Sedulur sudah tahu daftar makanan khas Indonesia? Simak daftar makanan tradisional Indonesia di bawah ini, tandai mana makanan khas yang sudah Sedulur coba!

Beraneka ragam masakan tradisional yang ada di Indonesia, beberapa kuliner khas Indonesia sudah dikenal di dunia internasional dan diakui kelezatannya. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas makanan nusantara. Aneka makanan Indonesia memiliki cita rasa yang luar biasa.

Hal tersebut bukan hal yang aneh, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Terutama dalam kuliner tradisional, banyak nama masakan Indonesia dan menu makanan nusantara yang menggunakan nama dari rempah atau bahan makanannya. Apa saja aneka masakan nusantara Indonesia yang khas? Yuk, langsung kita simak ulasannya.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Malang Legendaris, Enak dan Bikin Nagih

-->

Daftar Makanan Khas Indonesia yang Wajib Sedulur Tahu!

1. Mie Aceh

1. Mie Aceh
merdeka.com

Aceh merupakan daerah yang terdapat di ujung barat Indonesia dan ujung utara barat pulau Sumatera. Daerah yang dikenal dengan nama serambi Mekkah ini juga memiliki kulineh khas yang masuk daftar makanan khas Indonesia. Makanan tersebut yang kita kenal dengan nama Mie Aceh. Sudah banyak yang menjual Mie Aceh yang ada di seluruh Indonesia, rasanya yang nikmat dan aroma rempah yang kuat merupakan ciri khas mie Aceh, ditambah dengan mie kuning yang tebal dan kenyal.

2. Bika Ambon, Medan

2. Bika Ambon, Medan
butterfly-id.com

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah bika ambon, walaupun terdapat nama daerah ambon dalam makanan khas ini, namun sebenarnya makanan ini asli Medan, Sumatera Utara. Makanan satu ini merupakan camilan manis yang awalnya di jual di jalan Ambon di Medan. Oleh karena itu, makanan ini dikenal dan disebut dengan nama Bika Ambon. Tekstur yang kenyal dan rasa yang manis merupakan keunggulan dari camilan satu ini.

3. Rendang, Sumatra Barat

3. Rendang, Sumatra Barat
kompas.com

CNN Amerika pernah menobatkan makanan khas Indonesia sebagai makanan paling lezat nomor 1 di dunia. Banyak artis Hollywood dan artis dari luar negeri lainnya yang berkunjung ke Indonesia menyempatkan untuk menyantap rendang. Rendang merupakan olahan daging yang diolah dengan rempah-rempah yang memiliki cita rasa yang kuat dan nikmat Bukan hanya rendang, masakan dari Sumatra Barat lainnya memiliki rasa yang kuat dan aroma yang menggugah selera makan.

4. Gulai Ikan Patin, Jambi

4. Gulai Ikan Patin, Jambi
masakapahariini.com

Masih dengan makanan khas Indonesia dari pulau Sumatra, selanjutnya berasal dari daerah Jambi yaitu gulai Ikan Patin. Dengan kombinasi ikan patin yang telah difermentasi dengan daging buah durian, menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat. Sedulur yang berkunjung ke Jambi wajib mencoba makanan khas Indonesia satu ini. Dijamin tidak akan kecewa!

Baca Juga: Makanan Khas Surabaya Yang Enak Banget dan Wajib Coba

5. Pendap, Bengkulu

5. Pendap, Bengkulu
daerahkita.com

Bengkulu hadir dengan berbagai kuliner lezat yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Salah satunya adalah Pendap. Pendap merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan yang dibumbui dengan beragam rempah-rempah pilihan yang menghasilkan sebuah makanan yang nikmat dan lezat. Ketika berada di Bengkulu, Sedulur wajib mencicipinya.

6. Gulai Belacan, Riau

6. Gulai Belacan, Riau
18news.id

Riau daratan dan Riau kepulauan juga memiliki makanan nikmat yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Kuliner yang terbuat dari campuran belacan dengan kuah gurih yang sangat lezat. Biasanya gulai belacan dinikmati dengan otak-otak khas kepulauan Riau yang tidak kalah nikmat.

7. Pempek, Palembang

7. Pempek, Palembang
nusadaily.com

Makanan khas Sumatra Selatan ini merupakan kebanggan bagi orang-orang Palembang. Kota terbesar di pulau Sumatra ini selalu banyak didatangi oleh turis lokal dengan tujuan membeli Pempek. Pempek yang paling nikmat adalah pempek kapal selam, dengan isi telur ayam yang gurih.

8. Sate Bandeng, Banten

8.   Sate Bandeng, Banten
kompas.com

Selanjutnya makan khas dari Provinsi Banten yaitu Sate Bandeng. Daging empuk tanpa tulang yang ditambah dengan santan dan gula coklat lalu dibakar dengan ditusuk menggunakan bambu, memberikan cita rasa yang khas dan nikmat. Cocok dikonsumsi dan dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Sedulur wajib mencoba kuliner khas Banten satu ini.

9. Seblak, Jawa Barat

9. Seblak, Jawa Barat
dapurkobe.co.id

Siapa yang tidak kenal dan belum pernah mencoba seblak. Kuliner khas Jawa Barat yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia ini memiliki rasa yang nikmat dengan aroma rempah yang kuat. Olahan camilan dengan menggunakan kerupuk yang direbus ini hadir sebagai camilan yang paling banyak dijual di seluruh daerah Jawa Barat. Sedulur wajib coba makanan ini, Sedulur bisa cek di daerah Sedulur masing-masing, pasti ada satu dua orang pedagang yang berjualan seblak.

10. Kerak Telor, DKI Jakarta

10. Kerak Telor, DKI Jakarta
dapurkobe.co.id

Makanan khas Indonesia selanjutnya berasal dari ibukota Jakarta, yaitu kerak telor. Makanan khas betawi ini terbuat dari beras ketan putih, ebi, telur ayam yang kemudian disangrai dan dibakar sebentar. Keunikannya terletak pada cara memasaknya yang membalikan wajan dan membakar ketan putih sehingga menjadi seperti kerak. Walaupun bentuknya agak aneh, namun rasanya sangat nikmat luar biasa.

11. Nasi Gudeg, D.I Yogyakarta

11. Nasi Gudeg, D.I Yogyakarta
liputan6.com

Sedulur pasti pernah mencicipi makanan khas Yogyakarta satu ini ketika sedang berlibur ke Yogya. Makanan khas Indonesia dengan terdiri dari nangka mudah yang diolah dengan santan dan dinikmati dengan nasi hangat, ayam kampung dan telur. Rasanya yang manis dan gurih dapat membuat lidah Sedulur nyaman untuk mengkonsumsinya.

12. Bakso Malang, Jawa Timur

12. Bakso Malang, Jawa Timur
merahputih.com

Makanan khas daerah Malang yang satu ini sudah sangat terkenal di kota mana pun yang ada di Indonesia. Karena sudah banyak penjual bakso Malang yang merantau dan berjualan di kota-kota lain yang ada di Indonesia. Bakso Malang memiliki perbedaan dengan bakso pada umumnya. Bukan hanya bakso yang disajikan, namun juga bersama pentol, tahu bakso, dan juga pangsit goreng,

13. Soto Lamongan

13. Soto Lamongan
masakapahariini.com

Soto lamongan merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena banyak warung makanan yang menjual soto Lamongan. Selain memiliki rasa yang guring, kuah yang kaya akan rempah dan membuat perut menjadi hangat. Soto Lamongan biasanya dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan juga kerupuk udang yang menambah kelezatan saat menikmati olahan kuliner satu ini.

14. Rawon, Surabaya

14. Rawon, Surabaya
masakapahariini.com

Rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang berkuah dan paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi penyebab utama kenikmatan dari rawon. Selain itu, di daerah lain yang memiliki kuliner serupa dengan rawon menggunakan bahan yang berbeda sehingga rasanya pun otomatis berbeda. Kuah hitamnya yang khas dengan daging empuk adalah menu andalan yang biasa disantap oleh warga Surabaya.

15. Rujak Cingur, Jawa Timur

15. Rujak Cingur, Jawa Timur
doyanresep.com

Salah satu kuliner yang khas dari Jawa Timur adalah Rujak Cingur. Belum sah ketika Sedulur berada di Jawa Timur, baik di Sidoarjo, Surabaya, Malang atau daerah lainnya, jika tidak mencicipi Rujak Cingur, saking identiknya dengan Surabaya setiap masyarakat yang berkunjung ke Surabaya harus mencicipi Rujak Cingur. Rasanya sebagaimana rujak yang terdiri dari buah-buahan dengan bumbu khusus dan khas yang hanya dapat Sedulur Super rasakan dalam Rujak Cingur.

16. Sate Madura

16. Sate Madura
tribunnews.com

Pulau kecil di sebelah utara Jawa Timur ini terkenal dengan makanan khas olahan daging yang ditusuk atau dikenal dengan nama sate. Banyak pedagang sate madura yang berasal langsung dari Madura. Cita rasa dan cara unik mengolah daging membuat sate madura memiliki ciri khas yang kuat dibandingkan dengan sate lainnya.

17. Ayam Betutu, Bali

17. Ayam Betutu, Bali
idntimes.com

Daerah pariwisata andalan Indonesia, yaitu Bali. Memiliki makanan khas yang bernama Ayam Betutu. Sedulur yang sedang berlibur ke Bali wajib mencicipi makan khas Bali satu ini. Ayam utuh yang diolah dengan berbagai rempah terbaik di Indonesia. Lalu dipanggang dalam api sekam hingga daging ayam matang dan mengeluarkan minyak.

18. Ayam Taliwang, NTB

18. Ayam Taliwang, NTB
blog.tokowahab.com

Bagi Sedulur yang pernah berlibur ke Lombok pasti pernah mencicipi makanan khas Indonesia satu ini, yaitu Ayam Taliwang. Olahan daging ayam dengan menggunakan berbagai bumbu rempah dan diolah dengan cara khas masyarakat Lombok ini wajib Sedulur coba. Terutama bagi Sedulur yang sangat menyukai makanan pedas, ayam taliwang wajib masuk daftar.

19. Bubur Pedas Sambas, Kalimantan Barat

19. Bubur Pedas Sambas, Kalimantan Barat
liputan6.com

Beralih ke pulau Kalimantan, terdapat makanan khas yang bernama bubur pedas sambas. Olahan bubur yang dicampur dengan sayran dan dengan ikan teri dan kacang ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Jauh berbeda dengan olahan bubur yang biasa dijumpai di pulau Jawa atau pulau Sumatra. Terdapat cita rasa pedas dalam makanan ini, namun saat pengolahannya tidak menggunakan cabai sama sekali.

20. Soto Banjar, Kalimantan Selatan

20. Soto Banjar, Kalimantan Selatan
kompas.com

Salah satu makanan khas Indonesia adalah soto, setiap daerah mempunyai olahan soto yang telah dimodifikasi. Soto Banjar merupakan olahan soto khas Kalimantan Selatan. Aroma kuah soto yang kuat dengan campuran berbagai rempah ditambah dengan daging ayam suwir, membuat makanan ini semakin nikmat, terutama ketika saat disantap dengan nasi hangat.

21. Sop Konro, Sulawesi

21. Sop Konro, Sulawesi
kompas.com

Salah satu kuliner yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi adalah Sop Konro. Daging Iga sapi yang disiram dengan kuah berwarna coklat kehitaman ini makan semakin nikmat dikonsumsi dengan ketupat. Namun, tidak akan mengurangi kenikmatan dari sop konro ketika disantap dengan nasi hangat.

Masih banyak lagi makanan khas Indonesia, jika dihitung terdapat ribuan lebih makanan khas Indonesia dengan keunikan dan kelezatan masing-masing. Daftar makanan di atas merupakan makanan yang sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia secara umum, dan biasanya telah banyak yang menjualnya di berbagai kota dan daerah di Indonesia.

Sedulur bisa mencoba berbagai resep masakan khas yang ada di Indonesia di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super melalui Super Eats menjual berbagai kebutuhan dapur dengan lengkap, mulai dari sayuran, buah-buah, rempah-rempah, berbagai aneka daging dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

Sedulur bisa klik di sini untuk melihat kelengkapan barang dan kebutuhan dapur yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan pemesanan dengan mudah melalui smartphone. Di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk membeli segala kebutuhan. Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super dan belanja melalui Super Eats. Selamat mencoba!