Pernahkah Sedulur mencoba makanan khas sulawesi? Ya makanan orang-orang yang pulaunya banyak dihuni oleh beragam suku mulai dari suku bugis hingga orang minahasa ini ternyata terkenal dengan cita rasa rempah-rempah yang kuat dan sangat lezat lho Sedulur. Jadi, selain kaya akan budayanya, Pulau Sulawesi terkenal akan masakan lezatnya.

Mungkin kita hanya tahu makanan khas Sulawesi populer, seperti Coto Makassar, Keju Dangke hingga Sop Konro. Namun, selain makanan itu, masih banyak lagi lho makanan khas sulawesi yang wajib Sedulur ketahui dan pahami agar khasanah kuliner nusantara kalian semakin kaya. Berbicara makanan sulawesi, berikut penjelasan lengkapnya buat Sedulur. Yuk simak ulasannya berikut.

BACA JUGA : Resep Semur Jengkol Pedas Khas Betawi Buat Lauk Nasi

1. Coto Makassar

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
selerarasa

Buat Sedulur yang pernah merasakan makanan khas sulawesi selatan ini pastinya patut bahagia bukan. Ya. Coto Makassar merupakan makanan yang memiliki cita rasa rempah-rempah yang sangat kuat. Makanan berbahan dasar daging ini, sangat terkenal di Makassar dan selalu menjadi makanan sehari-hari buat mayoritas warga suku bugis di sana.

-->

Coto memang memiliki kesamaan dengan makanan khas Pulau Jawa, Soto. Makanan khas sulawesi selatan ini memiliki kuah berwarna coklat dan bercampur dengan irisan daging sapi, bahkan ada beberapa tambahan lain semisal jantung, babat dan lainnya. Cara menyatap makanan yang satu ini juga tidak terlalu rumit.

Biasanya, warga Sulawesi Selatan tepatnya Makassar menyantap makanan ini dengan tambahan ketupat sebagai pengganti nasi atau mungkin dalam bahasa mereka di namakan dengan burasa sebagai teman makannya. Cukup nikmat dan lezat bukan.

Bahan-bahan dalam pembuatan coto makassar ini terbilang sangat mudah dan bisa didapatkan lho Sedulur. Seperti jahe, serai, lengkuas daun salam, kacang tanah dan lainnya. Lalu untuk bumbu yang dihaluskan antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jinten, merica, cabai dan juga tauco.

Nah, berikut ini rekomendasi warung coto makassar paling lezat buat Sedulur yang sedang berkunjung di Makassar adalah, Coto Tol Nusantara dg.Oyo, Coto Bawakaraeng, Coto Gembira dan Coto Nusantara. Untuk nama terakhir terletak di Jl. Nusantara, Pattunuang, Wajo, Makassar.

2. Sop Konro

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
kompas

Masih dari Sulawesi Selatan, ada makanan khas sulawesi bernama Sop Konro. Ya, sop konro merupakan sop dengan kuah yang sedikit mengandung lemak dan memiliki tekstur warna kecoklatan. Dan bahan utama dalam pembuatan sop konro ini adalah, iga sapi segar yang sudah direbus matang. Sebenarnya, selain yang direbus, ada pula yang dibakar dan biasa dinamakan dengan Sop Konro bakar.

Pembuatan makanan khas sulawesi selatan ini terbilang cukup sulit. Selain cara perebusan iga yang harus diukur secara benar, bumbu yang dipakaai juga sangat banyak dan mungkin ada bebera rempah yang tidak bisa ditemukan di luar Makassar pada umumnya. Jadi selain harus benar-benar matang dalam merebus iga sapi, juga harus piawai dalam meracik dalam bumbu halusnya Sedulur.

Sebenarnya di kota-kota lain selain Makassar seperti di Yogyakarta, sudah banyak orang yang menjual makanan untuk yang satu ini. Namun, mungkin cita rasanya akan berbeda bila tidak merasakan langsung ke asal daerahnya. Buat Sedulur yang sedang mengunjungi Makassar, ada tempat-tempat yang sangat spesial menyajikan Sop Konro ini sendiri.

Ya, salah satu tempat yang menjual Sop Konro dengan rasa yang mantap bisa kamu kunjungi di Jalan Daeng Tata, Makassar hanya untuk membeli seporsi sopnya Konri Daeng Tata. Selain tempat tersebut, ada pula tempat legendaris yang menjual makanan ini yaitu di Jalan Gunung Lompobattang dengan nama kedainya yaitu Sop Konro Karebosi.

Buat yang bertanya-tanya soal harga, makanan khas sulawesi selatan yang satu ini dibanderol dengan harga 30 ribu sampai dengan 50 ribu rupiah. Untuk menyantap makanan yang satu ini biasanya ditemani dengan burasa atau mungkin nasi putih.

BACA JUGA : Resep Ceker Mercon yang Empuk & Pedasnya Nagih!

3. Konro bakar karebosi

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
indonesia

Setelah tadi membahas tentang sop konro yang mana dagingnya harus direbus secara matang, maka selanjutnya ada konro bakar. Salah satu makanan khas sulawesi ini cara penyajiannya berbeda dengan Sop Konro. Konro bakar yang berbahan dasar iga sapi harus dibakar secara matang dan sempurna lho Sedulur serta harus dilumuri bumbu-bumbu sop konro.

Sangat dianjurkan buat Sedulur yang ingin mencicipi konro bakar salah satu makanan khas sulawesi selatan ini untuk berkunjung ke Jalan Gunung Lompobattang no.41 dengan nama kedai yaitu Konro Bakar Karebosi. Tahukah sedulur, ada perbedaan yang sangat mencolok antara yang dibakar dan yang direbus.

Konro bakar cenderung memiliki kuah yang hitam, sementara yang direbus memiliki kuah dengan tekstur berwarna agak cokelat. Soal rasa, iga yang dimasak dengan cara  dibakar memiliki cita rasa yang kuat daripada dengan cara pemasakan yang direbus. Adapun bumbu-bumbu yang dipakai dalam membuat makanan konro bakar ini Sedulur.

Bumbu rempah yang digunakan sangat beragam, namun rempah yang patut harus ada adalah kluwek yang nantinya bisa mencipatkan warna hitam pekat pada kuahnya. Lalu ada ketumbar yang memiliki fungsi memberikan sebuah cita rasa yang sangat kuat pada setiap masakannya. Nah, buat Sedulur yang sedang berkunjung ke kedai Sop Konro Karebosi, di tempat ini konro bakar memiliki tekstur daging yang empuk dan bumbunya meresap.

Saking terkenalnya kedai Sop Konro Karebosi, membuat kedai tersebut dinobatkan sebagai makanan paling terfavorit di Makassar. Bahkan kedai yang sudah berdiri tahun 1968 ini juga mendapatkan penghargaan sebagai menu andalan terfavorit dengan persentase indeks (MFI) yaitu 75,33%.

4. Palubasa Serigala

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
guideku

Dari namanya saja terlihat menyeramkan ya Sedulur. Namun, tunggu dulu, makanan khas sulawesi selatan ini dijamin halal kok Sedulur. Pallubasa merupakan makanan dengan tampilan dan bahan yang nyaris mirip seperti halnya Coto Makassar. Bahan utama pembuatan makanan yang satu ini adalah jeroan sapi atau kerbau beserta dagingnya yang juga sama.

Makanan ini memiliki kuah dengan tekstur warna kecokelatan dan sedikit pekat. Dan kemudian ada kuning telur menyembul di atasnya. Untuk membedakan soal makanan khas sulawesi antara Pallubasa dengan Coto Makassar terletak pada tambahan ceplokan kuning telur mentah yang terdapat pada Pallubasa. Nah, teman makan dari Pallubasa Serigala ini adalah nasi. Sementara Coto Makassar ditemani Burasa.

Buat Sedulur yang ingin menikmati cita rasa Pallubasa Serigala ini bisa datang ke Warung Pallubasa H. Haeruddin atau nama bekennya adalah Pallubasa Serigala. Nah, buat Sedulur yang penasaran mengapa dinamai dengan Pallubasa Serigala, ternyata hal tersebut tidak lepas dari lokasi tempat jualan Pak Haji Haeruddin yang berlokasi di Jalan Serigala.

Soal waktu pelayanan dari warung ini dibuka mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 8 malam dengan pembeli yang tidak berhenti berdatangan, ketika saat jam makan siang. Selain cita rasanya yang sangat enak, untuk menikmati semangkung Pallubasa dengan nasi putih dihargai dengan 18 ribu rupiah saja. Wah cukup murah bukan Sedulur.

BACA JUGA : Resep Sapo Tahu Seafood Nikmat Ala Chinese Restoran

5. Pallumara

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
kompas

Selanjutnya masih dari makanan khas sulawesi yaitu Pallumara. Pallumara merupakan sajian berupa ikan segar yang biasa disantap ketika waktu menjelang siang hari dan ditemani dengan nasi yang hangat pastinya. Kata Pallumara berasal dari kata Pallu yang berarti masak dan Mara yang memiliki arti pedas. Nah bisa dibayangkan bukan, jika makanan yang satu ini memiliki rasa yang sangat pedas.

Pallumara lebih menonjolkan pada cita rasa bumbu-bumbu rempahnya, sehingga inilah yang menjadikan perbedaan dengan masakan berbahan dasar ikan dari daerah lainnya. Olahan makanan laut yang satu ini sebenarnya bisa menggunakan berbagai jenis ikan, tergantung dari pembuat daan kreatifitasnya.

Namun, biasanya dalam membuat makanan khas sulawesi selatan ini selalu menggunakan bahan dasar ikan bandeng dan biasa dinamakan dengan Pallumara Juku Bolu. Meski demikian, karena tekstur ikan bandeng yang memiliki banyak duri, lalu munculah Pallumara Bandeng Presto yang sejatinya hampir mirip dengan oleh-oleh khas Semarang, Jawa Tengah.

Ada berbagai macam masakan Pallumara yang bahan dasarnya biasa menggunakan ikan selain bandeng. Yaitu Pallumara Juku Mairo dengan bahan dasar ikan teri yang sudah dihilangkan kepalanya. Terakhir ada Pallumara Kaloak yang berbahan dasar ikan tongkol yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu.

Buat bahan tambahan untuk jenis Pallumara ini adalah adanya keluak. Selain bahan itu, masih ada banyak lagi ikan yang biasa dibuat sebagai Pallumara seperi gurame, cakalang, kerapu, bawal hingga kakap.

6. Pallukaci

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
kompasiana

Makanan khas sulawesi selatan selanjutnya adalah Pallukaci. Pallukaci berbeda dengan Pallumara di mana Pallumara memiliki rasa yang sangat pedas. Hampir sama dengan Pallumara, Pallukaci adalah sebuah sup dengan warna kekuningan dan berbahan dasar ikan dan memiliki rasa asam.

Ikan yang digunakan dalam Pallukaci ini adalah tuna, cakalang dan ikan bandeng. Lalu cita rasa asamnya didapat dari bahan seperti asam jawa, tomat, garam, kunyit bubuk, bawang merah, cabai rawit hingga gula. Masakan khas sulawesi selatan ini dimasak dengan cara yang sederhana seperti sup pada kebanyakan. Yaitu memasak ikan bersamaan denhan air asam beserta dengan penyedap rasa dan garam secukupnya.

Tidak hanya itu, ada pula tambahan kunyit bubuk supaya warna menjadi kuning dan dimasukkan pula tumisan bawang, irisan tomat bahkan ada pulau cabainya. Apabila sup matang, sup ini memiliki cita rasa yang segar dan enak serta tekstur empuk ikan yang bisa kamu dapatkan.

BACA JUGA : Resep Kue Kacang Tanah Jadul yang Enak & Gurih

7. Burasa

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
suarasulsel

Burasa biasa menjadi teman makan makanan khas sulawesi selatan yaitu Coto Makassar. Namun, tahukah Sedulur Burasa juga merupakan makanan khas sulawesi. Ya, makanan yang satu ini mungkin hampir mirip dengan lemper salah satu makanan olahan beras ketan yang berasal dari Pulau Jawa.

Makanan asli masyarakat Bugis Sulawesi Selatan ini memiliki bentuk yang pipih. Cara membuat masakan yang satu ini tergolong mudah. Sedulur harus merebus beras yang sudah dicampur santan sampai lembek. Lalu setelah itu, akan dibungkus dengan daun  pisang yang ditali menggunakan tali rafia yang nantinya bisa langsung direbus.

8. Gogoso

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
daftarkuliner

Makanan khas sulawesi selatan selanjutnya ada Gogoso. Gogoso ini juga hampir sama seperti lemper atau makanan khas yang berasal dari Jawa. Soal bahan dasar dan juga penutupnya pun sama yaitu menggunakan beras ketan dan ditutupi daun pisang. Namun cara memasaknya yang berbeda di mana Gogoso dimasak di atas bara api.

Supaya memberikan kesan nikmat, makanan asal Sulawesi Selatan ini, biasanya diisi dengan abon sapi, daging ayam dengan nama kambu yang diletakkan di tengah-tengahnya. Nah tidak hanya itu, ada bahan-bahan pendukung lain yang biasa dipakai yaitu santan, garam dan daun salam supaya rasanya gurih.

9. Nasi Kuning Riburane

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
craved

Di benak Sedulur mungkin sudah biasa ya makan nasi kuning. Biasanya, nasi ini bisa kita temui saat hajatan ulang tahun dan lain sebagainya. Namun, makanan khas sulawesi selatan ini mungkin memiliki banyak perbedaan dengan nasi kuning pada umumnya. Di Sulawesi Selatan ada sebuah warung legendaris yang menjukan makanan ini.

Warung tersebut terletak di jalan Riburane No.11 depan gedung RRI Makassar. Jadi Nasi Kuning Riburane dinamai demikian karena terletak di jalan Riburane. Kedai yang menjual nasi kuning itu bernama Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj. Istiah. Dan selalu ludes ketika memasuki jam makan siang yaitu pukul 11 siang.

10. Sayur Ganemo

Manakah Makanan Khas Sulawesi Paling Enak?
masakandapurku

Setelah tadi sempat membaha makanan khas sulawesi selatan, maka selanjutnya kita akan bergeser ke Sulawesi Utara tepatnya di Manado. Ya, ada makanan khas sulawesi utara yang terkenal di daerah ini bernama Sayur Ganemo. Sayur ini merupakan istilah untuk makanan yang menggunakan daun melinjo, bunga pepaya, taoge pendek dan potongan labu kuning sampai dengan kuah bersantan.

Bumbu halus dalam pembuatan Sayur Ganemo ini terbilang sangat gampang. Yaitu bawang putih, bawang merah, terasi, kenari dan juga garam. Jadi bisa Sedulur bayangkan Sayur Ganemo yang sehat ini.

BACA JUGA : Resep Peyek Kacang Gurih, Renyaj dan Wangi, Cobain!

11. Kaledo

kumparan

Nama kaledo sebenarnya adalah akronim dari sebuah kata bernama “kaki lembu donggala” karena memang bahan dasarn utamanya adalah kaki lembu atau sapi. Kaledo merupakan makanan khas sulawesi tengah dan makanan ini disajikan dengan sup kuah yang terkenal dengan rasa yang asal pedas, plus daging dari kaki sapinya sangat empuk banget.

Bumbu utama dalam pembuatan olahan kaki sapi ini meliputi asam jawa, garam dan cabai rawit sehingga rasa asam dan pedasnya sangat ketara. Buat penyajiannya biasanya ditambahkan dengan nasi putih dalam wadah terpisah pada satu porsi kaledo pada setiap kedai.  

12. Kabuto

viva

Selanjutnya ada makanan khas sulawesi tenggara bernama Kabuto di mana makanan yang satu ini terbuat dari ubi ketela pohon alias singkong. Bila dilihat sepintas mirip dengan gathot yang ada di Pulau Jawa. Masyarakat Muna pun masih mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat ini. Buat harga dari makanan yang mirip gathot ini, di daerahnya dijual dengan kisaran harga 4000 sampai dengan 5000 rupiah saja.

13. Kasoami

wikipedia

Masih dari Sulawesi Tenggara ada makanan khas sulawesi tenggara bernama Kasoami. Kasoami merupakan makanan dengan bentuk kerucut dan pembuatannya berasal dari tepung ubi kayu, tepung gaplek atau ubi kayu hasil fermentasi.

14. Nasi Jaha

kulineria

Selanjutnya ada makanan khas sulawesi utara tepatnya di Manado bernama Nasi Jaha. Tampilan makanan ini lebih mirip dengan lemang dari Sumatera Barat, namun itu hanya tampilan. Sebab, untuk penyajiannya akan ditemani cakalang pampis.

15. Bubur Sagela

jejakpiknik

Bubur Sagela merupakan makanan khas sulawesi tepatnya berada di Gorontalo. Sagela adalah ikan yang dikeringkan sedangkan kebayanyakan bubur jenis ini dibuat dari ikan roa. Ikan roa sendiri merupakan ikan terbang asal sulawesi.

BACA JUGA : Bikin Scrambled Egg Creamy & Mudah Anti Gagal, Cuma 5 Menit!

16. Sinonggi

disporaiqbal

Sinonggi merupakan makanan khas sulawesi tenggara dan hidangan yang khas dari suku Tolaki. Kuliner ini diolah dari saipati sagu yang diolah hingga mencapai kekenyalan tertentu. Sinonggi biasanya disajikan bersama lauk dan juga sayuran.

17. Panada

IDNtimes

Panada merupakan makanan khas sulawesi utara dan hampir mirip dengan pastel. Hanya saja, adonnanya berbeda. Isianya berbeda, Panada biasanya diisi dengan ikan cakalang bumbu pampis. Kemudian terkait pembuatan makanan ini terdiri atas bahan dan isi, kemudian digoreng dalam minyak hangat.

18. Sambal Dabu-dabu

kompas

Selanjutnya masih dari Sulawesi Utara ada makanan khas sulawesi utara bernama sambal dabu-dabu. Dalam membuat sambal yang satu ini, harus dalam keadaan sangat segar ya Sedulur. Biasanya sambal yang satu ini sering dijadikan penyedap untuk makanan laut khususnya ikan bakar.

19. Klappertart

kompas

Biasanya makanan khas sulawesi memiliki rasa yang pedas, mungkin yang satu ini akan berbeda. Ya, Klappertart merupakan makanan khas sulawesi utara yang terkenal sangat manis. Kue asal Manado ini, terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan juga telur.

20. Bau Peapi

Genpi

Sedulur saya akan ajak menuju Sulawesi Barat di mana ada makanan khas sulawesi barat bernama Bau Peapi. Makanan ini terbuat dari olahan seafood dan berkuah lezat. Sedulur bisa mencicipi kelezatannya ketika berkunjung ke Mamuju, Sulawesi Barat. Rasanya akan semakin mantap, jika Sedulur menambahkannya dengan nasi putih hangat.

21. Golla Kambu

Nusantaranews

Makanan khas sulawesi barat selanjutnya ada Golla Kambu. Golla Kambu ini sebenarnya hampir mirip dengan wajik yang berada di Pulau Jawa. Namun, soal rasa makanan ini memiliki banyak keunggulan lho. Ya, Golla Kambu memiliki rasa manis karena ada tambahan gula merah.

BACA JUGA : Apa Itu Croffle, Jajanan Kekinian yang Hits & Cara Membuatnya

22. Bikang

sajianlezat

Bikang termasuk dalam makanan khas sulawesi barat selanjutnya. Tidak sulit menemukan makanan yang satu ini. Karena Bikang sudah bisa kamu beli di pasar tradisional atau toko jajanan basah di Sulawesi Barat. Di balik kelezatannya, siapa sangka jika jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras yang diolah secara sederhana.

Demikian ulasan mengenai makanan khas sulawesi. Tahukah Sedulur, dari makanan asal Sulawesi tersebut, yang sudah cukup dikenal banyak orang adalah makanan khas sulawesi selatan. Ya, ada 20 makanan khas sulawesi selatan yang cukup dikenal banyak orang. Memang Sedulur akan sulit untuk mendapatkan seluruh makanan ini jika tidak berada di Sulawesi. Meski begitu, Sedulur bisa kok membuatnya sendiri dengan bahan-bahan dari Aplikasi Super.

Install Aplikasi Super sekarang juga dan dapatkan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga miring dan pengalaman belanja yang mudah.