makanan khas maluku

Makanan khas Maluku ini harus dicoba saat mengunjungi daerah ini saat traveling! Apa aja sih pilihan kulinernya?

Indonesia adalah negara yang menyimpan sejuta pesona yang tiada duanya. Baik itu keindahan alam,  budaya, sampai pesona citarasa kulinernya. Salah satu kuliner yang menjadi daya tarik Indonesia adalah makanan khas Maluku. Provinsi ini berbatasan dengan Samudera Hindia, Laut Arafura, Laut Seram, Papua, serta Sulawesi yang beribu kota di Kota Ambon. 

Sebagai pusat perdagangan rempah dunia, Maluku mempunyai banyak hasil alam berupa cengkeh dan pala. Disebut Kepulauan Rempah karena daerah ini memiliki rempah yang berlimpah yang juga berpengaruh dalam citarasa kuliner di tanah air. Provinsi yang makanan pokoknya sagu ini memiliki beragam resep makanan khas Maluku yang wajib Sedulur coba ketika sedang berkunjung ke sana. Simak di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Masaknya

-->

1. Papeda

makanan khas daerah maluku
mnews

Makanan khas daerah Maluku yang satu ini pasti tidak asing bagi Sedulur. Makanan yang juga menjadi salah satu ikon dari Maluku ini mempunyai bahan dasar tepung sagu yang diolah sampai menjadi seperti bubur yang bertekstur lengket dan juga kenyal.

Selain Maluku, Papeda juga menjadi ikon makanan Papua yang wajib dicoba oleh turis yang berkunjung. Makanan ini berwarna putih dan rasanya cenderung tawar. Biasanya, makanan khas Maluku ini disajikan dengan menu lainnya seperti ikan tongkol atau mubara berbumbu kunyit.

Serat yang terkandung di dalam Papeda ini sangat banyak, rendah kalori, dan nutrisi yang terkandung sangat cukup untuk memenuhi asupan gizi harian. Cara penyajian Papeda adalah dituang ke atas piring menggunakan sumpit karena teksturnya yang kental dan lengket. Cara yang cukup unik, ‘kan? 

2. Nasi lapola

makanan khas maluku utara
yummy

Tak hanya sagu, masyarakat Maluku juga mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Itu sebabnya ada banyak hidangan khas Maluku yang berbahan baku nasi. Salah satu hidangan tersebut adalah nasi lapola yang merupakan nasi yang dikukus dengan sejumlah bumbu.

Resep masakan yang satu ini cukup simpel. Tinggal memasak beras dengan api kecil lalu setelah matang dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus sebelumnya. Kemudian, tinggal tambahkan kelapa parut dan garam sambil diaduk hingga tercampur merata. Setelah itu, semua adonan yang telah tercampur dikukus kembali sampai matang. 

3. Ikan kuah pala banda

makanan khas dari maluku
rumahkomunitas

Maluku mempunyai hasil laut yang melimpah. Hal ini berpengaruh terhadap keberagaman kuliner yang banyak menggunakan bahan dasar seafood. Salah satu olahan makanan laut itu adalah ikan kuah pala banda.

Kuliner khas yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Salah satu makanan khas Maluku yang populer dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat ini kaya akan rempah-rempah.

Ikan kakap dan kerapu adalah ikan yang diolah menjadi kuliner yang satu ini. Setelah itu, dengan campuran merica, buah pala, dan bermacam rempah lain dicampur dengan ikan pala tersebut menghasilkan masakan ikan kuah pala banda.

Rasa yang dominan di kuliner ini adalah asam dan pedas yang bisa membuat orang yang baru mencicipinya langsung suka. Hidangan ini cocok disajikan bersama nasi hangat, sambal bakasang yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk, ulang-ulang, serta urap daun pepaya. Dalam sejarahnya hidangan khas ini khusus disajikan untuk petinggi Belanda saja. Tapi tenang, sekarang semua orang bisa kok mencicipinya!

4. Ikan komu asar

makanan khas maluku dan penjelasannya
merahputih

Sedang jalan-jalan ke Ambon? Jangan lupa cicipi ikan komu asar, ya! Makanan khas Maluku Utara yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Ambon. Resep turun-temurun dari nenek moyang masih dipertahankan hingga saat ini.

Ikan komu asar umumnya berbahan dasar ikan ekor kuning, ikan tongkol, serta ikan cakalang. Proses memasak ikan dengan ditusuk ke bambu lalu diasap selama kurang lebih 1 jam menjadi salah satu keunikan dalam pembuatan hidangan ini. Setelah itu, hidangan yang biasanya menjadi pendamping makanan ini adalah nasi hangat dan sambal colo-colo.

5. Kohu-kohu dengan kasbi rebus

resep makanan khas maluku
kulinear

Mirip seperti urap, makanan khas dari maluku yang satu ini mempunyai isi yang berbeda dengan urap pada umumnya. Kohu-kohu terbuat dari sayuran yang dicampur dengan kelapa parut. Sayuran yang digunakan biasanya adalah kemangi, tauge, dan kacang panjang. Sayur disajikan dengan mentah, namun bisa juga disajikan dengan cara merebusnya terlebih dahulu tergantung selera.

Selain sayuran, kelapa parut, suwiran ikan cakalang, perasan lemon cina, juga kelapa parut  menjadi isian dari kuliner khas maluku yang satu ini. Rasa dari kohu-kohu cenderung gurih karena adanya parutan kelapa dan asam segar dari perasan lemon. Biasanya, menu ini cocok dihidangkan dengan kasbi rebus atau singkong rebus. 

6. Sambal colo-colo

gambar makanan khas maluku
sajiansedap.grid

Salah satu kuliner khas Maluku dan Sulawesi lainnya adalah sambal colo-colo. Dengan berbahan dasar kecap, cabai, dan jeruk nipis, rasa yang ditawarkan adalah perpaduan antara pedas, manis, dan segar. Ada dua versi yang dapat Sedulur pilih ketika menikmati sambal ini, yaitu pakai kecap atau tidak pakai kecap.

Sajian yang satu ini juga menjadi salah satu pelengkap makanan paling populer karena sungguh tidak lengkap suatu hidangan makanan tanpa adanya sambal. Bahan lain yang menjadi campuran dari makanan khas Maluku utara ini adalah tomat muda dan bawang merah yang sudah diiris tipis bersama dengan cabai. Lalu diberi taburan garam dan jeruk nipis serta ditambahkan dengan daun kemangi, rarobang, dan kenari mentah.

7. Talam sagu bakar

makanan khas maluku talam sagu
genpi

Makanan khas Maluku yang satu ini merupakan camilan yang berbahan dasar sagu. Cara memasaknya cukup sederhana dengan merendam bahan utama sagu kemudian haluskan. Masak pula gula merah kemudian tiriskan.

Kemudian, campur gula merah dan sagu bersamaan dengan gula pasir yang diaduk hingga kental teksturnya. Tambahkan adonan tersebut dengan mentega, kacang merah, dan kenari untuk kemudian dibakar hingga mengering. Rasa yang ditawarkan pada hidangan ini adalah manis dan gurih.

BACA JUGA: Kuliner Bakso Enak di Surabaya. Yakin Nggak Mau Coba?

8. Sagu waku komo-komo

makanan khas daerah maluku sagu waku
timurasa

Makanan khas Maluku yang satu ini hampir sama seperti papeda karena menggunakan sagu sebagai bahan dasar. Selain itu, bumbu untuk melengkapi hidangan ini adalah jahe, serai, bawang putih, dan juga jeroan ikan. Semua adonan dibungkus menggunakan daun woku yang juga merupakan ciri khas makanan ini. Hidangan ini cocok untuk menjadi pelengkap papeda dan juga nasi hangat.

9. Bubur ne

makanan khas daerah maluku bubur ne
kumparan

Bubur ne adalah salah satu makanan khas Maluku dan penjelasannya adalah merupakan salah satu takjil ala Maluku yang mirip seperti kolak. Bedanya, makanan ini menggunakan bahan dasar sagu. Sagu dibentuk seperti mutiara kecil berwarna coklat tua, putih, merah muda, ataupun merah tua.

Sagu dimasak bersama dengan santai sampai tekstur dirasa sudah empuk. Tambahkan dengan daun pandan, kayu manis, serta gula merah. Hidangan ini siap disantap baik dengan keadaan hangat maupun dingin dan cocok di segala cuaca.

10. Lalampa

makanan khas maluku lalampa
tribunnews

Lalampa merupakan makanan khas Maluku yang banyak ditemui saat Ramadan tiba. Lalampa adalah sejenis kue yang terbuat dari ikan tuna atau julung dan juga beras ketan yang sudah digiling atau dihaluskan sampai menjadi halus dan dicampur dengan bumbu, kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Adonan tersebut dimasak dengan cara diasapi sampai matang. Kuliner yang juga menjadi makanan khas Manado ini tidak hanya bisa ditemui di bulan puasa saja. Di hari biasa juga banyak sekali ditemui dengan mudah.

11. Manisan pala

makanan khas maluku manisan pala
resepmasakankreatif

Salah satu rempah yang menjadi ikon dari maluku adalah pala. Ada berbagai ragam kuliner khas Maluku yang berbumbu rempah pala. Selain menjadi bumbu, pala juga dijadikan manisan lho, Sedulur! Dengan campuran gula, air, dan garam dan direndam dengan pala selama sehari, kuliner ini siap disantap atau bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Maluku.

12. Gohu ikan

makanan khas maluku gohu ikan
tribunnews

Makanan khas Maluku yang satu ini cukup berbeda dengan yang lain karena sajiannya berupa ikan mentah. Di Maluku Utara khususnya Ternate, makanan ini bisa ditemui dan dicicipi. Umumnya, ikan yang digunakan adalah ikan cakalang dan tuna, serta dilumuri dengan bumbu sederhana yaitu garam dan perasan lemon. Makanan yang berbentuk seperti sashimi ini juga bisa ditambahkan dengan bumbu tumisan cabe dan bawang merah yang diiris dan disajikan di adonan ikan sehingga menjadi lebih sedap.

13. Lapis palaro

makanan khas maluku lapis palaro
kompas

Sekilas, bentuk dari makanan khas maluku ini seperti daging yang dimasak dengan bumbu balado. Namun, yang menjadi pembeda dengan bumbu balado pada umumnya adalah rempah yang digunakan yaitu jahe, kencur, cengkeh, dan pala yang menjadikan masakan ini memiliki aroma dan rasa yang menggoda untuk disantap bersama nasi hangat.

14. Halua kenari

makanan khas dari maluku kenari
timurasa

Kuliner yang menjadi hidangan khas masyarakat Maluku selanjutnya adalah Halua Kenari. Makanan ini terbuat dari campuran kenari serta gula merah sebagai bahan tambahan. Makanan yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun internasional ini berbentuk cukup unik karena warnanya tampak coklat dan merupakan sebuah camilan yang cocok untuk orang diet. Jadi, jika Sedulur sedang diet, boleh nih mencicipi kuliner yang satu ini.

15. Acar kuning

makanan khas dari maluku acar kuning
grid

Kuliner yang juga menjadi makanan pelengkap dalam suatu hidangan ini adalah acar kuning. Terbuat dari campuran sayuran seperti timun, wortel, dan juga bawang yang direndam dengan kuah yang bercitarasa asam. Selain itu, rebung, cabe merah, mentimun, daun salam, dan juga bawang merah adalah komposisi lain yang menjadi pembeda dengan acar kuning yang lainnya. Acar kuning ini cocok untuk menjadi teman makan bersama nasi hangat dan lauknya.

Itu dia beberapa penjelasan singkat beserta gambar makanan khas Maluku yang bisa Sedulur coba dan cicipi ketika sedang berlibur di Maluku. Kebanyakan bahan dasar dari masakan tersebut adalah sagu dan menggunakan bumbu buah pala karena disana kaya akan rempah. Sudah bikin ngiler, ‘kan?

Makanan tradisional dan khas dari Papua ternyata beragam. ya. Ibarat ini sangat cocok untuk mengumpakan Aplikasi Super yang punya beragam kebutuhan pokok sehari-hari. Ada beras, minyak, mie instan, dan masih banyak lagi lainnya. Agar tidak ketinggalan promonya, segera download Aplikasi Super di sini!