Apa saja sih makanan khas Sunda yang terkenal dan melegenda? Berikut ini daftarnya. Sedulur pecinta kuliner wajib tahu!

Selain surganya berbagai jajanan yang nikmat, wilayah Sunda juga merupakan penghasil makanan yang nikmat dan lezat. Banyak makanan khas Sunda yang melegenda dan terkenal karena rasanya yang nikmat. Selain itu, makanan khas Sunda identik dengan sayur-sayuran yang bergizi dan kaya akan serat.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas daftar makanan khas Sunda yang nikmat dan terkenal dan juga melegenda. Sedulur mungkin sudah cuba beberapa daftar makanan khas Sunda di bawah ini. Tanpa berlama-lama, mari kita langsung simak apa makanan khas Sunda dalam daftar di bawah ini!

Baca Juga: 14 Makanan Khas Bali yang Wajib Ada di Daftar Menu Harianmu

-->

Daftar Makanan Khas Sunda yang Melegenda dan Terkenal, Wajib Sedulur Tahu!

1. Nasi Liwet

1. Nasi Liwet
detik.com

Makanan khas Sunda yang pertama adalah nasi liwet. Nasi Liwet merupakan makanan yang sangat sering disajikan saat acara kumpul-kumpul. Nasi Liwet juga akrab disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng. Hal menarik sekaligus unik dari Nasi Liwet adalah rasa nasinya yang sedikit manis dan kental dengan wangi santen kelapa kental. Hampir mirip dengan nasi uduk, nasi liwet lebih terasa cita rasa masakan khas Sunda dan daerah Jawa Barat.

2. Nasi Timbel

2. Nasi Timbel
orami.co.id

Nasi timbel merupakan makanan khas Sunda selanjutnya. Nasi timbel juga memiliki kesamaan dengan nasi liwet, dan disajikan dengan daun pisang. Hal tersebut yang membuat nasi timbel memiliki aroma yang lebih wangi dibanding nasi-nasi lainnya. Lauknya yang terkenal adalah dengan ikan asin dan sayur asem.

3. Nasi Tutug Oncom

3. Nasi Tutug Oncom
kompas.com

Mungkin masih banyak yang belum pernah mendengar mengenai Nasi Tutug Oncom. Hidangan yang berasal dari Tasikmalaya ini merupakan campuran dari nasi dan juga olahan kedelai alias oncom. Tidak jarang bagi restoran-restoran untuk menyajikan Nasi Tutug Oncom dengan tambahan ikan asin, daun pisang, jeruk nipis, ataupun tempe.

Bahan saus yang membuat hidangan ini unik adalah karena sambal hijaunya. makanan khas Jawa Barat ini memiliki rasa pedas manis yang menimbulkan rasa gurih dan nikmat.

4. Karedok

4. Karedok
kompas.com

Resep masakan Sunda satu ini seperti sambal dengan saus kacang dan sayur-sayuran. Banyak yang salah mengira hidangan Karedok dengan Gado-Gado dan Lotek jika baru pertama kali melihat. Karedok adalah makanan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Yang membedakan Karedok dengan kedua hidangan mirip lainnya adalah siraman bumbu kacang yang melimpah.

Baca Juga: 30 Makanan Khas Makassar Paling Favorit & Tempat Belinya

5. Lotek

5. Lotek
masakapahariini.com

Orang Sunda sendiri seringkali kesulitan membedakan antara karedok dan lotek.  Perbedaan lotek dengan karedok adalah penggunaan sayurnya, jika pada karedok sayur yang digunakan sayur mentah maka pada lotek sayur yang digunakan adalah satu matang yang telah direbus. Lotek merupakan makanan khas Sunda favorit.

6. Bakakak Hayam

6. Bakakak Hayam
idntimes.com

Bakakak Hayam adalah masakan khas Sunda yang unik meski baru hanya melihat cara penyajiannya. umumnya Bakakak Hayam menggunakan dada ayam yang dibelah hingga terbuka dan ditusukan hingga membentuk sebuah bakakak. Cara masak ayamnya pun beragam mulai dari digoreng hingga dibakar.

7. Soto Bandung

7. Soto Bandung
kompas.com

Soto merupakan kuliner yang paling terkenal di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki variasi soto khasnya. Mulai dari soto lamongan, soto padang, soto medan dan daerah lainnya. Di daerah Bandung, terdapat juga kuliner soto yang sangat khas. Perbedaan soto Bandung dengan daerah lainnya adalah penggunaan lobak, kacang kedelai dan kuahnya yang bening. Tidak seperti kuah soto lainnya yang memiliki warna kuning.

8. Sate Bandeng

8. Sate Bandeng
tribunnews.com

Sate bandeng sebenarnya merupakan makanan khas provinsi Banten, bukan Jawa Barat. Namun, secara kultur, Banten merupakan wilayah orang-orang Sunda. Daging empuk tanpa tulang yang ditambah dengan santan dan gula coklat lalu dibakar dengan ditusuk menggunakan bambu, memberikan cita rasa yang khas dan nikmat. Cocok dikonsumsi dan dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Sedulur wajib mencoba kuliner khas Banten satu ini.

9. Mie Kocok

9. Mie Kocok
detik.com

Saat Sedulur berlibur ke Bandung, mungkin salah satu kuliner yang akan Sedulur cicipi adalah mie kocok. Mie kocok terkenal sebagai salah satu alternatif kuliner selain bakso. Berbeda dengan bakso, keunggulan mie kocok terletak pada kuah kaldu dan kikil sapi. Selain itu, sayuran tauge dalam mie kocok juga disajikan secara mentah, yang membuat kandungan gizi lebih tinggi.

10. Sate Maranggi

10. Sate Maranggi
kompas.com

Sate maranggi merupakan makanan khas Jawa Barat, tepatnya dari Purwakarta. Setiap harinya, ribuan tusuk sate habis disantap oleh para pembeli. Hal tersebut menunjukan betapa nikmatnya sate maranggi dan telah dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Sate maranggi merupakan kreasi olahan daging, baik daging ayam, sapi dan kambing, dengan cara ditusuk dan diolah dengan cara dibakar.

11. Ikan Pesmol

11. Ikan Pesmol
idntimes.com

Salah satu masakan kesukaan orang Sunda yang terbuat dari ikan adalah ikan pesmol. Cara memasaknya adalah dengan membersihkan ikan dan beri garam juga jeruk nipis lalu aduk-aduk hingga rata menyerap pada ikan.

Panaskan minyak, lalu goreng terlebih dahulu ikan hingga matang dan kering. Angkat ikan lalu tiriskan. Kemudian tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan juga batang serai, daun salam, lengkuas dan aduk-aduk hingga mengeluarkan wangi.

Masukkan timun, wortel, cabai utuh, garam, gula, merica dan kaldu bubuk. Aduk-aduk tumisan, dan masukan air secukupnya dan juga cuka. Tunggu hingga mendidih dan masukan ikan. Biarkan kuah meresap ke dalam ikan, dan resep olahan ikan pun telah siap disajikan dengan sepiring nasi hangat.

12. Kupat Tahu

12. Kupat Tahu
okezone.com

Makanan khas Sunda satu ini berasal dari Singaparna, Tasikmalaya. Kupat tahu secara visual terlihat sepert ketoprak atau gado-gado. Kuliner dari Semarang yaitu Tahu Gimbal juga terlihat persis seperti kupat tahu. Kupat dan tahu dipotong-potong dan disajikan dengan kol, tauge, dan seledri sebelum semuanya diguyur oleh bumbu kacang. Bumbu kacang yang digunakan juga mempunyai 2 varian yakni bumbu kacang halus dan bumbu dengan kacang yang sengaja digiling secara kasar.

13. Geco

13. Geco
merahputih.com

Geco merupakan makanan khas Sunda selanjutnya. Geco adalah kuliner khas Sunda yang merupakan akronim dari Tauge Tauco. Sesuai dengan namanya, makanan Sunda yang populer di masyarakat Ciganjur ini menggunakan bahan dasar tauge yang kemudian disiram dengan tauco.

Sebagai pelengkap, Geco dihidangkan dengan irisan ketupat, kentang, tahu, telur, dan juga cuka lahang yang terbuat dari nira yang juga merupakan panganan khas Sunda.

14. Surabi

14. Surabi
kompas.com

Jika Sedulur mencari makanan khas Sunda yang memiliki rasa manis dan terasa seperti pancake, surabi adalah jawabannya. Surabi terbuat dari tepung beras dan santan, yang menjadi salah satu makanan tradisional yang populer di Jawa Barat dan juga di Indonesia. Surabi menjadi terkenal setelah viral beberapa tahun lalu, dengan variasi rasa, mulai dari menggunakan memes coklat, keju hingga berbagai topping modern.

15. Tahu Sumedang

15. Tahu Sumedang
idntimes.com

Salah satu makanan khas Sunda yang sangat terkenal dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh adalah tahu sumedang. Makanan ringan satu ini memiliki warna coklat, berbeda dengan tahu yang umumnya berwarna kuning. Kita bisa menikmati tahu Sumedang dengan ketupat atau lontong.

Biasanya di terminal atau jalan lintas provinsi bisa ditemukan penjual tahu Sumedang. Tahu Sumedang sangat cocok dijadikan ide bisnis makanan ringan, karena bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

16. Gurilem Bandung

16. Gurilem Bandung
tribunnews.com

Camilan atau makanan khas Sunda selanjutnya adalah gurilem. Gurilem merupakan singkatan dari gurih dan pelem, dalam bahasa Sunda pelem berarti lembut. Gurilem memiliki bentuk seperti kerupuk, dengan bentuk panjang dan rasanya yang pedas. Jika Sedulur kebetulan berkunjung ke Bandung, Sedulur akan menemui banyak penjual gurilem.

Gurilem sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjadikan gurilem sebagai ide bisnis makanan ringan akan sangat menguntungkan bagi dan memberikan kita pemasukan yang tidak terduga.

17. Batagor

17. Batagor
kompas.com

Batagor merupakan makanan khas Sunda yang sangat terkenal. Membuat batagor sangat mudah. Sedulur tinggal mencampurkan tepung terigu, tepung tapioka dan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, merica, bawang merah gula dan garam. Aduk hingga adonan mengental dan tambahkan air secara perlahan. Cetak adonan kepada tahu atau kulit pangsit dan goreng hingga batagor kering. Angkat dan saring batagor, nikmati batagor bersama kuah kacang atau juga chili oil.

18. Baso Tahu

18. Baso Tahu
buahatiku.com

Orang Sunda biasanya menyebut makanan khas Sunda satu ini dengan nama baso tahu, namun sebagian lainnya menyebutnya dengan nama siomay. Makanan Jawa Barat yang mendapat pengaruh dari negeri Cina. Selain nikmat, baso tahu juga merupakan makanan yang bisa menjadi ide bisnis bagi Sedulur.

Menjual baso tahu sangat menguntungkan, karena rasanya yang gurih dan bumbu kacang yang disukai banyak orang menjadikan siomay memiliki daya tarik tersendiri.

19. Gepuk

19. Gepuk
idntimes.com

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah gepuk, makanan yang berasal dari olahan daging sapi. Pembuatannya sangat mudah, daging sapi direbus hingga setengah matang, lalu dipukul-pukul hingga menjadi empuk. Selanjutnya, celupkan daging sapi yang telah dipukul ke dalam adonan bumbu yang sebelumnya telah disiapkan.

Selanjutnya rebus kembali hingga matang. Lalu tiriskan, dan kemudian goreng hingga kering. Jika Sedulur menyukai daging yang direbus, maka proses penggorengan bisa Sedulur abaikan.

20. Peuyeum

20. Peuyeum
kompas.com

Peuyeum merupakan makanan khas Sunda yang memiliki rasa manis. Terbuat dari buah singkong dari hasil fermentasi. Banyak yang menyamakan peuyeum dengan tapai singkong. Namun kedua makanan tersebut berbeda, meskipun sama-sama hasil dari fermentasi singkong.

Perbedaannya terletak pada tekstur dan ketahanannya. Jika tapai singkong lebih berair dan tidak tahan lama, sedangkan peuyeum memiliki ketahanan yang lebih lama karena teksturnya yang kering. Hampir di setiap jalan nasional di Jawa Barat, terutama di Bandung dan sekitarnya, berjajar para penjual peuyeum di sepanjang jama nasional yang bisa kita beli sebagai oleh-oleh.

21. Dodol Garut

21. Dodol Garut
rumahmesin.com

Dodol Garut merupakan oleh-oleh khas yang wajib Sedulur bawa ketika selesai berkunjung dari Garut. Garut menjadi terkenal dan identik akibat dodol. Tersedia banyak variasi rasa dari dodol, mulai dari dodol nanas, dodol wijen, hingga dodol kacang. Dari daerah lainnya di Jawa Barat juga terdapat dodol, namun yang membedakan dodol Garut dengan daerah lainnya di Jawa Barat adalah kelezatannya. Akhirnya, dodol menjadi salah satu makanan khas Sunda yang paling dicari sebagai oleh-oleh.

22. Cireng

22. Cireng
kompas.com

Cireng merupakan makanan khas Sunda. Terbuat dari aci (tepung tapioka/kanji), dengan bumbu halus dari bawang putih dan bawang merah. Haluskan bawang hingga sangat lembut, masukkan dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka sesuai kebutuhan dan masukkan air secara perlahan, aduk hingga adonan menjadi kental dan lengket.

Cetak menjadi beberapa buah, dan siapkan minyak panas untuk menggorengnya. Goreng adonan cireng hingga kering dan kriuk. Setelah kering, angkat cireng dan tiriskan. Cireng pun siap dinikmati sebagai camilan di saat musim hujan. Cireng sendiri singkatan dari aci digoreng. Aci merupakan sebutan orang Sunda untuk tepung tapioka.

23. Rengginang

23. Rengginang
kompas.com

Rengginang merupakan camilan atau makanan khas Sunda yang unik. Berbentuk seperti kerupuk yang memiliki tekstur renyah dan krispi. Rengginang terbuat dari beras yang telah dikeringkan terlebih dahulu, lalu dicetak dan kemudian dijemur hingga adonan benar-benar kering. Kerenyahan dari rengginang dihasilkan dari proses pengeringan setelah dicetak.

24. Bala-Bala (Bakwan)

24. Bala-Bala (Bakwan)
inews.co.id

Makanan khas Sunda ini kita kenal dengan nama bakwan, namun orang Sunda menyebutnya bala-bala. Bala-bala merupakan camilan yang kaya akan serat. Sayur yang digunakan adalah sayur kol, wortel dan tauge. Siapkan juga tepung terigu 6 sdm, tepung beras 2 sdm, dan tepung tapioka 1 sdm. Aduk tepung dalam mangkuk dan beri garam dan kaldu bubuk, tambahkan air secara perlahan hingga adonan kental.

Potong-potong sayur hingga berukuran kecil, masukkan dalam adonan dan aduk rata. Panaskan minyak menggunakan api kecil, cetak adonan bakwan dan goreng hingga kering. Camilan sehat ini siap menemani Sedulur untuk ngemil di tengah hujan yang selalu membuat lapar.

25. Seblak

25. Seblak
kompas.com

Siapa yang tidak kenal dan belum pernah mencoba seblak. Kuliner khas Jawa Barat yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia ini memiliki rasa yang nikmat dengan aroma rempah yang kuat. Olahan camilan dengan menggunakan kerupuk yang direbus ini hadir sebagai camilan yang paling banyak dijual di seluruh daerah Jawa Barat. Sedulur wajib coba makanan ini, Sedulur bisa cek di daerah Sedulur masing-masing, pasti ada satu dua orang pedagang yang berjualan seblak.

Masih banyak makanan dari Sunda yang bisa Sedulur ketahui, namun daftar makanan di atas merupakan makanan yang paling disukai dan melegenda di Indonesia. Sedulur bisa membuat daftar makanan di atas dengan menyediakan bahan-bahannya. Untuk mendapatkan kualitas bahan masakan terbaik, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Memanfaatkan keberadaan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan Sedulur adalah hal yang tepat dan pilihan cerdas. Selamat mencoba