kopi bir. Ditambah lagi dengan bantuan media sosial saat ini yang dapat dengan mudah menyebarkan informasi ke setiap daerah di Indonesia. Tidak heran jika kopi bir menjadi cepat berkembang dan tersebar di setiap daerah di Indonesia.

Baca Juga: 10 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan & Kecantikan

4. Sudah tersedia di berbagai coffee shop

kapiten coffee beer
unsplash

Setelah berhasil populer, tidak heran kini kita bisa melihat kopi bir sudah tersedia di berbagai coffee shop yang ada di daerah dan kota-kota besar di Indonesia. Semenjak kopi bir tersedia dan beredar di Jakarta dan disajikan lebih modern lagi, kopi bir mampu menarik lebih banyak perhatian dan pelanggan.

Hal tersebut menorong para pebisnis kopi dan cafe menjadikan kopi bir sebagai salah satu menu andalan dan menyebarkannya ke setiap cabang cafe yang dimilikinya. Hal ini membuat kopi bir menjadi lebih dikenal luas lagi. Setiap disediakan di daerah lain adalah timing yang tepat mendatangkan para penikmat baru lainnya.

5. Nama lain coffee beer

coffee beer kapiten
detik

Selain dikenal dengan nama kopi bir, masyarakat Jombang dengan bangga menyebutnya sebagai CB Ngoro. CB sendiri merupakan singkatan dari Coffee Beer, sementara Ngoro merupakan nama perusahaan yang memproduksinya. Masyarakat Jombang sangat bangga dengan produk lokalnya dan lebih akrab menyebutnya dengan CB Ngoro.

Bukan hanya CB Ngoro, kopi bir juga dikenal dengan nama Kapiten Coffee Beer. Salah satu merk dari kopi bir yang juga tidak kalah nikmat dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Bersama dengan CB Ngoro, Coffee Beer Kapiten tumbuh menjadi produsen kopi bir yang disegani di Indonesia, dengan banyak penikmatnya.

6. Varian menu coffee beer

komposisi coffee beer
unsplash

Selain kopi bir, Sedulur juga bisa menikmati minuman lain yang identik dengan rasa kopi bir. Masih dikonsumsi dengan produsen yang sama yaitu PT Tirta Agung Ngoro, varian lain yang bisa dinikmati adalah sarsapirilla dan limun temulawak. Kedua minuman ini namun memiliki rasa yang lebih dekat dengan jamu meskipun dapat disajikan dengan es batu.

Tidak seperti kopi bir yang memiliki rasa cenderung umum dan modern, sarsapirilla dan limun temulawak sangat khas dengan rasa rempah-rempah. Namun jangan salah, Sedulur bisa mengonsumsinya dengan nikmat dengan segudang khasiat bagi tubuh. Begitu pun dengan mengkonsumsi kopi bir dengan takaran yang pas yang dapat memberikan segudang manfaat untuk tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker & Penuaan Dini

Segudang manfaat coffee beer

manfaat coffee beer
iStcok

Sebagaimana yang telah Sedulur ketahui, kopi sendiri merupakan minuman yang memiliki segudang manfaat. Lantas bagaimana dengan kopi bir? Karena terbuat dari bahan dasar kopi, dengan campuran karamel dan soda, maka terdapat juga beberapa manfaat coffee beer yang didapatkan dari kopi sebagai bahan utamanya. Berikut ini beberapa manfaat kopi yang bisa berkhasiat untuk tubuh:

  • Mampu mengurangi risiko terkena kanker
  • Efektif menurunkan berat badan
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Meningkatkan daya ingat dan mencegah alzheimer di usia tua
  • Dapat melindungi kerja organ hati dalam tubuh
  • Bisa menambah dan meningkatkan energi
  • Memperbaiki mood dan suasana hati

Dari beberapa manfaat kopi bir di atas, sudah tidak ada alasan lagi Sedulur untuk ragu mencoba minum kopi bir. Kehalalan dan kualitas dari kopi bir sudah dijamin oleh BPOM, terdapat juga segudang manfaat yang berasal dari kopi sebagai bahan utama pembuatannya. Sudah seharusnya Sedulur mencoba untuk mencicipinya.

Semoga pembahasan seputar coffee beer di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait segala sesuatu tentang kopi bir. Bagi yang belum mencoba karena ragu, semoga dengan membaca artikel ini keraguan Sedulur untuk mencoba hilang dan bisa dengan yakin mencoba kenikmatan kopi bir yang sudah didukung dengan segudang manfaat bagi untuk tubuh.

Selain itu, agar tubuh bisa lebih sehat lagi, Sedulur juga bisa terus membiasakan diri konsumsi berbagai makanan yang bergizi dan berkualitas. Sedulur bisa mendapatkan berbagai makanan tersebut dengan beli di Aplikasi Super. Harga super murah dan pelayanan prima dari Aplikasi Super bisa lebih memudahkan Sedulur. Bagi yang belum memiliki aplikasinya, bisa klik di sini untuk download, ya!