Belum tahu cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online? Yuk, simak di bawah ini caranya, mudah dan tanpa ribet!

Bagi Sedulur yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, apakah pernah terpikir untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan? Baik itu cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK, cara cek nomor BPJS Kesehatan, termasuk juga cek BPJS Kesehatan penerima upah dan cara cek saldo BPJS Kesehatan.

Jika Sedulur ada yang belum tahu caranya, artikel kali ini akan membahas mengenai cek keanggotaan BPJS Kesehatan online peserta penerima upah, cek keanggotaan BPJS Kesehatan online dengan NIK dan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online bukan perorangan.

Selain itu juga di akhir artikel akan dibahas cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar beserta dengan cara mudah bayar BPJS. Yuk, mari kita langsung saja simak cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online di bawah ini.

-->

Baca Juga: Rincian Iuran BPJS Kesehatan Terbaru 2020, Wajib Tahu

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

1. Melalui BPJS Checking

Melalui BPJS Checking

Cara pertama untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online yang bisa kita lakukan adalah melalui layanan BPJS Checking yang disediakan oleh BPJS. Berikut langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Kunjungi laman atau situs https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Kemudian isi kolom yang ada pada laman tersebut. Pertama nomor kartu BPJS Kesehatan yang Sedulur miliki, tanggal lahir, dan angka validasi yang tertera pada layar.
  • Setelah selesai mengisi kolom, lalu selanjutnya klik tombol ‘Cek’.
  • Tunggu beberapa saat, laman BPJS Kesehatan akan menampilkan seluruh informasi mengenai status keanggotaan kita. Mulai dari identitas, status keanggotaan, jenis keanggotaan, hingga jumlah anggota keluarga yang ditanggung.
  • Lalu jika menggeser layar ke bawah, akan muncul daftar tagihan setiap bulan beserta tanggal pembayarannya.

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online yang pertama pun selesai kita lakukan. Terdapat beberapa cara lain untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan online yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

2. Melalui Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Melalui Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online yang kedua yang bisa kita lakukan adalah menggunakan Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan yang dikeluarkan dan dikembangkan oleh BPJS sendiri. Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online melalui aplikasi ini sangat mudah, simak secara seksama langkahnya di bawah ini.

  • Download aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store, dan install di smartphone, untuk dapat melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online
  • Buka aplikasi, lalu kita akan menemukan form login yang menyuruh kita untuk memasukan nomor kartu BPJS atau alamat email dan password. Jika sudah pernah mendaftar, langsung saja klik login.
  • Jika belum pernah mendaftar aplikasi, terlebih dahulu harus klik ‘Register’. Kita akan diarahkan untuk mengisi beberapa keterangan melalui sebuah form identitas diri yang perlu diisi, seperti nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor handphone, dan password. Mohon isi alamat email dan nomor handphone sesuai dengan data yang sama saat mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Klik ‘Register’ jika sudah mengisi seluruh form dengan lengkap. Anda akan menemukan form verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik. Kode tersebut akan aplikasi kirimkan ke email yang didaftarkan.
  • Buka email notifikasi dari aplikasi JKN-KIS, salin kode angka itu dan masukkan ke dalam form verifikasi. Selanjutnya, klik ‘Verify’.
  • Setelah terverifikasi, aplikasi akan masuk ke menu utama yang menampilkan beberapa fitur JKN-KIS.
  • Untuk mengetahui keanggotaan BPJS Kesehatan, silakan pilih ‘Peserta’.
  • Pada fitur itu, Sedulur akan menemukan informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga (jika ada). Selain itu, Sedulur juga dapat mengetahui tagihan iuran BPJS setiap bulannya.

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online pun selesai dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Namun jika kedua cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online sulit dilakukan, Sedulur masih bisa melakukan cara lain, yaitu menggunakan call center.

Baca Juga: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Wajib Sedulur Ketahui

3. Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online Melalui Call Center

Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online Melalui Call Center

Jika cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online pada dua poin di atas dirasa sulit dilakukan, cara mudah untuk melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online adalah dengan menghubungi call center BPJS.

Call center BPJS Kesehatan bisa dihubungi melalui nomor 1500 4000 dan Sedulur akan langsung terhubung ke pusat customer service BPJS yang siap memberikan pelayanan selama 24 jam penuh bagi setiap anggota BPJS. Termasuk juga memberikan layanan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online.

Sedulur dapa menanyakan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online, seputar status keanggotaan, dan lain sebagainya. Pastikan juga sebelum melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online melalui call center, Sedulur telah menyiapkan dokumen resmi seperti nomor BPJS, KTP, KK dan berkas resmi lainnya.

Cara ini cukup mudah, karena kita tinggal menelepon saja. Namun, pastikan juga pulsa yang Sedulur miliki banyak agar tidak terpotong di tengah proses cek keanggotaan BPJS Kesehatan online melalui call center.

4. Melalui SMS Getaway

Melalui SMS Getaway

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online juga bisa Sedulur akses sebagai anggota melalui SMS. Sedulur hanya perlu mengetik beberapa format SMS yang telah disediakan. Format SMS yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • NIK <spasi> Nomor Kependudukan
  • NOKA <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai

Pilih salah satu format sesuai dengan keanggotaan Sedulur, kirim format ke nomor 087775500400. Tunggu beberapa saat, pihak BPJS akan mengirimkan pesan yang berisi informasi berkaitan dengan status keanggotaan BPJS.

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online satu ini sangat mudah. Namun, jika Sedulur tidak ingin melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online, terdapat satu cara lama untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan.

5. Cek Keanggotaan BPJS Secara Offline

Cek Keanggotaan BPJS Secara Offline

Perlu diakui bahwa daftar cek keanggotaan BPJS Kesehatan online di atas merupakan cara yang sangat mudah dan efisien, karena kita tidak harus keluar rumah sama sekali. Namun, cara cek keanggotaan offline satu ini masih juga banyak dilakukan oleh anggota BPJS.

Yaitu dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat, atau mengunjungi BPJS Mobile Customer Service yang biasanya selalu rutin berkeliling menggunakan kendaraan ronda empat dalam beberapa periode.

Cara cek cek keanggotaan BPJS Kesehatan online memang menjadi pilihan utama. Cukup mengikuti setiap langkah dan arahan cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan online di atas, Sedulur akan mengetahui informasi berkaitan dengan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online.

Namun ada beberapa hasil cek keanggotaan yang menyatakan kita belum terdaftar sebagai anggota walaupun kita telah melakukan pembayaran iuran rutin. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab Keanggotaan BPJS Tidak Aktif atau Tidak Terdaftar

Penyebab Keanggotaan BPJS Tidak Aktif atau Tidak Terdaftar

Jika setelah melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online, Sedulur mendapatkan informasi bahwa status keanggotaan tidak aktif atau tidak terdaftar, hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama uang iuran tertunggak merupakan faktor umum yang dialami oleh setiap anggota BPJS Kesehatan yang mendapatkan statusnya tidak aktif. Hal ini otomatis akan langsung dinonaktifkan, terutama tunggakan iuran BPJS telah lama tidak terbayar.Cara untuk mengaktifkan kembali adalah dengan melunasi tunggakan iuran dan mengurus kembali ke pihak BPJS.

Setelah cek keanggotaan BPJS Kesehatan online dan status keanggotaan tidak terdaftar, biasanya penyebab kedua adalah telah berusia lebih dari 21 tahun. Anggota yang ditanggung yang telah berusia lebih dari 21 tahun harus memiliki anggota sendiri.

Maka hal tersebut sangat wajar jika status keanggotan menjadi tidak aktif atau tidak terdaftar. Sudah seharusnya melakukan cek keanggotaan BPJS Kesehatan online secara berkala agar jika terjadi kesalahan, Sedulur bisa langsung menindak-lanjutinya.

Jika masalah keanggotaan sudah tidak ada masalah, dan rutin melakukan cek keanggotaan BPJS dengan cara di atas. Sedulur jangan lupa harus rutin membayar BPJS. Karena jika tidak, Sedulur akan mendapatkan masalah lagi soal keanggotaan BPJS.

Cara bayar iuran BPJS yang paling mudah adalah dengan menggunakan Aplikasi Super. Bagaimana cara dan langkahnya? Yuk, langsung simak saja di bawah ini.

Baca Juga: Info Lengkap Lakukan Pengaduan PDAM Surabaya

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Super

Cara Bayar Iuran BPJS di Aplikasi Super

Cara bayar iuran BPJS di Aplikasi Super sangat mudah, Sedulur tinggal ikuti langkahnya di bawah ini:

  • Download Aplikasi Super di Playstore atau Appstore
  • Install Aplikasi Super
  • Pada produk digital pilih “BPJS”
  • Pilih bulan pembayaran
  • Masukkan nomor BPJS kesehatan maupun ketenagakerjaan Sedulur
  • Pilih “Lanjut ke Pembayaran”
  • Lalu klik “konfirmasi”

Pembayaran BPJS online yang ada di Aplikasi Super akan lebih mudah jika menggunakan Super Kas. Dengan menggunakan Super Kas, Sedulur bisa bayar BPJS dengan mudah. Super kas ini tidak hanya digunakan untuk membayar iuran bpjs online, namun bisa digunakan untuk membeli pulsa & paket data, PDAM, dan belanja sembako lainnya yang ada di Aplikasi Super.

Apabila Sedulur belum memiliki saldo Super Kas dan ingin menikmati kemudahan dalam bertransaksi di Aplikasi Super, Sedulur perlu melakukan top up atau pengisian saldo Super Kas. Terdapat beberapa keuntungan melakukan pembayaran BPJS dengan menggunakan Aplikasi Super.

Keuntungan pertama adalah mudah dan praktis. Sedulur tidak perlu keluar rumah ataupun ikut antrean panjang, dengan pakai Aplikasi Super Sedulur bisa bayar BPJS online lebih mudah kapanpun dan dimanapun.

Selanjutnya adalah harga murah. Setiap orang pasti menyukai harga yang murah. Terlebih lagi jika Sedulur membutuhkan pembayaran BPJS dengan harga yang murah. Dengan menggunakan aplikasi Super, Sedulur bisa bayar BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan dengan harga murah serta terjangkau.

Biaya admin yang ada di Aplikasi Super dijamin ringan. Selain itu, dengan membayar BPJS di Aplikasi Super,  Sedulur bisa menghemat pengeluaran. Keuntungan selanjutnya adalah transaksi dijamin aman. Selain itu, proses transaksi pembayarannya pun terbilang cepat. Sedulur tidak perlu khawatir menunggu lama apalagi saat keadaan mendesak sekali pun.

Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Aplikasi Super untuk melakukan pembayaran BPJS atau pembayaran lainnya. Karena Aplikasi Super merupakan sebuah platform digital yang memberikan pelayanan baru dengan berbagai keuntungan.

Selain belanja sembako dan merupakan wadah yang menguntungkan bagi para pengusaha sembako, Aplikasi Super juga telah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Hal tersebut bisa ditunjukan dengan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahaan.

Hal ini bukan semata wacana, Aplikasi Super benar-benar mewujudkannya dalam setiap program dan fitur yang diberikan. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, banyak para pengguna Aplikasi Super yang telah memberikan testimoni tentang keuntungan yang mereka dapatkan.

Jika Sedulur masih ragu, langsung saja buktikan bagaimana Aplikasi Super memberikan kemudahan dan keuntungan bagi setiap pengguna setianya. Mulai dari pelayanan sembako, fitur pengelola toko, dan kali ini fitur untuk menggunakan melakukan setiap pembayaran online.

Download Aplikasi Super sekarang juga, jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh Aplikasi Super. Selamat mencoba, dan selamat mendapatkan keuntungan.