merek wajan anti lengket terbaik

Wajan menjadi salah satu alat masak yang harus ada di dapur. Pasalnya, banyak masakan yang bisa Sedulur buat menggunakan wajan. Tapi yang paling bikin malas adalah saat membersihkan atau mencucinya. Beruntung sekarang ada banyak merek wajan anti lengket terbaik yang bsia digunakan.

Sisa masakan yang menempel memang jadi momok untuk ibu rumah tangga lantaran sangat sulit dibersihkan. Di pasaran sendiri banyak sekali merek wajan anti lengket yang bisa menjadi pilihan.

Nah, supaya Sedulur tidak bingung memilih wajan anti lengket terbaik. Berikut ini ada beberapa rekomendasi peralatan dapur yang bisa kamu coba. Penasaran? Langsung simak aja yuk!

BACA JUGA: 18 Merk Panci Presto Terbaik dan Awet Tahun 2023!

1. Tefal Cook & Clean Fry Pan

resep ikan goreng bumbu kuning
Pexels/Rdne Stock Project

Rekomendasi wajan anti lengket pertama adalah dari Tefal Cook & Clean Fry Pan 24 Cm. Tak hanya memiliki desain modern, wajan ini juga dilapisi titanium anti lengket sehingga nyaman digunakan sehari-hari dan mudah dibersihkan. Menariknya lagi, Tefal Cook & Clean ini sudah dibekali teknologi Thermosignal yang mampu mengetahui suhu yang ideal untuk memasak. 

Selain itu, dilengkapi juga dengan diffusion base yang mampu menyebarkan panas lebih merata. Wajan anti lengket Tefal ini pastinya sudah PFOA Free sehingga lebih aman dan dapat digunakan untuk kompor gas, kompor listrik, dan keramik. Untuk kisaran harga Rp229.000 – Rp350.000.

2. Stein Cookware – Stein Diamond Fry Pan

Brand peralatan masak populer ini punya series wajan anti lengket yang kerap jadi favorit banyak orang. Salah satunya adalah Stein Diamon Fry Pan. Wajan Stein Cookware ini terbuat dari 7 lapis granit Jerman yang premium.

Wajan ini juga sudah memiliki sertifikasi PFOA Free, Cadmium Free, dan Lead Free sehingga pastinya aman bagi kesehatan. Rentang harganya kisaran Rp529.000.

3. Wajan Cypruz Grey Marble Fry Pan

Rekomendasi wajan anti lengket selanjutnya adalah Cypruz Grey Marble Fry Pan. Wajan ini menggunakan 3 lapisan marble anti lengket dengan ketebalan 3 mm, sehingga mampu menyebarkan panas secara merata dan mengurangi risiko makanan hangus. Dilengkapi dengan Induction Bottom, wajan ini dapat dengan cepat menghantarkan panas secara rata. 

Gagangnya terbuat dari bahan bakelite super lembut yang memberikan kenyamanan saat digunakan, serta memiliki desain ergonomis untuk memudahkan pengoperasian. Selain itu, wajan Cypruz pastinya terbuat dari bahan food grade yang aman untuk digunakan. Kisaran harganya Rp143.000 – Rp216.000.

4. GreenPan Delight Grey Open Fry Pan

Jika Sedulur mencari wajan anti lengket untuk memasak sehari-hari, GreenPan Delight Grey Open Fry Pan menjadi salah satu pilihan terbaik! Menggunakan bahan Ceramic Thermolon anti lengket, wajan keramik ini memberikan kemudahan dalam memasak dan membersihkannya setelahnya.

Desain gagang bakelite yang tahan panas dan ergonomis memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan. Selain untuk masak di kompor, wok pan anti lengket GreenPan ini juga tahan dalam oven hingga suhu 160 derajat Celcius. Untuk kisaran harganya Rp333.000 – Rp445.000.

5. Debellin Grey Fry Pan

Bicara soal wajan anti lengket, Debellin tentunya tak ketinggalan! Debellin Grey Fry Pan terbuat dari material Die Cast Aluminium premium dan menggunakan teknologi greblon untuk lapisan granit. Wajan granit anti lengket ini mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bau pada makanan, memastikan hidangan Sedulur tetap lezat dan segar. 

Desainnya yang eksklusif, dilengkapi gagang kayu berlapis sintetis memberikan kenyamanan dan tampilan menarik. Dengan dasar panci dilapisi plat induksi, wajan Debellin ini cocok untuk semua jenis kompor. Kisaran harganya Rp800.000 – Rp1.000.000.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Kulkas Mini dengan Freezer Bagus, Dingin Terus!

6. Wajan Happycall Titanium Double Pan Jumbo Grill

merek wajan anti lengket
Unsplash/Louis Hansel

Penggorengan anti lengket yang satu ini memang lebih tepat disebut grill pan. Namun, tetap fleksibel digunakan untuk masak sehari-hari, yaitu Happycall Titanium Double Pan Jumbo Grill. Produk asal Korea ini menggunakan teknologi Silicone Gasket yang diakui FDA, mampu menjaga suhu saat memasak sehingga makanan matang merata.

Berkat teknologi tersebut, double pan ni mampu mengurangi cipratan minyak dan asap saat memasak, serta ketahanan terhadap gores dan bahan kimia PFOA. Kisaran harganya Rp899.000 – Rp1.250.000.

7. Wajan Carote EW Set

Jika Sedulur sedang mencari set wajan anti lengket berkualitas, Carote EW Set ini bisa jadi pilihan! Set wajan granit ini terdiri dari 4 produk yang terdiri dari panci sup, panci susu, penggorengan 28 cm, dan wajan 24 cm. Dibandingkan dengan panci anti lengket konvensional, wajan Carota memiliki desain dasar yang diperpanjang, memungkinkan pemanasan yang lebih efisien.

Dengan konsep yang sehat dan ramah lingkungan, Carote dibuat 100% bebas dari PFOA, timbal, dan kadmium, memberikan pengalaman memasak yang lebih aman dan sehat. Selain itu, produk ini mudah dibersihkan berkat sifat anti lengketnya. Untuk rentang harganya Rp830.000 – Rp2.600.000.

8. Wajan Granit Marble Keeo

Rekomendasi wajan granit anti lengket selanjutnya adalah Keeo. Wajan granit marble ini dilengkapi dengan lapisan anti lengket PFOA Free, sudah mendapat sertifikasi LFGB dan SGS yang menjamin kualitas dan keamanan produk.

Wajan anti lengket ini dapat digunakan dengan aman di kompor gas, memberikan fleksibilitas saat memasak berbagai hidangan favorit. Dengan gagang dari bakelite soft touch, wajan Keeo aman digunakan karena tidak mudah terbakar dan tidak licin. Harganya kisaran Rp60.000 – Rp130.000.

9. Pero Wok Pan Granit

Wajan anti lengket satu ini juga tak kalah menarik! Pero Wok Pan Granit terbuat dari 4 lapis coating berkualitas yang tak hanya memudahkan proses memasak secara merata, tapi juga mudah dibersihkan dan aman bagi kesehatan.

Tak hanya anti lengket, desainnya pun ergonomis sehingga nyaman untuk kegiatan memasak sehari-hari. Pilihan warna beraneka ragam, seperti mint, baby pink, mocha, rose gold, greystone, dan lainnya. Untuk kisaran harganya Rp200.000 – Rp500.000.

10. Lock & Lock Cookplus Hard and Light Frying Pan

Sering memasak daging, Lock & Lock Cookplus Prima Frying Pan cocok untuk Sedulur dikarenakan dapat membantu memasak dalam waktu cepat. Hal ini dikarenakan terbuat dari tujuh lapis coating yang bertekanan tinggi.

Dilengkapi dengan fitur anti lengket, penggunaan wajan ini tidak akan meninggalkan sisa makanan yang menempel. Rentang harganya Rp201.000 – Rp395.000.

BACA JUGA: Rekomendasi Kompor Portable yang Terjangkau, Sedulur Wajib Tahu!

11. BOLDe Super Pan Wok

Unsplash/Cooker King

Produk wajan anti lengket selanjutnya berasal dari brand ternama dan populer yaitu BOLDe. Wajan ini dibuat dari lapisan granite yang pastinya anti lengket selama digunakan untuk memasak.

Dibekali dengan ECO green technology, wajan ini ramah lingkungan karena bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Wajan BOLDe ini sudah bersertifikat PFOA Free yang aman untuk digunakan. Rentang harganya Rp162.000 – Rp398.000.

12. Oxone OX-30F Fry Pan

Rekomendasi produk merek wajan anti lengket terbaik selanjutnya dari merek Oxone. Wajan yang satu ini dibuat dari material stainless steel dan tahan lama untuk digunakan. Sudah dilengkapi dengan lapisan anti lengket yang membuat kegiatan memasak Sedulur jadi lebih menyenangkan. 

Selain itu, wajan ini juga telah dilengkapi dengan anti gores yang bagus. Modelnya yang seperti sarang madu ini menambah keunikan wajan dari Oxone. Diameternya 30 cm dan ketebalannya mencapai 2,5 mm. Bagian bodynya tentu lebih kokoh dan tidak mudah untuk bergeser. Untuk kisaran harga Rp236.000 – Rp586.000.

13. Ikea Kavalkad Frying Pan

Ikea Kavalkad merupakan salah satu wajan anti lengket terbaik. Wajan ini memiliki beban yang ringan, sehingga dapat memberikan pengalaman memasak yang lebih nyaman. Permukaannya dilapisi oleh lapisan teflon sehingga tidak lengket saat menggoreng makanan.

Selain lapisan teflon, wajan ini juga dilengkapi dengan lapisan alumunium. Bahan ini akan menambah kemampuan anti lengket dan juga dapat mengontrol temperatur agar masakan tidak cepat gosong. Untuk kisaran harganya Rp211.000 – Rp347.000.

14. Maxim Panda Frypan + Spatula

Berbeda dari wajan lain, Maxim Panda Frypan ini memiliki motif panda yang menggemaskan. Dengan desainnya yang ceria, wajan ini cocok untuk digunakan oleh anak-anak yang baru belajar memasak.

Wajan ini juga sudah dilengkapi dengan spatula berbahan nylon sehingga tak perlu khawatir wajan tergores. Rentang harganya Rp79.000 – Rp394.000.

15. Welcook Frypan Granite

Wajan anti lengket selanjutnya datang dari merek Welcook. Wajan ini cocok untuk menggoreng masakan apa pun bahkan tanpa minyak sekalipun. Tak perlu khawatir lengket, karena wajan ini berbahan dasar granite sehingga dapat digunakan di kompor gas dan kompor induksi.

Dari segi keamanan, lapisan non stick dari wajan ini sudah terbukti bebas dari bahan kimia berbahaya. Kisaran harganya Rp139.000 – Rp349.000.

16. Kirin Frypan Serunai

Kirin Frypan Serunai adalah merek wajan anti lengket terbaik di kelasnya. Wajan ini terbuat dari bahan aluminium 3003 yang sudah dilapisi dengan lapisan anti gores (Hard Anodize). Karena terbuat dari bahan yang berkualitas, wajan ini mampu mendistribusikan panas secara merata ke masakan.

Hal ini juga dapat menghemat waktu memasak di dapur. Untuk rentang harga Rp100.000 – Rp374.900.

17. Neoflam De Chef Fry Pan

Wajan anti lengket terakhir adalah Neoflam De Chef Fry Pan. Wajan ini dibuat dengan lapisan anti lengket keramik coating yang aman dan ramah lingkungan. Memasak dengan wajan ini akan menjaga nutrisi makanan dan aman untuk dikonsumsi karena lapisannya terbuat dari bahan-bahan alami.

Dapat digunakan untuk semua jenis kompor, wajan ini juga mudah untuk dibersihkan dan nyaman untuk digunakan. Rentang harga Rp299.000 – Rp868.900.

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

Kelebihan Wajan Anti Lengket

Unsplash/Cooker King

Sesuai dengan namanya, wajan anti lengket merupakan alat masak yang bagian permukaannya dilapisi dengan bahan anti lengket seperti polytetrafluoroethylene (PTFE). Bahan yang lebih populer disebut dengan teflon tersebut merupakan kimia sintetis yang terdiri dari bahan atom karbon dan fluor.

Biar Sedulur lebih yakin dan mantap menggunakan wajan anti lengket untuk keperluan masak sehari-hari, berikut ini beberapa penjelasan tentang kelebihannya.

  • Lebih nyaman digunakan 

Menggunakan wajan anti lengket juga dapat memberikan sensasi memasak yang lebih nyaman. Hal itu disebabkan wajan jenis ini memiliki bobot yang lebih ringan serta ditunjang dengan handle yang kuat dan lebih mudah digenggam.

Wajan anti lengket juga memiliki varian ukuran yang berbeda-beda sehingga bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Tidak membutuhkan minyak

Kelebihan selanjutnya adalah tidak membutuhkan minyak saat menggoreng telur. Umumnya telur akan mudah lengket jika digoreng di dalam wajan biasa. Untuk memasak tumisan, Sedulur juga hanya memerlukan sedikit minyak.

  • Lebih mudah dibersihkan

Permukaan anti lengket juga membuat alat masak yang satu ini jadi lebih mudah saat dibersihkan. Apalagi jika dibandingkan dengan alat masak dengan bahan alumunium atau stainless steel yang harus digosok-gosok terlebih dahulu untuk mengangkat bekas masakan yang menempel. 

  • Lebih hemat gas

Tak hanya bisa menghemat minyak goreng, rupanya penggunaan wajan anti lengket juga dapat menghemat gas. Hal ini karena jenis alat masak ini lebih mudah menghantarkan panas dengan cepat dan rata.

Itulah tadi rekomendasi merek wajan anti lengket terbaik yang bisa menjadi pilihan. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam mencari wajan paling cocok ya. Oia, kalau Sedulur juga membutuhkan produk seperti minyak goreng atau kebutuhan sembako lainnya. Semua itu tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.