Makanan khas lebaran memiliki keunikan dan ciri khas sendiri. Apa saja daftar makanan yang selalu ada saat lebaran? Yuk, kita simak di bawah ini!

Selain bersuka cita menyambut hari suci, saat lebaran kita juga menantikan kebersamaan kumpul dan silaturahmi bersama keluarga. Di Indonesia, saat perayaan lebaran selalu dilengkapi dengan makanan khas lebaran untuk menyempurnakan hari raya. Di setiap daerah biasanya memiliki daftar makanan khas lebaran yang berbeda.

Dalam kesempatan kali ini, yuk kita bahas daftar makanan khas lebaran yang biasa disajikan di setiap daerah Indonesia. Biasanya, tiap makanan memiliki keunikan dan khas masing-masing. Apa saja daftarnya? Yuk, langsung saja simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 18 Makanan Enak di Indonesia yang Popular, Kamu Sudah Coba?

-->

Daftar Makanan Khas Lebaran yang Paling Dinantikan!

1. Ketupat dan Opor Ayam

1. Ketupat dan Opor Ayam
liputan6.com

Saat bulan puasa menjelang lebaran, setiap acara televisi sering membahas makanan khas lebaran dan maknanya. Makanan yang paling sering dibahas adalah ketupat, yang memiliki makna tentang ‘kembali pulang’ dan ‘bersuci’. Dari pemaknaan tersebut, kita bisa paham kenapa ketupat merupakan kuliner yang wajib disajikan saat lebaran di Indonesia. Ketupat biasanya dinikmati dengan opor ayam saat lebaran. Memberikan kenikmatan yang luar biasa!

2. Rendang

2. Rendang
tribunnews.com

Makanan khas lebaran yang kedua adalah rendang, makanan khas Minangkabau yang juga merupakan makanan kebanggaan Indonesia. Saat lebaran, bukan hanya di Sumatera Barat, di beberapa wilayah di Indonesia juga menyuguhkan rendang sebagai kuliner saat lebaran. Rendang sangat cocok disantap dengan ketupat dan opor ayam, hal tersebut yang membuat rendang menjadi kuliner wajib saat lebaran.

3. Semur Daging

3. Semur Daging
blog.tokowahab.com

Jika masyarakat Minangkabau mengolah daging sapi menjadi rendang di hari lebaran, berbeda dengan masyarakat Jawa yang mengolah daging sapi menjadi semur. Semur daging merupakan makanan khas lebaran Jawa yang melengkapi ketupat dan opor ayam, ataupun kuliner lain seperti soto dan gulai.

4. Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

4. Sambal Goreng Kentang Ati Ampela
okezone.com

Sambal goreng kentang ati ampela merupakan lauk pauk yang sering dijadikan makanan setiap hari. Selain itu, kuliner ini juga sering dimasak sebagai salah satu lauk dan makanan khas lebaran. Biasanay, sambal goreng kentang ini hadir sebagai pelengkap kuliner lainnya, terutama opor ayam dan ketupat.

5. Soto Medan

5. Soto Medan
idntimes.com

Orang Medan saat lebaran menyantap soto Medan sebagai kuliner khas. Berbeda dengan masyarakat di pulau Jawa. Soto Medan makanan khas lebaran bagi masyarakat Medan dan merupakan kebanggaan orang-orang Medan. Saat ini, di beberapa kota-kota besar di Indonesia, telah banyak penjual soto Medan yang bisa dicicipi tanpa harus berkunjung ke Medan.

6. Rawon Daging

6. Rawon Daging
tribunnews.com

Kali ini merupakan makanan lebaran khas Jawa Timur, tepatnya di Surabaya. Masyarakat Jawa Timur tidak akan merasa lengkap merayakan lebaran jika tidak menyantap rawon daging. Kuah hitam pekat dengan rasa yang gurih nikmat, menjadikan rawon daging sebagai kuliner yang lezat yang disantap bersama dengan keluarga.

7. Soto Lamongan

7. Soto Lamongan
kompas.com

Masih dari Jawa Timur, Soto Lamongan merupakan makanan khas lebaran yang disantap dan disuguhkan oleh masyarakat Jawa Timur. Meskipun saat ini telah menjamur penjual soto Lamongan di berbagai daerah di Indonesia, hal tersebut menghilangkan ciri khas soto Lamongan yang disantap saat lebaran oleh masyarakat Jawa Timur.

Baca Juga: 12 Resep Makanan Sehat untuk Diet & Penambah Imun Di Rumah

8. Kue Lapis

8. Kue Lapis
dictio.id

Sedulur pasti mengetahui kue lapis, kue yang umum disajikan saat ada acara khusus, seperti pengajian atau syukuran. Kue lapis juga merupakan salah satu makanan khas lebaran dari tepung beras. Kue lapis melengkapi santapan manis dan sering disandingkan dengan kue-kue kering.

9. Gulai Kambing Khas Jawa

9. Gulai Kambing Khas Jawa
tastynesia.com

Masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah, umumnya menjadikan gulai kambing sebagai makanan khas lebaran. Jika tidak memasak opor ayam, sebagai lauk untuk menyantap ketupat, pilihan selanjutnya adalah gulai kambing. Daging kambing yang kenyal dan nikmat, ditambah dengan kuah santan yang gurih melengkapi momen spesial saat lebaran.

10. Gulai Ikan Patin

10. Gulai Ikan Patin
kompas.com

Masyarakat Jambi biasanya merayakan lebaran sambil menyantap gulai ikan patin. Kombinasi ikan patin yang telah difermentasi dengan daging buah durian, membuat rasa ikan pating menjadi lezat dan khas. Kuliner ini juga menjadi makanan khas Jambi yang sering disantap oleh wisatawan yang berkunjung ke Jambi.

11. Soto Banjar

11. Soto Banjar
kompas.com

Setelah ada soto Medan dan soto Lamongan, selanjutnya ada soto Banjar dari Kalimantan. Masyarakat suku Banjar menyukai masakan berkuah dengan aroma rempah yang kuat, seperti kayu manis, biji pala dan cengkih. Hal tersebut terlihat dari kuliner soto Banjar yang disajikan saat merayakan momen lebaran.

12. Tapai Menaon

12. Tapai Menaon
nilaigizi.com

Mendengar namanya, kita tahu bahwa makanan ini merupakan makanan fermentasi dari ketan. Tepai menaon merupakan sajian manis yang disuguhkan saat lebaran oleh masyarakat di Pontianak. Disuguhkan kepada tamu atau keluarga yang bersilaturahmi saat lebaran tiba.

13. Ketupat Kandangan

13. Ketupat Kandangan
pegipegi.com

Masih dari kota besar yang ada di Kalimantan, kuliner khas lebaran selanjutnya adalah ketupat kandangan. Ketupat dengan bentuk segitiga, yang dilengkapi dengan ikan asap dan kuah santan dan disempurnakan dengan taburan bawang goreng yang menciptakan rasa nikmat saat disantap bersama keluarga ketika lebaran tiba.

14. Bajabu Abon Ikan

14. Bajabu Abon Ikan
idntimes.com

Babaju merupakan sebutan bagi abon yang terbuat dari daging ikan di Makassar. Masyarakat Makassar biasanya menikmati babaju sebagai kuliner pelengkap saat lebaran. Namun, sebagian masyarakat Makassar juga ada yang menikmati Babaju sebagai lauk pauk di hari-hari besar lainnya, terutama peringatan hari besar Islam.

15. Burasa

15. Burasa
katalogkuliner.com

Selain makanan berat, biasanya saat lebaran juga identik dengan kue-kue kering. Berikut ini merupakan makanan khas lebaran dari beras (tepatnya tepung beras) yang masih berasal dari Makassar, yaitu burasa. Kue ini sangat mengenyahkan, karena terbuat dari tepung beras dengan campuran paurt kelapa. Bukan hanya dinikmati saat lebaran, kini burasa menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dibeli bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Makassar.

16. Kue Putih Salju

16. Kue Putih Salju
selerasa.com

Kue ini sangat identik sebagai makanan khas lebaran. Tidak afdol merayakan lebaran jika tidak membuat kuat putih salju satu ini. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sangat nikmat untuk disantap bersama keluarga besar saat kumpul keluarga di hari raya lebaran.

17. Gepuk

17. Gepuk
idntimes.com

Gepuk merupakanan makanan lebaran khas Sunda. Gepuk merupakan olahan daging sapi dengan rasa manis asin gurih. Gepuk merupakanan lauk pelengkap lebaran, biasanya disantap bersama ketupat dan opor ayam. embuatannya sangat mudah, daging sapi direbus hingga setengah matang, lalu dipukul-pukul hingga menjadi empuk. Selanjutnya, celupkan daging sapi yang telah dipukul ke dalam adonan bumbu yang sebelumnya telah disiapkan.

18. Soto Betawi

18. Soto Betawi
kompas.com

Di Jakarta, orang-orang Betawi seringkali merayakan lebaran dengan sambil menyantap soto khas mereka. Oleh karena itu, soto Betawi merupakan makanan khas lebaran Betawi yang juga populer di Indonesia. Sudah banyak tersedia kuliner satu ini di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kelezatan dari soto Betawi yang dapat melengkapi kebersamaan saat lebarn.

19. Sop Konro

19. Sop Konro
idntimes.com

Kali ini merupakan makanan khas lebaran dari Makassar. Beberapa kota besar di Indonesia juga telah banyak yang menjual sop konro. Biasanya, sop konro disajikan saat lebaran untuk melengkapi kebersamaan bersama keluarga. Teman untuk menyantap sop konro biasanya adalah nasi putih dan emping. Selain lebaran idul fitri, sop konro juga disajikan saat lebaran idul adha.

20. Bubur Pedas Sambas

20. Bubur Pedas Sambas
swadayaonline.com

Daftar makanan khas lebaran terakhir berasal dari Kalimantan Barat, yaitu Bubur Pedas Sambas. Bukan hanya disajikan saat lebaran idul fitri atau idul adha saja, bubur ini juga sering kali disajikan saat ada peringatan keagamaan Islam. Hal tersebut sudah menjadi tradisi yang turun menurun dilakukan oleh warga Kalimantan Barat. Olahan bubur dengan sayuran, sambal, ikan teri dan kacang ini dapat memenjakan lidah kita di hari lebaran.

Sebenarnya, masih banyak makanan khas lebaran di Indonesia yang sering disuguhkan saat lebaran tiba. Beberapa daftar yang telah diulas di atas merupakan makanan yang populer dan memiliki rasa yang nikmat yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Semoga penjelasan di atas juga bisa menginspirasi Sedulur saat membuat kuliner khas lebaran tahun depan.

Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan untuk memasak hidangan di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan sembako dan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga super murah. Sedulur bisa langsung membuktikannya dengan langsung mencobanya. Sebelum itu, download dan install Aplikasi Super dulu, ya!