Yuk kita intip, bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan bagi setiap pekerja yang akan melindungi para pekerja dari resiko kecelakaan kerja. Selain itu BPJS Ketenagakerjaan juga dapat memberi jaminan bagi para pekerja, seperti jaminan hari tua contohnya.

Hal ini diberikan bagi para pekerja yang ada di Indonesia berdasarkan ketentuan yang diatur oleh UU Ketenagakerjaan, yang menyampaikan bahwa semua pekerja baik yang bekerja di Indonesia maupun di luar negeri diharapkan memiliki BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan kerja.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menegaskan bahwa BPJS merupakan jaminan sosial yang sangat penting dimiliki oleh seluruh pekerja Indonesia. Karena risiko sosial ekonomi itu bisa terjadi kepada siapa saja, di mana saja dan terhadap siapa saja.

-->

Risiko sosial ekonomi itu seperti kecelakaan dan kematian, sehingga perlu ada satu alat pengaman, supaya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan berkaitan dengan risiko sosial ekonomi tadi tidak akan mengganggu kesejahteraannya secara drastis.

Bekerja dengan cara kerja seperti asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki sistem kerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja maupun pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi.

Hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi. Bisa dikatakan secara sederhana bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan tabungan untuk hari tua ketika telah pensiun.

Sebagai contoh, program JHT (Jaminan Hari Tua) dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program JHT, iuran tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung perusahaan dan 2% ditanggung pekerja.

Atau jika ditotal sebesar 5,7% dari upah. Untuk program lainnya seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), Jaminan Pensiun, dan Bukan Penerima Upah, dapat dilihat dan dipelajari langsung dengan mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi Sedulur yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan dan belum mengetahui cara cek saldo BPJS, berikut ini akan diulas bagaimana cara cek saldo BPJS yang bisa kita akses dan kita lakukan. Seperti apa saja caranya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Langkah dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara ini dapat dilakukan jika peserta BPJS Ketenagakerjaan selama mereka dalam jangkauan internet atau memiliki jaringan internet di sekitarnya. Untuk mengecek saldo BPJSTK  melalui internet atau secara online, bisa diakses melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, dengan langkah sebagai berikut:

  • Kunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa langsung masuk ke halaman  https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Siapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ yang telah kita miliki.
  • Klik Menu Layanan Peserta, lalu klik Pilih Tenaga Kerja, akan muncul pilihan BPJSTKU dan Antrian Online.
  • Untuk cek saldo, klik BPJSTKU
  • Kita akan masuk ke alamat : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan muncul halaman Login.

Langkah di atas bisa dilakukan bagi para pekerja yang telah memiliki BPJS Ketenagakerjaan secara lama. Namun jika Sedulur merupakan pengguna baru BPJS Ketenagakerjaan, langkah yang harus ditempuh sedikit berbeda. Berikut cara cek saldo BPJS bagi pengguna baru:

  • Setelah masuk/login, dengan memasukkan email dan kata sandi, pilihlah menu Lihat Saldo JHT BPJS.
  • Kemudian pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda, lalu klik tombol SUBMIT, jumlah saldo Anda akan muncul di layar.
  • Setelah puas mengetahui jumlah saldo, Anda dapat kembali ke Home dan browsing dengan mengklik menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil Anda, simulasi Saldo JHT, dan formulir pengajuan klaim secara online.

2. Cek Saldo BPJS dengan Aplikasi BPJSTKU

Cara bayar BPJS atau cek saldo BPJS juga bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memantau akun BPJS yang dimiliki.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam penjelasan apa itu BPJS Ketenagakerjaan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan dibuat untuk menjamin kesehatan dan kehidupan para pekerja secara sosial dan ekonomi.

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online atau cek saldo BPJS Kesehatan saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU. Berbeda dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK dan juga cara cek saldo BPJS via SMS, kita hanya perlu menggunakan aplikasi saja.

Caranya sangat mudah yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Pertama adalah download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTKU) di Playstore atau Appstore. Lalu instal di smartphone Sedulur.
  • Setelah itu lalu klik ‘Pendaftaran’. Dan pilih jenis kepesertaan. Ada 3 pilihan yaitu Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sebagai contoh, jika kita berprofesi sebagai karyawan swasta pilihlah PU.
  • Lengkapi data diri seperti KTP, NIK dan sebagainya. Isi juga nomor KPJ (nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kita miliki.
  • Masukan alamat email yang akan digunakan saat login kedepannya. Lalu buka email karena akan dikirim kode verifikasi.
  • Masukan nomor handphone dan juga masukkan kode verifikasi yang telah dikirim. Buat password dan kata sandi yang akan digunakan untuk login.

Setelah selesai daftar dan melakukan BPJS online login di aplikasi BPJSKU, kita akan dengan mudah cek saldo BPJS yang kita miliki. Aplikasi BPJSKU tidak ubahnya seperti aplikasi mobile banking, yang akan menyampaikan jumlah saldo yang kita miliki.

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Cek saldo BPJS pensiun selanjutnya adalah dengan menggunakan SMS. Selain cek saldo, kita juga bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS merupakan cara yang paling banyak disukai para pekerja. Dengan cara ini, pekerja tidak perlu repot antre mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak perlu membeli perangkat komputer atau smartphone.

Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan kemudian kita akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun, sebelumnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Registrasi diperlukan untuk dapat melakukan cek saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS. Berikut ini format SMSnya:

  • Ketik: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, kemudian kirim SMS  ke 2757  Contoh: DAFTAR SALDO#3191036598033007#TIARA CERMAT#03-02-1989#123456789 kirim ke 2757. Kita akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789.
  • Jika Nomor Peserta sudah didapatkan, Anda dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut: Ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Contoh: SALDO 987654321 kirim ke 2757. Kemudian Kita akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT Anda.
  • Layanan SMS 2757 hanya bisa digunakan untuk peserta dengan nomor operator Telkomsel, Indosat, dan XL.
  • Ganti Nomor Handphone Ketik: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR GANTI HP#08123456789#3191036598033007 kirim SMS ke 2757
  • Ganti Pin BPJS Ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)#Pin lama#Pin baru. Contoh: DAFTAR GANTI PIN#123456#987654, Kirim SMS ke 2757

Semoga cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang telah diulas di atas dapat membantu kita untuk selalu menelusuri jumlah saldo BPJS yang kita miliki. Sebagai pekerja kita dituntut untuk selalu sehat agar bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Namun, tidak ada salahnya juga kita memulai bisnis sebagai cadangan jika suatu hari kita berhenti bekerja. Memulai bisnis tidak harus besar, bisnis yang sangat mudah dilakukan adalah membuka warung atau toko sembako.

Sembako merupakan kebutuhan masyarakat, membuka warung dan toko tidak akan membuat bisnis kita sepi pelanggan. Karena para pelanggan akan selalu kulakan sembako dan selalu mencari harga murah dengan cara yang juga mudah.

Karena kedua hal tersebut memberikan keuntungan bagi para pelanggan. Selain itu, bisnis warung dan toko kelontong kita bisa lebih berkembang lagi dengan daftar menjadi Mitra Supercenter yang dimiliki oleh Aplikasi Super.

Aplikasi Super merupakan platform digital yang menyalurkan sembako untuk pengusaha UMKM di bidang sembako. Aplikasi toko kelontong ini sangat membantu para pengusaha sembako untuk lebih berkembang dengan berbagai fitur dan programnya, seperti Super Agen dan Toko Saya.

Download Aplikasi Super sekarang juga, klik di sini bagi yang belum download aplikasi kulakan ini. Kunjungi juga laman Aplikasi Super untuk mempelajari lebih lanjut terkait Aplikasi Super, termasuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super.

Dapatkan kemudahan dan keuntungan dari sembako super yang diberikan oleh Aplikasi Super, agar kita bisa lebih berkembang, tidak hanya sebagai pekerja buruh biasa, namun bisa melakukan sebuah usaha lebih lagi.