Bukan hanya sate, makan khas Madura tersedia berbagai macam jenisnya. Meskipun yang terkenal dan menyebar luas di Indonesia adalah sate, cita rasa makanan khas Madura lainnya juga tidak kalah lezat dan nikmat. Wajib untuk Sedulur cicipi, jika kebetulan Sedulur sedang berada di Madura.

Berikut ini beberapa daftar menu makan khas Madura yang sangat nikmat dan wajib Sedulur ketahui. Untung-untung, Sedulur bisa segera mencicipi salah satu daftar makanan khas Madura di bawah ini. Lantas apa saja daftar makanan khasnya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 22 Pilihan Makanan Khas Sulawesi yang Harus Kamu Coba

1. Sate Madura

makan khas madura
indozone

Sate Madura merupakan menu makan khas Madura yang sudah Sedulur kenal, karena kuliner ini sudah tersebar hingga ke seluruh nusantara. Sate madura sangat khas dengan bumbu kacang dan bumbu kecap. Sate Madura bisa Sedulur nikmati dengan nasi hangat atau lontong. Di Indonesia sendiri, penjual sate asal Madura telah tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

Ketika membeli sate Madura di daerah Sedulur, rasanya sudah sangat nikmat dan enak. Coba Sedulur bayangkan, jika mencicipi sate Madura langsung di Madura? Cita rasa asli sate Madura akan Sedulur rasakan.

2. Nasi Serpang

kompasiana

Makan khas dari madura adalah nasi serpang, terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti tumis kerang pedas, pepes ikan tongkol, soun kecap, krecek tahu, telur asin, dendeng sapi madura, keripik paru, sambal terasi, dan kerupuk bumbu rujak. Keunikan nasi serpang ini adalah penggunaan sayur yang dan sambal terasi.

BACA JUGA: 25 Makanan Khas DKI Jakarta Paling Enak yang Harus Dicoba

3. Rujak Cingur

makan khas madura
tagar

Rujak cingur juga merupakan makanan khas Madura Bangkalan, selain khas Madura. Makanan ini juga adalah makanan khas di Surabaya dan sekitarnya. asanya sebagaimana rujak yang terdiri dari buah-buahan dengan bumbu khusus dan khas yang hanya dapat Sedulur Super rasakan dalam Rujak Cingur. Oleh karena itu, Rujak Cingur masuk dalam daftar menu makan khas Madura.

4. Soto Madura

sayurbox

Soto khas daerah Madura berbeda dengan soto dari Lamongan atau soto dari daerah lainnya. Soto ini terdiri dari ayam suwir, daging sapi, telur, kentang, daun bawang, serai, daun seledri, jeruk nipis dan bawang goreng. Ciri khas dari soto Madura adalah kuahnya yang menggunakan bahan kemiri yang membuat warnanya menjadi kuning keruh. Selain di Madura, soto ini juga merupakan salah satu makanan khas Surabaya.

BACA JUGA: 15 Makanan Khas Maluku yang Populer & Wajib Kamu Coba!

5. Jubede Sumenep

makan khas madura
jatim.nu

Jubede makanan khas Madura yang hampir punah, makanan ini berasal dari Sumenep, Madura. Makanan ini terbuat dari tepung, gula merah, dan air. Kemudian dimasak hingga mengental, hal tersebut yang membuat menu makan khas Madura ini menjadi tahan lama dan sangat awet. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas Madura.

6. Kaldu Kokot

portalmadura

Yang unik di Madura bukan hanya rumah khas Madura saja, namun juga kuliner satu ini, Kaldu Kokot. Hidangan sup khas Madura ini menggunakan kulit sapi (kokot) dan dicampur dengan jeroan sapi. Kemudian direbus dengan kacang hijau dan rempah-rempah khusus, Untuk proteinnya, kuliner ini disantap dengan singkong goreng atau singkong kukus.

BACA JUGA: 10+ Makanan Khas Riau yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

7. Tahu Campur

makan khas madura
wikipedia

Tahu Campur memiliki rasa yang enak dengan sedikit bumbu petis di dalamnya.  Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mie kuning. Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Semakin menggiurkan dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

8. Topak Ladeh

liputan6

Menu makan khas Madura ini adalah sejenis sup yang menggunakan betis sapi. Dagingnya dimasak dengan sejumlah bumbu seperti pala, daun jeruk purut, lengkuas, kencur, dan kayu manis. Topak ladeh biasa disajikan dengan ketupat, kacang panjang, dan tiga jenis tepung yang terbuat dari kerupuk, kedelai, dan udang kecil kering. Salah satu rekomendasi kuliner yang bisa Sedulur nikmati ketika cuaca sedang hujan seperti saat ini.

BACA JUGA: 25 Makanan Khas Sunda yang Melegenda dan Terkenal

9. Bebek Songkem

idntimes

Berikut ini adalah rumah makan bebek goreng khas Madura yang paling laris, yaitu Bebek Songkem. Menu makan khas Madura ini tidak boleh Sedulur lewatkan. Karena bebeak dimasak dengan olahan bumbu khas yang dikukus dalam bungkusan daun pisang sehingga menghasilkan aroma serta rasa yang ciamik.

Bebek songkem sendiri sangat nikmat jika disantap dengan nasi yang masih hangat beserta sambal dan juga lalapan segar. Seperti apapun cara penyajiannya, bebek merupakan makanan atau kuliner yang nikmat. Sedulur wajib menikmati kuliner satu ini jika kebetulan sedang berada di Madura.

10. Rujak Selingkuh

makan khas madura
faktualnews

Menu makan khas Madura ini terdengar memiliki nama yang unik, namun bukan hanya namanya saja yang unik, namun rasanya juga tidak kalah unik dan nikmat. Dalam sejarah makanan ini, nama selingkung diamb il dari campuran rujak yang “berselingkuh” dengan soto babat Madura. Kedua makanan tersebut merupakan campuran yang tidak lazim.

Sehingga disebut dengan istilah selingkuh. Sedulur wajib mencoba kuliner satu ini jika berada di Madura. Karena Sedulur akan menyesal jika tidak mencicipi kuliner ini. Ditambah, belum sah berkunjung ke Madura jika tidak mencicipi kuliner satu ini.

BACA JUGA: 30 + Makanan Khas Betawi yang Wajib Coba Dijamin Nagih!

11. Loopis Emas

pergikuliner

Loopis emas merupakan menu makan khas Madura selanjutnya. Kuliner ini merupakan makanan dengan rasa manis, yang terbuat dari beras ketan. Bentuknya segitiga dan dibungkus daun pisang. Cara menyajikannya diatas pincuk lalu diberi taburan parutan kelapa dan gula merah.

12. Bubur Manggul

makan khas madura
cookpad

Menu makan khas Madura ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, daun salam, dan garam. Ada pula yang menambahkan bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, kencur, ketumbar, kemiri, dan daun jeruk. Kuliner ini sangat cocok dan sangat nikmat disantap saat cuaca sedang dingin.

BACA JUGA: 20 Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu-Tunggu

13. Lontong Campor

cookpad

Berikut ini adalah makanan khas Madura Pamekasan lontong campor atau yang dikenal dengan nama campor lorjuk, yang memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Makanan berkuah ini sangat nikmat disantap selagi panas dengan sambal yang menggugah selera. Terdiri dari lontong, bihun, lorjuk, keripik tette, dan keripik kancur. Disempurnakan dengan taburan bawang goreng semakin membuat lontong campor menjadi nikmat.

14. Tajin Sobih

makan khas madura
merahputih

Kuliner khas Madura selanjutnya adalah Tajib Sobih. Makanan ini berasal dari Desa Sobih, Kecamatan Burneh, Kab. Bangkalan. Makanan ini tersedia berbagai varian yang berbeda setiap isinya. Yaitu:

  • Bubur putih, terbuat dari bahan tepung beras.
  • Bulatan putih, bahan tepung beras, kanji, kelapa parut, santan, dan dibuat bulatan kecil-kecil.
  • Bubur lonjongan coklat, terbuat dari bahan tepung beras, tepung ketan, tepung kanji, gula merah, air, dan dibuat dalam bentuk lonjong.
  • Bubur mutiara, terbuat dari sagu mutiara merah, gula pasir, pandan, tepung kanji, air, dan garam.

Terdapat pilihan kuah dan saus sebagai pelengkap, meliputi:

  • Saus gula coklat, terbuat dari gula jawa, air, dan daun pandan.
  • Kuah santan, terbuat dari santan, daun pandan, garam, sedikit tepung kanji.
  • Kuah putih, terbuat dari bahan tepung beras, santan, tepung kanji, air, dan sedikit garam
  • Kuah cokelat, terbuat dari bahan tepung beras, santan, tepung kanji, gula merah, dan air.

Sekian daftar menu makan khas Madura yang memilki cita rasa yang nikmat dan wajib Sedulur coba ketika Sedulur kebutulan berada di Madura. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, dengan ciri khas dan kelebihannya masing-masing, termasuk daerah Madura dengan ciri khas kuliner yang nikmat dan beragam.

Kalau Sedulur ingin mencoba memasak makanan khas Madura sendiri di rumah, jangan lupa untuk membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Dijamin lengkap, mudah, dan murah. Yuk unduh aplikasinya sekarang juga.