Rincian Iuran BPJS Kesehatan Terbaru 2020, Wajib Tahu

Sedulur menggunakan jasa BPJS? Yuk, simak rincian iuran BPJS Kesehatan terbaru di bawah ini.

BPJS Kesehatan sangat membantu kita sebagai masyarakat yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan terbaik. Bagi Sedulur yang menggunakan jasa BPJS sudah seharusnya mengetahui dan cek iuran BPJS Kesehatan.

Belum lama ini, iuran BPJS Kesehatan mengalami kenaikan, mulai dari iuran BPJS Kesehatan Kelas 3 terbaru. iuran BPJS Kesehatan perusahaan, iuran BPJS Kesehatan mandiri. Artikel kali ini akan membahas mengenai iuran terbaru BPJS beserta cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar.

Namun sebelum masuk ke pembahasan mengenai iuran BPJS Kesehatan terbaru, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu apa itu BPJS bagi yang belum mengetahuinya. Karena masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui apa itu BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cara bayar BPJS di Aplikasi Super

Apa Itu BPJS Kesehatan

Apa Itu BPJS Kesehatan

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah program dari pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan kepada setiap masyarakat Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika sebelum ada BPJS masyarakat Indonesia ada yang kesulitan untuk berobat ke rumah sakit, maka setelah BPJS diresmikan, masyarakat sangat menyambut baik dan bisa berobat ke rumah sakit dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, BPJS menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi, masih ada sebagian masyarakat yang belum tahu cara bayar BPJS, cara cek saldo BPJS, dan lain sebagainnya. Perlu diketahui juga bahwa BPJS memiliki dua jenis, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada bulan Juli, iuran BPJS Kesehatan mengalami kenaikan. Hal ini harus terjadi guna menyesuaikan kondisi berbagai aspek. Seperti apa perubahan dari iuran BPJS Kesehatan? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya,

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tahun 2020

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tahun 2020

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan langsung ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Mei 2020 yang lalu.  Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tercantum dalam peraturan pemerintah. Kebijakan kenaikan iuran BPJS tidak begitu saja terjadji.

Kebijakan itu tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Berikut perubahan dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang terjadi.

Sebelum Kenaikan:

  • Peserta mandiri kelas I: Rp. 80.000 per bulan
  • Peserta mandiri kelas II: Rp. 51.000 per bulan
  • Peserta mandiri kelas III: Rp. 25.500 per bulan

Setelah Kenaikan:

  • Peserta mandiri kelas I: Rp. 150.000 per bulan
  • Peserta mandiri kelas II: Rp. 100.000 per bulan
  • Peserta mandiri kelas III: Rp. 42.000 per bulan

Data di atas merupakan perubahan yang terjadi dalam iuran BPJS Kesehatan yang mengalami perubahan dan kenaikan pada tahun 2020 ini. Selain itu, Pemerintah juga tetap memberikan bantuan subsidi pada iuran BPJS Kesehatan kelas III.

Baca Juga: Daftar Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Surabaya. Dijamin Lengkap!

Subsidi Untuk Kelas III

Subsidi Untuk Kelas III

Khusus untuk kelas III peserta BPJS, iuran BPJS Kesehatan akan mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk periode Juli-Desember 2020.  Pemerintah memberi subsidi sebesar Rp. 16.500, sehingga para peserta kelas tiga bisa membayar iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp. 25.500.

Namun, subsidi yang diberikan akan berkurang pada tahun 2021 nanti, dari sebesar Rp. 16.500, menjadi Rp. 7.000. Jadi masyarakat Indonesia peserta BPJS kelas III mulai Januari 2021 akan membayar iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp. 35.000.

Angka kenaikan iuran BPJS di atas memang terasa berat, namun jika kita mencicil setiap bulannya hal tersebut akan terasa ringan. Terutama jika Sedulur membayar BPJS dengan menggunakan Aplikasi Super. Kali ini Aplikasi Super melayani pembayaran digital, bukan hanya melayani kebutuhan sembako saja. Yuk, simak cara bayar iuran BPJS Kesehatan di Aplikasi Super di bawah ini.

Cara Bayar Iuran BPJS di Aplikasi Super

Cara Bayar Iuran BPJS di Aplikasi Super

Cara membayar iuran bulanan BPJS sangat mudah sekali di Aplikasi Super, Sedulur hanya perlu mengikuti langkahnya di bawah ini:

  • Download Aplikasi Super di Playstore atau Appstore
  • Install Aplikasi Super
  • Pada produk digital pilih “BPJS”
  • Pilih bulan pembayaran
  • Masukkan nomor BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan Sedulur
  • Pilih “Lanjut ke Pembayaran”
  • Lalu klik “konfirmasi”

Metode pembayaran digital yang dilakukan di Aplikasi Super memiliki keamanan yang sangat terjamin, karena Aplikasi Super menggunakan sistem keamanan tingkat tinggi. Selain itu juga hal ini akan semakin memudahkan Sedulur dalam melakukan transaksi digital lainnya.

Jangan ragu untuk menggunakan Aplikasi Super, klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Kunjungi laman Aplikasi Super dan pelajari cara daftar Aplikasi Super agar hidup kita semakin mudah. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum download aplikasinya.