Makanan khas betawi adalah salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Makanan yang ada di setiap daerah ternyata sudah banyak dipengaruhi akulturasi oleh budaya daerah lain seperti Cina, Arab hingga bangsa Eropa salah satunya makanan khas Betawi.  Meskipun demikian makanan khas warga Jakarta ini masih menonjolkan rempah-rempah khas Indonesia.

Nah, buat sedulur yang penasaran apa saja makanan khas Betawi. Berikut ini rekomendasi makanan asal ibukota Indonesia yang wajib kamu coba saat datang di pusat pemerintahaan Indonesia ini. Jadi, jangan sampai terlewat ya.

BACA JUGA: Resep Tongseng Kambing Istimewa Enak, Gurih & Empuk

1. Soto Betawi

makanan khas betawi
Unilever Food Solutions

Berbicara tentang soto, kulliner ini hampir selalu ada di penjuru Indonesia tentu saja dengan cara pembuatan dan penyajian yang berbeda. Jika soto selalu identik dengan mie soun dan kuah yang tidak terlalu kental, berbeda halnya dengan makanan khas dari Betawi yaitu Soto Betawi.  Soto Betawi selalu identik dengan kuah yang kental dan kaya akan rempah-rempah.

-->

Soto Betawi terdiri dari isian jeroan daging sapi yang dicampur kuah santan dan susu. Kuah santan dan susu inilah yang menjadi pembeda dari soto daerah lainnya. Meskipun menggunakan bahan yang berlemak, makanan  ini tetap nikmat untuk disantap karena ada campuran akan kaya rempah.

2. Kerak Telor

Greatnesia

Nah, untuk makanan yang satu ini, mungkin tidak setiap daerah memilikinya. Kerak Telor menjadi salah satu ikon kuliner penting bagi masyarakat betawi. Makanan ini merupakan makanan yang sangat populer bagi mereka dan masuk makanan khas betawi yang hampir punah. Bahan dasar dari Kerak Telor ini adalah telur ayam ataupun telur bebek yang dicampur nasi dan srundeng.

Proses pembuatannya pun terbilang masih sangat tradisional. Sebab,  pemasakannya berada di atas tungku api yang membara. Jadi bisa Anda bayangkan, bagaiman khasnya makanan kerak telor khas Betawi ini.

3. Asinan Betawi

Siapa yang tidak mengenal Asinan Betawi? Makanan ini juga merupakan makanan khas masyarakat Betawi. Bahan dasar Asinan Betawi ini terbuat dari berbagai macam sayur-sayuran sehat yang kaya vitamin seperti kubis, sawi, dan tauge lalu dijadikan satu. Selanjutnya, sayuran-sayuran sehat tadi disiram menggunakan garam dan cuka sehingga rasanya asam dan asin.

Kuliner Asnan Betawi termasuk makanan khas betawi yang mudah untuk dibuat. Jadi buat sedulur yang penasan bagaimana sensasi segarnya asinan betawi ini, mungkin langsung bisa dicoba dibuat di rumah.

4. Gado-Gado

Makanan khas betawi  selanjutnya yang wajib Sedulur ketahui yaitu, Gado-gado. Ya, gado-gado merupakan kuliner yang sudah cukup terkenal di masyarakat. Namun,  siapa sangka kuliner yang satu ini ternyata banyak disukai masyarakat betawi. Bahan-bahan dasarnya pun terbilang cukup sederhana. Makanan khas betawi ini terdiri dari sayur-sayuran berupa kacang panjang, tauge, kangkung, kubis, dan sayuran lainnya.

Sebagai sausnya, makanan ini sering kali disiram sambal kacang sehigga rasanya menjadi gurih dan manis sesuai lidah masyarakat Indonesia. Gado-gado menjadi salah satu makanan yang wajib sedulur rasakan. Sebab, makanan ini direkomendasikan bagi mereka yang sedang mengurangi daging.

5. Nasi Kebuli

makanan khas betawi
Idntimes

Pernah merasakan Nasi Kebuli? Nah, kuliner yang satu ini ternyata merupakan makanan khas betawi. Memang dari namanya saja, terlihat dari Timur Tengah. Namun, Anda wajib tahu jika kuliner ini asalnya memang ada akulturasi dengan budaya Arab. Makanan ini kaya akan rempah-rempah karena dimasak dengan berbagai bumbu dengan aroma yang kuat.

Bahan utama nasi kebuli tentu saja adalah nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu yang berempah dan memiliki aroma yang kuat. Biasanya, nasi kebuli akan disajika dengan potongan daging-daging kecil dan asinan nanas sehingga cukup nikmat untuk menjadi hidangan berat.

BACA JUGA: Resep Pepes Ikan Mas Bumbu Kuning Khas Sunda

6. Nasi Uduk

makanan khas betawi
kompas

Makanan khas betawi selanjutnya yang wajib anda ketahui adalah, Nasi Uduk. Ya, Nasi uduk merupakan makanan yang sudah cukup  populer di lidah orang Indonesia. Masakan ini lebih menonjolkan rasa yang gurih. Rasa gurih ini biasanya didapat dari, santan, daun salam, daun jeruk lengkuas dan  serai.

Bumbu-bumbu tadi lalu dicampurkan dengan nasi untuk dimasak. Biasanya, makanan khas Jakarta ini, disajikan dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam goreng, tempe kering, telur goreng hingga sambal goreng.

7. Semur Jengkol

makanan khas betawi
kompas

Makanan yang satu ini, mungkin tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebab, Semur Jengkol selalu jadi primadona ketika disantap dengan nasi yang panas. Namun siapa sangka, semur jengkol merupakan makanan yang sangat populer di masyarakat betawi.

Bagi Anda yang ingin memasak semur jengkol, caranya pun cukup mudah. Anda hanya cukup memasak jengkol seperti saat memasak semur lainnya. Hanya saja, tambahan rempah pada semur jengkol lumayan banyak untuk mengurangi aroma yang kurang sedap dari jengkol itu sendiri.

8. Lontong Sayur

makanan khas betawi
IDNtimes

Makanan khas betawi selain gado-gado adalah Lontong Sayur. Ya, makanan ini selalu disajikan saat hari-hari besar seperti perayaan hari raya Idul Fitri dengan tambahan opor ayam sebagai teman makannya. Anda bisa menemukan makanan yang cukup familiar ini saat pagi dan sore.

Bahan dasar utama makanan ini adalah lontong yang disiram dengan kuah sayur yang berasal dari santan dan berbagai bumbu rempah yang membuat rasanya semakin kuat. Di dalam kuah tersebut dicampur irisan pepaya muda sehingga menjadikan makanan ini unik dan menggiurkan. Anda juga bisa menambahkan kerupuk dan ayam suir. Biasanya lontong sayur ini disantap saat pagi untuk menu sarapan.

9. Pecak Lele

makanan khas betawi
cookandrecipe

 Lele merupakan ikan tawar yang memiliki banyak olahan, salah satunya pecak lele. Makanan ini berasal dari Betawi dan menjadi favorit banyak orang. Pecak lele bukan sekadar ikan lele yang ditambah dengan sambal. Pecak lele Betawi ini sangat unik karena terdapat tambahan santan, saus, kacang, air dari asam jawa yang membuat rasanya menjadi sangat kaya. Anda bisa menikmati rasa gurih, pedas, dan asam dalam satu suapan.

10. Nasi Ulam

Makanan khas Betawi selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk Anda cicipi yaitu nasi ulam. Sama halnya dengan nasi uduk, cita rasa nasi ulam sangat gurih karena dalam memasaknya ditambah dengan rempah seperti lengkuas, serai, dan daun salam. Setelah matang, nasi ulam akan ditaburi bawang merah halus, ketumbar, jintan, terasi, dan cabai yang membuat rasanya semakin sedap. Taburan inilah yang juga menjadi keunikan tersendiri. Cita rasa rempah yang sangat terasa membuah nasi ulam ini menjadi primadona masyarakat betawi.

BACA JUGA: 12 Variasi Resep Ikan Tuna yang Enak dan Anti Gagal

11. Soto Tangkar

makanan khas betawi
kompas

Tidak hanya Soto Betawi yang cukup melegenda, adalagi makanan khas betawi lain yang wajib anda ketahui yaitu Soto Tangkar. Kuliner ini berbahan dasar daging  sapi, Tangkar merupakan bahasa betawi artinya iga sapi.

12. Sayur Besan

Inspirasi Shopee

Kuliner ini mungkin masih asing di telinga kita. Ya, kuliner ini merupakan makanan khas dari betawi yang sering kali disajikan saat ada hajatan pernikahan. Bahan dasar makanan ini dibuat dengan bahan khusus yang bernama tebu telur dan dilengkapi bahan lain seperti petai, ebi, dan kentang. Makanan khas Betawi ini jarang ditemukan, salah satu penyebabnya karena bahan untuk membuat sayur besan ini tidak mudah ditemukan.

13. Sayur Babanci

makanan khas betawi
tandaseru.id

Makanan khas Betawi yang tidak dijumpai di daerah lainnya yaitu sayur babanci atau ada juga yang menyebutnya sebagai ketupat babanci. Meskipun namanya sayur, sebenarnya dalam makanan ini tidak ada sayuran sama sekali. Hanya ada ketupat dan potongan daging sapi yang dimasak dengan rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan berbagai rempah lainnya. Tidak ketinggalan, sayur ini juga harus ditambah dengan santan sehingga rasanya semakin gurih.

14. Roti Buaya

makanan khas betawi
resepkuerenyah

Roti buaya menjadi makanan khas daerah Betawi yang biasanya ditemukan pada acara pernikahan. Meskipun saat ini sudah jarang yang menghadirkan roti buaya dalam acara penikahan. Roti buaya hadir dengan berbagai varian rasa sesuai dengan selera konsumennya. Untuk versi originalnya, roti buaya tidak terdapat isian dan rasanya cenderung tawar. Bentuknya pun memang benar-benar menyerupai buaya dan termasuk makanan khas betawi yang hampir punah.

15. Kembang Goyang

Kue tradisional yang wajib sedulur ketahui yaitu, roti kembang goyang. Kue kering ini berasal dari bahan tepung beras dan santan. Saat ini kembang goyang sudah hadir dengan berbagai varian rasa seperti pandan dan aneka rasa lainnya. Kembang Goyang merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal di masyarakat betawi dan merupakan makanan khas betawi yang mudah  dibuat.

16. Kue Dongkal

Makanan khas betawi lainnya yang wajib sedulur tahu yaitu, Kue Dongkal. Adonan kue ini dibuat berlapis dengan isian gula merah kemudian dikukus. Sekilas kue ini mirip dengan kue putu yang biasanya dijual keliling, akan tetapi kue dongkal memiliki bentuk yang berbeda dan tidak berwarna seperti kue putu. Rasa manis dari gula merah dan gurih dari kelapa serut membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipi makanan tradisional ini.

17. Kue Rangi

makanan khas betawi
RRI

Makanan khas Betawi selanjutnya yaitu kue rangi. Banyak orang yang tidak mengenal kue ini, dan lebih mengenal kue pancong dan pukis. Berbeda dari pukis atau pancong, kue rangi dibuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan santang kemudian dipanggang di atas bara sampai matang. Selanjutnya rangi disiram saus manis yang terbuat dari gula jawa. Rasanya garing, gurih, dan manis.

18. Kue Pepe

Makanan khas betawi lainnya yang berbentu kue yaitu Kue Pepe. Kue ini sekilas mirip kue lapis, sebenarnya berbeda. Kue khas Betawi ini terbuat dari tepung sagu, santan, dan gula. Selanjutnya adonan yang sudah tercampur dibagi menjadi beberapa bagian dan dikukus selapis demi selapis. Rasa dari kue ini gurih dan manis serta tekstur dari kue pepe lembut dan kenyal. Biasanya kue pepe hadir di acara tradisional masyarakat Betawi seperti lamaran atau pernikahan. Anda juga bisa membuat kue tradisional ini di rumah karena cukup mudah. 

19. Kue Jalabia

Jajanan khas Betawi selanjutnya bernama jalabia. Kue ini mirip dengan kue gemblong khas sunda, namun adonan dari Jalabia ini menggunakan ketan hitam dan campuran kelapa parut. Dalam pembuatannya, kue jalabia dibentuk mirip seperti donat. Hanya saja, ukurannya lebih kecil karena tidak mengembang seperti donat. Setelah matang, jalabia akan direndam dengan gula merah yang sudah dicairkan. Gula merah inilah yang membuat jalabia memiliki rasa yang manis. Karena terbuat dari ketan, teksturnya kenyal dan adanya campuran kelapa parut membuat rasanya menjadi gurih. Makanan ini cocok untuk teman minum teh atau kopi di pagi atau sore hari.

20. Putu Mayang

ResepKoki

Kue selanjutnya yang menjadi makanan khas Betawi yaitu putu mayang. Bagi masyarakat Betawi, makanan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai takjil buka puasa. Putu mayang terbuat dari tepung beras, tepung ketan, dan santan. Adonan tersebut dibagi menjadi beberapa warna dan dicetak menggunakan cetakan yang mirip dengan mie. Setelah itu kue tersebut dikukus dan ketika sudah matang bisa disantap dengan saus gula merah. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal.

21. Biji Ketapang

Makanan ini sebenarnya bukan termasuk dalam kelompok kue, namun merupakan camilan yang bisa dinikmati kapan saja. Membuat biji ketapang tidak sulit dan termasuk makanan khas betawi yang mudah dibuat. Anda hanya membutuhkan tepung terigu, kelapa mudah, dan telur. Buat adonan seperti anda membuat adonan kue kering, lalu potong kecil-kecil dan goreng. Biasanya biji ketapang disajikan saat hari raya sebagai suguhan untuk tamu yang berkunjung.

22. Dodol Betawi

Bukan hanya Garut saja yang memiliki makanan khas berupa dodol, Jakarta juga memiliki dodol yang menjadi makanan khas Betawi favorit banyak orang. Dodol khas Betawi ini hadir dengan berbagai varian rasa mulai dari ketan putih, ketan hitam, hingga rasa durian juga ada. Warna dari makanan ini hitam kecoklatan dan biasanya diburu untuk oleh-oleh karena tahan lama. Proses pembuatannya yang lama membuat makanan ini memiliki cita rasa yang enak dan memiliki daya simpan yang lama.

23. Kue Cucur

Kue cucur menjadi salah satu makanan khas betawi yang sering dijumpai di pasar tradisional maupun toko kue. Biasanya kue ini sering disajikan ketika acara-acara pernikahan, bahkan saat potong rambut bayi.

24. Bubur Ase

Makanan khas Jakarta yang cukup legendaris lainnya adalah bubur ase.Ya, bubur ase tidak seperti bubur-bubur pada umumnya yang biasanya dihidangkan saat hangat. Sebaliknya, bubur ase ini dihidangkan saat dingin. Bubur khas Betawi ini memiliki warna yang lebih gelap daripada bubur biasa karena bukan dicampur dengan irisan ayam, melainkan dengan semur daging. Untuk menambah kenikmatan, biasanya bubur ditambahi dengan pelengkap seperti kentang, tauge, dan kacang.

25. Kue Pancong Khas Betawi

Tribun Medan

Makanan khas Betawi lainnya yang wajib Anda tahu yaitu kue pancong. Kue pancong terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan serta sedikit tepung tapioka.  Di beberapa daerahpun aada pula kue sejenis ini, namun  dengan istilah yang berbeda. Misalnya di Sunda dinamai bandros lalu di daerah Yogyakarta dinamakan gandos.

26. Kue Talam 

Jajanan yang satu ini jangan sampai terlewatkan ya dulur. Ya, kue talam merupakan makanan khas betawidan mudah ditemukan di mana saja di Indonesia. Kue ini berbahan baku  tepung seperti tepung sagu, tepung beras, tepung tapioka dan tepung terigu.

27. Kue Cente Manis

Masih dengan dengan olahan kue, kue cente manis juga merupakan makanan khas betawi yang terbuuat dari tepung hunkwe, santan, gula dan bullir cente manis atau bulir-bulir sagu.

28. Gethuk Lindri

Getuk merupakan jenis makanan dengan bahan utama dari singkong. Getuk adalah makanan khas betawi yang sering dijumpai di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur selain di Jakarta. Pengolahan getuk berawal dari singkong yang sudah dikupas, selanjutnya dikukus atau direbus.

Lalu sesudah matang ditumbuk atau digiling, kemudian ditambahkan gula dan pewarna makanan. Untuk penyajian, getuk lindri biasanya diberikan taburan parutan kelapa.

29. Roti Gambang

Selain roti buaya, masyarakat betawi juga memiliki kuliner istimewa yaitu roti gambang. Roti gambang merupakan  makanan khas betawi yang terbuat dari tepung terigu dan gula merah.Kuliner ini sangat pas dijadian cemilan saat bersantai dengan keluarga.

30.  Kue Ape

Selerasa

Makanan khas betawi yang terakhir adalah kue ape. Kue tradisional Betawi ini mirip dengan kue cucur pandan ini bernama kue ape. Kue ini memiliki tekstur garing dan renyah di bagian pinggirnya yang terbuat dari pandan sehingga berwarna hijau. Kue ape biasanya dijual dengan gerobak yang sering kita jumpai di pinggir jalan.

Itu tadi makanan -makanan khas betawi yang cukup melegenda dan dijamin  bakalan nagih. Semoga informasi ini cukup bermanfaat ya Sedulur. Buat Sedulur yang ingin mencoba membuat masakan-masakan ini di rumah, jangan lupa ya untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Dijamin mudah, murah, dan aman!